10 Obat Diare Alami Tanpa Obat Paling Manjur!

 Posted on Kamis, Juni 20th, 2019  Posted in Seputar Anak Kost  Mamikos

10 Obat Diare Alami Tanpa Obat Paling Manjur! – Diare adalah penyakit yang membuat penderitanya menjadi sering buang air besar, dengan kondisi tinja yang encer. Pada umumnya, diare terjadi akibat makanan dan minuman yang terpapar virus, bakteri, atau parasit.

Biasanya diare hanya berlangsung beberapa hari (akut), namun pada sebagian kasus dapat memanjang hingga berminggu-minggu (kronis). Pada umumnya, diare tidak berbahaya jika tidak terjadi dehidrasi. Namun, jika disertai dehidrasi, penyakit ini bisa menjadi fatal, dan penderitanya perlu segera mendapat pertolongan medis.

10 Obat Diare Alami Tanpa Obat Paling Manjur! Anak Kost Bisa Coba, Nih!

1. Cairan Oralit

Cairan oralit merupakan cairan yang dapat dibuat dengan mudah untuk mencegah dan mengatasi dehidrasi. Secara sederhana oralit dapat dibuat dari campuran air putih, garam, dan gula. Kombinasi dari ketiga bahan ini mengandung mineral dari air putih, elektrolit dari garam, dan energi yang dibawa dari kandungan gula.

Garam mampu meningkatkan pengangkutan dan daya absorbsi gula melalui membran sel. Gula dalam larutan NaCl (garam dapur) juga berkhasiat meningkatkan penyerapan air pada dinding usus secara kuat, sehingga proses dehidrasi tubuh dapat dikurangi atau diatasi. Oralit tidak menghentikan diare, tetapi mengganti cairan tubuh yang hilang bersama tinja. Dengan mengganti cairan tubuh tersebut, terjadinya dehidrasi dapat dihindarkan.

2. Daun Sirih

Khasiat daun sirih sebagai antibiotik memang sudah tidak diragukan lagi. Daun sirih juga mengandung kavikol yang memiliki kemampuan membunuh bakteri lima kali lipat dari fenol biasa. Kandungan tannin di dalamnya juga baik untuk mencegah diare.

Untuk penggunaan daun sirih, dibutuhkan bahan lainnya seperti minyak kelapa dan lada. Haluskan 6 lembar daun sirih, 6 butir lada dan 1 sendok makan minyak kelapa. Lalu usapkan pada perut untuk mengurangi rasa sakit di perut akibat diare.

3. Wortel

Makanan Sebelum Olahraga - Kacang-kacangan dan Sayur

Sayuran ini kaya akan gizi, dan sangat baik untuk menunjang kesehatan sistem pencernaan. Di samping itu, kandungan vitamin yang ada pada wortel juga dapat membantu mengembalikan fungsi usus yang kacau akibat diare.

Agar memberikan manfaat maksimal, disarankan untuk mengolah wortel dengan cara dikukus atau dijadikan jus tanpa gula atau pemanis tambahan.

4. Yoghurt

Makanan Sebelum Olahraga - Susu

Yoghurt mengandung probiotik, yakni bakteri baik yang membantu tubuh mengurangi dan menghambat perkembangan bakteri jahat di dalam saluran cerna. Ini berarti, susunan bakteri di dalam usus Anda akan menjadi lebih baik, sehingga keluhan diare bisa berkurang.

5. Jahe

Jahe telah lama digunakan sebagai obat alami untuk menangani ketidaknyamanan di bagian perut. Sejak zaman dahulu, jahe juga dianggap sebagai ramuan yang dapat menghangatkan perut karena efek pedasnya ini. Jahe juga diduga memiliki sifat anti peradangan, analgesik, dan antibakteri yang membantu penyembuhan penyakit di sistem pencernaan. Khasiat jahe lainnya berasal dari efek antioksidannya, efek antioksidan jahe secara keseluruhan dapat memberikan efek positif pada kesehatan tubuh.

6. Teh kental

Teh merupakan sumber senyawa aktif yang kuat yang sering dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan. Kandungan Tanin yang terdapat dalam teh memiliki sifat anti-diare yang dapat mengurangi tingkat keparahan diare.

7. Air kelapa

Es Kelapa Muda - Menu Takjil Buka Puasa

Air kelapa mengandung zat elektolit yang bisa membantu menggantikan cairan tubuh serta membunuh bakteri penyebab penyakit diare. Air kelapa telah digunakan sejak lama untuk mengobati penyakit ini karena terbukti ampuh. Cukup mengonsumsi air kelapa murni tanpa tambahan apapun.

8. Kunyit dan Madu

Kunyit merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya adalah diare. Kunyit mengandung zat aktif kurkumin yang merupakan antioksidan kuat untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Cara penggunaannya beragam. Salah satu yang paling populer adalah dengan diseduh dan ditambahkan madu murni di dalamnya.

9. Jambu Biji

Buah jambu biji mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Zat-zat yang terdapat dalam buah jambu biji dapat membunuh kuman dan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, sehingga resiko mengalami diare yang semakin parah akan dapat dikurangi, bahkan disembuhkan.

10. Pisang

Pisang kaya akan pektin, yaitu serat larut yang membantu menyerap cairan di usus dan merangsang gerak isi perut. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengurangi keluhan diare maupun sembelit. Tak hanya itu, kandungan potasium yang tinggi pada pisang juga dapat membantu mengembalikan kadar elektrolit yang hilang akibat diare.