7 Tips Pola Hidup Sehat Anak Kost Biar Tidak Mudah Sakit

Posted on Posted in Seputar Anak Kost

7 Tips Pola Hidup Sehat Anak Kost Biar Tidak Mudah Sakit – Meski menjadi seorang anak kost, bukan berarti kamu tidak bisa memulai untuk hidup sehat. Sebab, memulai untuk hidup sehat bisa diawali dari hal-hal kecil seperti bangun pagi, rajin olahraga pagi dan berjemur untuk mendapat vitamin D dari sinar matahari pagi, hingga tidak membiasakan diri begadang.

Di bawah ini, Mamikos telah mengumpulkan beberapa tips mudah yang bisa kamu coba untuk memulai pola hidup sehat ala anak kost agar kamu selalu bugar, fit, dan tentunya tak mudah sakit.

7 Tips Pola Hidup Sehat Anak Kost Biar Tidak Mudah Sakit Berikut Perlu Kamu Perhatikan

1. Biasakan sarapan pagi

Jangan pernah sepelekan yang namanya sarapan pagi. Kalau kamu punya jadwal yang padat dan bisa seharian di luar rumah, sarapan pagi salah salah satu rutinitas yang tak boleh terlewatkan begitu saja. Tidak sarapan membuat kebutuhan harian tubuh akan vitamin dan nutrisi sulit untuk terpenuhi. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sarapan lebih mungkin untuk memenuhi kebutuhan gizinya secara menyeluruh, baik itu asupan serat, kalsium, vitamin A, B, C dan vitamin lainnya yang dibutuhkan tubuh.

2. Sering minum air putih

Air putih yang bebas kalori dan gula merupakan pilihan paling sehat demi menjaga tubuh tetap memiliki cairan yang cukup, sekaligus mengatasi rasa haus. elain itu, manfaat air putih juga memiliki fungsi menjaga kadar cairan dalam tubuh sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal.

Minum air putih juga membantu memberikan energi pada otot dan melumasi sendi agar tetap lentur.
Membantu mengendalikan asupan kalori dimana minum air putih jauh lebih baik dalam mencegah peningkatan berat badan.

3. Jangan lupa untuk olahraga rutin

Olahraga merupakan obat ajaib yang bisa kamu dapatkan dengan mudah tanpa biaya mahal, namun sering kali terabaikan sehingga menimbulkan beragam keluhan kesehatan. Meski begitu, tidak ada kata terlambat untuk mulai berolahraga. Berapa pun usiamu, bukti ilmiah membuktikan bahwa aktivitas fisik dapat membuat kamu memiliki tubuh yang lebih sehat dan bahagia. Penelitian bahkan membuktikan bahwa gaya hidup yang tidak aktif lebih berbahaya bagi kesehatan daripada obesitas.

4. Minum teh hijau setiap malam

Teh hijau terbukti dapat membantu mencegah penyakit kognitif seperti demensia dan alzheimer dengan cara meningkatkan fungsi otak. Bahkan, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Konferensi Internasional pada tahun 2015 telah membuktian, mereka yang minum teh hijau sebelum tidur menunjukkan penurunan yang cukup signifikan terhadap resiko Alzheimer dan Penyakit Parkinson.

5. Ganti mie instan dengan bihun jagung

Daripada makan mie instan, lebih baik kamu mengganti mie instan dengan bihun jagung. Bihun jagung memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga baik untuk dikonsumsi untuk kesehatan. Indeks glikemik adalah angka yang menunjukkan potensi kenaikan gula darah dari karbohidrat yang ada pada suatu jenis pangan. Semakin tinggi indeks glikemik suatu makanan, maka semakin tinggi risiko terkena serangan kenaikan gula secara mendadak. Untuk itu, memakan bihun jagung sangat bagus karena mengandung indeks glikemik yang rendah.

6. Usahakan masak sendiri di kost

Daripada kamu makan membeli makan dari luar atu membeli makanan junkfood atau cepat saji, ada baiknya kamu mulai memasak sendiri makanan di kost. Karena selain menggunakan bahan-bahan yang sehat dan tak menggunakan pengawet, dengan memasak sendiri di kost, kamu akan menghemat pengeluaran.

7. Banyak makan buah alih-alih camilan yang tak sehat

Buah dan sayuran mengandung serat alami yang mudah dicerna. Karena mudah menyerap air, serat ini dapat meringankan atau mencegah konstipasi, karena mendorong keinginan buang air besar menjadi lebih rutin dan lancar.

Baca juga :  17 Contoh Daftar Belanja Bulanan Anak Kost Super Hemat!
Baca juga :  20 Situasi Ini Cuma Bisa Dipahami Sama Anak Kost, Awas Kesindir!
Baca juga :  7 Cara Ampuh Hidup Hemat Ala Anak Kost di Perantauan. Kamu Wajib Tahu!