3 Macam-macam Gaya Lompat Jauh Beserta Gambar dan Penjelasannya Lengkap

3 Macam-macam Gaya Lompat Jauh Beserta Gambar dan Penjelasannya Lengkap – Mempelajari cabang olahraga merupakan hal yang menarik untuk dilakukan, salah satunya yaitu lompat jauh yang mungkin pernah kamu praktikkan di sekolah.



Lompat jauh merupakan salah satu dari cabang olahraga lompat dimana atletnya berusaha untuk bisa mencapai jarak lompatan yang paling jauh.

Upaya untuk mendapatkan hasil terbaik dalam cabang olahraga lompat jauh tentunya perlu untuk mengenal teknik yang digunakan.

Selain itu, terdapat macam-macam gaya lompat jauh yang perlu untuk kamu ketahui cara melakukannya dengan baik.

Gaya Lompat Jauh

unsplash.com/@ipopoola

Setiap atlet lompat jauh tentunya mengharapkan untuk bisa mencapai jarak yang maksimal dan sesuai dengan keinginan yang dimiliki. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu mengenal macam-macam gaya lompat jauh.


Gaya ini merupakan posisi badan yang ditunjukkan pada saat melayang di udara, setelah atlet melakukan fase tolakan. Setiap gaya lompat jauh memiliki ciri khasnya tersendiri yang menarik.


Berikut merupakan penjelasan mengenai macam-macam gaya lompat jauh yang bisa kamu coba lakukan.

1. Gaya Jongkok (Tuck)

guruspensaka.com

Untuk macam-macam gaya lompat jauh yang pertama yaitu terdapat gaya jongkok atau tuck. Banyak pula yang menyebut gaya ini dengan istilah gaya ortodok.


Pelaksanaan gaya ini dilakukan dengan tujuan untuk bisa berlari secepat mungkin sepanjang jarak lintasan yang diberikan. Atlet yang menggunakan gaya satu ini biasanya tidak mengurangi kecepatan saat berlari.


Setelah kamu menemukan tumpuan untuk lompat, gerakkan badan dan awali dengan ujung tumit, telapak kaki, dan ujung kaki. Setelah itu, kamu perlu untuk menggerakkan kedua kaki ke arah depan.

Saat kamu berada di udara, bagian tangan lurus ke depan, kemudian baru digerakkan ke arah belakang. Kamu juga perlu menggunakan ujung tumit pada saat melakukan pendaratan.

Hindari untuk badan jatuh ke belakang karena nantinya bisa mengurangi jarak lompatan yang sudah diambil.


2. Gaya Menggantung (Hang Style)

penjagaperpus.com

Selanjutnya dari macam-macam gaya lompat jauh yaitu terdapat gaya menggantung. Gaya satu ini cukup menarik karena kamu tidak bisa mengubah kecepatan saat melakukan penolakan.


Posisi badan melenting ke depan dengan posisi tangan ada di samping telinga.


Sementara posisi kaki rapat di belakang selama badan masih melayang di udara. Jika kamu menggunakan gaya ini, maka posisi badan perlu untuk menjadi lebih tegap.

Pada gaya menggantung ini, kamu bisa membuat kaki bergerak mengayun dari depan ke belakang.

Hal ini dilakukan bersamaan dengan tangan yang juga diayunkan ke arah belakang dan juga depan.


Saat kamu melakukan pendaratan, perlu untuk meluruskan kedua kaki ke depan. Kamu bisa mendarat dengan kedua tumit agar membantu menjaga keseimbangan tubuh.


3. Gaya Berjalan di Udara (Walking in the Air Style)

okezone.com

Penjelasan macam-macam gaya lompat jauh yang ketiga yaitu terdapat gaya berjalan di udara.

Gaya ini membuat kamu terlihat sedang berjalan di udara. Hal ini dikarenakan kamu perlu untuk melakukan gerakan kaki seperti sedang berjalan atau berlari di udara dengan gaya ini.

Kamu bisa menggunakan kaki kiri maupun kanan sesuai dengan yang biasa digunakan oleh atlet iu sendiri. Disarankan pula untuk menggunakan kaki yang sifatnya lebih dominan.


Saat kaki sudah menumpu di bagian balok, maka kamu bisa mencondongkan badan ke arah depan untuk menjaga keseimbangan.


Pandangan tetap dijaga ke arah depan sementara kedua tangan ada di bagian samping atas badan.

Nantinya bagian kaki akan membuat gerakan seperti mengayuh secara bergantian selama di udara.

Saat mendarat, kamu perlu menjulurkan kedua tangan ke arah depan, kemudian ditarik ke bagian belakang. Sementara pada kaki perlu untuk kamu luncurkan dengan jarak yang sejauh mungkin.


Pastikan bahwa kedua kaki tersebut mendarat secara bersamaan agar menghindari terjadinya cedera cukup berat.


Teknik Dasar Pelaksanaan Lompat Jauh

Tidak hanya mengenal macam-macam gaya lompat jauh, tetapi kamu juga perlu untuk menguasai teknik dasar yang digunakan.

Menguasai teknik dasar ini menjadi awal yang penting agar kamu dapat mempelajari olahraga ini dengan aman.

Pada umumnya, atlet lompat jauh perlu untuk memiliki kekuatan otot kaki dan kecepatan yang lebih tinggi.


Selain itu, kamu juga perlu untuk bisa mengeluarkan fleksibilitas tubuh sehingga bisa menggerakkannya selama di udara.


Terdapat sebanyak empat fase dalam teknik dasar lompat jauh yang perlu untuk kamu ketahui dan kuasai caranya. Berikut penjelasan mengenai teknik dasar tersebut secara lebih lanjut.

1. Fase Awalan

Teknik yang pertama yaitu dimulai dengan fase awalan. Pada fase ini, kamu perlu lari sprint sekencang mungkin ke arah papan lepas landas. Biasanya lari ini mulai berhenti saat dua langkah terakhir.

Secara umum, lintasan yang diberikan untuk atlet agar bisa lari mencapai 40 meter. Jarak ini ditentukan cukup efektif dalam membantu membangun kecepatan dengan maksimal sebelum melakukan lompatan.

Saat kamu berlari perlu untuk menjaga kecepatan dengan sebaik mungkin. Para atlet biasanya mengambil sekitar 22 langkah saat melakukan awalan ini.

Buat kamu yang masih pemula, awalan bisa dilakukan setidaknya sebanyak 8 langkah terlebih dahulu.


2. Fase Tolakan

Setelah melakukan awalan, teknik selanjutnya yaitu ada pada fase tolakan. Pada fase ini, kamu perlu menggunakan satu bagian kaki untuk tetap ada di permukaan tanah.

Hal ini dilakukan agar kaki tersebut mampu menopang badan saat melakukan tolakan.

Menguasai teknik tolakan ini penting untuk dilakukan agar nantinya bisa menopang tubuh untuk mencapai ketinggian tertentu.

Melalui cara ini, kamu bisa terbang di udara lebih lama dan mencapai jarak yang lebih jauh pula.

Maka dari itu, saat melakukan tolakan kamu perlu untuk memastikan bahwa kaki sudah menapak di tanah dengan baik.

Jika kamu menggunakan tumit, maka nantinya bisa mengurangi momentum karena memberikan pengereman pada badan.

Sementara menggunakan jari-jari kaki bisa membuat tubuh tidak stabil hingga mengurangi jarak yang dicapai oleh pelompat itu sendiri.

3. Fase Melayang di Udara

Teknik dasar lompat jauh selanjutnya yaitu terletak pada fase melayang di udara. Pada fase ini, sikap dan gerakan badan yang diambil saat berada di udara memegang peran penting.

Kedua hal tersebut ditentukan oleh kecepatan awalan dan kekuatan saat melakukan fase tolakan.

Saat kamu sudah berada di udara, maka perlu untuk memastikan tubuh agar tidak mudah jatuh. Kamu bisa mengayunkan kedua tangan agar membantu menjaga keseimbangan tubuh tersebut.

Saat melayang, kamu perlu untuk menggerakkan kaki seperti sedang berjalan di udara. Hal ini akan mempermudah jarak pendaratan yang akan diambil.

Usahakan untuk kamu bisa melayang selama mungkin dengan menjaga keseimbangan tubuh agar stabil. Saat akan mendarat, pastikan kamu juga sudah mempersiapkan kaki terlebih dahulu.

4. Fase Pendaratan

Teknik dasar yang terakhir dalam lompat jauh yaitu berada pada fase pendaratan. Fase satu ini penting untuk diperhatikan dengan baik agar tidak mempengaruhi jarak lompatan yang telah diambil.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencapai jarak maksimum saat mendarat. Kamu bisa melakukan manuver tertentu agar mencapai jarak maksimum tersebut.

Banyak atlet yang berusaha untuk menjaga kaki berada di depan tubuh. Caranya yaitu kamu bisa membawa tumit ke atas dan kepala ke bawah. Sementara itu, kamu juga perlu untuk melakukan peregangan maksimal pada bagian pinggul badan.

Setelah mendarat, kamu melakukan gerakan menyapu. Caranya yaitu dengan tangan direntangkan dan kaki tetap berdiri tegak. Selain itu, badan atau tubuh diusahakan mengarah ke depan.

Nah, itu tadi merupakan penjelasan mengenai apa saja macam-macam gaya lompat jauh yang ada dan bisa digunakan tekniknya.

Perlu untuk dipahami bahwa kamu juga tahu cara melakukan cabang olahraga lompat jauh ini dengan tepat agar tetap aman.

Tidak hanya cabang olahraga lompat jauh, masih ada banyak cabang olahraga lainnya yang tidak kalah menarik untuk kamu pelajari.

Kamu bisa mengetahui informasi terkait penjelasan teknik dari setiap cabang olahraga yang ada di situs blog Mamikos.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta