Mengenal Pemahaman Bacaan Dan Menulis UTBK 2020 + Contohnya

 Bella Carla | Ming, 12 Apr 2020

Pemahaman Bacaan Dan Menulis UTBK – Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2020 sebentar lagi akan dilaksanakan. Sudahkah kamu menyiapkan diri sebaik mungkin untuk mengikuti ujian seleksi masuk ke perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) ini? Perlu diketahui bahwa dalam UTBK tahun ini materi yang akan diujiankan hanyalah Tes Potensi Skolastik saja. Untuk menunjang persiapan belajar kamu selama di rumah, Mamikos sudah menyiapkan latihan soal-soal UTBK khususnya untuk subtes pemahaman bacaan dan menulis yang bisa kamu pelajari.

Pengertian Hingga Contoh Soal Pemahaman Bacaan Dan Menulis UTBK 2020

Pemahaman Bacaan Dan Menulis UTBK
disk.mediaindonesia.com

Seperti yang kita ketahui, di tahun 2020 ini materi yang akan diujiankan dalam Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) hanyalah seputar TPS (Tes Potensi Skolastik). Di mana TPS ini adalah materi tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif, yakni penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Sementara kemampuan yang diuji dalam TPS ini di antaranya ada penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. Nah, kali ini Mamikos akan mencoba membantu kamu dalam memahami subtes pemahaman bacaan dan menulis dengan memberikan contoh soalnya berikut ini.

Apa itu Tes Pemahaman Bacaan Dan Menulis?

Di dalam Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK tahun 2020 dibagi menjadi beberapa subtes, salah satunya adalah tes pemahaman bacaan dan menulis. Pada tes ini, hal yang akan diujikan adalah kemampuan bahasa kamu. Bagaimana kamu memahami isi bacaan dari suatu teks, dan kemampuan kamu dalam memahami kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sepintas memang terlihat mudah, namun kamu pun tidak boleh menyepelekan subtes yang satu ini.

Jenis Soal Pada Tes Pemahaman Bacaan Dan Menulis

1. Pemahaman Isi Bacaan

Umumnya, soal-soal pada bagian ini akan menguji kamu untuk dapat membaca, mencermati, serta memahami isi teks secara utuh. Jadi, soal yang disajikan akan berupa teks bacaan yang terdiri dari beberapa paragraf. Soal-soal yang muncul biasanya seputar judul bacaan serta kata yang paling tepat untuk melengkapi penggalan kalimat atau paragraf. Misalnya, “Judul yang paling tepat untuk melengkapi bacaan di atas adalah …” atau “Kata yang paling tepat untuk melengkapi titik-titik pada kalimat ketiga paragraf pertama adalah …”. Nah, di sini kamu pun akan mengetahui kemampuan membaca cepat dan fokus adalah hal yang sangat dibutuhkan.

2. Penalaran Kebahasaan

Pada jenis soal yang kedua ini umumnya akan menguji kemampuan kamu dalam memahami kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Bedanya dengan poin pertama, soal-soal yang muncul biasanya terkait dengan ejaan yang berpedoman pada PUEBI dan KBBI. Misalnya, kamu diminta untuk mencari kata berimbuhan yang salah pada suatu paragraf, atau kamu diminta untuk memilih kata yang sesuai dengan aturan KBBI.

Contoh Soal Tes Pemahaman Bacaan Dan Menulis

Soal

Bacalah tulisan berikut ini untuk menjawab nomor 1 – 8!

Manfaat Dongeng bagi Anak

(1) Pada zaman serba canggih seperti sekarang, kegiatan mendongeng di mata anak-anak (…] tidak populer Iagi. (2) Sejak bangun hingga […] tidur, mereka dihadapkan pada televisi yang menyajikan beragam acara, mulai dari film kartun, kuis, hingga sinetron yang acapkali bukan tontonan yang pas untuk anak. (3) Kalau pun mereka bosan dengan acara yang […), mereka dapat pindah pada
permainan lain seperti video game. (4) Kendati demikian, kegiatan mendongeng sebetulnya bisa memikat dan mendatangkan banyak manfaat, bukan hanya untuk anak-anak tetapi juga orang tua yang mendongeng untuk anaknya. (5) Kegiatan ini dapat mempererat ikatan dan komunikasi yang terjalin antara orang tua dan anak.

(6) Para pakar-pakar menyatakan beberapa ada manfaat lain yang dapat dikeruk dari kegiatan mendongeng ini. (7) Pertama, anak dapat mengasah daya pikir dan imaji. (8) Hal yang belum tentu dapat terpenuhi bila anak hanya menonton dari television. (9) Anak dapat membentuk visualis sendiri dari cerita yang didengarkan. (10) la dapat membayangkan seperti apa tokoh-tokoh maupun situasi yang muncul dari dongeng tersebut.

(11) Lama-kelamaan anak dapat melatih kreativitas dengan cara ini. (12) Kedua, cerita atau dongeng merupakan media yang efektif untuk menanamkan berbagai nilai dan etik kepada anak, bahkan untuk menumbuhkan rasa empati. (13) Misalnya, nilai-nilai kejujuran, rendah hati, kesetiakawanan, kerja keras, maupun tentang berbagai kebiasaan sehari-hari seperti pentingnya makan sayur dan menggosok gigi. (14) Anak juga diharapkan dapat lebih mudah menyerap berbagai nilai tersebut karena Kak Agam di sini tidak bersikap memerintah atau menggurui, sebaliknya para tokoh cerita dalam dongeng tersebutlah yang diharapkan menjadi contoh atau teladan bagi anak. (15) Ketiga, dongeng dapat menjadi langkah awal untuk menumbuhkan minat baca anak. Setelah tertarik pada berbagai dongeng yang diceritakan Kak Agam, anak diharapkan mulai menumbuhkan daya tarik pada buku. (16) Diawali dengan buku-buku dongeng yang kerap didengamya, lalu meluas pada buku-buku lain seperti buku pengetahuan; sains; agama; dan sebagainya.

(Diadaptasi dari http://doktersehat.com)

1. Gagasan utama dari paragraf dua adalah ….

A. Mendongeng mempererat ikatan dan komunikasi antar anak dan orang tua
B. Banyak manfaat yang didapat dari kegiatan mendongeng
C. Mempererat komunikasi adalah salah satu manfaat dari mendongeng
D. Pepakar menyatakan banyak manfaat dari membaca
E. Manfaat dari kegiatan mendongeng

2. Diawali dengan buku-buku dongeng yang kerap didengarnya, lalu meluas pada buku-buku lain seperti buku pengetahuan; sains; agama; dan sebagainya. Kata bercetak tebal pada kalimat di atas bermakna ….

A. Ilmu pengetahuan sosial
B. Ilmu pengetahuan umum
C. Ilmu pengetahuan alam
D. Ilmu pengetahuan sifat suatu unsur
E. Ilmu pengetahuan tanaman

3. Berikut ini kalimat yang tepat untuk memperbaiki ketidakefektifan kalimat (6) adalah ….

A. Para pakar manfaat lain yang dapat digali dari menyatakan beberapa ada kegiatan mendongeng ini
B. Para-para pakar menyatakan beberapa ada manfaat lain yang dapat digali dari kegiatan mendongeng ini
C. Para pakar menyatakan ada beberapa manfaat Iain yang dapat dikeruk dari kegiatan mendongeng ini
D. Para pakar menyatakan ada beberapa manfaat lain yang dapat digali dari kegiatan mendongeng ini
E. Pakar-pakar menyatakan beberapa ada manfaat lain yang dapat dikeruk dari kegiatan mendongeng ini

4. Kata berimbuhan yang tepat digunakan untuk melengkapi paragraf pertama adalah ….

A. menjadi, menjelang, tersaji
B. terjadi, menjelang, menyajikan
C. menjadi, menjelang, disajikan
D. terjadi, menjeIang, tersaji
E. menjadi, terjelang, disajikan

5. Perbaikan yang tepat dari ketiga istilah yang dicetak tebal dalam paragraf ketiga adalah ….

A. imajiner, televisi, visualisasi
B. imajinasi, televisi, visualisasi
C. imajiner, televisi, visualisme
D. imajiner, television, visualisasi
E. imajinasi, te1evisi, visualisme

6. Kesalahan penggunaan kata baku dalam paragraf keempat dan kelima tersebut adalah ….

A. Penggunaan kata etik pada kalimat (12) seharusnya etika
B. Penggunaan kata kesetiakawanan pada kalimat (13) seharusnya kesetiakawanan
C. Penggunaan kata teladan pada kalimat (14) seharusnya tauladan
D. Penggunaan kata daya tarik pada kalimat (15) seharusnya dayatarik.
E. Penggunaan kata sains pada kalimat (16) seharusnya sain.

7. Berikut ini kalimat yang mempunyai makna sama dengan kalimat (10) adalah ….

A. Dapat dibayangkan olehnya, dongeng itu memunculkan tokoh-tokoh maupun situasi seperti apa
B. Aku bisa mengarang akan menjadi apa karakter maupun keadaan yang ada dalam dongeng tersebut
C. Dirinya menghayal, seperti apa kira-kira tokoh-tokoh yang akan bermunculan dalam dongeng tersebut
D. Entah apa yang dibayangkan olehnya, dalam dongeng tersebut bermunculan para tokoh yang menarik
E. Dongeng tersebut akan memunculkan para tokoh dan situasi cerita yang menarik bagi pembacanya

8. Alasan penggunaan tanda baca yang tidak tepat pada kalimat (16) adalah ….

A. Seharusnya tidak diberi tanda titik (.) pada setiap akhir dari kalimat yang meluas
B. Seharusnya tanda koma (,) tidak digunakan sebelum konjungsi Ialu karena tidak berfungsi
C. Seharusnya penggunaan tanda titik koma (;) digunakan dalam perincian frasa atau klausa
D. Seharusnya diberikan tanda koma (,) setelah kata diawali sebagai bentuk jeda pelafalan
E. Seharusnya penggunaan tanda (,) sebelum kata lalu tidak digunakan karena tidak fungsional

Bacalah teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 9-15!

Dikembangkannya CBT Teknologi Pendidikan

(1) Di masa kini, pendidikan sangatlah penting dalam menjalani kehidupan. (2) Tak dapat dimungkiri bahwa tanpa pendidikan masyarakat Indonesia akan tertinggal jauh oleh negara Iain. (3) Oleh karena itu, banyak sekali upaya yang dilakukan oIeh pemerintah Indonesia tentang kemajuan pendidikan. (4) Salah satu contoh pengupayaannya adalah teknologi yang digunakan dalam suatu proses pendidikan karena teknologi merupakan salah satu faktor untuk berkembangnya suatu negara. (5) Baru-baru ini tidak jarang orang yang membicarakan mengenai Ujian Nasional dengan berbasis komputer.

(6) Itulah salah satu upaya pengembangan teknologi di Indonesia. (7) Computer Based Test (CBT), atau yang sering disebut dengan istilah CBT ini memang, sudah seharusnya diberlakukan pada sistem UN di Indonesia. (8) Pada dasarnya, sistem ini tidak hanya untuk pengembangan teknologi saja, tetapi sistem ini juga lebih efisien dan lebih hemat dibanding dengan Paper Based Test yang harus mencetak soal ke dalam kertas. (9) Padahal, peserta Ujian Nasional sangatlah banyak yang dapat mencapai jutaan peserta dan ditambah biaya pengiriman naskah soal yang tidak sedikit. (10) (…)

(11) Untuk siswa, mereka akan lebih terbantu karena mereka sudah tidak fokus menghitamkan jawaban. (12) Selama ini, faktor menjawab pada kertas LIK sangatlah memengaruhi pada nilai mereka. (13) Mereka hanya tinggal mengklik jawabannya dan lebih menghemat waktu pengerjaan. (14) Kendala dari (…) tersebut adalah beberapa masyarakat yang belum bisa menyetujui hal tersebut. (15) Mereka menganggap bahwa CBT tersebut akan membebankan siswa, terutama pada siswa yang belum Iancar dalam masalah teknologi.

(16) Padahai, dengan itu mereka akan termotivasi untuk Iebih bisa dalam tcknologi seperti komputer, karena pada dasarnya saat ini banyak sekali tes-tes yang menggunakan sistem CBT. (17) Mereka yang tidak setuju, masih belum bisa untuk diajak berjalan menuju suatu perubahan yang lebih baik. (18) Suatu negara memerlukan suatu kondisi paling tidak sejajar dengan negara Iain yang ada di dunia. (19) Indonesia merupakan negara berkembang dan Indonesia sendiri perlu suatu kemajuan.

(Diadaptasi dari htcps://terpintar,web.id/)

9. Jika kalimat (16) tidak efisien, maka kalimat efisiennya adalah ….

A. Padahal, dengan itu mereka akan termotivasi untuk Iebih bisa dalam teknologi seperti komputer,sebab banyak tes yang menggunakan sistem CBT
B. Padahal, mereka akan termotivasi untuk lebih bisa dalam teknologi seperti komputer, sebab banyak tes yang saat ini menggunakan sistem CBT
C. Padahal, mereka akan termotivasi untuk lebih sanggup dalam teknologi seperti komputer yang menggunakan sistem CBT karena banyak tes
D. Padahal, mereka akan termotivasi untuk bisa dalam teknologi seperti komputer karena banyak tes yang menggunakan sistem CBT
E. Padahal, mereka akan termotivasi untuk bisa dalam teknologi seperti komputer, karena banyak tes yang menggunakan sistem CBT

10. Suatu negara memerlukan suatu kondisi paling tidak sejajar dengan negara Iain yang ada di dunia. Kata bercetak tebal di atas memiliki padanan makna dengan ….

A. Serilpa
B. Setimpal
C. Sebaya
D. Cocok
E. Sekutu

11. Perbaikan judul yang tepat dari teks tersebut adalah ….

A. Pengembangan Teknologi Pendidikan Melalui CBT
B. Kebermanfaatan CBT dalam Bidang Teknologi Pendidikan
C. Pentingnya CBT dalam Pendidikan di Indonesia
D.  CBT, Pengembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia
E. Peran CBT Teknologi Pendidikan di Indonesia

12. Penggunaan tanda baca yang tidak tepat terdapat pada kalimat nomor ….

A. (5)
B. (6)
C. (7)
D. (8)
E. (9)

13. Kata efisien pada kalimat (8) memiliki makna ….

A. terpusat
B. tepat waktu
C. tepat guna
D. terjangkau
E. terkendali

14. Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf ketiga adalah ….

A. Kegunaan teknologi tersebut menjadi sebuah keharusan di era modernisasi seperti sekarang
B. Pemanfaatan teknologi seperti itu mesti memiliki nilai kebermanfaatan bagi para penggunanya
C. Sebenarnya teknologi yang digunakan akan memberikan efek baik positif bagi para penggunanya
D. Penggunaan teknologi seperti itu sebenarnya sangatlah meringankan dan memiliki banyak manfaat
E. Pemakaian teknologi yang demikian memang hal yang Iazim dan biasa seiring dengan perkembangan zaman

15. Pilihan kata yang tepat untuk melengkapi kaIimat (14) adalah ….

A. proyek
B. visi
C. misi
D. program
E. tujuan

Bacalah teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 16-20!

SosioIog Universitas Gajah Mada (UGM) Arie Sujitomo memuji kinerja Jokowi-JK empat tahun terakhir. Pemerintah dinilai berhasil mewujudkan salah satu narasi besar Nawacita meIaIui ekonomi masyarakat pinggiran.

“Pandangan membangun Indonesia dari pinggiran, kerangka Nawacita pada saat itu, terkonfirmasi dengan adanya UU Desa secara masif dan pemanfaatan dana desa yang menggerakan ekonomi kerakyatan,” kata Arie dalam diskusi di Bakoel Koffie, Cikini, Menteng, lakarta pusat, Kamis, 18 Oktober 2018. Arie menilai capaian-capaian pemerintah itu dapat dilihat di wilayah seperti Sumatera, Kalimantan, dan Papua. Kebijakan Jokowi membuat ekonomi Iokal pada level pinggiran bergerak.

“Ketika desentralisasi resources dari pusat ke daerah dan itu menjadi kabar penting untuk kita ketahui kontrak demokrasi politik itu berkorelasi, positif pada perubahan pemerintah. Arus balik ekonomi yang ditandai dengan inovasi Iokal itu berlangsung secara masif,” tutur Arie. Arie menyebut ini merupakan catatan penting bagi pemerintah hari ini dan ke depannya. Langkah yang dilakukan menunjukkan fakta ekonomi sumber daya Iokal telah dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

Ia pun menyinggung soaI BUMDes dan program-program yang bisa menggerakkan sumber-sumber pertanian mulai menunjukkan taring. Selain itu, program Jokowi berhasil menggeser pendekatan PNPM yang bertumpu pada haluan utang dengan pendekatan yang Iebih baik. “Digeser dengan pendekatan yang Iebih memperkuat ekonomi Iokal di mana APBN digenjot untuk memperkuat desa,” jelas dia.

Dikutip dari: http://metronewscom

16. “Pandangan membangun Indonesia dari pinggiran, kerangka Nawacita pada saat itu, terkonfirmasi dengan adanya UU Desa
secara masif dan pemanfaatan dana desa yang menggerakan ekonomi kerakyatan,“ kata Arie dalam diskusi di Bakoel Koffie,
Cikini, Menteng, Jakarta pusat, Kamis, 18 Oktober 2018. Kata bercetak tebal pada kalimat di atas memiliki padanan makna dengan….

A. Umum
B. Besar
C. Kukuh
D. Kecil
E. Independen

17. Pernyataan berikut ini yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ….

A. Dana desa adalah bentuk implementasi dari Nawacita Jokowi-JK dalam membangun Indonesia dari daerah pinggiran
B. Jokowi-JK berhasil menerapkan program dana desa yang memberikan anggaran 1 miliar per desa
C. Perekonomian di wilayah seperti Sumatra, Kalimantan, dan Papua semakin maju karena program Nawacita
D. APBN merupakan sumber utama dana desa yang masih memerlukan penerapan secara maksimal
E. BUMDes bisa menggerakan sumber-sumber pertanian dan mampu meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat

18. Informasi yang diberikan tersebut adalah ….

A. Kebijakan Jokowi membuat ekonomi lokal pada level pinggiran bergerak
B. Sosiolog Universitas Gajah Mada (UGM) Arie Sujito memuji kinerja Jokowi-JK empat tahun terakhir
C. Jokowi-JK diniai berhasil mewujudkan salah satu narasi besar Nawacita melalui ekonomi pinggiran
D. Adanya UU Desa secara masif dan pemanfaatan dana desa adalah salah satu wujud dari kerangka Nawacita yang diwujudkan Jokowi-JK
E. BUMDes dan program-program yang bisa menggerakkan sumber-sumber pertanian mulai menunjukkan taring

19. Keberpihakan penuiis dari bacaan tersebut ditunjukkan dengan kalimat ….

A. Sosiolog Universitas Gajah Mada (UGM) Arie Sujito memuji kinerja Jokowi-JK empat tahun terakhir
B. Jokowi-JK dinilai berhasil mewujudkan salah satu narasi besar Nawacita melalui ekonomi pinggiran
C. Ia pun menyinggung BUMDes dan program-program yang bisa menggerakan sumber-sumber pertanian mulai menunjukan taring
D. Arie menilai capaian-capaian pemerintah itu tidak dapat dilihat di wilayah Sumatra, Kalimantan, dan Papua
E. Program Jokowi-JK berhasil menggeser pendekatan PNPM yang bertumpu pada haiuan utang dengan pendekatan yang kurang baik

20. Tujuan dari bacaan tersebut adalah ….

A. Apresiasi terhadap kinerja Jokowi-JK atas keberhasilan dalam mewujudkan Nawacita melaiui perekonomian di daerah-daerah pinggiran dengan pemaksimalan BUMDes
B. Apresiasi terhadap kinerja Jokowi-JK atas keberhasilan daiam mewujudkan salah satu narasi besar Nawacita melalui ekonomi masyarakat pinggiran
C. Apresiasi terhadap kinerja Jokowi-JK atas keberhasilan daiam membangun Indonesia dari masyarakat pinggiran
D. Apresiasi terhadap kinerja Jokowi-JK atas keberhasilan membangun Indonesia dari pinggiran dengan menerapkan program dana desa
E. Memberikan peniiaian atas kinerja Jokowi-JK atas berhasilnya membangun Indonesia

Kunci Jawaban

  1. E
  2. B
  3. D
  4. C
  5. B
  6. A
  7. A
  8. C
  9. C
  10. E
  11. D
  12. C
  13. C
  14. D
  15. D
  16. C
  17. E
  18. C
  19. A
  20. B

Nah, di atas tadi Mamikos sudah rangkumkan kamu pemahaman seputar subtes pemahaman bacaan dan menulis guna menghadapi UTBK 2020. Salah satu kunci dalam menjawab soal-soal penalaran kebahasaan unu adalah dengan banyak membaca buku, koran, artikel, novel, dan sebagainya untuk memperkaya kosakata bahasa kamu. Jangan lupa juga untuk terus berlatih soal-soal ya selama kamu di rumah! Oh iya, jika kamu berencana ingin merantau di luar kota maka jangan lupa install aplikasi Mamikos di ponsel Android atau iOS kamu ya! Di aplikasi Mamikos, kamu bisa menemukan info sewa kost-kostan, apartemen, hingga rumah kontrakan di tanah air dengan praktis.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: