60 Jenis Tanaman Herbal Obat Alami Keluarga (Toga)

 Nana | Sel, 14 Jul 2020

60 Jenis tanaman herbal obat alami keluarga (Toga) — Tanaman obat keluarga atau yang juga dikenal dengan TOGA ialah tanaman budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Hingga saat ini, rupanya masih banyak orang yang menggunakan obat tradisional untuk menyembuhkan beberapa penyakit yang dirasakan.

Yakni dengan cara menanam tanaman obat keluarga yang sesaat lagi akan Mamikos bahas. Jadi bagi kamu yang penasaran dengan apa saja sih jenis tanaman herbal obat alami keluarga tersebut dan apa saja khasiat yang terkandung di dalamnya? Maka jangan hentikan membaca artikel Mamikos.

Jenis Tanaman Herbal Obat Alami Keluarga

Jenis tanaman Herbal obat alami keluarga (Toga)
https://www.pexels.com/

Membuat kebun kecil seperti menanam tanaman herbal obat alami keluarga bukan sebuah hal yang sulit untuk dilakukan. Kamu juga tidak memerlukan ruang yang besar. Sebab mereka tidak akan tumbuh besar dan memakan banyak tempat. Kamu juga tidak memerlukan terlalu banyak wadah. Namun sebelum kamu menanam sendiri, penting untuk kamu ketahui dulu jenis tanaman herbal obat alami keluarga tersebut.

Dalam blog Mamikos ini akan dibahas secara rinci apa saja yang menjadi bagian dari 60 jenis tanaman herbal obat alami keluarga tersebut. Bukan hanya itu saja. info mengenai jenis tanaman obat berdasarkan bagian yang dimanfaatkan, tanaman obat yang mahal, jenis tanaman obat dan cara membuatnya, sampai obat-obatan tradisional dan cara membuatnya akan coba Mamikos berikan.

Kamu sudah tidak sabar untuk tahu apa saja sih jenis tanaman herbal obat alami keluarga tersebut? Maka kamu bisa simak penjelasan selengkapnya dari Mamikos sebagai berikut.

60 Jenis Tanaman Herbal Obat Alami Keluarga (TOGA)

1. Seledri

Jenis tanaman Herbal obat alami keluarga (Toga)
muslimobsession.com

Dari jenis tanaman obat alami keluarga yang pertama adalah seledri. Tanaman seledri adalah sayuran hijau dan memiliki jumlah kalori yang rendah. Daun seledri mengandung sekitar 16 kalori per 100 gram. Daun seledri selain biasa digunakan sebagai penambah aroma masakan, juga bisa digunakan sebagai tanaman obat keluarga lho.

Tanaman seledri memiliki beberapa kandungan baik diantaranya vitamin A, vitamin C, vitamin B1 dan zat besi lainnya seperti kalium, mineral dan zat besi. Untuk manfaat daun seledri yang bisa didapatkan diantaranya dapat mengobati tekanan darah tinggi, mencegah pembentukan batu di kantung empedu, menenangkan sistem saraf, mengembalikan nafsu makan yang hilang, menghindarkan dari kanker perut dll.

Seledri juga memiliki manfaat untuk menjaga kecantikan wajah lho. Apabila daun seledri dikonsumsi maka bisa mencegah timbulnya kerutan pada wajah. Seledri juga dapat digunakan sebagai masker wajah.

Caranya beberapa daun seledri diiris kecil-kecil lalu dimasukkan ke dalam mangkuk yang berisi air mendidih. Biarkan selama 15 menit. Setelah harum, buang daun seledrinya dan air daunnya disimpan di lemari es. Gunakan air daun seledri tadi pada malam hari sebagai masker wajah.

2. Kangkung

Jenis tanaman Herbal obat alami keluarga (Toga)
medium.com

Berikutnya dari daftar jenis tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA) ada kangkung. Kamu mungkin tidak percaya kalau kangkung juga memiliki segudang manfaat yang bisa digunakan sebagai obat. Kangkung adalah jenis sayuran yang mudah ditemukan.

Selain harganya yang murah, kangkung juga bisa diolah sebagai makanan ini memiliki sederet kandung baik untuk tubuh. Diantaranya adalah vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, fosfor dan zat besi lainnya. Kandungan vitamin C dalam kangkung dapat mencegah sariawan dan gusi yang berdarah.

Jika saat ini kamu sedang sakit gigi, maka cobalah untuk mengunyah daun kangkung. Daun kangkung juga mengandung antiseptik alami yang mampu membunuh kuman-kuman yang ada pada gigi. Meskipun kamu pasti tahu bahwa fakta lainnya kangkung juga dikenal sebagai sayuran pemicu kantuk dan dihindari sebagian orang.

Sebab zat besi yang ada di kangkung membuat mata menjadi berat sehingga ada semacam dorongan tidur yang kuat selepas kamu makan kangkung. Maka bagi kamu yang sedang insomnia, disarankan untuk mencoba sayuran kangkung untuk mengobati kesulitan tidur.

3. Belimbing Wuluh

Jenis tanaman Herbal obat alami keluarga (Toga)
https://www.shutterstock.com/

Jenis tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA) selanjutnya adalah belimbing wuluh. Belimbing wuluh ini tidaklah sama dengan buah belimbing. Sebab umumnya belimbing sayur digunakan sebagai tambahan bahan memasak.

Setiap bagian dari belimbing wuluh memiliki khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit dan bermanfaat juga untuk kecantikan. Beberapa manfaat belimbing wuluh yang bisa dirasakan ialah bisa mengatasi sariawan, mencegah hipertensi, mengatasi jerawat, mengatasi panu, mengobati diabetes, mengatasi sikat gigi, mengobati batuk, melegakan nafas dan mencairkan dahak.

Sebagai pengobatan kecantikan seperti mengobati jerawat, maka kamu bisa menggunakan 3 buah belimbing wuluh yang segar. Kemudian cuci bersih belimbing wuluhnya, parut dan beri sedikit garam. Tempelkan hasil parutannya pada area wajah yang berjerawat. Lakukan dua kali sehari.

Bagi kamu yang sedang menderita penyakit diabetes, maka kamu juga bisa mencoba pengobatan dengan belimbing wuluh. Siapkan 6 buah belimbing wuluh yang sudah dilumatkan. Kemudian rebus dengan segelas air sampai airnya tersisa setengah. Setelah itu disaring, minumlah 2 kali sehari.

4. Daun Kelor

Jenis tanaman Herbal obat alami keluarga (Toga)
https://www.shutterstock.com/

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO sudah menganjurkan setiap bayi dan anak-anak pada masa pertumbuhan untuk mengkonsumsi daun kelor. Bahkan WHO sudah mengklaim bahwa pohon kelor sebagai pohon ajaib karena tanaman ini bisa menjadi obat yang murah tapi manjur.

Terutama dalam mencegah dan mengobati banyak penyakit, khususnya di negara-negara miskin. Daun kelor juga bermanfaat untuk mengobati panas dalam dan demam, meningkatkan ketahanan alamiah tubuh, meningkatkan metabolisme tubuh dan meningkatkan serum kolesterol alami.

Daun kelor juga bisa meningkatkan fungsi normal hati dan ginjal, memudahkan pencernaan, memelihara sistem imunitas tubuh, mendukung kadar gula dalam tubuh dan lain sebagainya. Daun kelor juga berkhasiat dalam menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh. Daun kelor bisa mengatasi berbagai keluhan yang timbul karena kekurangan mineral dan vitamin.

Misalnya saja seperti kekurangan protein (rambut pecah-pecah), kekurangan vitamin C (pendarahan pada gusi gigi), kekurangan vitamin B3 (dermatitis), kekurangan vitamin A (gangguan pada penglihatan), kekurangan vitamin B2 (kulit kering dan pecah), kekurangan vitamin B1 (penyakit beri-beri), kekurangan Choline (penumpukan lemak pada liver), kekurangan zat besi (anemia) dan kekurangan kalsium (osteoporosis).

5. Bayam Duri

Jenis tanaman Herbal obat alami keluarga (Toga)
grid.id

Bayam duri masuk dalam daftar jenis tanaman herbal obat alami keluarga yang juga salah satu spesies dari genus Amaranthus. Bayam duri tentunya berbeda dengan jenis bayam secara umum atau yang biasa dikonsumsi karena teksturnya yang sedikit kasar dan pastinya berduri.

Bayam duri ini banyak tumbuh liar di pekarangan rumah dan kebun-kebun. Tidak sedikit orang yang masih menyepelekan tanaman ini. Padahal bayam duri memiliki banyak manfaat dan khasiat baik untuk kesehatan tubuh.

dr. Setiawan Dalimartha dalam majalah Trubus Agriwidya (1999) pernah menjelaskan bahwa bayam duri dapat digunakan untuk pengobatan bisul yang keras, melancarkan pengeluaran ASI, pengobatan gusi yang bengkak berdarah, kutil, ekzema, luka bakar dan bekas gigitan ular berbisa.

Bayam duri juga bisa digunakan untuk pengobatan gusi yang luka dan berdarah. Caranya siapkan tanaman bayam duri secukupnya. Kemudian bakar dengan alas genteng untuk dijadikan bubuk. Setelah jadi bubuk, segera oleskan pada bagian yang sakit.

Tanaman ini juga dapat digunakan untuk mengobati bisul. Caranya siapkan bayam duri segar secukupnya. Cuci sampai bersih lalu digiling halus. Setelah itu campurkan madu secukupnya, tempelkan pada bagian kulit yang bisul lalu dibalut. Gantilah sebanyak dua kali sehari.

Untuk melancarkan produksi ASI kamu bisa siapkan 1 batang bayam duri, kemudian cuci sampai bersih lalu digiling halus. Pakai sebagai tapal disekitar payudara untuk melancarkan ASI.

6. Daun Dewa

Jenis tanaman Herbal obat alami keluarga (Toga)
klikdokter.com

Daun dewa juga menjadi jenis tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA) yang direkomendasikan. Daun dewa ini mengandung senyawa saponin, flavonoid dan minyak atsiri. Daun dewa juga berkhasiat untuk mengobati muntah darah dan payudara bengkak.

Daun dewa bermanfaat juga untuk melancarkan sirkulasi darah, mengobati luka memar, menurunkan tekanan darah tinggi, menghentikan pendarahan, pereda rasa nyeri (analgesik), penurun panas, kencing manis atau diabetes mellitus dan sebagai obat pembersih racun dalam tubuh.

Pengobatan menggunakan daun dewa ini bisa dengan daun segar yang disajikan secara langsung atau dalam bentuk ekstraknya. Untuk menurunkan tekanan darah tinggi, kamu bisa mengambil tujuh lembar daun dewa yang cukup lebar dan siap panen. Kemudian direbus dengan tiga gelas air sampai tersisa kira-kira dua gelas.

Air rebusan yang tersisa bisa diminumkan dua kali dalam sehari sesudah makan. Atau bisa juga daun dewa dijadikan sebagai lalapan makan. Untuk obat luka memar, gunakan daun dan umbi daun dewa seberat 20 gram dan daun daun jarak yang masih segar 10 lembar. Haluskan ketiganya sampai halus, setelah itu tempelkan pada daerah yang memar.

7. Daun Saga Rambat

Jenis tanaman Herbal obat alami keluarga (Toga)
cintaihidup.com

Tanaman Saga merupakan jenis tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA) yang selanjutnya akan mamikos bahas. Saga sebenarnya banyak tumbuh liar di pekarangan rumah, kebun atau di pinggiran jalan. Ada dua jenis tanaman saga, yaitu saga rambat dan pohon saga.

Namun kebanyakan orang menyebut keduanya dengan nama Saga saja. Saga termasuk tanaman gulma, yang biasanya mengganggu tanaman lain yang memang sengaja ditanam. Karena dianggap mengganggu, maka tidak heran tanaman Saga sering dibabat habis bahkan dibakar.

Meskipun begitu, daun saga rambat biasanya dimanfaatkan sebagai obat batuk dan obat anti sariawan. Daun saga juga mengandung beberapa bahan aktif seperti glycyrrhizin, abrus lactone, asam abrusgenat dan turunan metilnya. Untuk mengobati sariawan, kamu bisa memetik daun saga secukupnya.

Jemur di tempat yang agak panas beberapa menit sampai layu daunnya. Setelah layu, cuci bersih daun saga tersebut kemudian dikunyah-kunyah sampai halus dan gunakan untuk berkumur juga.

8. Daun Pacar Cina

Jenis tanaman Herbal obat alami keluarga (Toga)
https://artikel.rumah123.com/

Pacar Cina adalah tanaman asli Asia Tenggara yang juga menjadi jenis tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA). Pacar Cina tumbuh dan tersebar di Sumatera, Jawa dan beberapa negara tetangga. Tanaman satu ini umumnya ditanam di pekarangan rumah. Namun ada juga yang tumbuh liar di kebun-kebun yang memperoleh cukup sinar matahari.

Khasiat daun pacar cina adalah untuk menyembuhkan perut yang kembung, batuk, bisul, susah menelan dan mempercepat proses persalinan. Sebab tanaman pacar cina mengandung alkaloid, minyak atsiri serta garam mineral. Bunga kering dari tanaman pacar cina juga bisa digunakan sebagai penambah aroma teh hijau.

9. Daun Landep

Jenis tanaman Herbal obat alami keluarga (Toga)
grid.id

Tanaman Landep menjadi jenis tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA) yang akan Mamikos berikutnya. Tanaman daun in berasal dari daerah Asia Tropis dan daerah Afrika Selatan. Tanaman Landep biasa tumbuh di tempat yang beriklim kering. Sementara di Indonesia tanaman Landep bisa ditemui di daerah dataran rendah sampai dengan ketinggian 400 meter di atas permukaan laut.

Tanaman Landep ini tergolong jenis tanaman perdu. Yang bisa mencapai tinggi hingga 1,5 – 2 meter. Makanya tidak heran kalau tanaman ini ditanam untuk digunakan sebagai pagar. Batangnya berkayu, berbuku-buku dan terdapat duri pada setiap ketiak daunnya. Tanaman landep juga memiliki beberapa kandungan senyawa kimia seperti flavonoid, saponin, polifenol dan tanin.

Bagian dari tanaman Landep yang biasa digunakan untuk pengobatan adalah daun dan akarnya. Daun tanaman Landep biasanya digunakan untuk pengobatan sakit perut, beser mani, nyeri pada gusi gigi, kudis, kencing kurang lancar, demam sakit pinggang dan rematik. Sementara akarnya bermanfaat untuk mengatasi cacingan.

Untuk pengobatan sakit pinggang, rematik dan sakit kepala, siapkan segenggam daun landep yang segar, dicuci bersih lalu digiling sampai halus. Kamu bisa tambahkan air kapur sirih sambil diaduk rata sampai menjadi seperti bubur kental. Setelah itu kamu bisa membalurnya pada bagian yang sakit. Kalau sakit kepala, bisa dibalurkan di bagian keningnya.

10. Daun Miana

Jenis tanaman Herbal obat alami keluarga (Toga)
pengobatantradisional.com

Tanaman Miana masuk dalam daftar jenis tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA) yang perlu kamu ketahui. Daun Miana biasanya tumbuh subur di daerah dataran tinggi yang memiliki ketinggian sekitar 1500 meter di atas permukaan laut.

Tanaman Miana bisa hidup liar dan juga bisa ditemui di dataran rendah di sekitar sungai, pematang sawah, ladang dan kebun-kebun. Sebagian masyarakat memelihara tanaman miana ini sebagai tanaman hias karena warna daunnya cukup indah.

Bentuk daunnya seperti bulat telur dengan ujung daunnya yang runcing dan pangkalnya membulat. Permukaan daunnya berambut, warnanya hijau keunguan dan ditepi daunnya bergerigi.

Daun Miana juga mengandung khasiat untuk mengobati wasir. Cara pengolahannya juga cukup mudah kok. Kamu perlu siapkan 20 lembar daun miana dan satu ruas kunyit. Bersihkan keduanya sampai bersih lalu rebus menggunakan 5 gelas air. Setelah mendidih, didinginkan. Dalam sehari cukup minum satu gelas ramuan ini.

11. Pepaya

Jenis tanaman Herbal obat alami keluarga (Toga)
ulyadays.com

Ini kan buah, Mamikos. Kok masuk tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA), sih? Sepertinya kamu belum tahu jika pepaya ini memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh. Pohon pepaya sering kita ditemui dimana-mana, di pekarangan rumah atau di kebun-kebun.

Daging pepaya yang masih muda dapat digunakan sebagai sayuran, atau bisa juga dirujak. Dagingnya yang sudah matang sangat enak untuk dimakan dan menjadi favorit banyak orang. Daun pepaya yang muda bisa juga digunakan sebagai lalapan makan dengan sambal.

Buah pepaya banyak dikonsumsi karena mengandung banyak vitamin. Salah satunya vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Manfaat buah pepaya untuk kesehatan juga banyak sekali.

Pepaya sering digunakan sebagai pengobatan herbal seperti untuk menurunkan demam, disentri, obat malaria, keputihan dan memperlancar pencernaan bagi yang sulit buang air besar.

Para dokter menuturkan bahwa biji buah pepaya bermanfaat untuk meningkatkan kadar HDL dalam darah dan menurunkan kadar kolestrol dalam darah. Biji pepaya bisa dikonsumsi sebagai jus dengan cara diblender terlebih dahulu.

12. Jintan Hitam

Jenis tanaman Herbal obat alami keluarga (Toga)
minews.id

Jintan hitam masuk dalam daftar jenis tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA) rekomendasi Mamikos kali ini. Tanaman ini mungkin lebih dikenal dengan habbatussauda yang merupakan tanaman obat tradisional yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Sejarahnya jintan hitam sudah digunakan sebagai tanaman obat tradisional sejak 2000-3000 tahun sebelum Masehi. Selain itu telah banyak para ahli dalam bidang pengobatan yang meneliti manfaat dari jintan hitam ini.

Beberapa manfaat utama dari jintan hitam adalah untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan fungsi otak, menyembuhkan berbagai jenis penyakit pernapasan, mengatasi gangguan tidur dan stress dan sebagai obat antialergi dan antihistamin.

Sekarang ini kamu bisa menemui berbagai produk olahan dari jintan hitam. Sebut saja madu, serbuk, pil dan lain sebagainya. Jika kamu tertarik untuk merasakan manfaat dari jintan hitam, kamu bisa membeli produk seperti Habbatussauda yang sudah banyak dijual bebas di toko obat atau apotek.

13. Daun Pegagan

Jenis tanaman Herbal obat alami keluarga (Toga)
hargabulanini.com

Tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA) ini memang lebih dikenal dengan nama daun kaki kuda dan Antanan. Daun pegagan tumbuh liar di perkebunan, pematang sawah, ladang hingga di tepian jalan. Masyarakat Jawa Barat malah biasa memanfaatkan tanaman ini untuk lalapan.

Daun pegagan mengandung beberapa senyawa seperti isothankuniside, thankuniside, asiaticoside, madasiatic acid, brahminoside, brahmic acid, brahmoside, madecassoside, bellarine, hydrocotyle, carotenoids, centelloside, meso-inositol, serta garam-garam mineral seperti kalsium, magnesium, natrium, kalium dan besi.

Manfaat daun pegagan bisa untuk obat kulit (koloid), memperbaiki peredaran darah dan gangguan saraf. Berdasarkan penelitian di RSU Dr. Soetomo, daun pegagan juga dapat dipakai untuk menurunkan tekanan darah. Karena penurunannya tidak terlalu drastis, maka sangat cocok digunakan untuk penderita yang berusia sudah lanjut.

14. Blustru

Jenis tanaman Herbal obat alami keluarga (Toga)
https://live.staticflickr.com/

Tanaman blustru adalah jenis tanaman herbal obat keluarga (TOGA) yang biasanya ditanam di perkebunan, ladang atau dirambatkan pada pagar halaman. Blustru juga tumbuh liar di tepian sungai dan semak-semak belukar.

Seluruh bagian dari blustru bisa digunakan sebagai pengobatan herbal. Makanya blustru masuk dalam jenis tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA) Buah Blustru mengandung senyawa cucurbitacin, luffein, citrulline dan saponin triterpen.

Senyawa tersebut berkhasiat untuk penghenti perdarahan (hemostatis), peluruh dahak, keputihan, sukar buang air besar, haid tidak teratur , bisul, mimisan, batuk sesak dan pencahar ringan (laksatif).

Blustru juga sering digunakan untuk mengatasi haid yang tidak tidak teratur. Bagaimana caranya? Pertama siapkan buah blustru sebesar 4 jari, cuci sampai bersih lalu diparut. Tambahkan setengah gelas air masak dan sesendok garam halus.

Setelah tercampur rata, remas dan saring. Air yang terkumpul bisa diminum sekaligus. Lakukan proses ini tiga kali dalam sehari.

15. Kemuning

Jenis tanaman Herbal obat alami keluarga (Toga)
https://www.harapanrakyat.com/

Kemuning menjadi salah satu jenis tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA) yang masih sering digunakan hingga sekarang. Kemuning mengandung beberapa senyawa dari golongan kumarin yang berhasil diisolasi seperti pranferin, murrangatin, murralonginal, isopropylidene dan murrmeranzin.

Daun kemuning bisa digunakan untuk mengobati diare, sakit gigi, datang haid tidak teratur, radang buah zakar, infeksi saluran kencing, pelangsing tubuh, disentri dll. Daun kemuning juga bisa untuk mengobati infeksi saluran kencing lho.

Pertama siapkan daun kemuning segar sekira 35 gram dicuci bersih lalu tambahkan 3 gelas air. Rebus sampai tersisa air setengahnya. Setelah dingin, daunnya disaring dan bisa diminum 3 kali dalam sehari.

16. Murbei

Jenis tanaman Herbal obat alami keluarga (Toga)
freshstrawberryciwidey.com

Siapa yang sangka jika Murbei masuk dalam daftar jenis tanaman herbal obat alami keluarga? Ya, tanaman ini memang berasal dari daratan China dan bisa tumbuh dengan baik di dataran dengan ketinggian di atas 100 m dpl.

Biasanya murbei dibudidayakan di daerah lereng-lereng pegunungan, tapi banyak juga yang tumbuh liar. Daun, kulit akar, buah dan ranting murbei memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Manfaat murbei yang bisa dirasakan manfaatnya adalah untuk memperbanyak keluarnya ASI, mengobati kencing nanah, bisul, luka akibat digigit ular, rematik, tekanan darah tinggi, hepatitis kronis, dan kurang darah.

17. Wortel

Jenis tanaman Herbal obat alami keluarga (Toga)
https://unsplash.com/

Wortel juga ternyata masuk dalam jajaran jenis tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA) lho. Wortel adalah jenis tanaman sayur yang bisa ditanam sepanjang tahun. Wortel bisa tumbuh dengan maksimal di daerah dataran tinggi yang lembab dan memiliki suhu dingin.

Wortel memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Wortel juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit mata minus, cacing kremi, eksim dan kejang jantung. Selain itu, wortel juga terkenal sebagai salah satu makanan kelinci yang khas.

18. Wijaya Kusuma

Jenis tanaman Herbal obat alami keluarga (Toga)
harapanrakyat.com

Wijaya kusuma masuk dalam kelompok tanaman kaktus divisi anthophyta dan juga dalam daftar jenis tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA). Bukan hanya tanaman kaktus saja yang dapat tumbuh dengan baik di daerah beriklim sedang dan iklim tropis.

Sebab tanaman wijaya kusuma juga demikian. Tanaman wijayakusuma bisa digunakan untuk mengobati luka. Caranya adalah dengan menumbuk halus satu helai daun wijaya kusuma kemudian dioleskan pada bagian yang luka dan dibalut perban.

19. Waru Lengis

Jenis tanaman Herbal obat alami keluarga (Toga)
dictio.id

Waru adalah tanaman tropis berbatang sedang yang biasa tumbuh liar di ladang dan hutan. Bukan rahasia lagi jika tanaman waru masuk dalam daftar jenis tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA).

Kadang tanaman waru juga ditanam di pekarangan rumah sebagai pohon pelindung. Daun tanaman waru yang masih muda bisa dimakan sebagai sayuran, kulit kayunya yang berserat bisa digunakan untuk membuat tali.

Daun waru memiliki khasiat untuk mengobati penyakit peluruh kencing dan peluruh dahak. Sedangkan akarnya berguna untuk menurunkan panas dan sebagai peluruh haid.

20. Nona Makan Sirih

Jenis tanaman Herbal obat alami keluarga (Toga)
harianmerapi.com

Tanaman ini berasal dari daerah Afrika tropis dan biasa ditanam di pot atau di tanah sebagai tanaman hias di halaman rumah atau di taman-taman. Tanaman nona makan sirih memiliki ranting muda yang berbentuk segiempat dan daunnya berbentuk bulat telur memanjang.

Jenis tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA) satu ini juga rupanya cocok dijadikan sebagai tanaman hias. Sebagai tanaman obat, nona makan sirih bisa dijadikan musuh utama kencing batu serta bisa membantu memperlancar air seni.

Resep alami yang bisa didapatkan adalah dengan cara mencuci bersih 15 gram daun nona makan sirih segar. Selanjutnya direbus dengan tiga gelas air selama 15 menit. Setelah dingin, disaring dan dibagi dua untuk diminum dua kali sehari, pagi dan sore hari.

Nona makan sirih juga bisa menjadi musuh radang kronis selaput gendang telinga terutama yang menyerang anak-anak. Kamu bisa memanfaatkan 10 gram daun nona makan sirih yang telah dicuci bersih.

Kemudian rebus dengan tiga gelas air hingga tersisa satu gelas. Setelah itu disaring dan air rebusannya diminum dua kali sehari masing-masing setengah gelas. Ramuan seperti ini diharapkan bisa mempercepat sembuhnya gangguan kesehatan tersebut.

21. Ngokilo

Jenis tanaman Herbal obat alami keluarga (Toga)
harianmerapi.com

Di daerah Jawa, tanaman ngokilo banyak ditemui di pedesaan dan tumbuh sebagai tanaman semak. Daunnya berbentuk bulat telur, tepiannya bergerigi dan berbulu halus. Belum ada penelitian ilmiah yang membahas kandungan kimia tanaman ini.

Tapi tanaman ngokilo sudah biasa digunakan untuk mengobati beberapa penyakit seperti diabetes mellitus, wasir, tumor, maag, kolestrol, dan sakit kuning. Makanya tidak heran jika Ngokilo ini masuk dalam jenis tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA).

22. Nanas Kerang

Jenis tanaman Herbal obat alami keluarga (Toga)
https://sehat-obat-tradisional.blogspot.com

Tanaman nanas kerang sebenarnya berasal dari Meksiko dan Hindia Barat dan termasuk kelompok suku gawar-gawaran. Nanas kerang bisa tumbuh dengan subur di tanah yang lembab, bisa juga ditanam sebagai tanaman hias. Maka dari itu nanas kerang juga masuk dalam jenis tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA).

Ciri-ciri lain bunganya berwarna putih berbentuk seperti bunga kerang. Daunnya lebar dan panjang, berwarna hijau di permukaan bagian atas dan berwarna merah tengguli di permukaan bagian bawah. Tanaman ini biasanya digunakan untuk mengobati penyakit berak darah, mimisan, bronchitis, disentri, TBC kelenjar dan batuk.

23. Nampu Hijau

Jenis tanaman Herbal obat alami keluarga (Toga)
pertanianhortikultura.files.wordpress.com

Tanaman nampu tumbuh liar di pinggiran sungai, tepian danau, gunung atau sengaja ditanam sebagai tanaman hias maupun tanaman obat. Tanaman nampu yang sudah berumur tingginya bisa mencapai 50-100 cm. Rimpang dari tanaman nampu mengandung polifenol, flavonoid, saponin dan tanin.

Rimpangnya berasa agak pahit, hangat, pedas dan tidak beracun. Nampu berkhasiat untuk menghilangkan angin, lembab, memperkuat tendon dan tulang. Maka nampu hijau pun masuk dalam daftar jenis tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA) rekomendasi Mamikos.

24. Urang Aring

Jenis tanaman Herbal obat alami keluarga (Toga)
lopploppp.blogspot.com

Urang aring masuk kelompok tanaman liar yang bertangkai banyak. Tanaman satu ini bisa tumbuh di dataran rendah sampai dengan dataran tinggi 1500 di atas permukaan laut. Tinggi tanaman urang aring bisa mencapai 80 cm lho. Kadang posisi tumbuhnya tegak ke atas, kadang berbaring. Daunnya berwarna hijau dengan bulat telur memanjang dan ujungnya meruncing.

Urang aring disebut juga sebagai jenis tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA). Sebab tanaman dalam kondisi yang segar atau kering dapat dimanfaatkan untuk mengobati keputihan, muntah darah, ubanan, mimisan, kurang gizi, kencing darah, perdarahan rahim, berak darah, diare dan hepatitis.

Sedangkan untuk kecantikan urang aring sering dimanfaatkan untuk menghitamkan dan melembutkan rambut secara alami. Kamu pasti tahu bahwa urang-aring tersebut kemudian dibuat sebagai minyak untuk mempermudah proses penghitaman rambut.

25. Turi

Jenis tanaman Herbal obat alami keluarga (Toga)
harianmerapi.com

Tanaman turi bisa kita temukan di pekarangan rumah sebagai tanaman hias atau di pinggir jalan sebagai pohon pelindung. Tanaman ini bisa tumbuh di daerah dengan ketinggian di bawah 1200 meter di atas permukaan laut. Tanaman Turi juga masuk dalam jenis tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA) versi Mamikos.

Daun, polong muda dan bunga dari tanaman turi bisa dimakan sebagai sayur. Bunganya yang berwarna putih bisa juga di kukus dan dimakan sebagai pecel. Daun dan rantingnya yang masih muda juga mengandung banyak protein dan bisa digunakan sebagai makanan ternak lho.

Tanaman turi yang memiliki bunga merah biasa dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Bagian dari tanaman turi yang bisa dimanfaatkan sebagai obat yaitu akar, bunga, daun dan kulit batang.

Bunga tanaman Turi ini memiliki khasiat sebagai pelembut kulit, penyejuk dan pencahar. Kemudian daunnya berkhasiat untuk menghilangkan rasa sakit, peluruh kencing dan mencairkan gumpalan darah.

Sementara kulit batangnya berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit, perangsang muntah, tonik dan penurun panas. Lengkap sekali bukan khasiat dan kegunaan tanaman satu ini.

26. Tomat

Jenis tanaman Herbal obat alami keluarga (Toga)
https://www.pexels.com/

Tomat juga masuk dalam jenis tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA), Mamikos? Benar. Tomat memang berasal dari daerah Amerika tropis. Tanaman satu ini ditanam sebagai tanaman buah di perkebunan atau pekarangan rumah.

Tomat juga bisa tumbuh optimal di tanah yang gembur dan subur lho. Namun tomat tidak akan tahan terhadap sinar matahari terik. Seperti yang kamu tahu bahwa tomat bisa dimakan langsung, dibuat sambal goreng, dibuat acar tomat, saus tomat atau bahkan dibuat jus.

Tomat yang masih kecil biasa digunakan sebagai sayuran, tomat yang berukuran sebesar kelereng biasa digunakan sebagai campuran untuk membuat sambal. Bagian dari tomat yang bisa digunakan sebagai obat yakni buahnya.

Sementara daunnya digunakan sebagai obat luar. Khasiat tomat diantaranya untuk menambah nafsu makan, melancarkan aliran empedu ke usus, merangsang keluarnya enzim lambung dan menghilangkan haus. Banyak juga khasiat tomat ini, ya.

27. Teratai

Jenis tanaman Herbal obat alami keluarga (Toga)
wikimedia.org

Teratai adalah tanaman air asli dari daratan Asia. Teratai banyak dibudidayakan di perairan dan kolam, ada juga yang tumbuh liar di rawa-rawa. Daun teratai menyembul ke permukaan air sedangkan rimpangnya terikat dengan lumpur di dasar kolam.

Dari sekujur tubuh teratai, mulai dari akar hingga bunga, rupanya mengandung khasiat yang amat besar. Contohnya Quercetin, luteolin, isoquercitrin, kaempferol. Biji teratai juga kaya akan pati. Oleh karenanya mengandung raffinose, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor dan besi.

Diameter daun teratai mencapai 30-50 cm, diameter bunganya 15-25 cm dan panjang tangkai bunganya mencapai 75-200 cm. Daun teratai yang lebar bisa digunakan sebagai bahan pembungkus.

Khasiat teratai diantaranya untuk mengobati diare, insomnia, keputihan, demam, kanker nasopharynx, sakit jantung, muntah darah, ejakulasi, beri-beri, anemia, sakit kepala, mimisan, berak dan kencing darah dan batuk darah. Oleh karenanya teratai masuk dalam jenis tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA).

28. Temulawak

Jenis tanaman Herbal obat alami keluarga (Toga)
https://www.shutterstock.com/

Temulawak bisa ditemukan di hutan daerah tropis atau perkebunan warga. Temulawak bisa tumbuh baik mulai dari dataran rendah sampai dengan ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut.

Batang tanaman temulawak bisa mencapai 2 meter, daunnya lebar dan panjang. Rimpang temulawak sudah terkenal dan biasa digunakan sebagai ramuan obat. Rimpang temulawak mengandung kurkumin yang bermanfaat sebagai acne vulgaris, anti inflamasi dan anti anti hepatotoksik.

Khasiat temulawak yaitu untuk mengobati sakit limpa, sakit kepala, sakit ginjal, asma, sakit pinggang, masuk angin, sariawan, penambah nafsu makan, sembelit dan cacar air. Makanya temulawak masuk dalam jenis tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA).

29. Alang-alang

Jenis tanaman Herbal obat alami keluarga (Toga)
pondokibu.com

Alang-alang sudah sejak lama dikenal sebagai tanaman yang banyak sekali memiliki manfaat. Beberapa daerah mengenal alang-alang sebagai Ilalang ataupun sebagai padang. Selain ilalang ternyata akar alang-alang juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Alang-alang memiliki ciri-ciri tinggi sekitar 1-2 m alang-alang ini hampir sama dengan padi.

Meskipun tumbuh sebagai tanaman parasit dan mengganggu tanaman tanaman di sekitarnya tapi pada kenyataannya tanaman langka lah ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Khasiat yang dimiliki akar alang-alang untuk kesehatan diantaranya adalah sebagai obat kencing nanah, obat hipertensi, mengatasi diare, obat radang hati, obat kencing darah, obat radang ginjal, mengatasi mimisan, mengatasi panas dalam, keputihan, sampai obat asma.

30. Akar Wangi (Chrysopogon zizanioides)

8villages-dashboards3amazonaws.com

Akar wangi adalah tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA) yang seluruh tanamannya berbentuk seperti rumput dan salah satu ciri khasnya terdapat di akarnya wang memiliki aroma wangi. Tanaman satu ini berasal dari India.

Orang-orang dulu sering menggunakan akar wangi sebagai parfum. Namun siapa sangka ternyata setelah diteliti akar wangi ini memiliki kandungan yang berkhasiat mengobati beberapa penyakit.

Diantaranya adalah untuk mengobati demam, mengatasi penyakit rematik, mengatasi bau mulut, mengobati batu ginjal, mengatasi pegal linu, mengatasi bengkak. Untuk cara pengolahan nya sih cukup mudah.

Kamu bisa merebusnya, menyaring, kemudian minumlah air rebusan dari akar wangi tersebut. Atau bisa juga dengan ditumbuk kemudian oleskan kebagian luka luar yang pegal ataupun yang bengkak.

31. Teh

Jenis tanaman Herbal obat alami keluarga (Toga)
https://pixabay.com/

Tanaman teh berasal dari kawasan Cina Selatan dan India bagian Utara. Tanaman teh bisa tumbuh optimal di ketinggian 200-2.300 meter di atas permukaan laut. Umumnya teh ditanam di perkebunan dan dipanen secara manual. Pucuk dan daun muda teh biasa digunakan untuk membuat minuman yang biasa kita minum.

Bagian yang bisa digunakan untuk pengobatan dari teh yakni daunnya. Khasiat dari daun teh diantaranya untuk mengatasi infeksi saluran cerna, sakit kepala, mengurangi terbentuknya karang gigi, diare, kencing manis, penyubur rambut dan darah tinggi.

Cara pemakaiannya dengan menyeduh daun teh kering sebanyak 4-7 gram. Untuk pemakaian luar, daun teh yang masih segar dicuci bersih lalu ditumbuk halus, kemudian dioleskan pada bagian yang luka dan diperban.

32. Tebu

grid.id

Tebu adalah kelompok tanaman dari keluarga rumput-rumputan (Graminae) dan bisa tumbuh dengan baik di daerah yang beriklim sedang sampai panas. Tebu juga masuk dalam jenis tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA) yang masih digunakan hingga sekarang.

Batang dari tanaman tebu merupakan penghasil gula putih. Tebu bisa tumbuh sampai ketinggian 2-4 meter dan panjang daunnya mencapai 1-2 meter dengan lebar 4-8 cm. Batangnya beruas-ruas dan setiap ruas dibatasi oleh buku-buku.

Batang tebu mengandung air gula dengan kadar mencapai 20%. Batang tebu berkhasiat untuk meredakan jantung berdebar, batuk dan sakit jantung.

33. Delima

https://unsplash.com/

Delima menjadi salah satu dari berbagai jenis tanaman herbal obat alami keluarga dan juga buah yang paling berkhasiat dan sudah terbukti akan penelitiannya. Sama halnya seperti buah stroberi buah delima juga kaya akan vitamin C dan oksidan yang baik untuk tubuh.

Berikut adalah beberapa manfaat dan khasiat yang dimiliki oleh buah delima. Diantaranya adalah menurunkan resiko penyakit alzheimer, mencegah penyakit kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi, meredakan nyeri pada arthritis dan persendian.

34. Ciplukan

harapanrakyat.com

Ciplukan sebenarnya adalah tanaman liar yang sering tumbuh di lahan kebun maupun pertanian. Terkadang tanaman ini dianggap gulma, sebab dia bisa mengganggu tanaman lain. Tapi tanaman ini masuk dalam jenis tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA) yang ternyata memiliki khasiat yang sangat banyak.

Apa saja sih manfaat dari ciplukan ini?

Ciplukan bermanfaat sebagai obat penetral racun (detoxifies), meredakan sakit batuk, sebagai analgetik (demam, nyeri karena infeksi) dan obat diuretik (kelebihan garam). Ciplukan juga sering dijadikan obat penyakit kencing manis dan diabetes melitus.

Kamu ingin mengolah ciplukan sebagai obat? Maka perhatikan cara mengolahnya. Kamu harus tahu bahwa seluruh bagian dari tanaman ciplukan ini bisa dipakai sebagai obat. Maka, untuk penggunaannya cukup gunakan daun dan akar saja.

Pertama cabut daun dan akar, lalu bersihkan sampai tidak ada sisa tanah. Selanjutnya biarkan hingga agak layu. Terakhir kamu bisa merebus dengan 3 gelas air hingga mendidih, lalu saring sebelum dikonsumsi. Cukup diminum 1 kali dalam sehari.

35. Srikaya

https://pixabay.com/

Srikaya berasal dari kawasan Amerika tropis dan bisa tumbuh di daerah dataran rendah sampai dengan ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Srikaya juga masuk dalam jajaran tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA).

Srikaya biasanya mulai berbuah setelah ditanam selama 1 sampai 2 tahun. Biasanya tanaman ini akan berbunga pada bulan januari – Desember. Banyaknya buah yang dihasilkan tergantung pada pengairan, pemberian pupuk dan pemangkasan.

Tanaman srikaya secara umum mengandung annonain dan retikuler. Daun, akar, dan kulitnya mengandung WN. Akar srikaya berkhasiat sebagai anti depresi dan antiradang. Daunnya juga berkhasiat sebagai peluruh cacing usus, mempercepat pemasakan bisul dan antiradang.

Sementara bijinya berkhasiat untuk membunuh serangga dan memacu enzim pencernaan. Kulit kayunya berkhasiat sebagai tonikum dan astringent. Banyak sekali bukan manfaat dari buah satu ini.

36. Cengkih

https://pixabay.com/

Cengkih adalah tangkai bunga yang berasal dari tanaman cengkih. Kita semua sudah tahu bahwa cengkih sudah sejak dahulu kala sudah dijadikan sebagai tanaman rempah-rempah dan juga obat. Cengkih ini juga sudah diuji dengan sebuah penelitian yang pernah dipublikasikan pada journal of dentistry.

Dimana cengkeh bisa menjadi obat pengganti rasa sakit pada gigi. Selain itu cengkeh juga dipercaya dapat mengobati diantaranya untuk mengobati tukak pada lambung, mencegah ejakulasi dini pada pria, meredakan rasa nyeri dan menyehatkan hati.

Untuk berjaga-jaga cengkih sendiri juga memiliki efek samping seperti iritasi pada kulit dan memiliki reaksi alergi. Jadi tanaman cengkeh ini tidak disarankan untuk anak-anak.

37. Kayu Manis

https://pixabay.com/

Sebelum menjelaskan mengenai apa manfaat kayu manis, hal penting yang harus diketahui adalah kandungan yang ada di dalamnya. Beberapa ahli menyarankan konsumsi kayu manis 1/2 hingga 1 sendok teh (2-4 gram) bubuk sehari. Mengkonsumsi terlalu banyak justru malah berisiko menimbulkan gangguan kesehatan.

Beberapa studi mengungkapkan bahwa senyawa dalam kayu manis memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, antidiabetik, dan antimikroba. Beberapa sifat tersebut menawarkan perlindungan dari kanker dan penyakit kardiovaskular.

Berikut ini adalah berbagai manfaat kayu manis yang berguna bagi kesehatan tubuh, diantaranya adalah melawan radikal bebas, membantu mengatasi infeksi, menurunkan risiko penyakit jantung, meningkatkan sensitivitas insulin, memiliki efek antidiabetik, mencegah karir dan membantu mengatasi bakteri dan jamur.

38. Daun Sirih

acehbisnis.com

Sirih adalah tumbuhan merambat yang hidup bersandar pada batang tanaman lain. Tanaman sirih memiliki panjang yang bisa mencapai puluhan meter. Daunnya licin, berwarna hijau, dan bentuknya menyerupai jantung.
Batangnya berwarna hijau agak kecoklatan dengan permukaan kulit yang kasar dan berkerut-kerut.

Daun sirih biasa digunakan sebagai obat-obatan tradisional dan masih sering dipake nginang oleh ibu-ibu generasi tua.

Daun sirih bisa dimanfaatkan untuk mengurangi produk ASI yang berlebihan, keputihan, sakit jantung, sifilis, alergi, diare, batuk, sakit gigi berlubang, dan sakit mata. Makanya tidak heran jika sirih masuk dalam kategori tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA).

39. Sereh/ Serai

https://www.shutterstock.com/

Tanaman sereh dapat tumbuh di daerah tropis pada ketinggian 50-2.700 meter di atas permukaan laut. Sereh banyak ditanam di persawahan dan pekarangan rumah. Sereh bisa diperbanyak dengan menggunakan potongan rimpang. Sereh masuk dalam jenis tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA).

Akar sereh bisa digunakan sebagai penghangat badan, peluruh air seni, bahan untuk kumur, peluruh keringat dan peluruh dahak. Daun sereh bisa digunakan sebagai obat Pereda kejang, peluruh angin perut, penurun panas, penambah nafsu makan dan pengobatan pasca persalinan.

40. Sembung

radarindo.co.id

Tanaman ini bisa tumbuh di tempat yang terbuka sampai tempat yang agak tertutup pada ketinggian sampai 2.200 di atas permukaan laut. Tanaman sembung tumbuh tegak dengan tingginya bisa mencapai 4 meter. Daunnya berbentuk bundar telur sampai lonjong dengan panjang 8-40 cm dan lebar daun 2-20 cm.

Bunganya berwarna kuning, keluar di ujung cabang. Tanaman sembung mengandung senyawa kimia borneol, dimethyl ether phloroacetophenone, limonene dan cineole.

Daun dan akarnya berkhasiat untuk mengobati rematik, sakit tulang, nyeri haid, diare, kembung dan influenza. Daun tanaman ini bisa digunakan untuk mengobati penyakit radang selaput gendang telinga pada anak-anak dengan cara diminum oleh penderita.

41. Semanggi Gunung

Jenis tanaman Herbal obat alami keluarga (Toga)
https://live.staticflickr.com/

Sebagai salah satu jenis tanaman herbal obat alami keluarga (Toga), semanggi gunung tumbuh merayap di tempat yang lembab di pinggir jalan, lapangan rumput maupun pinggir selokan. Tanaman ini mengandung senyawa kimia berupa minyak yang menguap, hyperin dan coumarin.

Bisa juga  digunakan untuk mengobati infeksi telinga tengah, sakit kuning, sariawan, pengecilan hati dengan busung, batuk, sesak nafas, batu empedu, radang tenggorok dan infeksi amandel.

Terkadang penggunaan semanggi gunung sebagai obat bisa mengakibatkan penurunan sel darah putih (leukopenia). Tapi akan normal kembali setelah penggunaan obat dihentikan.

42. Sambiloto

https://ulyadays.com/

Jenis tanaman herbal obat alami keluarga (Toga) satu ini tumbuh liar di tempat terbuka di dataran rendah sampai dengan ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Tinggi batangnya bisa mencapai 50-90 cm.

Daunnya berwarna hijau tua di permukaan atas, berwarna hijau muda di bagian bawah dengan panjang daun 2-8 dan lebar 1-3 cm. Sambiloto bisa diperbanyak dengan biji atau stek batang.

Sambiloto memiliki sejumlah khasiat untuk mengatasi hepatitis, disentri basiler, infeksi saluran empedu, radang saluran napas, radang ginjal akut, radang telinga, kencing nanah, kencing manis, darah tinggi, keracunan jamur, kusta dll.

43. Jeruk Nipis

https://www.pexels.com/

Jeruk nipis mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk tubuh. Nutrisi tersebut meliputi 22 miligram Kalsium, 12 miligram Fosfor, 68 miligram, Potasium 19,5 miligram, dan Vitamin C yakni sekitar 20-25% dari nilai harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa.

Beberapa khasiat yang bisa dirasakan dari tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA) satu ini adalah mencerahkan kulit wajah, menghilangkan komedo, mengobati amandel, mengobati anyang-anyangan, obat batuk, untuk diet, hingga menghilangkan bau badan.

44. Jahe Merah (Zingiber officinale)

https://www.shutterstock.com/

Jahe merah adalah salah satu dari berbagai jenis jahe yang sering sekali digunakan, baik itu bumbu dapur, maupun obat. Untuk jahe merah sendiri memiliki rasa yang lebih pedas dan tajam sehingga sering digunakan sebagai obat untuk menghangatkan badan.

Berikut ini adalah manfaat atau khasiat dari jahe merah tersebut. Jahe merah berfungsi untuk mengatasi gejala demam dan flu, mengobati penyakit rematik, mengatasi radang pada tenggorokan, mengurangi rasa mual dan muntah akibat mabuk saat di perjalanan serta melancarkan sistem pencernaan dalam perut.

Untuk cara penggunaannya kamu bisa menghaluskan jahe merah dengan menggunakan blender atau cukup digeprek saja. Kemudian seduh dengan air hangat agar bisa menghangatkan badan.

45. Petai Cina

https://i.pinimg.com/

Petai cina disebut juga lamtoro (Jawa) atau peuteuy (Sunda). Jenis tanaman herbal obat alami keluarga (Toga) satu ini banyak ditanam oleh para petani di pedesaan sebagai tanaman pagar. Batang pohonnya keras tapi tidak berukuran begitu besar.

Buahnya mirip dengan buah petai tapi berukuran lebih kecil dan berpenampang lebih tipis. Petai Cina dapat dikembangbiakan dengan penyebaran biji atau dengan cara stek batang. Petai cina berkhasiat untuk mengobati diabetes mellitus, kasura, cacingan, bengkak, gairah hubungan suami istri dan mengobati luka baru.

46. Bakung (Crinum asiaticum L.)

tanamania.com

Tanaman bakung adalah jenis tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA) sekaligus berfungsi juga sebagai tanaman hias. Dimana daun bakung sendiri memiliki manfaat dan khasiat yang ampuh mengatasi beberapa penyakit.

Untuk mendapatkan daun bakung sendiri terbilang cukup mudah, karena sekarang sudah banyak pasar-pasar tradisional yang menjualnya sebagai bahan masakan.

Berikut ini manfaat dan khasiat dari tanaman obat bakung diantaranya adalah untuk mengobati penyakit kolesterol, mencegah penyakit rematik, mengobati sakit borok, mengobati penyakit pinggang, mengatasi luka dan memar dan menetralisir detox(racun) pada tubuh.

47. Binahong

bukalapak.com

Binahong merupakan jenis tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA) yang sudah dikenal sejak lama dan dipergunakan oleh orang-orang jepang dan korea sebagai obat. Walaupun terkadang naman ini sering disebut benalu karena suka hidup di tanaman lain.

Tanaman ini sangat berfungsi untuk penyembuhan luka jahitan setelah operasi bedah. Selain dapat menyembuhkan luka ada, beberapa khasiat lainnya yang terkandung dalam tanaman binahong.

Diantaranya adalah menjadi obat penyembuhan penyakit diabetes, untuk mengatasi maag, mengobati jerawat pada wajah, menurunkan kadar kolesterol. Selain itu tanaman ini juga dipercaya untuk mencegah penyakit kanker, menetralisir racun dalam tubuh dan mengobati asam urat.

Untuk cara pengolahannya cukup dengan merebus beberapa helai daun binahong dengan tiga gelas air. Kemudian saring air rebusan daun sehingga hanya tersisa daunnya saja.

48. Pandan Wangi

goodnewsfromindonesia.id

Pandan wangi bisa tumbuh di daerah tropis dan di tempat yang agak lembab dari daerah pantai sampai daerah dengan ketinggian 500 meter di atas permukaan laut. Tinggi tanaman ini dapat mencapai 1-2 meter, panjang daun 40-80 cm dan lebar daun 3-5 cm.

Daun pandan memiliki bau yang harum dan khas. Biasa digunakan sebagai bahan rempah-rempah, bahan baku pembuatan minyak wangi dan penyedap rasa pada masakan. Daun pandan wangi mengandung senyawa alkaloid, polifenol, saponin, tanin, flavonoid dan zat warna.

Daun pandan berkhasiat untuk mengatasi ketombe, lemah saraf, rambut rontok, tidak nafsu makan, menghitamkan rambut, rematik, pegal linu, dan sakit disertai gelisah. Maka dari itu pandan wangi masuk dalam jenis tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA).

49. Pala

https://pixabay.com/

Jenis tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA) selanjutnya adalah Pala. Tanaman satu ini juga disebut-sebut sebagai buah emas yang diperebutkan oleh dunia. Tanaman pala memiliki lebih kurang mencapai 10 meter.

Tanaman ini memiliki batang tegak, berkayu dan berwarna putih kotor. Daunnya berbentuk lonjong dengan pangkalnya meruncing dan berwarna hijau mengkilat.

Bunga jantan berwarna kuning dan berbentuk bola. Bijinya kecil berbentuk bulat telur, selubung biji berwarna merah dan bijinya berwarna hitam kecoklatan.

Selubung biji buah, biji dan kulit buah dari tanaman pala memiliki khasiat untuk mengobati disentri, rematik, maag, perut kembung, mencret, mual, sulit tidur pada anak-anak dan menghentikan muntah.

50. Mengkudu

Jenis tanaman Herbal obat alami keluarga (Toga)
https://pixabay.com/

Tanaman mengkudu adalah tanaman asli milik Indonesia dari jenis kopi-kopian. Mengkudu dapat tumbuh di dataran rendah sampai dengan ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut.

Batang mengkudu tidak begitu besar tapi tingginya bisa mencapai 3-8 meter. Daunnya berwarna hijau dengan panjang 20-40 cm dan lebar 7-15 cm. Buahnya berbentuk lonjong berwarna hijau mengkilap. Mengkudu banyak dipelihara di perkebunan dan pekarangan rumah.

Karena memiliki sederet manfaat dan khasiat bagi tubuh, maka mengkudu pun masuk dalam jenis tanaman herbal obat alami keluarga yang masih sering digunakan sebagai obat. Khasiat mengkudu diantaranya adalah untuk mengobati hipertensi, menghilangkan sisik pada kaki, sakit kuning, sakit perut, demam, batuk dan influenza.

51. Lidah Buaya

https://pixabay.com/

Lidah buaya atau yang juga dikenal sebagai aloe vera memang banyak tumbuh di kawasan Afrika bagian utara dan Hindia Barat. Lidah buaya banyak ditanam didalam pot di pekarangan rumah sebagai tanaman hias. Daun lidah buaya berbentuk taji yang tebal dan agak runcing. Lidah buaya memiliki panjang sekitar 15-36 cm dengan lebar 2-6 cm.

Batang dari lidah buaya tidak terlihat karena tertutup oleh daun yang rapat dan sebagian terbenam di dalam tanah. Tanaman lidah buaya tahan terhadap panas dan bisa ditanam di tempat yang berhawa panas. Sebab di dalam daunnya menyimpan banyak cadangan air.

Lidah buaya mengandung senyawa kimia yaitu aloin, aloin, barbaloin, aloenin, isobarbaloin dan aloe-emodin. Daun, bunga dan akar lidah buaya yang segar bisa digunakan untuk penyubur rambut, sakit kepala atau pusing, peluruh haid, sembelit, kencing manis, kejang pada anak dan muntah darah.

52. Lengkuas

https://pixabay.com/

Lengkuas bisa ditanam di daerah dengan ketinggian 1-1.200 meter di atas permukaan laut. Orang Sunda biasa menyebutnya dengan nama laja. Lengkuas juga menjadi jenis tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA) yang perlu kamu ketahui manfaatnya.

Kita mengenal 2 jenis lengkuas, yaitu lengkuas merah dan lengkuas putih. Lengkuas putih biasa digunakan sebagai penyedap masakan, lengkuas merah bisa digunakan sebagai obat-obatan tradisional. Lengkuas berkhasiat untuk mengobati rematik, panu, sakit limpa, morbili, membangkitkan gairah seks, bronchitis dan menambah nafsu makan.

53. Lada

https://pixabay.com/

Lada adalah jenis tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA) tahunan yang tumbuh memanjat. Batangnya berwarna hijau kotor, berbentuk bulat, beruas dan memiliki akar pelekat.

Daunnya tunggal, berbentuk bulat telur dengan ujung meruncing. Panjang daun 5-8 cm dengan lebar 2-5 cm. Lada mengandung senyawa minyak atsiri, minyak lemak, pinena, zat pahit, kariofilena, piperidine, limonene, kavisina, filandrena, piperina dan alkaloid.

Buah lada berguna untuk mengobati disentri, sakit kepala, kolera, selesma, kaki bengkak pada wanita hamil, rematik dan nyeri haid. Daun lada bisa digunakan untuk mengobati penyakit batu ginjal.

Lada dalam obat tradisional dibedakan menjadi dua, ada lada hitam (tidak dikupas) dan lada putih (buah sudah masak dikupas. Biasanya kedua jenis lada ini sama-sama bisa menjadi penambah rasa dan aroma pada masakan.

54. Kunyit

https://pixabay.com/

Bukan rahasia lagi jika kunyit adalah tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA) dan obat asli wilayah Asia, khususnya Asia Tenggara. Tanaman kunyit lalu menyebar ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia dan Afrika.

Hampir setiap orang Indonesia pasti pernah mengkonsumsi kunyit, baik itu sebagai bumbu masakan, jamu maupun untuk keperluan kesehatan dan kecantikan.

Sebab tanaman kunyit memang memiliki kandungan senyawa kurkuminoid yang memiliki khasiat sebagai obat.  Kunyit berkhasiat untuk mengobati penyakit diabetes mellitus, morbili, tifus, BAB lendir, usus buntu, amandel, disentri, memperlancar ASI, sakit keputihan, perut mulas saat haid, dan membantu melancarkan haid.

55. Kumis Kucing

klikdokter.com

Tanaman kumis kucing bisa tumbuh di daerah dengan ketinggian 500-900 meter di atas permukaan laut. Tanaman ini tumbuh tegak ke atas dengan tinggi mencapai 1-2 meter.

Batangnya berbentuk segi empat agak beralur dan berbulu pendek. Daunnya tunggal berbentuk telur lonjong atau belah ketupat, bergerigi di bagian tepinya dan terdapat bintik-bintik di kedua permukaannya. Bunganya keluar di ujung cabang, berwarna ungu pucat atau putih.

Seluruh bagian kumis kucing bisa dimanfaatkan sebagai obat setelah didinginkan dan dijemur di panas matahari. Khasiatnya antara lain untuk menghilangkan panas dan lembab, infeksi ginjal, peluruh air seni, infeksi kandung kemih, encok dan sakit kencing batu.

56. Kencur

klikdokter.com

Kencur masuk dalam kelompok tanaman jenis empon-empon yang tumbuh subur di daerah dataran rendah. Kencur memiliki daging buah yang lunak, berwarna putih dan tidak berserat. Kulit luar kencur berwarna coklat. Setiap kencur memiliki helaian daun yang tidak lebih dari 2-3 lembar dan saling berhadapan. Kencur bisa ditanam di dalam pot atau di kebun yang mendapat sinar matahari cukup.

Rimpang kencur mengandung mineral (13,73 %), pati (4,14 %) dan minyak atsiri (0,02 %). Sederet khasiat kencur telah dirasakan banyak orang terutama orang yang mempercayai jenis tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA) ini.

Kencur berkhasiat untuk mengobati radang lambung, menghilangkan lelah, radang anak telinga, memperlancar haid, menghilangkan darah kotor, masuk angin, influenza pada bayi, sakit kepala, mata pegal, batu dan keseleo.

57. Asam Jawa

https://www.shutterstock.com/

Asam jawa adalah salah satu jenis tumbuhan yang daging buah, kulit biji dan daunnya dijadikan sebagai obat. Daging dari buah asam jawa ini rasanya asam manis. Asam jawa juga dikenal baik sebab sifat farmakologis yang dimilikinya dapat dijadikan sebagai obat.

Diantaranya bisa sebagai antiseptik, penghilang rasa nyeri, menurunkan panas pada tubuh, penambah nafsu makan dan lainnya. Daging dari buah asam jawa ini memiliki berbagai macam kandungan, mulai dari serine, vitamin B3, pektin, proline, gula invert, leusin, beta alanin, geraniol, citric acid, phenylalanine, dan pipecolic acid.

Secara ilmiah asam jawa berkhasiat sebagai penyembuh penyakit gangguan pencernaan, batuk, bisul, sariawan, luka exim, penurun berat badan, luka lebam, rambut rontok, karang gigi dan radang payudara. Perlu diingat asam jawa tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui.

58. Jambu Biji (Psidium guajava)

https://pixabay.com/

Jambu biji merupakan buah yang sudah sangat populer akan khasiat dan manfaatnya. Buahnya ini memiliki rasa yang manis dan berkhasiat sebagai antioksidan dari kandungan beta karoten yang terkandung di dalamnya.

Selain mengandung antioksidan yang tinggi, jambu biji ini juga mengandung zat besi, kalsium, asam amino, vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan fosfor.

Semua kandungan dari buah jambu biji dapat menjaga kekebalan tubuh terhadap penyakit, mencegah kanker, mengatasi radikal bebas, dan menurunkan kadar kolesterol.

Perlu kamu tahu juga bahwa daun dari jambu biji ini juga bisa dijadikan obat mulai dari obat antidiare, peluruh haid, menghentikan pendarahan, anti radang, dan pembersih kulit.

59. Rosella

https://jerrycolebywilliams-files-wordpress-com.jpg

Bunga rosella merupakan jenis bunga yang paling sering dibudidayakan oleh para petani terutama petani yang menargetkan pasar kesehatan (medis). Selain dipergunakan sebagai obat, bunga rosella juga bisa dijadikan teh. Teh dari bunga rosella ini memiliki manfaat dan khasiat yang sangat baik.

Karena bunga rosella itu sendiri mengandung zat fruit acid. Berikut ini manfaat bunga rosella diantaranya adalah untuk  mengobati luka/iritasi pada lambung, menyembuhkan demam, mencegah penyakit jantung, mengencerkan dahak pada tenggorokan, mengatasi penyakit hipertensi dan mengobati penyakit kanker.

60. Brotowali

https://i.ytimg.com

Tanaman brotowali biasa ditanam sebagai tanaman obat di pekarangan rumah dekat pagar. Sebab pada dasarnya tanaman ini menyukai tempat panas dan tergolong jenis tanaman perdu.  Batangnya memiliki ukuran yang kecil seukuran jari kelingking, tingginya mencapai 2,5 meter.

Daunnya tunggal, berbentuk bulat telur menyerupai jantung dengan ujung lancip, panjangnya 7-12 cm dan lebar 5-10 cm. Bunga tanaman ini berwarna hijau muda dan berbentuk tandan semu. Bagian yang dipakai untuk pengobatan yaitu batangnya. Brotowali memiliki sederet manfaat diantaranya untuk mengatasi kencing manis, rematik, demam, merangsang nafsu makan, dan memar.

Jadi dengan demikian penjelasan Mamikos mengenai jenis tanaman herbal obat alami keluarga (TOGA) pada kali ini Mamikos sudahi dahulu. Semoga apa yang sudah Mamikos sampaikan dapat bermanfaat dan bisa membantu kamu mendapatkan informasi baru. Terimakasih sudah membaca artikel Mamikos ini.

Jangan lupa untuk selalu mengakses aplikasi cari kost Mamikos apabila kamu memerlukan info hunian yang harus cepat kamu dapatkan. Dengan satu aplikasi saja, kamu bisa menelusuri berbagai jenis dan pilihan hunian yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Unduh aplikasinya sekarang.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: