10 Makanan Yang Bisa Usir Flu, Demam Dan Batuk Tanpa Obat!

Posted on Posted in Seputar Anak Kost, Seputar Mahasiswa

10 Makanan Yang Bisa Usir Flu, Demam Dan Batuk Tanpa Obat! – Flu atau influenza adalah infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Penderita flu akan mengalami demam, sakit kepala, pilek, hidung tersumbat, serta batuk. Flu merupakan penyakit yang mudah menular ke orang lain, terutama pada 3-4 hari pertama setelah penderita terinfeksi. Bahkan pada beberapa kasus, penderita flu dapat menularkan penyakitnya sebelum gejala muncul.

Banyak orang mengira flu sama dengan batuk pilek biasa (common cold). Walaupun gejalanya mirip, kedua kondisi ini disebabkan oleh jenis virus yang berbeda. Gejala flu lebih parah dan menyerang secara mendadak, sedangkan gejala batuk pilek biasa cenderung ringan dan muncul secara bertahap. Selain minum obat, rupanya untuk mengobati flu bisa juga dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, sehingga bisa membantu meredakan gejala. Apa saja?

10 Makanan Yang Bisa Usir Flu, Demam Dan Batuk Tanpa Obat! Boleh Dicoba!

Oleh-oleh khas Bali - Buah Lokal Bali

1. Susu

Makanan Sebelum Olahraga - Susu

Susu adalah minuman yang kaya protein, kalsium, serta vitamin D. selain itu, susu juga kaya fosfor, kalium, vitamin A, magnesium, dan seng. Tak heran jika minuman satu ini merupakan pelengkap dalam tabel 4 sehat 5 sempurna. Susu juga bisa membantu mengatasi kesulitan tidur. Jadi, tetap bisa beristirahat dengan baik meski tengahj flu.

2. Jahe

Jahe dapat menghangatkan tubuh dan memproduksi keringat, sehingga dapat mengeluarkan racun serta virus dari dalam tubuh. Bisa pula untuk melancarkan pencernaan, mengeluarkan dahak, dan melegakan tenggorokan.

3. Pepaya

Tak hanya bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, pepaya berfungsi untuk mengusir flu dari dalam tubuh. Buah tropis satu ini memiliki kandungan beta-karoten, vitamin E, serta vitamin C yang gak kalah tinggi dengan buah jeruk. Kandungan lycopene-nya berfungsi sebagai antioksidan.

4. Sup ayam

Penelitian medis menyatakan bahwa sup ayam dapat menekan peradangan yang menyebabkan gejala pilek dan flu. Sup ajaib ini juga dapat mencairkan lendir sehingga rasa mampet pada hidung, dada, dan tenggorokan akan berkurang. Penambahan mi dan sayur akan membuat sup ini semakin mujarab karena karbohidrat dapat meningkatkan energi, dan sayuran akan meningkatkan nutrisi pada sup, yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Jamur kancing

Jamur kancing mengandung niacin, riboflavin, folate, fosfor, zat besi, panthothenic acid, zinc, potassium, copper, magnesium, vitamin B6, selenium, dan thiamin. Serat pun tinggi. Karena kaya akan nutrisi inilah mengapa jamur ini sangat baik bila dikonsumsi saat flu melanda.

6. Pisang

Pottasium yang terkandung dalam buah pisang berfungsi untuk menenangkan pikiran, serta membantu gejala sulit tidur. Pisang juga mengandung vitamin B6, magnesium, dan kalium yang dapat menjaga tekanan darah tetap normal. Sedangkan, kandungan triptofan yang dapat memicu produksi hormon serotonin di otak. Serotonin sendiri merupakan senyawa yang dapat membuat tenang, sehingga dapat membuat tidur lebih nyenyak.

7. Madu

Oleh-oleh khas Malang - Madu Klanceng Malang

Penelitian menyatakan bahwa madu dapat mengurangi batuk dengan melapisi tenggorokan dan menyembuhkan iritasi. Faktanya, madu lebih efektif melawan batuk dibandingkan dengan obat batuk. Namun jangan lupa, bahwa anak di bawah umur 12 tahun tidak dianjurkan untuk mengonsumsi madu karena berisiko terjangkit infant botulism.

8. Teh hijau

Di Cina sudah menggunakan teh hijau sebagai penangkal sakit selama ratusan tahun, dan sekarang penelitian mendukung gagasan mereka. Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

9. Jeruk, tomat dan strawberry

Tempat Wisata di Bandung - Kebun Petik Strawberry

Studi telah menyatakan bahwa mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin C sebanyak tiga cangkir atau lebih setiap harinya (tubuh tidak dapat menyimpan vitamin C, sehingga sangat penting untuk mengonsumsi vitamin C setiap harinya) dapat berfungsi sebagai pembangun sistem kekebalan tubuh. Tipsnya adalah dengan mendapatkan vitamin C dari makanan yang Anda konsumsi, dan bukan dari suplemen.

10. Bawang putih

Bawang adalah bahan makanan yang kaya akan antioksidan dan telah diteliti memiliki zat antivirus sehingga dapat mencegah pilek atau flu serta memperpendek durasi sakit. Senyawa minyak allicin (senyawa yang memberikan harum khas pada bawang putih) ampuh untuk melawan pilek dan flu.

Baca juga :  7 Tips Pola Hidup Sehat Anak Kost Biar Tidak Mudah Sakit
Baca juga :  7 Obat-obatan P3K Yang Perlu Dimiliki Anak Kost
Baca juga :  20 Situasi Ini Cuma Bisa Dipahami Sama Anak Kost, Awas Kesindir!