Jika 8 Hal Ini yang Sekarang Kamu Rasa, Masa Kuliahmu Berhak Dibilang “Tak Sia-Sia”

 Posted on Selasa, Juni 26th, 2018  Posted in Mahasiswa, Mahasiswa Baru  Mamikos

Masa Kuliahmu Berhak Dibilang Tak Sia-Sia – Banyak yang menganggap bahwa masa kuliah adalah masa dimana paling bahagia. Akan ada banyak peristiwa yang kamu alami ketika menginjak masa kuliah. Peristiwa ini tentu saja tak hanya meliputi peristiwa baik saja, tetapi juga ada sederetan peristiwa-peristiwa buruk yang mungkin akan membuat kamu patah semangat.[sg_popup id=”22″ event=”onload”][/sg_popup]

Namun, tenang saja karena sebagian besar mahasiswa menjalani masa kuliahnya dengan cukup bahagia kok! Jadi jangan takut ya menghadapi masa kuliah!

Mungkin di masa-masa awal kuliah dulu, kalian masih merasa malu-malu atau bahkan takut. Akan tetapi dengan berjalannya waktu pasti kalian bisa menikmati masa-masa kuliah yang indah. Nah, masa kuliah agar dapat dikategorikan tidak sia-sia ini ketika kita sudah melakukan hal apa aja sih? Banyak sekali mahasiswa yang mungkin mempertanyakan tentang hal yang satu ini.

Jika kalian juga salah satunya, kalian beruntung karena kali ini Mamikos akan membahas mengenai hal yang satu ini. Nah, daripada menunggu lama lagi langsung saja baca informasi terkait Jika 8 Hal Ini yang Sekarang Kamu Rasa, Masa Kuliahmu Berhak Dibilang “Tak Sia-Sia”.

8 Hal Ini yang Kamu Rasakan? Masa Kuliahmu Berhak Dibilang Tak Sia-Sia

Masa Kuliahmu Berhak Dibilang Tak Sia-Sia
Masa Kuliahmu Berhak Dibilang Tak Sia-Sia

1. Membuat kamu sadar bahwa masih ada orang yang lebih pintar dibanding kamu

Semasa kuliah mungkin kamu sering bertemu dengan orang-orang yang lebih pintar darimu. Hal ini tentu membuat kamu sadar bahwa kecerdasanmu ternyata belumlah apa-apa, mungkin masih sebesar zarrah dibandingkan mereka. Kesadaran ini tentu akan kamu pertahankan selepas kamu menyelesaikan kuliahmu.

Kamu akan terus mencari cara baru agar bisa mendapatkan ilmu dan wawasan seluas-luasnya dibandingkan memerkan pengetahuan kamu. Bagimu, ini jauh lebih terhormat daripada mencari pujian membabi buta.

2. Telah mengasah soft skill

Setiap individu tentu memiliki soft skillnya masing-masing, ada yang memiliki skill dalam menulis, ada pula yang pintar dalam berbahasa asing, dan ada pula yang memiliki skill di bidang entrepreneurship. Di masa kuliahmu, tentu tanpa disadari kamu telah mengembangkan dengan baik berbagai soft skill yang kamu miliki.

Dan tentu saja soft skill tersebut akan sangat berguna ketika kamu telah memasuki dunia kerja. Kamu pun menjadi siap bersaing dengan puluhan ribu sarjana lainnya di tanah air untuk bertahan di dunia nyata.

Mungin di bangku kuliah, kamu tidak terlalu begitu menganggap penting skill di dalam diri kamu yang sudah terasah dengan baik. Nantinya ketika mencari lowongan kerja DKI Jakarta, kamu pun akan sadar betapa bergunanya skill yang selama ini kamu miliki. Untuk kamu yang memiliki skill dan ahli dalam bahasa Inggris, kamu akan membuat para interviewer menjadi terkesan dan tak ragu untuk menawarkanmu posisi di perusahaan mereka.

Kamu pun nantinya akan bersyukur karena sudah melatih bahasa Inggrismu sendiri selama ini dengan membaca buku-buku kuliah yang berbahasa asing dan menonton serial TV di bangku kuliah. Empat tahun yang kamu punyai sebagai mahasiswa itu tak hanya kamu manfaatkan untuk bersenang-senang saja, namun juga untuk mengembangkan diri.

3. Bertemu dengan banyak orang dari latar belakang yang berbeda

Menghormati dan menghargai keberagaman mungkin adalah salah satu hal tersulit yang ada di dalam kehidupan kita. Di masa kuliahmu, kamu sudah bertemu banyak orang dari beragam latar belakang keluarga serta dari beragam jenis suku. Tentu hal ini mengajarkanmu secara tidak langsung untuk berpikiran terbuka dan dapat menerima perbedaan yang ada.

Kamu juga akan mendapatkan pelajaran bahwa dalam menjalani hidup tidak semua orang bisa menjalaninya dengan cara yang kamu pilih, oleh karena itu kamu pun tidak boleh memaksa pendapat hanya karena mengira dirimu paling benar. Karena itulah sekarang kamu bisa menjadi pribadi yang lebih fair dalam diskusi dan membuat semua orang senang mengenal dan bertukar pendapat hingga bertukar ilmu dengan kamu.

4. Menjadi lebih mandiri

Bagi kamu yang sedang merantau dan hidup di kost Surabaya murah, kost Jogja murah, secara tidak langsung tentu kamu dipaksa untuk tinggal sendiri karena terpisah jauh dari orangtua. Kamu telah lepas dari fasilitas yang ada di rumah, dan berpindah ke ruangan kecil yang disebut kost-kostan.

Kamu pun harus melakukan segala hal sendiri, mulai dari membereskan kamar, mencuci baju, memasak, hingga menyemangati diri sendiri untuk melanjutkan kehidupan. Tanpa kamu sadari ternyata kehidupan di masa kuliahmu inilah yang akhirnya membuatmu dewasa.

5. Tak pernah putus asa mengerjakan segala beratnya tugas kuliah

Di masa kuliah kamu kerap dihadapkan pada tantangan akademik yang membuatmu frustrasi. Jika di semester-semester awal ada berbagai deadline, di semester akhir kamu harus bergelut dengan skripsi. Siapa sangka, segala kesulitan ini ternyata berguna untuk menyiapkanmu menghadapi kerasnya dunia yang sebenarnya.

Sesulit apapun tugas yang diberikan dosen, kamu akan berkomitmen menyelesaikannya. Kamu pun rela begadang agar bisa menepati deadline yang telah ditetapkan sebelumnya. Tanpa sadar, jenjang kuliah membentukmu menjadi pribadi yang tidak manja.

6. Menemukan sahabat baru di lingkungan baru

Saat semua orang mengenang masa SMA, kamu tahu bahwa teman-teman yang kamu temui saat kuliah juga begitu berjasa. Merekalah yang berperan sebagai keluarga ketika kamu harus hidup jauh dari orangtua. Kalian saling mendengarkan dan bercerita. Kalian mendewasa bersama. Persahabatan ini tak berakhir begitu kalian kembali pulang ke kota masing-masing.

Meski tinggal terpisah kalian masih saling berkirim ucapan selamat ulang tahun dan bertegur sapa. Sebisa mungkin, kalian akan menabung untuk menghadiri pernikahan satu sama lain. Ketika kalian masih bisa saling berbagi rasa bahagia, kamu tahu dirimu telah menemukan teman-teman yang sebenarnya. Dan jika kamu masih bisa menyingkap duka pada mereka meski telah tinggal berbeda kota, dirimu telah menemukan sahabat untuk selamanya.

7. Tidak hanya hura-hura

Di bangku kuliah, tentu begitu banyak menghadirkan kesempatan kamu untuk mengasah renjana. Nah dalam hal ini, uang belum menjadi hal utama yang kamu cari sehingga kamu pun bebas memilih kegiatan berdasarkan ketertarikan pribadi. Mulai dari mengikuti unik kegiatan mahasiswa di tingkat fakultas hingga sampai pada tingkat kepanitiaan event-event lokal, kamu bisa menyalurkan renjanamu dan bertemu dengan orang-orang dengan renjana yang serupa.

Kamu berhk memilih kegiatan apapun yang kamu suka, dari yang berbau musik hingga sastra. Uniknya, renjana yang kamu bentuk di masa kuliah ini tak mesti harus berhubungan dengan jurusan yang kamu ambil. Bukan tak mungkin kamu yang kuliah di jurusan Manajemen, misalnya, menyibukkan diri menjadi bagian dari kepanitiaan festival musik. Tak ada larangan atau batasan untukmu meminati bidang tertentu.

8. Setelah wisuda tetap semangat belajar

Masa pendidikan kamu di jenjang perkuliahan memang baru saja selesai, namun bukan berarti semangat kamu untuk belajar juga langsung terhenti bukan? Yang kamu pelajari di masa kini tak harus berhubungan langsung dengan kuliahmu.

Yang terpenting, keahlian tersebut bisa membuatmu jadi anak muda yang lebih baik lagi. Tak hanya memikirkan kebaikan diri sendiri, kamu juga mulai memikirkan cara untuk lebih banyak berkontribusi.

Nah, bagaimana? Apakah di masa kuliahmu ini kamu sudah merasakan salah satu hal diatas? Atau bahkan 8 hal tersebut sudah kamu rasakan semua? Untuk info lebih banyak lagi seputar mahasiswa, silahkan kunjungi situs Mamikos. Dan jangan lupa juga download aplikasi Mamikos di Play Store.