18 Jenis Makanan dan Minuman Terbaik Untuk Buka Puasa, Ada Kurma Corona Apa Itu?

18 Jenis makanan dan Minuman terbaik untuk buka puasa, ada kurma corona apa itu? – Saat menjalani puasa di bulan Ramadhan nanti, kamu harus memperhatikan beberapa hal dalam diri kamu. Tujuannya agar puasa kamu jauh lebih khusyuk dan afdal tentu saja.

Selain kesehatan diri dan bugarnya tubuh, pilihan menu berbuka puasa tentu menjadi hal yang sedang banyak dicari sekarang. Mamikos pun tidak ingin ketinggalan dan membuat artikel jenis makanan dan minuman terbaik untuk buka puasa ini untuk kamu semua.

Jenis Makanan dan Minuman Terbaik Untuk Buka Puasa

kompas.com

Lantas apa saja deretan dari jenis makanan dan minuman terbaik untuk buka puasa tersebut? Simak dengan saksama penjelasan Mamikos di bawah ini:

Makanan Terbaik Untuk Buka Puasa Rekomendasi Mamikos

Asupan makanan sangatlah penting dan perlu kamu perhatikan saat sedang berbuka puasa. Oleh sebab itu, Mamikos sudah merangkum dengan lengkap apa saja makanan terbaik untuk buka puasa yang bisa kamu konsumsi nant. Simak sebagai berikut daftar lengkapnya:

1. Pisang

Buah yang terbilang praktis karena tidak perlu repot mengupas satu ini bisa dibilang memang cukup banyak penggemar. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa pisang disebut sebagai sumber energi instan yang juga bagus untuk tubuh.

pexel.com

Satu buah pisang mengandung kurang lebih 90 kalori, dengan serat kompleks yang membuat perut terasa kenyang lebih cepat dan tahan lama. Selain itu pisang juga mengandung vitamin C yang mampu memperkuat daya tahan tubuh setelah mengalami dehidrasi seharian.

2. Jamur

Makanan berikutnya dari 18 jenis makanan dan minuman terbaik untuk buka puasa versi Mamikos adalah jamur. Jamur ini sangat cocok untuk kamu jadikan menu makanan pembuka puasa karena disamping sehat, jamur juga mengandung banyak protein yang berguna untuk memelihara kesehatan.

https://www.pertanianku.com/

Jamur juga mengandung serat yang dapat membantu proses pencernaan dalam tubuh. Namun lebih jangan membuat olahan jamur dengan cara digoreng, ya. Bisa ditumis atau disayur saja biar lebih sehat.

3. Telur

Menu satu ini bisa dibuat macam-macam masakan. Tidak heran jika telur memiliki ‘fans’nya sendiri. Asam amino dan protein yang dimiliki telur dapat memperbaiki sel otot yang rusak setelah seharian beraktivitas tanpa terhidrasi. Yang disarankan juga kamu sebaiknya tidak mengolah telur menjadi hidangan yang mengandung banyak garam atau pedas.

https://www.hidayatullah.com/

Sebab dengan mengkonsumsi garam terlalu saat berbuka puasa, justru bisa menyebabkan tubuh kehilangan lebih banyak cairan. Selain mudah dalam penyiapan dan penyajiannya, telur juga sangat mudah dicerna tubuh. Bahkan mengandung protein yang sangat tinggi. Dalam satu telur terkandung enam gram protein dan sembilan macam asam amino.

4. Apel

Rekomendasi Mamikos berikutnya dari jenis makanan dan minuman terbaik untuk buka puasa adalah apel. Buah lezat yang memiliki kandungan vitamin yang cukup komplit ini juga akan menjadi pilihan yang tepat di saat berbuka puasa. Selain memiliki rasa manis yang khas, apel juga memiliki kandungan vitamin A, B, dan juga C yang terbilang tinggi.

tempo.co

Maka tak heran bila buah ini dikenal sebagai buah yang mampu menangkal radikal bebas dan juga berbagai bakteri lainnya dari dalam tubuh. Konsumsi satu buah apel sehari, maka tubuh akan mendapatkan semua manfaat tersebut dengan baik. Jadi jangan ragu lho untuk mengkonsumsi apel saat berbuka puasa nanti.

5. Nasi Merah atau Kentang Rebus

Lantas bagaimana dengan sumber karbohidrat yang diperlukan untuk menjalani ibadah puasa? Tenang saja, kamu tetap bisa mendapatkan sumber karbohidrat kompleks yang baik untuk tubuh seperti dari nasi merah atau kentang rebus. Sebab, kandungan kalori dalam nasi merah atau kentang rebus tidak sebanyak yang dimiliki oleh nasi putih.

tempo.co

Oleh sebab itu, kedua jenis makanan ini sangat disarankan untuk dikonsumsi saat hendak menjalankan puasa atau yang sedang berdiet dan ingin menurunkan berat badan. Meskipun kamu sedang tidak ingin menurunkan berat badan, kamu bisa tetap mengkonsumsi nasi merah atau kentang rebus saat buka puasa.

6. Madu

Jenis makanan dan minuman terbaik untuk buka puasa berikutnya adalah madu. Siapa yang menyukai madu di sini? Perlu Mamikos beritahukan bahwa madu sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Jenis makanan satu ini memiliki segudang manfaat untuk tubuh sebab mengandung antioksidan, vitamin, kalium, kalsium, zat besi, magnesium, sulfur dan mangan.

frepik.com

Madu juga dapat melancarkan metabolisme dan juga mengatasi gangguan pencernaan. Selain itu kandungan glukosa dan fruktosa nya sangat mudah diserap tubuh sehingga dapat mengembalikan stamina dan energi yang hilang. Jadi, jangan lewatkan untuk mengkonsumsi madu juga, ya.

7. Ayam Panggang/Rebus/Pepes

Ayam adalah salah satu olahan yang diminati banyak kalangan, apalagi saat bulan puasa datang. Sebab ayam dapat diolah menjadi hidangan sup, pepes atau panggang. Dengan ketiga cara tersebut, mengkonsumsi ayam jadi lebih aman ketimbang digoreng dengan minyak banyak atau terendam.

meredithcorp.io

Dalam rangka mempersiapkan menu makanan yang sehat untuk buka puasa, maka kamu bisa memilih untuk mengolah ayam tersebut dengan cara-cara yang sudah disebutkan tadi. Jangan lupa untuk membuang kulit ayam karena bagian tersebut mengandung lemak yang cukup tinggi.

8. Ikan

Seperti yang sudah sering dikampanyekan oleh Bu Susi Pudjiastuti, apakah kamu sudah makan ikan hari ini? Sebab imbauan Bu Susi tersebut bukan tanpa alasan. Ikan juga memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, sebab mengandung protein, omega 3, antioksidan, vitamin D, vitamin B2 dan sejumlah mineral.

cookpad.com

Selain itu banyak sumber yang juga mengklaim bahwa ikan baik untuk jantung. Konsumsi ikan, seperti ikan salmon dapat membantu mencegah penyakit jantung dan gagal jantung dengan mencegah akumulasi trigliserida, meningkatkan HDL (kolesterol baik), dan mencegah pembekuan darah. Selain itu makan ikan juga membantu menurunkan tekanan darah. Hidangkan olahan ikan untuk berbuka puasa merupakan salah satu pilihan tepat.

9. Tumis Sayuran

Apakah kamu memiliki sayur kesukaan? Apakah itu kacang panjang atau buncis, kangkung, sawi, tauge, atau bayam? Nyatanya semua sayuran tersebut bisa ditumis dengan bumbu yang sederhana. Untuk menumis sayuran, kamu hanya memerlukan garam, merica, bawang merah, dan bawang putih saja.

fimela.com

Jika kamu punya, kamu juga bisa menggunakan olive oil saat menumis sayuran tersebut. Apabila kamu penggemar rasa pedas, kamu bisa tambahkan sedikit potongan cabai kecil saat menumis sayuran-sayuran ini. Tumis sayuran merupakan menu makanan yang sangat sehat untuk disajikan pada saat buka puasa. Selain itu juga kaya akan vitamin jika cara memasak kamu tidak berlebihan.

10. Oatmeal

Salah satu hidangan praktis tapi Mamikos masukkan dalam jenis makanan dan minuman terbaik untuk buka puasa ini juga menjadi favorit beberapa orang. Oatmeal merupakan makanan yang praktis dan sehat untuk disajikan saat buka puasa. Di samping itu, makanan ini juga bisa disajikan untuk menu sahur.

https://www.acouplecooks.com/

Oatmeal merupakan makanan yang kaya akan serat. Apabila waktu kamu berbuka puasa sudah sangat dekat dengan waktu tarawih, maka kamu bisa menyantap oatmeal ini karena cara mengolahnya pun sangat praktis dan efisien.

Selain itu oatmeal juga akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Jadi, makanan ini bisa mengganjal perut kamu setelah sehari penuh berpuasa. Topping yang sehat untuk oatmeal dan bisa kamu pilih diantaranya adalah buah-buahan segar, madu, susu rendah lemak, dan granola.

11. Kurma Corona

Baru-baru ini kita digegerkan dengan menu makanan baru bernama kurma corona? Sebenarnya apa kurma corona itu? Saat menjelang datangnya bulan suci Ramadhan, memang selalu muncul kuliner-kuliner baru untuk menarik minat pelanggan. Salah satu yang menghebohkan tentu saja kurma Corona.

Kurma Corona ini dijual di Mesir dengan harga yang murah meriah. Bahkan, Kurma Corona menjadi laris manis di pasaran. Memangnya seperti apa kurma corona tersebut? Seperti yang kamu ketahui bahwa Mesir memang salah satu negara penghasil kurma terbesar di dunia. Fakta menarik lainnya, orang-orang di Mesir juga punya kebiasaan memberi nama baru pada berbagai jenis kurma yang ada.

https://cdn.antaranews.com/

Tahun sebelumnya, orang Mesir membuat nama Kurma Mohamed Salah. Nama tersebut diambil dari nama pesepakbola kebanggaan Mesir, Mohamed Salah yang sudah membawa Mesir lolos ke piala dunia. Jadi kamu sudah tahu bukan bahwa nama kurma ini tentu saja terinspirasi dari wabah virus yang telah menyebar di seluruh dunia ini saat ini.

Boleh dikatakan bahwa hal ini menjadi bagian dari strategi penjualan untuk dapat menarik minat pembeli. Untuk harganya sendiri, kurma Corona dijual dengan harga 25 pound Mesir atau sekitar Rp 25.000 saja. Harga tersebut terbilang murah dan menjadi salah satu alasan yang membuat kurma Corona laku di pasaran.

Minuman Terbaik Untuk Buka Puasa Rekomendasi Mamikos

Usai membicarakan tentang jenis makanan terbaik untuk buka puasa, Mamikos juga punya beberapa rekomendasi minuman terbaik yang bisa kamu pilih saat hendak berbuka puasa. Apa sajakah minuman tersebut? Simak dengan saksama daftarnya di bawah ini:

1. Air Putih

Tentu saja Mamikos memasukkan air putih dalam daftar utama. Murah, sederhana, netral dan mampu menghidrasi tubuh seketika. Semua ahli sudah mengatakan mengenai manfaat luar biasa air putih bagi tubuh. Anjuran minum air putih 8 gelas sehari tetap harus dipenuhi sekalipun sedang menjalani puasa. Maka dari itu air putih sangat dianjurkan untuk jadi minuman pembuka di bulan puasa.

https://cdns.klimg.com/

Aturannya kamu bisa meminum 2 gelas saat berbuka, 2 gelas saat makan berat, 2 gelas sebelum tidur dan 2 gelas di kala sahur. Tidak masalah jika lebih dari itu, selama sesuai yang yang dibutuhkan oleh tubuh. Setiap orang memiliki mekanisme tubuh dan aktivitas yang berbeda-beda. Jadi, anjuran 8 gelas per hari tak lantas menjadi aturan baku, ya.

2. Air Kelapa Muda

Rekomendasi Mamikos berikutnya dari jenis makanan dan minuman terbaik untuk buka puasa adalah air kelapa muda. Selama ini air kelapa muda sudah menjadi minuman favorit yang diincar setiap kali berbuka puasa oleh masyarakat Indonesia. Tentunya karena air kelapa muda dapat diandalkan dalam memenuhi kebutuhan cairan tubuh seketika.

https://hellosehat.com/

Tidak hanya itu, air kelapa muda juga memiliki manfaat luar biasa lain bagi tubuh kita. Beberapa diantaranya, yakni bisa untuk detoksifikasi tubuh akibat penumpukan makanan yang tidak sehat dan membantu mengantisipasi kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas berkat kandungan antioksidan yang dimilikinya.

3. Jus Kurma Susu

Kamu pernah mencoba membuat minuman nikmat satu ini belum? Jika belum, kamu bisa mencobanya di bulan puasa nanti. Jus satu ini dibuat dari buah kurma dan susu. Susu yang digunakan sebaiknya susu UHT atau pasteurisasi dan tidak disarankan memakai susu bubuk atau kental manis.

liputan.com

Minuman ini selain menyehatkan, kesegaran dan rasa manis alami yang ditawarkan jus ini tentunya sangat menggoda selera. Ditambah dengan beberapa butir kurma muda segar, maka akan semakin sempurna manfaat yang didapatkan dari salah satu minuman pilihan berbuka puasa nanti.

4. Jus Sayuran

Kamu pasti tahu manfaat yang luar biasa apabila kita mengkonsumsi sayuran secara rutin. Seperti yang kita ketahui, sayuran merupakan sumber vitamin, mineral, fitonutrien dan zat penting lainnya. Di kala berpuasa, selain dapat dinikmati sebagai menu sayuran pada hidangan, kita juga dapat mengkreasikannya menjadi jus yang istimewa dan juga sehat.

detik.net.id

Cobalah mengkombinasikan wortel, bayam, peterseli dan buah bit untuk jus sayur kamu. Cuci bersih dahulu semua bahan tersebut, kemudian blender hingga halus. Tuang ke dalam gelas dan masukkan ke dalam kulkas terlebih dahulu agar lebih segar ketika dinikmati saat waktu berbuka tiba. Atau kamu bisa mencampur bayam, timun, nanas dan wortel. Rasakan sensasi dingin dan adem di perut kamu saat berbuka puasa.

5. Teh

Sebenarnya secangkir teh dapat menjadi salah satu pilihan dari sekian banyak minuman buka puasa yang sehat. Namun sayangnya, kebanyakan masyarakat kita lebih gemar menikmati teh dengan tambahan gula yang cukup banyak. Padahal inilah yang menjadi penyebab utama teh jadi kurang baik dikonsumsi saat berbuka. Sebab dapat meningkatkan kadar gula darah secara drastis.

https://www.cnnindonesia.com/

Jadi harus bagaimana menyiasatinya? Cukup mudah kok. Kamu bisa minum secangkir teh hangat murni (lebih disarankan teh herbal) dengan sedikit saja atau tanpa tambahan gula stevia jika menginginkan rasa manis.

6. Infused Water

Kamu ingin mencoba minuman buka puasa sehat dan berbeda? Maka tidak ada salahnya untuk membuat infused water. Perpaduan air mineral, potongan buah dan herbal yang dicampurkan didalamnya sudah pasti dapat menyehatkan dan mengembalikan cairan tubuh dalam sekejap.

https://klubwanita.com/

Untuk berbuka puasa, kamu bisa kreasikan infused water dengan berbagai potongan buah yang lebih bersahabat bagi perut kosong. Contohnya saja apel, timun jepang, raspberry dan daun mint. Hindari buah-buahan yang terlalu asam seperti lemon atau nanas, terutama bagi yang memiliki riwayat asam lambung tinggi.

7. Kefir

https://doktersehat.com/

Kefir merupakan minuman dari hasil fermentasi susu yang sangat bermanfaat, terutama dalam membantu kamu dalam menjalankan ibadah puasa. Pasalnya, kefir memang mengandung banyak probiotik atau bakteri baik yang mampu mempromosikan kesehatan pencernaan yang optimal, menguatkan sistem imun dan mengembalikan energi yang terkuras selama puasa. Jadi jika kamu meminum kefir saat berbuka puasa, dijamin tubuh kamu akan jadi lebih bugar dan siap melanjutkan ibadah solat.

Pantangan Saat Kamu Berbuka Puasa

Siapa bilang jika saat buka puasa kamu bisa seenaknya makan apa saja? Mentang-mentang sudah bedug magrib. Tidak seperti itu aturannya. Sebab kamu tetap harus mengontrol hawa napsu kamu meskipun waktu berbuka sudah tiba. Nah di bawah ini Mamikos sudah tuliskan beberapa hal atau pantangan yang harus kamu perhatikan saat berbuka puasa nanti. Mamikos harap kamu jadi lebih bisa mengontrol diri dan tetap khusyuk dalam beribadah nanti.

1. Atur Porsi Makan Ketika Berbuka Tiba

Menjelang waktu berbuka puasa, umumnya banyak sekali orang yang menyiapkan berbagai jenis baik makanan maupun minuman di meja mereka. Dengan alasan sebagai menu makanan untuk takjil dan juga makanan inti. Kemudian mereka akan makan makanan yang disajikan ketika sedang berpuasa tanpa memperhatikan porsi yang sesuai.

Bahkan mereka cenderung mengkonsumsi segala jenis makanan tersebut. Padahal, ketika berbuka puasa, kamu tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan secara besar-besaran dan juga berlebihan karena akan membuat perut kamu jadi terasa tidak nyaman. Perut kamu kemudian akan mengalami rasa kenyang berlebih dan perut yang penuh ketika berbuka puasa. Hal tersebut bisa berdampak kamu menjadi malas untuk melaksanakan ibadah berikutnya.

2. Sebaiknya Jangan Makan Gorengan

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa masyarakat Indonesia tidak dapat dipisahkan dengan gorengan dalam kesehariannya. Apalagi ketika bulan puasa tiba, keinginan makan gorengan jadi lebih besar. Berbagai macam atau jenis gorengan biasanya dijadikan sebagai menu utama takjil ketika berbuka puasa. Tahukah kamu bahwa berbuka puasa dengan gorengan justru dapat memperberat kerja organ pencernaan.

Padahal seharusnya saat kita berbuka puasa, kita perlu mengganti asupan gizi serta nutrisi yang diperlukan oleh tubuh yang terkuras saat puasa siang tadi. Bayangkan saja, apabila sistem pencernaan kita terganggu karena mengkonsumsi gorengan saat berbuka tentu perut akan jadi tidak nyaman. Belum lagi kita jadi berpotensi panas dalam karena memakan makanan yang mengandung banyak minyak sehingga membuat tenggorokan menjadi radang.

3. Jauhi Makanan yang Mengandung Gas

Saran Mamikos berikutnya adalah hindari makanan yang mengandung banyak gas. Beberapa jenis makanan memiliki kandungan gas di dalamnya. Apabila kamu mengkonsumsi dalam jumlah yang banyak, tentu akan berdampak buruk pada tubuh kita. Makanan yang mengandung gas tentunya akan membuat perut kita menjadi sedikit tidak nyaman.

Tidak hanya itu, gas yang ada di dalam makanan yang kita konsumsi akan membuat perut kita menjadi begah dan juga kembung. Beberapa jenis makanan yang mengandung gas dan perlu kamu hindari antara lain adalah kol, durian, nangka dan juga minuman yang berkarbonasi.

4. Jangan Konsumsi Makanan Pedas

Saat buka puasa tiba, sebaiknya kamu jangan mengkonsumsi makanan pedas. Jenis makanan ini sangat tidak disarankan untuk kamu konsumsi saat buka puasa tiba. Seperti yang kamu tahu bahwa makanan pedas dan juga asam akan memicu asam lambung naik sehingga penyakit maag bisa kambuh.

Akan tetapi, bagaimana jika makanan pedas sangat sulit untuk kita hindari terutama ketika berbuka puasa? Hal ini dikarenakan masyarakat Indonesia cenderung menginginkan sesuatu yang segar ketika berbuka puasa. Faktanya, tidak selamanya makanan pedas yang kita konsumsi itu berbahaya bagi tubuh.

Cabai juga berperan untuk mempermudah perut kita saat buang air besar. Seperti yang kita tahu bahwa ketika sedang berpuasa, kita akan mengalami sembelit atau susah buang air besar. Selain itu, makanan pedas juga diyakini dapat membuat sakit kepala dan rasa pegal menjadi hilang. Akan tetapi, ketika kita berbuka sebaiknya jangan dulu mengonsumsi makanan yang pedas secara berlebihan.

Jadi demikianlah ulasan Mamikos yang bisa disampaikan pada kesempatan ini tentang jenis makanan dan minuman terbaik untuk buka puasa. Semoga informasi tadi berguna dan dapat bermanfaat untuk kamu semua. Bagikan jenis makanan dan minuman terbaik untuk buka puasa ini pada teman atau sahabat kamu sebanyak-banyaknya.  Jangan lupa akses aplikasi pencari kost Mamikos sekarang juga apabila kamu menginginkan informasi lengkap seputar hunian kost-kostan yang kamu butuhkan. Aksesnya mudah dan kamu jadi lebih efisien soal waktu.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah