Apa Penyebab Susah Tidur di Malam Hari Dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Penyebab Susah Tidur – Setelah seharian beraktifitas, satu hal yang hampir dipikirkan oleh semua orang ketika tiba dirumah adalah tidur. Umumnya. setiap harinya orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama 7 hingga 8 jam agar tubuh tetap fit keesokan harinya ketika bangun tidur. Namun, tak sedikit pula yang merasakan susah tidur di malam hari meskipun tubuh sudah terasa lelah. Ada banyak penyebab yang bisa membuat kamu menjadi susah tidur di malam hari. Di bawah ini Mamikos sudah rangkum informasi penyebab susah tidur di malam hari hingga cara mengatasinya untuk kamu.

Penyebab Susah Tidur Di Malam Hari Beserta Cara Mengatasinya

static.independent.co.uk

Susah tidur atau gangguan tidur sebenarnya merupakan kelainan dari pola tidur seseorang. Hal ini akan menimbulkan penurunan kualitas tidur yang berdampak pada kesehatan dan keselamatan penderitanya. Gangguan tidur ini dapat ditandai dengan rasa mengantuk pada siang hari, kesulitan tidur pada malam hari, atau siklus tidur dan bangun yang tidak teratur. Jika kamu mengalami gangguan atau susah tidur namun tidak ditangani dengan baik, maka kemungkinan dapat meningkatkan risiko kamu terkena hipertensi dan penyakit jantung.

Apa Saja Penyebab Susah Tidur Di Malam Hari?

Berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan kamu susah tidur di malam hari:

1. Terlalu banyak asupan kafein

Banyak orang suka minum kopi setelah makan malam. Namun, kafein bertindak sebagai stimulan dan dapat menyebabkan kegelisahan, kram perut, sering buang air kecil, dan detak jantung meningkat. Hal-hal tersebut yang kemudianmemengaruhi tidurmu, ungkap Michael Breus, seorang psikolog klinis dan rekan dari American Academy of Sleep Medicine.

2. Efek dari obat yang dikonsumsi

Tak hanya disebabkan oleh minuman tinggi kafein, penyebab susah tidur di malam hari lainnya ialah bisa dikarenakan jenis obat tertentu yang memiliki efek samping penyebab sulit tidur dengan nyenyak. Biasanya jenis obat yang dikonsumsi memang untuk mengobati penyakit tertentu, untuk itu hal yang satu ini memang tak dapat dihindari. Tetapi, tak udah khawatir, Bela, karena seiring tubuhmu membaik dan berhenti mengonsumsi obat, maka waktu tidurmu pun akan kembali dan kamu bisa tertidur dengan pulas.

3. Cahaya di kamar kurang gelap

Cahaya di kamar yang terlalu terang juga dapat menjadi salah satu penyebab kamu susah tidur di malam hari. Seharusnya, lampu di kamar kita jangan menyala jika ingin tidur. Ketika mata kita terpapar cahaya di malam hari, otak akan mengira itu adalah saatnya untuk bangun. Cahaya juga mengurangi produksi melatonin hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar pineal yang menyebabkan kantuk sehingga kamu jadi susah tidur.

4. Banyak pikiran

Salah satu penyebab yang membuat kamu susah tidur di malam hari adalah dikarenakan kamu memiliki banyak pikiran. Memikirkan laporan di tempat kerja untuk hari berikutnya, perkelahian baru-baru ini dengan seseorang yang dekat dengan kamu atau frustrasi di antara masalah lain, secara signifikan memang dapat memengaruhi tidur kamu. Untuk itu, sebelum tidur ada baiknya kamu mencoba jernihkan pikiran dengan membaca buku atau mendengarkan musik.

5. Menderita penyakit tertentu

Kondisi susah tidur juga dapat disebabkan karena seseorang menderita penyakit tertentu yang cukup serius. Misalnya, asma, alergi, parkinson, vertigo, ginjal, kanker, dan lain-lain. Tentu saja, rasa sakit itu akan membuat tubuh tidak nyaman. Bahkan, penderita penyakit serius kadang takut untuk tidur karena khawatir sesuatu terjadi pada dirinya.

6. Mempunyai beban pikiran

Memiliki beban pikiran yang sangat banyak bisa menyebabkan seseorang terserang stres. Tak sedikit pula orang yang mengalami stres memiliki kesulitan saat tidur. Maka stres pun kerap kali disebut sebagai salah satu penyebab susah tidur di malam hari yang bisa kamu atasi dengan belajar mengontrol rasa stres tersebut dan mencoba melakukan aktivitas yang menenangkan.

7. Terbiasa tidur larut malam

Hati-hati dengan salah satu penyebab susah tidur di malam hari yang satu ini karena bisa terjadi pada siapa saja, namun paling banyak terjadi pada usia muda. Kebiasaan menunda waktu tidur biasanya dikarenakan banyak alasan, bisa karena terlalu asik menonton, bermain hp, atau beraktivitas di luar pada malam hari. Beberapa hal tersebut tentu saja dapat merusak waktu tidur dan jika dibiasakan dapat menjadi gaya hidup yang tak disadari.

8. Faktor usia

Tak dapat dipungkiri, seiring bertambahnya usia, semakin tinggi pula besar kemungkinan seseorang kesulitan tidur. Untuk itulah, usia menjadi penyebab susah tidur di malam hari yang sering menyerang orang-orang yang sudah usia lanjut.

9. Suhu ruangan terlalu hangat

Tubuh dan otak kita ingin rileks sejenak ketika tidur, namun jika suhu udara di kamar terlalu hangat, maka hal itu bisa menghambat prosesnya. Memiliki kipas angin atau air conditioner (AC) di kamar merupakan ide bagus karena menjaga kita tetap dingin dan membuat cepat tidur.

10. Bermain gadget di tempat tidur

Paparan cahaya dari teknologi di sekitar kita bisa jadi penyebab sulit tidur, loh. Misalnya saja seperti televisi, komputer/laptop, dan smartphone. Oleh karena itu, ketika kamu hendak tidur malam, sebaiknya matikan peralatan elektronik yang berpotensi mengganggu. Terutama, jauhkan posisi smartphone dari tempat tidur.

Berbagai Jenis Susah Tidur Di Malam Hari

Umumnya, gangguan tidur atau susah tidur ada berbagai macam. Hal ini tergantung pada bentuk kelainan atau gejalanya. Di bawah ini adalah beberapa jenis gangguan tidur yang sering terjadi:

1. Insomnia

Insomnia adalah kondisi ketika seseorang merasa kesulitan untuk tidur atau butuh waktu yang sangat lama untuk tidur. Insomnia dapat disebabkan oleh kebiasaan sebelum tidur yang tidak baik, gangguan mental, atau penyakit tertentu (salah satunya gangguan kelenjar pineal).

2. Hipersomnia

Hipersomnia adalah kondisi di mana kebutuhan tidur sangat panjang, sehingga penderitanya selalu mengantuk di siang hari. Ada berbagai hal yang berpotensi menyebabkan hipersomnia, salah satunya adalah depresi.

3. Tidur berjalan

Penyakit tidur berjalan (sleepwalking) memiliki istilah medis somnabulisme. Penderita kondisi ini sering bangun, berjalan, atau melakukan berbagai kegiatan dalam keadaan tidur, tetapi ia tidak menyadari apa yang dilakukannya.

4. Nightmare (mimpi buruk)

Mimpi buruk terjadi saat otak membuat seseorang bermimpi hal-hal yang meresahkan. Belum diketahui penyebab dari mimpi buruk. Namun, mimpi buruk yang terjadi pada anak diduga dipicu oleh rasa cemas atau takut bila jauh dari orang tuanya.

5. Sleep terror (teror tidur)

Teror tidur lebih sering terjadi pada anak-anak, terutama yang berusia 4-8 tahun. Penderita teror tidur dapat tampak ketakutan hingga berteriak ketika tidur. Kondisi ini dapat dipicu ketika anak sedang kelelahan atau demam.

Bagaimana Cara Mengatasi Susah Tidur Malam Hari?

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang susah tidur di malam hari. Untuk itu penting adanya untuk kamu mengetahui penyebab dari susah tidur tersebut agar dapat diatasi. Ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi susau tidur di malam hari, di antaranya:

1. Menganut gaya hidup sehat

Salah satu faktor pemicu susah tidur adalah gaya hidup. Untuk itu hindari kebiasaan merokok, mengkonsumsi kafein secara berlebihan, makan makanan yang tidak sehat, hingga kurang berolahraga. Untuk mengatasinya, coba terapkan gaya hidup sehat, misalnya dengan berhenti merokok dan konsumsi makanan yang kaya kandungan nutrisi.

2. Buatlah suasana kamar yang nyaman

Ada pula yang merasa sulit untuk tidur di malam hari karena suasana kamar yang tidak nyaman. Jika kamu mengalami susah tidur secara berkepanjangan, cobalah untuk mengubah pengaturan kamar atau ganti lampu tidur menjadi lebih redup. Kamu juga bisa mencoba mengatur suhu kamar agar tubuh terasa lebih hangat.

3. Mengatur jadwal tidur

Mengatur jadwal tidur bisa memudahkan tubuh beristirahat, sehingga terhindar dari insomnia. Waktu tidur yang tidak tetap atau sering berubah-ubah juga menjadi pemicu insomnia, karena dapat mengganggu ritme sirkadian yang berfungsi mengatur metabolisme tubuh. Hal ini juga akan memengaruhi siklus tidur dan bangun pada pagi hari.

4. Mengkonsumsi makan sehat

Hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein sebelum tidur. Sebab, mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung 400 miligram kafein enam jam sebelum tidur dapat memengaruhi kualitas tidur. Selain kafein, meminum alkohol memang dapat membuat seseorang mudah tertidur, tetapi tidak bisa sampai membuat kamu terlelap.

5. Rajin berolahraga

Mengatasi susah tidur di malam hari juga bisa dilakukan dengan rutin melakukan aktivitas fisik alias berolahraga. Rutin berolahraga sudah terbukti bisa memberi manfaat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berolahraga bisa membantu mengatur suasana hati, memberi energi lebih pada tubuh, menurunkan berat badan, serta membuat tidur lebih berkualitas.

6. Minum segelas Susu Hangat

Susah tidur di malam hari salah satunya bisa terjadi karena adanya gangguan pada melatonin, yaitu hormon yang berperan dalam mengatur pola tidur dan bangun tubuh. Kalau kamu mengatasi susah tidur, cobalah untuk mengonsumsi segelas susu hangat pada malam hari atau menjelang waktu tidur. Susu memiliki kandungan kalsium yang membantu otak memproduksi hormon melatonin, sehingga masalah insomnia bisa dihindari.

Tips Mengatasi Sulit Tidur Tanpa Obat

Gangguan susah tidur di malam hari memang bukanlah penyakit yang berbahaya. Namun, jika tak diatasi bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Memang dalam mengatasinya tidak selalu menggunakan obat, tetapi terdapat cara lain yaitu melalui perubahan perilaku. Berikut Mamikos rangkum berbagai tips mengatasi sulit tidur tanpa obat untuk kamu.

1. Membaca buku

Beberapa kali terbangun dari tidur malam dan sulit tidur kembali adalah hal yang sering dialami penderita insomnia. Daripada hanya berbaring di kasur dengan mata yang tak mampu terpejam, cobalah untuk membaca buku. Mamikos juga sarankan kamu untuk melakukan aktifitas lainnya yang tidak berhubungan dengan pekerjaan, misalnya mendengar musik. Jauhi gadget karena cahaya biru yang dipancarkan dari alat ini justru mengganggu produksi hormon melatonin.

2. Mengubah pola makan

Untuk dapat mengatasi susah tidur, sangat disarankan untuk menghindari makanan dan minuman yang mengandung kafein dan alkohol. Utamanya jika dikonsumsi pada waktu sore dan malam hari. Buat kamu yang mengalami susah tidur di malam hari juga disarankan untuk menghindari makan makanan dalam jumlah yang berlebihan, terutama sebelum tidur. Karena hal ini dapat memicu naiknya asam lambung sehingga menggangu kualitas tidur.

3. Mengobati susah tidur dengan berolahraga

Olahraga yang dilakukan saat sore atau setidaknya 6 jam sebelum tidur dapat merangsang sirkulasi darah lebih lancar. Aliran darah yang lancar akan membuat seseorang lebih mampu tidur dengan baik. Langkah ini pun dapat mengatasi susah tidur yang sudah akut. Namun dalam melakukan olahraga ini tidak perlu yang berat, namun cukup yang ringan saja. Sebab, olahraga yang terlalu berat justru bisa menimbulkan efek sebaliknya yaitu memperburuk kondisi insomnia.

4. Gunakan kasur hanya untuk tidur

Cara mengatasi susah tidur di malam hari tanpa obat adalah dengan menjaga pikiran Anda secara jelas tentang fungsi tempat tidur. Jika kamu terbiasa melakukan berbagai hal di tempat tidur, tubuh akan mengembangkan kebiasaan yang mengarah pada insomnia. Apabila kamu terbangun di tengah malam, bangkit dari tempat tidur selama kira-kira 20 menit. Ajarkan kepada tubuh jika tempat tidur adalah tempat untuk bangun dan tidur.

5. Berbaring di kasur hanya ketika merasa capek

Disarankan pula untuk berbaring di kasur hanya ketika kamu sudah benar-benar merasa lelah merupakan cara mengatasi insomnia secara alami. Kondisi fisik yang lelah akan membuat anda lebih cepat terlelap. Namun, pastikan kamu tak membawa barang-barang apapun ke tempat tidur ya. Jika kamu terbangun di tengah malam, tinggalkan ruangan untuk melakukan suatu aktivitas dan kembali lagi ketika sudah merasa lelah, serta mengantuk. Namun, kamu harus tetap menjaga waktu tidur yang konsisten untuk mengatasi insomnia.

6. Melakukan meditasi

Cara mengatasi susah tidur di malam hari tanpa obat selanjutnya adalah dengan melakukan meditasi. Perlu diketahui bahwa meditasi bukanlah pengobatan standar untuk insomnia, namun cara terbaik untuk mengistirahatkan otak kamu setelah menjalani hari yang panjang. Kamu pun bisa mencoba latihan pernapasan yang bisa membuat tubuh santai dan tetap fokus.

7. Pertahankan waktu tidur dan bangun yang konsisten

Menjaga waktu tidur dan bangun yang teratur setidaknya selama seminggu, jika kamu menderita insomia kronis. Apabila kamu benar-benar merasa lelah karena beberapa alasan, jangan mencoba untuk tidur lebih awal, tetaplah berpegang pada waktu tidur yang biasa. Mempertahankan waktu tidur dan bangun dengan konsisten merupakan cara mengatasi insomnia secara alami.

8. Singkirkan ponsel dan gadget lainnya menjelang tidur

Jangan mencoba memainkan ponsel dan gadget lainnya ketika menjelang jam tidur datang. Meski sulit kebiasaan ini perlu diterapkan karena ini merupakan cara mengatasi insomnia secara alami yang efektif. Pasalnya cahaya yang dipancarkan ponsel bersifat merangsang otak dan akan membuat kamu susah terlelap.

9. Membuat catatan sehari-hari

Banyak orang susah tidur karena pikirannya masih sibuk atau otak masih berputar kencang. Dalam kondisi itu, daripada bermain telepon pintar, kamu dianjurkan untuk membikin jurnal atau catatan sehari-hari. Penelitian menyebut cara tersebut manjur mengurangi kecemasan dan stres. Riset juga membuktikan, membuat jurnal menjaga pikiran fokus dan tetap positif. Tak perlu membuat tulisan muluk-muluk. Tuliskan pengalaman sedernaha. Misalkan hal-hal menyenangkan selama sehari. Dengan begitu, ada ruang untuk bersyukur dan berbahagia.

10. Meletakkan kaki di bawah bantal

Bagi beberapa orang, insomnia datang karena punggung terasa nyeri. Punggung bawah Anda mungkin cukup membangunkan kamu karena rasa sakit ringan yang mengganggu ketenangan tidur kamu. Cara mengatasi insomnia secara alami adalah dengan meletakkan bantal di antara kaki untuk menyelaraskan pinggul. Jika kamu tidur telentang, selipkan bantal di bawah lutut untuk meringankan rasa sakit.

11. Berendam air hangat

Membersihkan tubuh atau mandi menjelang tidur merupakan salah satu langkah membuat tidur lebih berkualitas. Beberapa riset membuktikan, orang jadi gampang merasa mengantuk setelah mandi pada malam hari. Dalam sebuah studi, berendam atau mandi air panas 90 menit sebelum tidur efektif bikin tidur lebih nyenyak.

12. Tingkatkan paparan sinar matahari

Tubuh kita memiliki jam biologis atau ritme sirkadian untuk memberi kode kapan harus bangun, tidur, dan lain-lain. Kecukupan paparan sinar matahari atau cahaya terang pada siang hari diketahui dapat menjaga siklus alami itu tetap sehat. Pasokan sinar dan cahaya cukup di siang hari bisa menurunkan hormon melatonin. Dengan demikian, kita pun bisa merasa lebih rileks. Tubuh juga jadi berenergi pada siang hari sehingga pada malam hari jadi gampang beristirahat.

13. Terapi kognitif dan perilaku

Cara mengatasi susah tidur yang terakhir adalah dengan terapi kognitif dan perilaku. Langkah ini cocok untuk orang yang mengidap Insomnia akibat kebiasaan tidur larut malam atau pola tidur yang tidak tentu. Terapi kognitif dan perilaku ini meliputi:

  1. Mengkondisikan Situasi
    Buat kamu yang sedang menderita insomnia sangat disarankan untuk mengkondisikan keadaan di sekitar tempat tidur dalam keadaan tenang. Atur suhu ruangan supaya lebih nyaman dan hindari menonton televisi saat tidur.
  2. Melakukan Relaksasi
    Untuk mengatasi susah tidur usahakan untuk menenangkan pikiran dan melemaskan otot-otot tubuh yang tegang. Jika perlu lakukan meditasi untuk menciptakan suasana yang lebih tenang dan rileks.
  3. Mengatasi Insomnia dengan Obat Penenang
    Jika berbagai cara mengobati insomnia tidak juga menghilangkan gangguan tidur, langkah selanjutnya dengan meminum obat penenang. Konsultasikan dengan dokter agar hasilnya efektif.

Pilihan Obat Alami Untuk Membantu Agar Cepat Tidur

Apabila kamu mengalami masalah susah tidur, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya yakni dengan obat tidur alami. Apa saja obat tidur alami yang dapat membantu kamu cepat tidur ini? Berikut Mamikos bagikan.

1. Teh chamomile

miro.medium.com/

Obat alami untuk mengatasi susah tidur yang pertama adalah chamomile. Selama bertahun-tahun, teh chamomile digunakan sebagai obat alami untuk mengurangi peradangan, kecemasan, dan mengobati insomnia. Di dalam chamomile terdapat antioksidan yang disebut apigenin. Jenis antioksidan inilah yang dapat memengaruhi reseptor di otak dan mengakibatkan kamu dapat merasa rileks hingga bisa tertidur nyenyak. Sebuah studi menunjukkan, mereka yang menerima 270 mg ekstrak chamomile dua kali sehari selama 28 hari akan tertidur 15 menit lebih cepat daripada peserta penelitian yang tidak menerima ekstrak tersebut.

2. Kiwi

topcareer.id

Melatonin terbukti dapat membantu kita tertidur. Menurut Direktur Medis Sleep Gorders Center AS, mengonsumsi makanan yang kaya melatonin memungkinkan tubuh untuk tidur lebih nyenyak. Cobalah buah yang kaya melatonin seperti kiwi. Riset menemukan mereka yang makan dua buah kiwi satu jam sebelum tidur selama empat minggu menunjukkan peningkatan efisiensi, kualitas dan kuantitas tidur.

3. Lavender

i0.wp.com

Obat alami selanjutnya yang bisa kamu andalkan untuk mengatasi susah tidur adalah lavender. Aroma bunga lavender yang menenangkan diyakini dapat menjadi solusi bagi Moms yang sulit tidur. Studi Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine menunjukkan bahwa minyak lavender dapat digunakan sebagai bantuan sementara pengobatan lanjutan untuk insomnia. Beberapa penelitian memang menunjukkan bahwa dengan mencium lavender oil selama 30 menit sebelum tidur cukup untuk meningkatkan kualitas tidur.

Efek ini tampak kuat dirasakan oleh mereka yang menderita insomnia ringan, terutama pada perempuan dan anak muda. Selain pengalaman, otak kita ternyata juga mengikat memori yang berkaitan dengan bau. Menurut beberapa penelitian, ada sesuatu yang melekat pada lavender yang dapat membuat seseorang tidur lebih baik.

4. Almond

www.verywellfit.com

Jika kamu ingin tidur lebih nyenyak di malam hari, kamu bisa mencoba mengkonsumsi almond sebelum tidur. Almond dipercaya dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Almond dan beberapa jenis kacang-kacangan lainnya mengandung melatonin, sumber hormon pengatur tidur. Di dalam almond juga terdapat magnesium. Mengkonsumsi mineral ini dalam jumlah yang cukup juga membantu untuk tidur lebih baik, terutama bagi yang menderita gangguan tidur.

5. Susu

dairyfarmersofcanada.ca

Susu adalah salah satu minuman yang dapat dijadikan obat tidur alami. Kamu bisa meminum satu gelas susu murni sebelum tidur. Kandungan magnesium dalam susu dipercaya dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks. Kantuk pun lebih mudah datang ketika tubuh dan pikiran dalam keadaan rileks.

Manfaat susu sebagai pengantar tidur nyatanya bukan sekadar isapan jempol. Menurut suatu riset, susu diketahui dapat merangsang produksi hormon melatonin di otak. Hormon ini berperan dalam mencetuskan rasa kantuk, sehingga bisa membuat kamulebih mudah tertidur. Meski manfaat tersebut butuh diteliti lebih lanjut, tidak ada salahnya membiasakan diri minum segelas susu hangat sebelum tidur. Namun, pastikan susu yang kamu minum telah melalui proses pasteurisasi dan tidak mengandung banyak gula.

6. Valerian

bluestoneessentials.com

Obat alami untuk mengatasi susah tidur yang selanjutnya adalah valerian. Nama jenis tanaman yang satu ini mungkin masih terdengar asing, namun valerian menjadi salah satu obat tidur herbal alami yang paling populer di Eropa dan Amerika. Valerian biasanya dijual sebagai suplemen makanan dalam bentuk kapsul atau cair. Akarnya juga dikeringkan dan dijual sebagai teh. Akar valerian dapat membuat rasa kantuk lebih cepat, meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan serta mengurangi kesadaran di malam hari. Selain susah tidur, obat alami ini ternyata juga telah digunakan selama berabad-abad untuk mengatasi masalah sakit kepala dan gugup berlebihan.

7. Tomat

miro.medium.com

Tomat adalah salah satu bahan alami yang mudah didapatkan di pasaran. Jenis sayuran ini ternyata mampu memberikan manfaat bagi tubuh, salah satunya mengatasi insomnia. Tomat memiliki kandungan melatonin yang tinggi sehingga dapat mengendalikan siklus tidur seseorang. Kamu pun bisa mengonsumsi tomat secara langsung seperti memakan buah apel. Selain itu, kamu juga bisa mengolahnya menjadi jus atau smoothie.

8. Daun selada

hellosehat.com

Daun selada biasanya dijadikan menu pelengkap atau lalapan. Namun, tanpa disadari, kandungan zat dalam daun selada mampu menghilangkan kegelisahan dan mengurangi kecemasan. Kamu pun bisa mengonsumsi 1-2 lembar daun selada untuk membantu mengatasi gangguan susah tidur atau insomnia. Jenis sayuran yang satu ini juga mampu meredakan sakit kepala, nyeri otot dan nyeri sendi.

9. Melatonin

hellosehat.com

Obat alami untuk mengatasi susah tidur yang selanjutnya adalah melatonin. Melatonin merupakan hormon yang diproduksi oleh kelenjar pineal di otak. Melatonin diyakini memainkan peran sentral dalam mengatur ritme tidur. Kamu pun bisa mendapatkan melatonin dalam bentuk suplemen makanan. Melatonin terbukti dapat meredakan gangguan ritme sirkadian, seperti jet lag dan gangguan fase tidur yang tertunda

10. Makanan kaya akan magnesium

i0.wp.com

Magnesium adalah mineral yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satu manfaat magnesium adalah untuk membantu mengatur siklus dan kualitas tidur. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memenuhi kebutuhan magnesium harian. Pria dewasa dianjurkan untuk mendapatkan sekitar 350 mg magnesium tiap harinya, sedangkan wanita dewasa 300-320 mg. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kamu bisa mengonsumsi makanan yang banyak mengandung magnesium, seperti dark chocolate, alpukat, pisang, dan tahu.

Demikian informasi seputar penyebab susah tidur di malam hari hingga cara mengatasinya yang bisa Mamikos rangkuman dari berbagai sumber untuk kamu. Semoga informasi di atas dapat membantu kamu mengobati susah tidur kamu ya agar kamu bisa memiliki istirahat yang berkualitas lagi. Oh iya, jika kamu berencana ingin merantau di luar kota maka jangan lupa install aplikasi Mamikos di ponsel Android atau iOS kamu ya! Di aplikasi Mamikos, kamu bisa menemukan info sewa kost-kostan, apartemen, hingga rumah kontrakan di tanah air dengan praktis.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah