7 Daftar Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Dalam Seminggu

 Almara Jati | Jum, 22 Mei 2020

7 Daftar Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Dalam Seminggu – Makanan adalah salah satu kebutuhan pokok bagi setiap manusia untuk melanjutkan hidup. Menu makanan 4 sehat 5 sempurna merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi. Sejak kecil, kita selalu diajarkan untuk mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Tujuannya adalah agar tubuh kita mendapat nutrisi yang tepat demi tumbuh kembang yang optimal.

Daftar Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

unsplash.com

Kebutuhan bertahan hidup bagi manusia ada banyak macamnya, salah satunya adalah makanan. Sebagai suatu kebutuhan dasar dan kebutuhan pokok, sudah selayaknya setiap manusia mengonsumsi makanan yang sehat. Karbohidrat, mineral, protein, vitamin, dan lemak yang diperlukan tubuh bisa kita penuhi dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Salah satu cara pemenuhan kebutuhan gizi tersebut adalah melalui menu makanan 4 sehat 5 sempurna.

Konsep Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Menu makanan 4 sehat 5 sempurna adalah sebuah kampaye yang diluncurkan oleh pemerintah sejak tahun 1955. Kampanye ini dilaksanakan pemerintah untuk mewujudkan warga negara Indonesia yang sehat. Pada pola 4 sehat 5 sempurna, ada zat gizi yang terkandung dalam berbagai jenis makanan yang berbeda. Maka dari itu, kita harus mengonsumsi menu makanan yang beranekaragam agar kebutuhan gizi yang di perlukan tubuh terpenuhi.

Satu Sehat: Makanan Pokok

unsplash.com

Makanan pokok adalah makanan yang kaya akan karbohidrat yang dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi sehari-hari. Makanan pokok memberikan sifat ketergantungan untuk manusia. Maka dari itu, makanan pokok tergolong ke dalam salah satu kebutuhan pokok manusia. Kamu bisa memenuhi kebutuhan karbohidratmu dengan mengonsumsi makanan pokok seperti nasi, jagung, sagu, singkong, kentang, atau umbi-umbian, dan gandum.

Dua Sehat: Lauk Pauk

unsplash.com

Menu sehat yang kedua adalah lauk pauk. Lauk pauk merupakan makanan pendamping makanan pokok. Lauk pauk berfungsi sebagai sumber zat pembangun tubuh. Lauk pauk pada umumnya merupakan makanan yang memiliki kandungan protein yang berguna sebagai pembangun dan pengatur bagi tubuh.

Selain itu, protein merupakan zat yang digunakan untuk sumber cadangan energi dan sistem kekebalan tubuh. Kamu bisa mendapat protein hewani dengan mengonsumsi makanan seperti daging ayam, sapi, kambing, ikan, dan bebek atau telur. Sementara untuk protein nabati bisa kamu dapatkan dari tempe, tahu, atau edamame.

Tiga dan Empat Sehat: Sayur dan Buah

unsplash.com

Sayuran dan buah merupakan menu sehat ketiga dan keempat. Sayur dan buay adalah asupan yang baik untuk menunjang kesehatan tubuh. Sayur dan buah baik untuk pertumbuhan dan perkembangan serta dapat menjaga ketahanan tubuh. Baik sayur maupun buah memiliki ragam jenis yang mengandung fungsi dan nutrisi nya masing-masing. Agar kamu lebih mudah dalam memilah manfaat dan kegunaan sayur dan buah, berikut adalah Mamikos akan menjelaskan perbedaan kandungan dan manfaat sayur dan buah berdasarkan warnanya.

  1. Warna Merah

    Sayur dan buah yang berwarna merah memiliki kandungan nutrisi yang berguna untuk melindungi tubuh dari virus, memperlancar aliran darah ke jantung, dan mencegah penuaan dini. Selain itu, kandungan lainnya dalam sayur dan buah adalah lycopene yang ditemukan dalam semangka dan tomat. Lycopene dikenal dapat menangkal penyakit kanker prostat. Sayur dan buah yang memiliki warna merah misalnya stroberi, pepaya, tomat, jambu, anggur, dan semangka.

  2. Warna Oranye dan Kuning

    Sayur dan buah yang berwarna oranye dan kuning memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang tinggi. Selain kaya akan beta karoten, sayur dan buah yang berwarna oranye atau kuning juga kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, dan antioksidan. Sayur dan buah yang berwarna oranye dan kuning misalnya adalah pisang, wortel, jagung, paprika kuning, jeruk, mangga, atau lemon.

  3. Warna Hijau

    Sayur dan buah yang berwarna hijau kaya akan serat dan kandungan sulfur yang membantu hati mendetoksifikasi zat berbahaya yang berpotensi sebagai penyebab kanker. Selain itu, sayur dan buah yang berwarna hijau dapat melindungi perempuan dari kanker ovarium. Sayur dan buah hijau baik untuk kesehatan jantung karena kandungan kalium yang tinggi. Sayur dan buah yang berwarna hijau misalnya adalah bayam, sawi, kangkung, timun, seledri, daun singkong, pare, atau brokoli.

  4. Warna Putih

    Sayur dan buah yang berwarna putih dapat kamu temukan banyak khasiat dan nutrisi yang sehat untuk tubuh. Baik bawang merah maupun bawang putih adalah anggota keluarga allium yang dapat menurunkan gula darah dan memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi. Selain itu, juga terdapat zat allicin pada sayur dan buah yang berwarna putih yang berfungsi sebagai pereda pilek atau flu. Beberapa sayur dan buah yang berwarna putih yang bisa kamu konsumsi di antaranya adalah kembang kol, pir, turnip, atau bawang putih.

  5. Warna Biru dan Ungu

    Sayur dan buah yang berwarna biru dan ungu bukanlah pilihan yang populer dibanding warna lainnya. Meski begitu, sayur dan buah yang berwana biru dan ungu merupakan pelindung tubuh terhadap beberapa penyakit kanker, baik untuk kesehatan saluran kemih, dan memelihara daya ingat. Sayur dan buah berwarna biru dan ungu mengandung anthocyanins flavanoids yang berfungsi sebagai anti karsinogen yang memusnahkan bibit penyakit kanker pada tubuh. Sayur dan buah yang berwarna biru dan ungu misalnya terong, anggur, atau bluberi.

Lima Sempurna: Susu

unsplash.com

Menu makananmu belum bisa dikatakan sempurna jika kamu belum mengonsumsi susu. Susu ini berasal dari sumber protein hewani yang kandungannya baik untuk pembentukan dan pertumbuhan tulang dan menambah energi. Jika kamu memiliki alergi terhadap susu dari protein hewani atau kamu adalah seorang vegan, kamu tetap harus mengonsumsi susu tetapi dari protein nabati. Berikut adalah beberapa pilihan susu untuk melengkapi menu makanan sehatmu.

  1. Susu Kedelai
    Susu kedelai memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah. Jika kamu sedang dalam program diet, susu kedelai dapat membantu karena cocok dijadikan susu pengganti susu sapi.
  2. Susu Almond
    Susu dari kacang almond cocok dikonsumsi oleh kamu yang alergi pada laktosa. Laktosa yang berlebih dapat menyebabkan produksi gas dan diare.
  3. Susu Sapi
    Susu sapi mengandung kalori yang cukup banyak, yaitu berkisar antara 80-150 kalori. Susu sapi baik untuk menambah energi bagi perempuan saat sedang PMS serta dapat mengurangi stres.
  4. Susu Kambing
    Kalau kamu tidak suka susu sapi, susu kambing bisa menjadi salah satu alternatif pilihanmu. Susu kambing memiliki kandungan 170 kalori, 10 gram lemak, dan 27 mg kolesterol. Susu kambing mengandung anti alergi yang baik bagi tubuh.

Air Putih

unsplash.com

Selain mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, kamu juga harus memberi tubuhmu cukup air putih. Air putih akan berfungsi sebagai pelarut senyawa lain di dalam tubuhmu, mengangkut zat makanan dari sel-sel ke jaringan, serta menjaga kestabilan tubuh. Pastikan untuk selalu minum air putih minimal 8 gelas setiap hari, terutama pada pagi hari saat bangun tidur.

Kombinasi Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Dalam Seminggu

Nah, setelah tahu kandungan makanan 4 sehat 5 sempurna, kini kamu bisa mengombinasikan tiap makanan untuk memenuhi nutrisi harianmu. Agar kamu tidak bosan dengan makanan yang itu-itu saja, kamu bisa melihat daftar kombinasi menu makanan 4 sehat 5 sempurna dari Mamikos yang berikut ini.

Hari Sarapan Makan Siang Makan Malam
Senin Nasi Putih Nasi Putih Nasi Putih
Ikan Tauco Ayam Tangkap Daging Sambal Balado
Tumis Labu Siam dan Wortel Sambal Goreng Tempe Tempe Goreng
Telur Dadar Soto Sayuran Sayur Bening
Kerupuk Jeruk Pisang
Susu Almond Kerupuk Kerupuk
Air Mineral Air Mineral Air Mineral
Selasa Nasi Kuning Nasi Putih Nasi Putih
Ayam Pop Daging Masak Kurma Ikan Tauco
Kerik Tempe Tahu Isi Tempe Goreng Tepung
Mie Goreng Sop Kimlo Tumis Labu Siam
Kerupuk Teri Sambal Balado Jeruk
Susu Kedelai Pisang Kerupuk
Air Mineral Kerupuk Air Mineral
Air Mineral
Rabu Nasi Merah Nasi Merah Nasi Merah
Ikan Tumis Aceh Ayam Geprek Ikan Balado
Tumis Kacang Panjang Tahu Isi Tempe Goreng Tepung
Tempe Goreng Tepung Sup Sayuran Sayur Asam
Kerupuk Pepaya Semangka
Susu Sapi Kerupuk Kerupuk
Air Mineral Air Mineral Air Mineral
Kamis Nasi Gurih Nasi Gurih Nasi Gurih
Ayam Goreng Lengkuas Daging Kari Ikan Tumis Aceh
Tauco Kacang Panjang dan Tempe Capcay Kuah Tahu Goreng Tepung
Bihun Goreng Tahu Goreng Tumis Kangkung
Kerupuk Pisang Semangka
Susu Sapi Kerupuk Kerupuk
Air Mineral Air Mineral Air Mineral
Jumat Nasi Putih Nasi Putih Nasi Putih
Ikan Cabe Ijo Ayam Goreng Daging Kari
Tumis Tauge dan Tahu Tahu Balado Sambal Goreng Tahu
Nugget Ayam Sayur Lodeh Steak Sayuran
Kerupuk Jeruk Pisang
Susu Kambing Kerupuk Kerupuk
Air Mineral Air Mineral Air Mineral
Sabtu Nasi Putih Nasi Putih Nasi Putih
Semur Ayam Ikan Gulai Ayam Goreng Bumbu
Tauco Cabe Ijo Tahu Isi Soto Sayuran
Bihun Goreng Cah Sayuran Lalapan
Kerupuk Pepaya Jeruk
Susu Kedelai Kerupuk Kerupuk
Air Mineral Air Mineral Air Mineral
Minggu Nasi Merah Nasi Merah Nasi Merah
Rendang Daging Ayam Tangkap Ikan Tauco
Tauco Teri Lado Tempe dan Kacang Tempe Goreng Tepung
Kerik Kentang Sayur Gambas Tumis Sawi Putih
Keupuk Pisang Semangka
Susu Almond Kerupuk Kerupuk
Air Mineral Air Mineral Air Mineral

Kamu tidak harus mengikuti daftar tersebut secara kaku. Kamu bisa melakukan variasi tiap minggunya asalkan kebutuhan nutrisimu tetap terpenuhi. Jangan lupa juga untuk tetap mengimbangi dengan olahraga cukup setiap hari, ya! Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal dekat kampus idaman, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: