7 Jenis Makanan Murah yang Bergizi Tinggi dan Mudah Didapat

Akhir-akhir ini banyak sekali orang-orang yang merubah kualitas hidupnya dari banyak sisi, salah satunya merubah pola makan. Pengertian “4 sehat 5 sempurna” pun sudah berganti seiring berubahnya zaman. Oleh karena banyaknya resep-resep makanan sehat, setiap pribadi pun pasti memeriksa harga yang bisa dibeli. Beberapa dari bahan makanan yang dipercaya mengandung nutrisi yang bagus ini pula sering dibanderol dengan harga yang hanya cukup untuk seminggu. Namun, bahan-bahan makanan sehat dan murah juga masih mudah untuk ditemui di pasar dan toko.

Informasi Jenis Makanan Murah yang Mudah Didapat dan Bergizi Tinggi

pexels.com

Sudah seharusnya produk bahan makanan yang menyehatkan tubuh ini selain mudah didapat ini dijual dengan harga yang terjangkau untuk semua kalangan; dari mahasiswa sampai orang tua. Ditambah dengan kemajuan teknologi, kamu bisa mendapatkan bahan-bahan makanan murah dan bergizi tinggi ini dengan mudah dan cepat di toko daring. Cara pengolahannya pun bisa dari teknik yang sangat sederhana hingga yang membutuhkan proses yang panjang. Bahan-bahan makanan yang murah dan mudah didapat berikut juga bisa kamu temukan di warung atau pasar terdekat.

Sayur-Sayuran

pexels.com

Dari proses penanamannya, ada kategori yang dibagi untuk membedakan jenis sayur-sayuran, seperti sayuran daun, sayuran bunga, sayuran umbi, dan sayuran jamur. Supaya mudah dihafal, nama-nama sayuran yang harganya murah dan tetap bergizi tinggi dan juga mudah didapat akan ditulis sesuai kategorinya.

Sayuran Daun

Bayam dan kangkung adalah salah dua dari kategori sayuran daun yang mudah didapat di pasaran dengan harga murah dan bergizi tinggi. Seperti yang bisa dilihat bahwa bentuk sayuran daun adalah daun yang utuh dan dengan batang. Kamu bisa mendapat bayam dan kangkung baik di pasar, supermarket, maupun toko daring dengan harga yang sangat terjangkau yaitu di bawah Rp10.000,- atau sekitar Rp3.000,- sampai Rp7.000,-.

Sayuran Bunga

Bunga kol dan brokoli juga merupakan beberapa sayuran yang tumbuh menyerupai bunga. Banyak sekali cara untuk memasak kedua sayuran bunga ini. Untuk bunga kol, sering sekali dibuat menjadi tumis dan bahkan beberapa orang yang menganut gaya hidup vegan merubahnya menjadi nasi. Brokoli memang tampaknya hampir mirip dengan bunga kol, kamu bisa hanya merebusnya dan dimakan pakai sambal, atau ditambah ke capcay. Kamu bisa membeli bunga kol dan brokoli sebesar Rp4.000,- sampai Rp10.000,-.

Sayuran Umbi

Sayuran umbi biasanya tumbuh di bawah tanah, seperti wortel dan kentang. Kedua contoh tersebut cenderung murah dan mudah didapat, dengan kadar gizi yang tinggi. Wortel kaya akan mineral, bagus untuk kesehatan mata dan menaikkan imun tubuh. Kentang sangat baik untuk pencernaan, bahkan beberapa orang juga mengkonsumsi kentang sebagai pengganti nasi dan menjaga sistem otak dan fungsi syaraf. Harganya pun masih di bawah Rp10.000,- per gram.

Sayuran Jamur

Ternyata, jamur termasuk sayur-sayuran. Banyak jenis jamur yang aman dikonsumsi dan dengan kreativitas dimasak dengan bumbu yang sama dengan makanan berbahan dasar daging. Jamur yang biasanya mudah didapat dengan harga murah adalah jamur tiram dan jamur kancing. Keduanya pun sama-sama dapat mencegah kanker dan penyakit jantung. Kamu bisa membeli jamur tiram dan kancing di supermarket dan pasar tradisional dengan harga sekitar Rp12.000,- sampai Rp16.000,-.

Buah-Buahan

pexels.com

Banyak orang mengkonsumsi buah-buahan dengan cara dicuci bersih lalu dipotong-potong dan di jus supaya bisa dicampur dengan buah yang lain. Selain rasanya yang enak, buah-buahan juga kaya akan nutrisi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dari pagi hingga malam. Buah-buahan yang baik adalah mereka yang seharusnya mengandung banyak vitamin, mineral, dan pastinya serat.

Pepaya

Pepaya adalah salah satu buah yang tidak hanya mengandung banyak serat, tetapi juga vitamin. Vitamin C yang ada di dalam pepaya cukup untuk kebutuhan vitamin harian. Oleh karena itu, buah ini baik untuk menjaga dan meningkatkan imun dan juga membantu daya ingat untuk otak. Buah pepaya juga terkenal murah dan mudah didapat. Kamu bisa membelinya utuh atau setengahnya di pasar modern dengan harga Rp9.000,- sampai Rp20.000,- per biji.

Semangka

Tidak hanya murah, semangka juga bergizi tinggi dan mudah didapat. Kandungan dalam semangka yang banyak adalah mineral, diikuti dengan tembaga, seng, vitamin C, A, B, dan likopen yang baik untuk kesehatan fungsi jantung. Buah ini juga sangat segar karena mengandung banyak air. Sama seperti pepaya, kamu bisa dengan mudah membeli semangka di supermarket dan toko buah dengan harga Rp10.000 sampai Rp20.000,- per biji.

Pisang

Kamu akan memenuhi kebutuhan asupan serat per hari dengan mengkonsumsi pisang. Serat dibutuhkan manusia untuk melancarkan pencernaan. Dengan mengkonsumsi buah yang tinggi serat seperti pisang, kamu bisa mencegah konstipasi dan mencegah dari risiko penyakit berbahaya. Buah ini sangat mudah didapat dengan harga yang mudah dijangkau juga. Kamu bisa membelinya di toko konvensional dan toko buah dengan harga Rp12.000,- sampai Rp20.000,- tergantung jenisnya.

Biji-Bijian

pexels.com

Kamu pasti terbiasa makan biji-bijian dan kacang-kacangan. Biasanya, kedua bahan tersebut merupakan makanan pokok yang dimakan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Ada banyak jenis biji-bijian dan kacang-kacangan yang bisa kamu makan sebagai campuran atau tetap menjadi teman makan dengan lauk yang sudah kamu masak sebelumnya. Karena akses toko online yang sudah mudah, banyak orang menjual produk-produk biji-bijian dan kacang-kacangan, mulai yang impor sampai yang lokal. Hal ini jelas bahwa harganya juga beragam. Menu di bawah ini dijamin murah dan mudah didapat.

Sarapan

Contoh biji-bijian yang baik dimakan di pagi hari adalah oatmeal. Oatmeal adalah gandum yang sudah diproses, sehingga dapat langsung dimakan dengan proses memasak yang cepat. Biasanya, ada 2 jenis oatmeal yang dijual dipasaran; instant oatmeal dan quick cooking oatmeal. Kedua jenis tersebut masih mengandung gizi yang sama, seperti mineral dan serat yang baik untuk tubuh. Kamu bisa membelinya di supermarket dengan harga Rp12.000,- atau lebih, tergantung beratnya.

Makan Siang

Nasi adalah makanan pokok yang setiap hari dimakan, khususnya mereka yang hidup di Asia. Kalau dimakan secara secukupnya, memakan nasi tetap menyehatkan. Kamu tetap butuh nasi dalam sehari karena adanya karbohidrat dan protein yang terkandung di dalamnya. Pastinya, kamu sudah tahu ke mana harus membeli beras; bisa di toko kelontong dekat kos atau pasar tradisional untuk jenis beras yang beragam.

Makan Malam

Jagung juga termasuk biji-bijian yang cocok untuk menu makan malam. Kamu bisa merebus atau membakarnya, tepat juga untuk menghangatkan tubuh di malam hari. Ada juga bihun yang terbuat dari jagung. Jagung kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh. Kamu bisa membelinya di pasar tradisional dengan harga Rp10.000,- sampai Rp15.000,-.

Daging Sapi dan Ayam

pexels.com

Walaupun daging sapi dan ayam cenderung lebih mahal daripada buah dan sayur, kamu tetap membutuhkan asupan keduanya. Daging sapi baik untuk pertumbuhan otot dan memberi efek kenyang yang lama, sedangkan daging ayam mengandung protein yang tinggi dan lemak yang sedikit. Biasanya, harga daging ayam berada di bawah harga daging sapi. Di supermarket dan pasar tradisional, kamu bisa membeli daging ayam dengan harga Rp22.000,- ke atas dan daging sapi Rp.29.000,- ke atas, sesuai dengan bagiannya.

Ikan dan Makanan Laut

pexels.com

Ikan dan makanan laut sudah terbukti memiliki gizi yang tinggi dan mudah di dapat. Namun, harga yang dipasarkan biasanya tidak jauh berbeda dengan daging sapi dan ayam. Jenis ikan yang mudah diolah adalah ikan lele. Ikan lele kaya akan kandungan protein, lemak, dan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan otak, jantung, dan imunitas. Kamu bisa dengan mudah membeli ikan lele dari penjual keliling dan pasar tradisional dengan harga sekitar Rp21.000,-.

Olahan Susu

pexels.com

Sejak kecil, kita sudah mengkonsumsi susu setiap hati. Tetapi, olahan susu itu banyak sumbernya, dari susu hewani dan nabati. Keduanya memberi manfaat yang baik untuk tubuh seperti untuk kesehatan tulang dan mata. Susu sapi adalah yang paling sering dikonsumsi karena mudah dijangkau dari segi lokasi belanja dan harga. Supaya lebih hemat, sebaiknya susu yang dibeli adalah susu yang sudah dikemas dalam karton. Harga 1 karton atau yang biasa isinya 1 liter berkisar dari Rp16.000,- sampai Rp36.000,- tergantung merknya.

Telur

pexels.com

Selain mudah diolah, telur juga mudah didapat dan bergizi tinggi dengan harga yang sangat terjangkau. Baik dikonsumsi pagi atau malam, telur memberi manfaat yang baik untuk kesehatan mata, otak, dan jantung. Kalorinya pun rendah, cocok untuk diet. Kamu bisa membeli telur di toko konvensional dan pasar tradisional dengan harga Rp2.500,- per butir.

Dengan bahan-bahan makanan yang murah, bergizi, dan mudah didapat di atas, kamu sudah bisa memulai masak untuk menu makan hari ini. Selain menyehatkan tubuh, kamu juga bisa berhemat supaya masih bisa membeli kebutuhan hidup yang lain, seperti bayar kosan dan membeli skincare. Kalau kamu ingin memasak di kos dengan leluasa, kamu bisa loh melihat foto-foto dapur kos impian hanya dengan mengunduh aplikasi Mamikos di telepon genggammu.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah