18 Oleh-oleh Khas Bogor yang Populer dan Kekinian

 Mamikos | Sen, 20 Nov 2017

Oleh-oleh Khas Bogor – Bogor yang dikenal sebagai kota hujan karena memiliki curah hujan yang tinggi ternyata menyimpan banyak kuliner khas yang tidak ditemukan di tempat lain. Bahkan, menjadi lokasi favorit tujuan wisatawan di Jawa Barat selain Kota Kembang Bandung. Jika ingin berwisata ke Bogor, jangan lupa bawa oleh-oleh sebagai buah tangan untuk keluarga, teman, rekan kerja atau koleksi sendiri. Adapun berikut adalah daftar oleh-oleh khas Bogor yang menjadi favorit para pelancong.

1. Oleh-oleh khas Bogor  Bolu Lapis Sangkuriang

Oleh-oleh Khas Bogor - Bolu Lapis Sangkuriang
Oleh-oleh Khas Bogor – Bolu Lapis Sangkuriang

Tidak lengkap rasanya jika saat pulang liburan dari Bogor tidak membawa Bolu Lapis Sangkuriang sebagai oleh oleh khas Bogor. Makanan yang satu ini berbahan dasar tepung talas yang terdiri dari dua warna yaitu ungu dan kuning dengan berbagai topping di atasnya, salah satunya topping keju yang memiliki tekstur lembut.

Bolu Lapis Sangkuriang bisa awet hingga 4 hari di luar lemari es, jadi jika dimasukkan lemari es bisa bertahan sedikit lebih lama. Untuk langsung mendapatkannya, datang saja ke Jalan Raya Sholeh iskandar dengan harga yang dibandrol satu kotak kue lapis Bogor mulai dari Rp. 28.000.

2. Oleh-oleh khas Bogor Asinan Bogor

Oleh-oleh Khas Bogor - Asinan Bogor
Oleh-oleh Khas Bogor – Asinan Bogor

Asinan Bogor merupakan makanan khas Bogor yang terkenal. Selain Bolu Lapis Sangkuriang, makanan yang satu ini wajib Anda bawa sebagai oleh-oleh. Terbuat dari sayuran dan buah-buahan kemudian diberi bumbu kuah yang segar, rasa pedas dihasilkan dari cabe merah yang jumlahnya cukup banyak.

Meskipun rasanya cukup pedas, dijamin Anda akan ketagihan saat mencicipinya. Asinan Bogor memang banyak ditemukan di kota sekitar Bogor seperti Jakarta. Namun Anda harus bedakan mana asli khas Bogor mana yang bukan asli. Jika ingin mencicipi asinan khas Bogor langsung datang ke Jl. Siliwangi No. 27C atau Jl. Pajajaran No. 1 Komplek Ruko V Bogor. Harga yang ditawarkan pun beragam dan terbilang sangat murah, mulai dari Rp. 19.000.

3. Oleh-oleh khas Bogor  Talas Bogor

Oleh-oleh Khas Bogor - Talas Bogor
Oleh-oleh Khas Bogor – Talas Bogor

Jika sebelumnya Anda mencicipi Bolu Lapis Sangkuriang yang terbuat dari bahan talas, kali ini talas Bogor utuh bisa Anda bawa sebagai oleh-oleh. Anda bisa mengolahnya sendiri sesuai selera. Talas memiliiki sumber karbohidrat yang tinggi dan sudah dikenal sebagai umbi khas Bogor yang memiliki rasa unik dan gurih.

Tidak sulit untuk temukan pedagang talas Bogor karena dapat ditemukan di sepanjang jalan protokol dan pedagang pun berjejera di sejumlah titik jalan protokol.

Harga satu ikat talas berukuran kecil berisi empat buah dijual dengan harga Rp. 10.000. Talas ukuran sedang dijual dengan harga mulai dari Rp. 15.000 dan talas ukuran besar bisa mencapai Rp. 30.000.

4. Oleh-oleh khas Bogor  Roti Unyil Venus

Oleh-oleh Khas Bogor - Roti Unyil Venus
Oleh-oleh Khas Bogor – Roti Unyil Venus

Jika mendengar kata roti unyil, yang terlintas di benak adalah roti yang memiliki ukuran kecil. Roti unyil memiliki rasa yang lezat dan membuat ketagihan. Langsung datang saja ke Jalan Pajajaran Komplek V point 1 mulai buka pukul 06.00 – 21.00 WIB.

Disarankan, jika ingin mendapatkan beragam varian rasa roti unyil datang saat pagi hari, karena jika sudah menjelang sore atau malam hari kemungkinan stok roti sudah menipis dan varian rasa sudah tidak lengkap. Beberapa varian rasa yang bisa Anda nikmati di antaranya sosis keju, pisang keju, fla cokelat, abon, fla jagung, srikaya dan kismis.

5. Oleh-oleh khas Bogor  Pia Apple Pie

Oleh-oleh Khas Bogor - Pia Apple Pie
Oleh-oleh Khas Bogor – Pia Apple Pie

Pia Apple Pie tidak kalah populer sebagai makanan oleh oleh khas Bogor. Pie Bogor memiliki bentuk yang cukup unik yaitu berbentuk hati dengan ukuran yang lebih besar dan tekstur yang renyah serta kering menambah rasa nikmat saat dicicipi. Pia Apple Pie ini bisa Anda temukan di Restoran enak yang terletak di Jalan Pangrango Nomor 10.

Adapun varian rasanya bermacam-macam seperti strawberry, blueberry dan keju. Harga yang dibandrol pun cukup terjangkau, mulai dari Rp. 39.000 hingga 65.000. Adapun kue pie mini dibandrol dengan harga Rp. 9.000.

6. Oleh-oleh khas Bogor  Strudel Bogor

Oleh-oleh Khas Bogor - Strudel Bogor
Oleh-oleh Khas Bogor – Strudel Bogor

Makanan yang satu ini sepertinya menjadi oleh oleh yang sedang hits dimana-mana, tidak terkecuali kota wisata Bogor. Oleh oleh khas Bogor 2019 ini jangan sampai Anda lewatkan untuk membawanya ke rumah.

Strudel Bogor merupakan perpaduan antara pastri dan juga asinan yang sangat lezat. Pastry yang membungkus asinan kemudian dipanggang yang rasanya akan menggugah seleramu.

Jika diantara Anda ada yang belum tahu, Strudel Bogor ini merupakan oleh-oleh milik artis ternama Shireen Sungkar beserta suami. Saat ini bisnis kuliner artis memang sedang menjamur termasuk Strudel Bogor yang didalamnya terdapat potongan buah-buahan dan dibungkus dengan kulit pastry.

7. Oleh-oleh khas Bogor  Pie Talas

Oleh-oleh Khas Bogor - Pie Talas
Oleh-oleh Khas Bogor – Pie Talas

Selain hasil olahannya menjadi bolu lapis, talas ternyata diolah menjadi pie. Bentuknya berbeda dengan Pia Apple Pie, Pie talas ini lebih mirip seperti Pie Bali. Pastry yang berisi fla dan umbi talas yang dimasak menggunakan teknik khusus memiliki rasa yang istimewa.

Jangan sampai terlewat untuk membawanya sebagai oleh oleh khas Bogor. Untuk membelinya tidak perlu mengocek harga tinggi dan Anda bisa memilih beragam varian rasa.

8. Oleh-oleh khas Bogor  Keripik Talas

Oleh-oleh Khas Bogor - Keripik Talas
Oleh-oleh Khas Bogor – Keripik Talas

Satu lagi, olahan talas bogor yang bisa Anda bawa pulang untuk oleh oleh adalah Keripik Talas Bogor. Keripik talas memang bisa ditemukan di berbagai tempat, namun Anda perlu mencicipi keripik talas khas Bogor yang memiliki rasa gurih dan renyah.

Keripik Talas dibandrol mulai harga Rp. 30.000 dengan kemasan 1 kg. Cemilan satu ini sangat cocok untuk menemani kebersamaan Anda bersama keluarga.

9. Oleh-oleh khas Bogor  Bika Bogor

Oleh-oleh Khas Bogor - Bika Bogor
Oleh-oleh Khas Bogor – Bika Bogor

Ternyata bukan hanya Medan saja yang terkenal dengan oleh oleh Bika, Bogor pun menyediakan oleh oleh berupa bika yang memiliki rasa tak kalah lezat dengan Bika Ambon khas Medan.

Tak tanggung-tanggung, bahan utama bika ini berasal dari umbi talas. Jadi, selain yang sudah disebutkan seperti pie, bolu, keripik, talas juga bisa diolah menjadi bika. Bagaimana rasanya? Jangan ditanya, bika Bogor ini memiliki tekstur lembut yang menggugah selera dengan varian rasa seperti nangka, talas, coco pandan, coklat dan green tea.

10. Oleh-oleh khas Bogor  Roti Muli

Oleh-oleh Khas Bogor - Roti Muli
Oleh-oleh Khas Bogor – Roti Muli

Saat melihat makanan yang satu ini pasti Anda akan mengira bahwa roti ini adalah pisang. Namun ternyata roti ini adalah bolu yang menggunakan cetakan berbentuk pisang dan diberi warna layaknya pisang.

Wanginya cream yang meleleh di mulut menjadikan cemilan satu ini wajib Anda bawa pulang untuk keluarga, teman atau rekan kerja. Aroma yang dihasilkan dari roti mampu mengalahkan kelezatan buah pisang.