17 Menu Makan yang Gampang Dibuat Oleh Anak Kost

Menu Makan yang Gampang dibuat Oleh Anak Kost – Menjadi anak kost memang gampang-gampang susah. Tak sedikit yang mengatakan bahwa menjadi anak kost sangat dekat dengan kemandirian. Nyatanya? Memang begitu. Ketika kamu menjadi seorang anak kost, kamu harus melakukan segala sesuatu hal dengan sendiri. Karena bagaimanapun juga tidak akan ada lagi seorang pembantu rumah tangga yang membantu kamu menyelesaikan segala sesuatunya dengan mudah.

Menu Makan Berikut Gampang dibuat Oleh Anak Kost

Tak heran jika sederetan anak kost memilih untuk melakukan segala hal dengan cara yang gampang dan mudah. Mendekati akhir bulan, biasanya anak kost lebih memilih untuk menyantap makanan buatan sendiri dibanding menyantap makanan di luar. Karena memang menyantap makanan buatan sendiri akan lebih menghemat biaya dibanding makan di luar. Nah, tentunya para anak kost ini akan memilih menu makanan sehari-hari yang tentunya praktis dan mudah untuk dibuat. Berikut Mamikos berikan beberapa menu makan yang gampang dibuat oleh anak kost!

1. Nasi Goreng

Di rice cooker masih banyak nasi yang tersisa? Daripada terbuang sia-sia, mending dibuat nasi goreng saja di dapur kost Jogja murah kamu! Untuk bumbu juga tidak perlu terlalu banyak ini itu, kamu cukup menyiapkan bawang putih dan cabe yang sudah dirajang saja. Kemudian tumis hingga harum, tambahkan telur, nasi, kecap manis dan kecap asin serta bumbu penyedap. Nasi goreng adalah masakan praktis ala anak kos yang murah dan mudah untuk disajikan. Jika kamu mempunyai bahan-bahan lain misal ayam, baso, sosis bisa ditambahkan sesuai selera.

2. Sambal Goreng Teri

Sebagai anak kost, kamu tentu memerlukan makanan yang bisa tahan lama bukan? Makanan ini tentu diperlukan ketika tidak punya waktu untuk memasak dan kamu bisa langsung menyantapnya. Sambal teri bisa menjadi alternatif masakan praktis dan tahan hingga 1 minggu. Tips agar sambal goreng teri awet, jangan memakai tomat saat memasak sambal goreng teri ya!

3. Sandwich Mie

Makan mie saja sudah enak apalagi jika divariasikan jadi menu lain, seperti sandwich mie. Nah, ini saatnya kamu mengkreasikan menu mie ini di dapur kost Bandung murah kamu! Caranya mudah, campurkan mie yang sudah direbus dan ditiriskan dengan bumbu dan telur lalu goreng hingga matang. Taruh mie yang sudah digoreng tadi di sela-sela roti tawar. Tambah keju dan selada jika ingin menikmatinya dengan lebih nikmat lagi. Praktis bukan?

4. Ayam Kecap

Punya stok ayam di kulkas? Jangan dibiarkan terlalu lama. Masak jadi ayam bumbu kecap saja. Bumbu yang praktis dan gampang dibuat, menjadikan menu praktis satu ini pas sekali untuk kamu yang tidak punya cukup banyak waktu untuk membuat makan malam. Cara memasaknya juga praktis, pertama panaskan margarin di atas wajan, tumis bawang bombay, bawang putih, dan cabai hingga harum. Kemudian masukkan tomat, kecap manis, garam, dan merica. Aduk rata. Masukkan ayam yang telah digoreng dan air. Masak hingga bumbu meresap. Angkat. Dan sajikan hangat!

5. Sup

Meskipun kamu anak kost, makan tetap harus terjaga termasuk memakan sayuran. Sup adalah masakan praktis untuk memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh agar saluran pencernaan lebih lancar, sayuran juga bisa mencegah terjadinya sembelit. Sayuran bisa dikonsumsi melalui tumis-tumisan, lalap atau dimasak dalam sup. Makanan berkuah seperti sup ini memiliki komposisi bahan dan cara pembuatan yang sederhana. Untuk menambah rasa gurih kamu bisa menambahkan ayam dalam air rebusannya. Bagaimana? Menu yang satu ini cukup menarik kamu bukan untuk segera membuatnya?

6. Tumis Kangkung

Selain sup sayuran, tumis kangkung juga bisa jadi salah satu menu sayuran pilihanmu. Bumbunya tidak terlalu beragam dan cara memasaknya pun mudah. Cukup potong-potong kangkung yang sudah kamu bersihkan sebelumnya, kemudian tumis kangkung dengan potongan bawang putih, tambahkan air sedikit. Dan tumis kangkung pun siap disajikan! Jangan lupa tambahkan sedikit garam dan penyedap rasa ya jika ingin lebih nikmat lagi.

7. Kentang Goreng

Siapa bilang makan kentang goreng hanya bisa di restoran fast food saja? Kamu bisa menikmati menu yang satu ini setiap harinya jika mau di kost Jakarta Selatan murah kamu. Caranya juga cukup mudah, cukup potong kentang seperti menjari korek api, kemudian taburkan tepung yang sudah diberi garam atau penyedap rasa ke dalam potongan kentang. Kemudian, goreng kentang tersebut hingga warna keemasan. Nah, kentang pun siap dihidangkan! Mudah bukan?

8. Singkong Rebus

Sebagai kaum terpelajar, kamu harus mempelopori pelaksanaan program diversifikasi pangan. Kurangi makan nasi dan ganti dengan pangan lokal seperti singkong. Kamu pun bisa menambahkan keju atau cokelat untuk variasi. Jadi jangan selalu memilih menu makanan yang murah dan mudah saja, tetapi lihat juga kandungan gizinya ya! Apalagi sekarang sedang musim pancaroba, daya tahan tubuhmu harus selalu siap terjaga!

9. Crispy Scrambled Egg

Bagi sebagian pekerja yang tinggal indekost menyiapkan sarapan di pagi merupakan hal yang susah, karena tidak memiliki banyak waktu. Resep masakan praktis yang satu ini bisa jadi solusi supaya kamu tetap sarapan, karena membuatnya sangat mudah dan cepat. Caranya cukup mudah, hampir sama dengan cara membuat telur orak arik loh! Hayoo siapa yang sudah pernah mencoba untuk membuat menu yang satu ini sebagai menu sarapan?

10. Omelete

Sering membeli mie instan rebus? Kamu bisa mencoba berhenti untuk menyajikan mie instan rebus ini dengan di rebus secara rutin. Jika tertarik, kamu bisa mencoba membuat omelet yang berbahan dasar dari mie instan rebus. Caranya juga cukup mudah, kamu tinggal rebus mie instan tersebut dengan telur, kemudian tambahkan garam. Selanjutnya goreng adonan tersebut hingga matang dan omelet pun siap disajikan! Cukup mudah bukan? Kamu bisa menyajikan menu ini kapan saja kamu mau jika kamu sedang merasa bosan menyantap mie rebus melulu.

11. Steak Tempe

Harga tempe memang sangat terjangkau, namun bukan berarti kamu tidak bisa mengkreasikannya. Kamu bisa membuat steak tempe jika mau! Caranya juga cukup mudah, cukup kukus tempe, kemudian tumbuk dan uleni dengan beberapa bumbu, setelah itu bentuk adonan sesuai selera dan goreng hingga warna keemasan. Praktis bukan? Menu steak tempe ini sudah hampir dicoba seluruh anak kost di tanah air loh! Tak heran jika tempe di supermarket atau pasar tradisional selalu ludes dibeli oleh anak kost dimana saja.

12. Sosis Gulung Mie

Selain omelet, ternyata mie instan juga bisa digunakan untuk membuat menu lainnya lho! Salah satunya saja adalah sosis gulung mie! Tak perlu khawatir dengan cara membuatnya, karena caranya sangat mudah. Pertama-tama cukup celupkan sosis ke dalam telur yang sudah dikocok, lalu gulung mie yang sudah direbus sebelumnya di bagian luar sosis. Kemudian goreng sosis tersebut, dan sajikan! Mudah banget bukan?

13. Smoothies

Kalau di kost Tangerang murah kamu tersedia blender nganggur, mungkin kamu bisa manfaatkan untuk membuat segelas smoothies! Kamu tak perlu takut ribet membuat smoothies, cukup beli buah-buahan yang murah dan tahan lama seperti apel atau pisang, sediakan susu atau yogurt dan kamu pun siap membuat smoothies. Caranya mudah, pertama-tama potonglah buah-buahan yang sebelumnya kamu beli, kemudian tambahkan susu atau yogurt, serta es batu ke dalam blender. Jika sudah semua tercampur di dalam blender, kamu pun siap menyajikannya.

14. Roti Bakar Madu

Sarapan roti tawar dengan mentega dan coklat tabur, mungkin adalah sesuatu yang sangat sudah biasa. Jika kamu setuju, tak ada salahnya bukan kamu mencoba untuk membuat roti tawar panggang dengan disajikan madu sebagai selainya? Cara membuatnya juga terbilang sangat mudah lho! Jika kamu tidak memiliki panggangan khusus roti, kamu bisa memanfaatkan wajan Teflon saja. Sebelum dipanggang, oleskan mentega sedikit saja di kedua sisi roti. Nah, setelah itu kamu bisa oleskan madu di kedua sisi roti. Dan roti tawar madu pun siap disajikan! Menu yang satu ini cocok untuk kamu sajikan sebagai menu sarapan kamu!

15. Telur Orak-Arik campur Kentang Rebus

Kamu penyuka kentang? Kamu membuat menu kentang rebus dan telur orak arik di kost Jakarta Pusat murah kamu! Bahan yang dibutuhkan juga cukup praktis, kamu hanya perlu mempersiapkan kentang, telur, dan garam. Caranya juga mudah, kupas kentang dan rebus di air panas. Usahakan terus mengecek keadaan kentang saat direbus. Jangan sampai kentangnya terlalu matang, karena nanti efeknya akan terasa sangat lembek ketika disajikan. Tiriskan kentang yang sudah direbus. Selanjutnya, kamu bisa membuat telur orak ariknya. Saat mengaduk telur, campurkan kentang dan garam. Kalau kamu pecinta makanan pedas, mungkin kamu bisa tambahkan lada secukupnya. Kemudian campurlah semua bahan dan tiriskan. Nah, telur orak-arik campur kentang rebus pun siap untuk sajikan!

16. Bubur

Sebagai alternatif jenis masakan, bubur sering dikonsumsi saat sarapan. Hal ini karena teksturnya yang lembut sehingga lebih mudah dicerna oleh perut terutama bagi mereka yang tidak terbiasa sarapan dengan menu nasi. Bubur bisa dimasak menggunakan magiccom. Sebagai toping, kamu bisa menambahkan abon pengganti ayam dan cakue yang dipotong kecil-kecil. Jangan lupa untuk menambahkan taburan seledri dan daun bawang, kecap dan saos sambal.

17. Mie Instan

Dan yang terakhir juaranya yaitu, mie instan. Penyelamat anak kost di tanggal tua. Mudah dan murah. Mie instan cukup untuk mengganjal perut bagi anak kost. Dengan varian rasa yang beragam, tak jarang anak kost gemar mengkonsumsinya pada pagi atau malam hari. Terlebih mie instan juga tersedia di warung dan mini market. Kamu bisa mengkreasikan mie instan ini dengan berbagai cara, bisa digoreng dan bisa juga cukup direbus saja. Siapa sih yang tidak suka mie instan? Semua anak kost pasti suka bukan?

Nah, kan kamu mulai angguk-angguk? Hehehe. Jadi, kamu paling suka tertarik untuk membuat menu makanan yang mana dulu nih? Kalau 17 menu makan yang gampang dibuat oleh anak kost diatas masih kurang, kamu bisa dapatkan lebih banyak lagi dengan mengunjungi situs Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah