10 Manfaat Jamu Kunyit Asam, Aturan Minum Hingga Efek Samping

Manfaat Jamu Kunyit Asam – Dikenal sebagai obat tradisional yang bisa menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan, jamu memang cukup populer penggunaannya di Indonesia. Tidak hanya berfungsi sebagai obat untuk mengobati penyakit saja, jamu juga biasa dikonsumsi sebagai ramuan untuk mencegah tubuh dari serangan berbagai penyakit atau sekadar menyegarkan tubuh. Hingga kini, keberadaan jamu masih eksis dan masih banyak digemari oleh masyarakat Indonesia sebagai ramuan herbal yang kaya manfaat. Salah satu jamu yang banyak ditemui dan dikonsumsi masyarakat Indonesia adalah kunyit asam. Penasaran manfaat jamu kunyit asam ini? Kali ini Mamikos akan membagikan info penting terkait manfaat hingga aturan minum dan efek samping dari jamu kunyit asam.

Manfaat Hingga Efek Samping Jamu Kunyit Asam

cdn-cas.orami.co.id

Jamu kunyit asam terbuat dari bahan dasar kunyit dan dicampur dengan asam jawa. Untuk menemukan jamu kunyit asam ini juga tidaklah sulit, mengingat kamu bisa mendapatkannya ruko-ruko jamu pinggir jalan hingga di lapak biasa pasar tradisional. Bahkan kini, sudah banyak jamu kunyit asam dalam botol kemasan yang dijual di minimarket atau supermarket. Harganya yang murah, mudah didapat dan kaya manfaat menjadikan minuman ini sebagai pilihan terbaik untuk dikonsumsi sehari-hari. Minuman berwarna kuning dengan rasa asam manis ini memang cukup dikenal sebagai salah satu minuman herbal yang kaya akan manfaat.

Manfaat khasiat jamu kunyit asam

1. Anti-infamasi

Memiliki kandungan anti-inflamasi atau antiperadangan, kunyit asam mampu membantu mengurangi rasa nyeri akibat peradangan pada sendi. Hal ini dikarenakan kunyit asam memiliki sifat analgesik kurkumin yang sangat efektif mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan seperti peradangan sendi akibat artritis. Dengan manfaat kunyit asam yang satu ini, maka sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin dan baik bagi orang yang sering menderita penyakit sendi khususnya orang usia lanjut.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Mengonsumsi kunyit asam juga terbukti dapat membuat daya tahan tubuh meningkat lebih baik. Manfaat kunyit asam yang satu ini didapatkan dari zat antioksidan, antiperadangan dan antibakteri yang terkandung di dalam jamu kunyit asam. Tak hanya sampai disitu saja, kandungan vitamin C yang terdapat dalam campuran asam jawa juga dapat dikatakan sebagai pelindung utama tubuh dari berbagai ancaman bakteri, kuman, dan virus yang dapat menyebabkan penyakit.

3. Meningkatkan fungsi otak

Memiliki kandungan kurkumin, kunyit asam terbukti mampu meningkatkan fungsi brain-derived neurotrophic factor (BDNF). Dengan begitu, fungsi otak dapat meningkat dengan baik sehingga dapat menghindarkan dari penyakit depresi, Alzheimer dan penyakit yang menyerang otak lainnya. Manfaat kunyit asam ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi secara rutin.

4. Mengurangi bau badan

Manfaat kunyit asam yang lain juga dikenal dapat mengatasi masalah bau badan. Bau badan memang menjadi masalah sebagian orang, terlebih pada orang yang memiliki produksi keringat berlebih. Namun tidak perlu khawatir, hal ini dapat diminimalisir dengan mengonsumsi minuman kunyit asam secara rutin. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu bisa menambahkan daun beluntas ke dalam ramuan kunyit asam yang akan dikonsumsi.

5. Menurunkan berat badan

Hasil penelitian menunjukkan bahwa asam jawa memiliki kandungan yang baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu kandungan dalam asam jawa juga dapat membantu sistem pencernaan bekerja lebih optimal dan dapat menghambat produksi lemak. Ini menjadi salah satu manfaat kunyit asam yang menarik. Dengan berbagai kandungan asam jawa yang tercampur dalam minuman kunyit asam bisa digunakan sebagai ramuan untuk menurunkan berat badan secara efektif dan tanpa adanya efek samping yang merugikan.

6. Mengatasi keputihan

Keputihan memang menjadi masalah umum yang dirasakan oleh kaum hawa. Bukan hanya orang dewasa, putihan juga dialami oleh remaja terutama yang sudah mengalami menstruasi. Keberadaanya sering kali mengganggu, bahkan yang lebih parah bisa menyebabkan bau dan rasa gatal pada organ intim. Tidak jarang memang, masalah keputihan ini bisa mengganggu jalannya aktivitas sehari-hari.

Namun hal tersebut bisa diatasi dengan mengonsumsi jamu kunyit asam. Kandungan mineral dan minyak atsiri yang terdapat di dalamnya mampu membersihkan darah haid yang tersisa pada saluran tubafalopi serta efektif mencegah keputihan. Manfaat kunyit asam ini akan lebih terasa jika konsumsi secara rutin dengan takaran yang baik.

7. Melancarkan dan mengurangi nyeri haid

Manfaat kunyit asam yang lain adalah dapat melancarkan dan mengurangi nyeri saat haid atau menstruasi. Kandungan kurkumin dalam kunyit asam bekerja mengurangi hormon prostagladin yang dapat memicu peradangan dan rasa nyeri. Bukan hanya itu, campuran kunyit dengan asam jawa juga dapat memberikan pengaruh baik pada sistem saraf otak. Di mana otak akan mengirimkan sinyal ke tubuh agar kontraksi rahim dan nyeri yang ditimbulkannya bisa berkurang. Bagi para wanita, dianjurkan mengonsumsi jamu kunyit asam sebelum atau sesudah haid.

8. Mencegah jerawat

Selain kesehatan, terdapat pula manfaat kunyit asam yang baik untuk kecantikan, salah satunya adalah mencegah timbulnya jerawat. Kandungan vitamin A dan C yang terdapat dalam kunyit ternyata menjadi zat ampuh yang dapat menghambat munculnya jerawat pada wajah. Bukan hanya itu, kandungan yang terdapat dalam minuman kunyit asam juga dapat mengatasi rasa gatal yang ditimbulkan oleh masalah kulit lain seperti ruam, kurap dan kudis. Dengan begitu, untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit salah satunya bisa dilakukan dengan mengonsumsi jamu kunyit asam secara rutin.

9. Mencegah penuaan dini

Jamu kunyit asam juga dapat dikonsumsi bagi kamu yang ingin mencegah munculnya keriput pada wajah. Bukan tanpa alasan, kunyit mengandung antioksidan dan vitamin C yang tinggi yang baik untuk melindungi kulit dari ancaman radikal bebas. Sehingga dengan mengonsumsi kunyit asam, bisa menjadi ramuan yang ampuh untuk mencegah penuaan dini.

10. Mencerahkan Kulit

Bagi kamu yang memiliki masalah kulit kusam, bisa secara rutin mulai mengonsumsi jamu kunyit asam untuk hasil yang maksimal.

Efek samping jamu kunyit asam

Kunyit asam memang dapat dikonsumsi setiap hari. Namun, mengingat kunyit memiliki sifat anti-inflamasi, melancarkan pencernaan, menangkal radikal bebas dan banyak lagi maka mengonsumsinya terlalu banyak juga tidak terlalu baik untuk kesehatan. Memang belum ada pedoman resmi untuk takaran asupan kunyit asam ini, namun tingkat asupan yang dapat diterima tubuh untuk kunyit adalah 3 mg/kg berat badan. Meskipun secara umum diakui sebagai aman untuk dikonsumsi, beberapa orang mungkin mengalami efek samping yang tidak menyenangkan setelah makan atau minum kunyit. Berikut Mamikos rangkum beberapa efek samping dari mengkonsumsi jamu kunyit asam secara berlebihan.

1. Menghambat pembekuan darah

Memiliki efek yang mirip NSAID, UC San Diego Health menyarankan untuk tidak mengonsumsi kunyit atau kurkumin saat menggunakan warfarin, yang biasanya digunakan untuk mengobati pembekuan darah. Ketika warfarin berinteraksi dengan obat atau sumber anti-inflamasi, itu dapat berdampak pada laju pembekuan darah. Medsafe menyarankan bahwa penggunaan produk kunyit atau kurkumin dengan obat pengencer darah dapat menyebabkan waktu perdarahan lebih lama dan harus dihindari sama sekali. Kunyit dapat menyebabkan pendarahan. Kunyit bisa memperlambat pembekuan darah. Ini mungkin meningkatkan risiko memar dan pendarahan pada orang dengan gangguan pendarahan.

2. Efek samping pencernaan

Mengambil dosis besar rempah-rempah atau suplemen kunyit dapat menyebabkan efek samping gastrointestinal. Efek samping gastrointestinal yang paling umum adalah sakit perut, gas, mual dan gangguan pencernaan. Efek samping kunyit dapat menyebabkan sakit perut pada beberapa orang. Ini mungkin memperburuk masalah perut seperti GERD. Agen yang sama dalam kunyit yang mendukung kesehatan pencernaan dapat menyebabkan iritasi ketika dikonsumsi dalam jumlah besar. Kunyit merangsang lambung untuk menghasilkan lebih banyak asam lambung. Bagi sebagian orang, kondisi ini dapat memberi rasa tidak nyaman. Mengonsumsi kunyit dalam waktu lama dapat menyebabkan maag pada beberapa orang karena meningkatnya asam lambung.

3. Kantung empedu dan masalah ginjal

Curcumin dalam kunyit mendorong kantong empedu untuk menghasilkan lebih banyak empedu, yang dapat meningkatkan pencernaan. Karena produksi empedu ekstra, orang yang memiliki batu empedu atau kondisi lain yang menghalangi saluran empedu tidak disarankan mengonsumsi kunyit. Dampak buruk kunyit juga dapat berkontribusi pada pembentukan batu ginjal, terutama pada orang yang memiliki kondisi yang meningkatkan risiko batu ginjal. Sebuah studi yang diterbitkan dalam “American Journal of Clinical Nutrition” pada 2008 menemukan bahwa partisipan yang mengonsumsi kunyit memiliki kadar oksalat urin yang lebih tinggi. Di mana oksalat ini merupakan produk limbah yang harus keluar tubuh selama buang air kecil, tetapi jika ada terlalu banyak oksalat, itu dapat mengikat dengan kalsium dan membentuk batu ginjal.

4. Masalah kehamilan

Kunyit asam memang masih aman dikonsumsi selama hamil. Ibu hamil masih bisa mengonsumsi makanan dengan bumbu kunyit. Namun, mengonsumsi suplemen kunyit tidak disarankan. Mengonsumsi kunyit dalam dosis tinggi dapat meningkatkan risiko kontraksi dan keguguran. Wanita hamil sebaiknya tidak mengonsumsi suplemen kunyit. Menurut MedlinePlus, efek samping curcumin dapat menstimulasi uterus atau mendorong lapisan uterus untuk lepas yang dapat meningkatkan risiko keguguran.

5. Interaksi obat

Karena dapat meningkatkan asam lambung, kunyit dapat mengganggu kemanjuran obat yang mengurangi asam, seperti obat refluks asam. Bumbu ini juga dapat meningkatkan efektivitas beberapa obat, termasuk pengencer darah dan obat diabetes. Bumbu ini juga dapat meningkatkan efektivitas beberapa obat, termasuk pengencer darah dan obat diabetes. Mengonsumsi kunyit engan pengencer darah dapat meningkatkan risiko pendarahan. Penderita diabetes yang minum obat untuk membantu menurunkan kadar gula darah mereka tidak boleh mengambil kunyit karena dapat menurunkan gula darah ke tingkat yang malah berpotensi berbahaya.

6. Menyebabkan alergi

Curcumin dapat menjadi alergen kontak yang dapat memicu dermatitis kontak. Efek samping kunyit juga bisa menyebabkan wabah kulit seperti ruam dan sesak napas. Reaksi dapat terjadi dari kontak kulit dan konsumsi. Saat dioleskan ke kulit, kunyit untuk sementara dapat menodai kulit atau meninggalkan residu kuning. Ini normal, tetapi jika memiliki alergi, kontak kulit langsung dapat menyebabkan iritasi, kemerahan, dan pembengkakan. Lakukan uji alergi pada kulit sebelum menggunakan perawatan pada kulit. Oleskan pada bagian belakang telinga dan tunggu 24 hingga 48 jam untuk melihat apakah reaksi. Jangan gunakan kunyit pada kulit jika Anda alergi terhadap bumbu dalam makanan.

Aturan minum jamu kunyit asam

Kunyit berbentuk bubuk telah sejak lama digunakan sebagai bumbu penyedap berbagai jenis makanan khas Asia Selatan. Kunyit memiliki banyak manfaat kesehatan, dari meredakan dispepsia sampai mencegah penyakit neurodegeneratif berbahaya, misalnya Alzheimer. Meskipun kunyit mentah memiliki rasa yang agak pahit dan tidak enak, antioksidan kuat ini dapat disertakan ke dalam kebiasaan sehat serta pola makan sehari-hari dengan berbagai cara. Buat kamu yang terbiasa minum jamu kunyit asam, berikut adalah aturan minum jamu kunyit asam yang benar.

1. Batasi dosis konsumsi kunyit

Meskipun sangat bermanfaat bagi sebagian besar orang sehat, kunyit asam tidak boleh dikonsumsi melebihi dosis anjuran. Jika dikonsumsi melebihi dosis anjuran, kunyit asam dapat menyebabkan sakit perut. Berkonsultasilah dengan dokter guna menentukan dosis kunyit yang sesuai untuk kamu.

2. Ibu hamil atau menyusui tidak boleh mengonsumsi kunyit berbentuk obat

Kunyit asam yang dicampurkan dengan jumlah wajar ke dalam makanan tetap dapat dikonsumsi. Namun, kunyit berbentuk suplemen (kapsul) atau cairan tidak boleh dikonsumsi.

3. Pasien diabetes tidak boleh mengonsumsi kunyit asam

Jika kadar gula darah kamu tidak normal, berkonsultasilah dengan dokter sebelum mulai mengonsumsi kunyit asam. Kunyit asam telah terbukti dapat menurunkan kadar gula darah. Jadi, jika kadar gula darah kamu sedang rendah, jangan mengonsumsi kunyit. Kunyit asam juga dapat mengganggu kinerja obat diabetes yang diresepkan oleh dokter.

4. Orang yang mengalami gangguan asam lambung berlebih tidak boleh mengonsumsi kunyit

Jika sedang mengonsumsi obat pengendali asam lambung, misalnya “Pepcid”, “Zantac”, atau “Prilosec”, jangan mengonsumsi kunyit karena kunyit mengganggu kinerja obat tersebut.

5. Orang yang mengalami gangguan kantong empedu tidak boleh mengonsumsi kunyit

Jika kantong empedu tidak mengalami gangguan apa pun, mengonsumsi kunyit membantu mengatur jumlah empedu yang diproduksi. Namun, kunyit berdampak negatif pada kantong empedu yang bermasalah, misalnya menyebabkan batu empedu atau penyumbatan saluran empedu.

Waktu yang tepat minum jamu kunyit asam

Berikut ini ada beberapa pedoman waktu minum jamu kunyit asam yang dapat digunakan, bila kamu belum mengetahuinya.

  1. Biasanya jamu kunyit asam diminum sebelum makan.
  2. Bila jamu kunyit asam tersebut merangsang lambung, maka ramuan tersebut diminum setelah makan.
  3. Obat yang berkhasiat menguatkan atau tonik, diminum sewaktu perut kosong.
  4. Obat yang berkhasiat menenangkan diminum sewaktu mau tidur.
  5. Bila penyakit baru akut, obat diminum setiap saat.
  6. Bila kamu menderita penyakit yang sudah lama atau kronis, ramuan obat diminum sesuai jadwal secara teratur.

Bolehkah ibu hamil minum jamu kunyit asam?

Kunyit termasuk salah satu bahan campuran di dalam jamu kunyit asam. Selama memasuki kehamilan trimester pertama, ada baiknya ibu hamil untuk menghindari mengkonsumsi jamu kunyit asam terlebih dahulu karena akan mengakibatkan gangguan pada janin. Akan tetapi, jika kamu hanya mengonsumsi kunyit tidak melebihi 500 mg setiap harinya, maka pengkonsumsian kunyit masih diperbolehkan dikarenakan kunyit sendiri banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Namun, ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi kunyit asam lebih dari 500 mg setiap harinya. Sebuah penelitian mengatakan bahwa jamu kunyit asam yang dikonsumsi secara rutin oleh ibu hamil akan memicu kontraksi rahim, bahkan dapat berujung keguguran.

Cara membuat jamu kunyit asam

Kunyit asam dikenal sebagai minuman kesehatan untuk wanita. Jamu yang satu ini dipercaya bisa melancarkan haid, mengatasi bau badan, dan menghaluskan kulit. Selain baik untuk wanita, khasiatnya juga bisa dirasakan semua orang. Pasalnya kunyit memang kaya akan antioksidan yang baik untuk tubuh. Bagaimana cara membuat jamu kunyit asam? Berikut ini Mamikos bagikan resep sederhana untuk membuat jamu kunyit asam yang enak di rumah.

Bahan

  1. 600 ml air
  2. 100 gram gula jawa
  3. 20 gr asam jawa
  4. 8 buah kunyit ukuran besar

Cara membuat

  1. Cuci bersih kunyit yang masih segar, kemudian kupas kulitnya. Parut atau blender dengan sedikit air, kemudian peras airnya hingga benar-benar habis.
  2. Didihkan air, kemudian rebus air perasan kunyit, gula, dan asam jawa.
  3. Setelah jamu mendidih, angkat dari kompor dan tunggu sampai dingin. Saring ke dalam gelas atau botol.
  4. Sajikan kunyit asam dalam keadaaan hangat atau dingin.

Bagaimana? Kira-kira informasi seputar aturan minum, efek samping, hingga manfaat jamu kunyit asam di atas sudah cukup lengkap belum untuk kamu? Jamu memang seringkali diidentikan dengan minuman yang memiliki rasa pahit dan tidak enak, namun berbeda dengan jamu kunyit asam. Ketika kamu mencicipi jamu kunyit asam, maka kamu pun akan merasa kesegaran dari asam Jawa yang membuatnya menjadi lebih nikmat. Tak heran jika banyak sekali penggemar dari jamu kunyit asam ini. Semoga informasi di atas cukup bermanfaat ya, jika ada keluarga atau rekan kamu yang sedang membutuhkan informasi seputar sewa properti seperti kost-kostan hingga rumah kontrakan maka jangan lupa untuk menyarakan mereka download aplikasi Mamikos, ya!


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah