7 Varian Resep Cilok Kuah, Makanan yang Lagi Hits di Instagram

7 Varian Resep Cilok Kuah, Makanan yang Lagi Hits di Instagram – Resep cilok kuah baru-baru ini booming di internet. Secara, cilok yang notabenenya adalah jajanan populer di Indonesia kini mulai muncul variasi-variasi uniknya, termasuk disajikan dengan kuah. Makanan cilok kuah ini sempat hits juga lho di media sosial Instagram beberapa waktu lalu.

Varian Resep Cilok Kuah

Makanan ini sangat digemari oleh banyak orang karena memiliki citarasa yang sangat enak dan mempunyai tekstur yang kenyal dan nikmat. Sajian cilok kuah ini disukai oleh anak kecil, remaja, hingga orang tua. Gak heran deh kalau sekarang di mana-mana muncul penjual cilok kuah, baik yang sederhana hingga yang sekelas cafe. Pengen bikin cilok kuah tapi males jajan? Bikin sendiri aja. Gak susah kok. Asal kamu tau resep cilok kuah yang mau dibuat, kamu tinggal siapkan bahan dan mengikuti step by step hingga selesai.

Di bawah ini Mamikos sediakan 7 varian resep cilok kuah yang semuanya yummy dan gak bikin bosen. Kamu bisa bikin kapanpun, apalagi pas cuaca baru dingin. Cocok banget! Yuk jangan pake lama, simak resep cilok kuah dari Mamikos di bawah ini.

1. Resep Cilok Kuah Pedas

Banyak orang Indonesia yang menyukai masakan pedas. Inilah mengapa resep cilok kuah dengan varian kuah yang pedas masih menjadi favorit. Resep cilok kuah pedas ini cukup mudah dipraktekkan dan rasanya maknyus banget. Cocok disajikan di kala cuaca dingin karena pedasnya kuah dari sajian ini bisa banget menghangatkan badan. Yuk simak resep cilok kuah pedas di bawah ini:

Bahan-Bahan:

Untuk membuat cilok:

  1. 4 sendok makan tepung aci atau tepung sagu
  2. 3 sendok makan tepung terigu
  3. 1 batang daun bawang (gunakan bagian tangkainya)
  4. 1 butir telur ayam (dikocok)
  5. 1 bungkus kaldu ayam bubuk
  6. Gula secukupnya

Untuk bumbu halus kuah:

  1. 10 buah cabe merah (jumlah bisa disesuaikan menurut selera)
  2. 5 buah cabe rawit merah (jumlah bisa disesuaikan menurut selera)
  3. 4 siung bawang merah
  4. 2 siung bawang putih
  5. ½  gelas air
  6. Garam, gula, dan merica secukupnya

Cara Membuat:

  1. Untuk membuat cilok, pertama-tama siap kan wadah besar (baskom). Kemudian, masukan tepung aci dan tepung terigu ke dalamnya. Aduk hingga rata.
  2. Tambahkan kaldu ayam bubuk. Masukan air perlahan-lahan sambil diaduk sampai kalis.
  3. Aduk telus adonan hingga bisa di bentuk
  4. Didihkan ½ panci air. Bulatkan adonan cilok tadi dan masukan ke dalam rebusan air. Tunggu sampai cilok matang (mengapung). Angkat dan tiriskan.
  5. Untuk membuat kuah, haluskan cabe merah, cabe rawit merah, bawang merah, bawang putih, dan air hingga menjadi bumbu halus.
  6. Panaskan sedikit minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daun bawang yang sudah diiris dan kocokan n telor, aduk rata.
  7. Tuangkan tumisan dalam air bekas rebusan cilok. Beri bumbu garam, gula, dan lada. Jika suka boleh tambahkan kaldu ayam bubuk. Rebus kuah hingga mendidih.
  8. Terakhir masukan cilok. Aduk rata.
  9. Cilok kuah pedas siap disajikan.

2. Resep Cilok Kuah Kaldu Ayam

Buat kamu yang gak suka rasa pedas, kamu bisa bikin cilok kuah dengan varian kuah gurih segar. Resep cilok kuah kaldu ayam ini cocok banget nih buat kamu. Cara bikinnya cukup mudah dan rasanya dijamin enak dan seger banget. Yuk simak resep cilok kuah kaldu ayam di bawah ini.

Bahan-Bahan:

  1. ¼ kg tepung kanji
  2. 1 gelas tepung terigu
  3. Penyedap rasa/ kaldu bubuk rasa ayam secukupnya
  4. 1 batang daun bawang
  5. 2 siung bawang putih
  6. Air hangat
  7. 1 sendok teh merica
  8. 1 buah jeruk limau
  9. 5 buah cabai rawit (haluskan)
  10. 1 liter kaldu rebusan daging ayam untuk kuah

Cara Membuat:

  1. Pertama, buat ciloknya terlebih dahulu. Campurkan tepung kanji dan tepung terigu. Setelah itu, tambahkan penyedap rasa/ kaldu bubuk rasa ayam.
  2. Haluskan 2 siung bawang putih dan tambahkan bawang putih halus ke dalam adonan. Tambahkan sedikit merica ke dalam adonan.
  3. Tambahkan air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis.
  4. Siapkan air mendidih, bentuk adonan bulat-bulat, rebus cilok sampai mengambang, tiriskan.
  5. Untuk membuat kuah, siapkan air kaldu rebusan daging ayam. Tambahkan sedikit bubuk kaldu ayam, garam, gula, dan merica secukupnya.
  6. Nikmati cilok dengan kuah yang sudah dibuat, taburi dengan daun bawang dan tambahkan air perasan jeruk limau.
  7. Cilok kuah kaldu ayam siap disajikan

3. Resep Cilok Kuah Ebi

Kamu suka rasa gurih ebi? Mamikos juga punya nih resep cilok kuah ebi. Sama seperti resep cilok kuah yang lainnya, resep cilok kuah yang ini juga gampang dibuat dan dijamin lezat banget hasilnya. Yuk simak resep cilok kuah ebi di bawah ini.

Bahan-Bahan:

Untuk membuat cilok:

  1. ¼ kg tepung sagu atau tepung aci
  2. 1 sdm tepung bumbu
  3. 1 sdm ebi ulek halus
  4. 4 siung bawang putih ulek halus
  5. 2 cabe rawit merah ulek halus
  6. 1 batang daun bawang
  7. Garam secukupnya
  8. 1 liter air

Untuk membuat kuah:

  1. 2 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 1 buah bawang bombay
  4. 1 sdm margarin
  5. 1 sdm ebi ulek halus
  6. Garam, gula, merica secukupnya

Cara Membuat:

  1. Campurkan dua jenis tepung dalam wadah. Tambahkan garam, ulekan bawang putih, ebi, dan cabe rawit yang sudah diuleg halus. Aduk rata.
  2. Perlahan-lahan tambahkan air panas, aduk adonan hingga kalis.
  3. Setelah kalis, campurkan dengan irisan daun bawang. Aduk kembali.
  4. Bentuk  adonan tepung menjadi bulat seperti bakso.
  5. Rebus air, masukkan cilok dalam air mendidih hingga mengapung. Tiriskan.
  6. Untuk membuat kuah, cincang 2 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, dan 1 bawang bombay.
  7. Lelehkan margarin, tumis cincangan bahan sampai harum.
  8. Tuangkan tumisan tadi dalam rebusan air mendidih bekas merebus cilok. Tambahkan ebi dan bumbui dengan garam, gula, dan merica. Boleh tambahkan kaldu bubuk jika suka.
  9. Terakhir, masukkan cilok.
  10. Cilok kuah ebi siap disajikan!

4. Resep Cilok Kuah Bakso

Suka sama bakso sapi tapi pengen coba variasi yang beda? Bikin cilok kuah bakso aja yuk? Ada resep cilok kuah bakso yang nikmat banget dan cocok disantap ketika hujan atau cuaca dingin. Dijamin mantap banget! Simak resep cilok kuah bakso di bawah ini.

Bahan-Bahan:

Untuk membuat cilok:

  1. 500 gr tepung kanji
  2. 250 gr tepung terigu
  3. 1 batang daun bawang
  4. 1 siung bawang putih
  5. 1 bungkus kaldu sapi bubuk
  6. Garam dan merica secukupnya
  7. 100 ml air

Untuk membuat kuah:

  1. 100 gr tulang tangkur sapi
  2. 1 bungkus bumbu penyedap rasa sapi
  3. 3 siung bawang putih
  4. 1 batang daun bawang
  5. Seledri  secukupnya
  6. Bawang goreng secukupnya

Cara Membuat:

  1. Untuk membuat cilok, campurkan tepung kanji dan tepung terigu kedalam wadah yang sama.
  2. Aduk – aduk kedua jenis tepung hingga tercampur rata, masukkan daun bawang yang telah diiris- iris sambil kembali diaduk hingga tercampur rata.
  3. Tambahkan garam dapur, kaldu bubuk serta merica bubuk aduk hingga tercampur merata.
  4. Masukkan air bersih yang telah direbus hingga mendidih aduk hingga benar – benar tercampur rata, lalu uleni hingga adonan kalis. Sisihkan dahulu.
  5. Masukkan cilok yang telah dibentuk ke dalam air yang mendidih dan masak terus hingga cilok mengembang dan matang. Angkat dan tiriskan.
  6. Untuk membuat kuah bakso,  tumis irisan bawang putih hingga tercium aroma sedap lalu tuangkan kira-kira 1 liter air bersih kedalamnya dan rebus air hingga mendidih.
  7. Kemudian masukkan tulang tangkar sapi dan bumbu penyedap rasa sapi ke dalamnya sambil diaduk hingga tercampur rata.
  8. Tambahkan daun bawang serta seledri yang telah diiris -iris sambil diaduk hingg tercampur rata.
  9. Masukkan pula bawang goreng aduk lagi hingga rata.
  10. Terakhir, masukkan cilok.
  11. Cilok kuah bakso siap disajikan!

5. Resep Cilok Kuah Tom Yum

Buat yang pengen varian cilok kuah yang lain daripada yang lain, bikin aja cilok kuah tom yum. Sajian tom yum atau sup asam pedas khas Thailand ini emang cocok kok dimakan barengan cilok. Pengen coba resep cilok kuah Tom Yum? Yuk simak resepya di sini:

Bahan-Bahan:

Untuk membuat cilok:

  1. 400 gram tepung terigu
  2. 400 gram tepung tapioka/ kanji/ aci
  3. 2 batang daun bawang, iris tipis
  4. 3 siung bawang putih, haluskan
  5. 2 bungkus penyedap rasa ayam
  6. Air mendidih secukupnya

Untuk membuat kuah Tom Yum:

  1. ½ liter kaldu udang
  2. 3 tangkai serai (ambil pangkalnya saja dan potong serong 3 cm)
  3. 10 lembar daun jeruk purut (buang tulang daunnya)
  4. ½ cm lengkuas
  5. 2 sdt  gula pasir
  6. 5 sdm kecap ikan
  7. 1 sdm air asam jawa
  8. 3 sdm air jeruk lemon/nipis
  9. 2 sdm minyak goreng
  10. 1 sdt terasi bakar
  11. 7 buah cabai merah, haluskan
  12. 3 butir bawang merah, haluskan
  13. 3 siung bawang putih, haluskan
  14. 1 sdm ebi, rendam, haluskan

Cara Membuat:

  1. Untuk membuat cilok, campurkan tepung kanji dan tepung terigu kedalam wadah yang sama.
  2. Aduk – aduk kedua jenis tepung hingga tercampur rata, masukkan daun bawang yang telah diiris- iris dan bawang putih yang telah dihaluskan. Aduk kembali diaduk hingga tercampur rata.
  3. Tambahkan garam dapur, penyedap rasa, serta merica bubuk aduk hingga tercampur merata.
  4. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga kalis.
  5. Didihkan air dengan sedikit minyak dan rebus cilok hingga mengapung.
  6. Bila sudah mengapung artinya sudah matang. Angkat dan tiriskan.
  7. Untuk membuat kuah, tumis bawang merah, bawang putih dan cabai sampai harum. Masukkan ebi. Aduk sampai harum.
  8. Setelah harum, masukkan terasi. Aduk sampai rata.
  9. Didihkan kaldu udang. Masukkan bumbu yang sudah ditumis, air asam jawa, serai, daun jeruk purut, lengkuas, gula pasir, dan kecap ikan.
  10. Setelah sudah mendidih, masukkan air jeruk nipis/lemon.
  11. Cicipi. Beri garam, gula, dan merica sesuai selera.
  12. Setelah mendidih, masukkan cilok.
  13. Cilok kuah tom yum siap disajikan.

6. Resep Cilok Kuah Seblak

Bahan-bahan:

  • 200 gr sagu+ 3-4 sdm terigu
    200 ml air panas

Bumbu:

  1. 6 btr bawang merah
  2. 3 butir bawang putih
  3. 1 ruas kencur,,,bs ditambah bila suka
  4. 5 buah cabai rawit setan
  5. Bon cabai level 30
  6. Lada bubuk
  7. Garam
  8. Penyedap rasa
  9. Bakso dipotong2
  10. Sawi dipotong2
  11. 2 butir telur
  12. Air secukupnya

Cara membuat:

  1. Campur bahan cilok, lantas tuang air panas aduk sampai kalis, biarkan dingin, bentuk bulat. Siapkan air mendidih, rebus cilok smp mengapung. Angkat.
  2. Kemudian, tumis bumbu halus smp harum, beri telur, orak arik sebentar, beri air secukupny. Masukan cilok, bakso, sawi, beri penyedap, lada, bon cabai, koreksi rasa, beri irisan daun bawang dan bawang goreng. Sajikan hangat.

7. Resep Cilok Kuah Jeletot

Bahan-bahan  Untuk 3 porsi:

  1. 200 g tepung tapioka
  2. 100 g tepung terigu
  3. Penyedap rasa
  4. sesuai selera Cabe rawit
  5. 2 buah sosis sapi
  6. 1 butir telur
  7. secukupnya Cikur / kencur
  8. 1 L air
  9. Garam dapur

Cara membuat

  1. Potong dadu sosis sebagai bahan isi
  2. Masak telur secara langsung (ceplok) dan tuangkan sosis yang telah dipotong dadu, aduk secara merata. Tiriskan.
  3. Panaskan air dengan api sedang, tunggu hingga mendidih
  4. Campur tepung tapioka dan tepung terigu, tambahkan penyedap rasa sesuai selera
  5. Tuangkan sedikit demi sedikit air yang telah mendidih ke dalam campuran kedua tepung, aduk hingga kenyal dan mudah dibentuk.
  6. Masukan campuran tumis telur dan sosis pada adonan cilok sebagai isi.
  7. Tambah irisan cabe rawit sesuai selera. Bentuk bulat bulat dan ulangi kembali.
  8. Panaskan air hingga mendidih
  9. Masukkan adonan cilok yang sudah dibentuk pada air mendidih. Tunggu hingga cilok muncul ke permukaan. Tanda bahwa sudah matang
  10. Haluskan 1 buah cikur/kencur dan garam sebagai tambahan aroma kuah cilok, tuang dan aduk rata
  11. Tambahkan irisan cabe rawit atau bubuk cabe sebagai kuah Jeletot pada cilok yang telah matang sesuai selera.
  12. Cilok Isi Kuah Jeletot siap disantap.

Gimana? Mudah kan bikin jajanan kekinian cilok kuah? Makanya, jangan jajan aja. Ayo coba aneka resep cilok kuah di atas. Kamu gak hanya bisa hemat, tapi juga bisa makan sehat sepuasnya. Happy cooking!


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah