Tempat Wisata di Bogor 2020 yang Mudah Dijangkau

21 Tempat Wisata Bogor 2020 yang Mudah Dijangkau

Posted in: Tempat Wisata

21 Tempat Wisata Bogor 2020 yang Mudah Dijangkau — Bogor merupakan sebuah kota yang tak begitu jauh dari Jakarta. Mungkin hal ini juga yang menjadi salah satu alasan mengapa Bogor kerap dijadikan destinasi wisata andalan oleh warga Jakarta tersebut. Selain itu, akses ke Bogor yang mudah dan memiliki pilihan juga menjadi hal yang menjadi daya tariknya.

Wisatawan yang ingin melakukan penjelajahan ke Bogor hanya perlu menempuh waktu perjalanan sekitar 1-2 jam saja dari Jakarta. Selain karena jaraknya yang dekat, Bogor juga memiliki banyak tempat wisata alam yang menarik dan mengundang minat menjelajah.

Tempat Wisata di Bogor 2020 yang Mudah Dijangkau

Kota yang juga menjadi lokasi Istana Kepresidenan ini memang menawarkan beraneka wisata menarik yang sayang dilewatkan. Diantaranya adalah dari curug, kebun raya hingga theme park yang mengesankan.

Apalagi di blog Mamikos ini terdapat berbagai informasi menarik bisa kamu peroleh jika rutin mengikuti updatenya setiap hari. Misalnya saja tempat wisata Bogor yang mudah dijangkau, tempat wisata di Bogor, wisata Bogor Sentul, wisata Bogor seperti di Italia, wisata curug Bogor, tempat menenangkan diri di Bogor, tempat wisata di kemang Bogor, kumpulan wisata Bogor yang pastinya jangan sampai kamu lewatkan.

Daripada kamu semakin penasaran, lebih baik langsung saja simak daftar tempat wisata Bogor yang mudah dijangkau seperti yang sudah Mamikos rangkum di bawah ini:

Daftar Tempat Wisata Bogor Mudah Dijangkau

1. Curug Ciburial

Tempat Wisata di Bogor 2020 yang Mudah Dijangkau
pintuwisata.com

Rekomendasi Mamikos yang pertama dari daftar tempat wisata Bogor yang mudah dijangkau adalah Curug Ciburial. Curug Ciburial berlokasi di Desa Cibereum, Sukamakmur. Namun memang diperlukan effort untuk bisa sampai ke area Curug. Jadi, dari tempat parkir, kamu harus menapaki jalan berbatu dan agak curam selama 1 jam terlebih dahulu.

Namun, dijamin deh, rasa lelah kamu seolah terbayar ketika kamu melihat pemandangan mempesona dari tiga air terjun dengan gemercik air yang mengalir deras. Saran Mamikos, agar tetap aman saat bermain air, kamu boleh juga lho untuk meminjam pelampung, sekaligus menitipkan barang di tempat yang telah disediakan oleh pengelola.

Jika kamu ingin datang ke tempat wisata ini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 dan biaya parkir sebesar Rp 5.000 saja. Murah bukan?!

2. Little Venice

Tempat Wisata di Bogor 2020 yang Mudah Dijangkau
hargatiket.net

Tempat wisata Bogor yang mudah dijangkau berikutnya yang masuk daftar rekomendasi Mamikos adalah Little Venice. Dengan mengusung tema menyerupai Kota Venice ini, kamu bisa menikmati keseruan berwisata seolah sedang berkeliling Eropa yang mengagumkan itu.

Wisatawan yang datang ke sini juga bisa menikmati gondola untuk berkeliling ke kanal kecil yang mengelilingi kota, seolah menikmati suasana Venice yang tenang, hingga bermain banana boat dan wahana menarik yang perlu kamu coba lainnya. Kawasan Little Venice ini memang pas untuk kamu yang ingin menikmati wisata bernuansa romantis tanpa perlu datang jauh-jauh ke Italia.

Selain itu juga, lokasi ini cocok untuk para pemburu spot foto menarik atau siapa saja yang aktif mengunggah hasil jepretan merek di sosial media seperti Instagram. Little Venice terletak di Puncak dan buka mulai pukul 08.00-16.00 wib, setiap hari kecuali hari Selasa dan Rabu.

Kamu ingin tahu harga tiket masuknya? Untuk wisatawan yang masih tergolong anak-anak dikenai biaya Rp 30.000 dan Rp 40.000 untuk dewasa pada akhir pekan. Sementara untuk baru biasa, tarif yang dikenakan hanya sebesar Rp 20.000 untuk anak-anak dan Rp 25.000 untuk dewasa. Masih cukup terjangkau bukan.

3. Goa Agung Garunggang

Tempat Wisata di Bogor 2020 yang Mudah Dijangkau
https://www.denubay.com

Mamikos merekomendasikan goa Agung Garunggang sebagai tempat wisata Bogor yang mudah dijangkau selanjutnya. Sebab lokasinya memang tidak berada jauh dari Curug Ciburial. Goa Agung Garunggang tergolong destinasi wisata yang cukup terkenal lho di kalangan wisatawan maupun pelancong.

Di tempat wisata satu ini, kamu bisa mencoba pengalaman baru dengan memasuki celah-celah bebatuan berukuran sempit dengan penerangan minim. Namun tenang, kamu tidak sendiri kok, sebab kamu akan didampingi pemandu. Gemercik air yang berasal dari tetesan stalaktit menggantung pun akan menambah keseruan petualangan kamu.

Selain bisa berpetualang di dalam gua, kamu juga bisa mengintip keberadaan batu-batu besar di bagian luarnya. Selain itu kamu juga bisa istirahat sejenak setelah lelah menyusuri bagian dalam gua, sekaligus berfoto di sana.

Apabila kamu ingin berkunjung ke lokasi wisata ini, kamu tidak harus membayar tiket masuk kok. Namun, jika kamu memakai jasa pemandu untuk masuk ke gua, sebaiknya kamu memberikan uang sukarela sebagai tanda terimakasih pada mereka.

4. Curug Leuwi Hejo

Tempat Wisata di Bogor 2020 yang Mudah Dijangkau
pesonakabogor.com

Lokasi tempat wisata Bogor yang mudah dijangkau satu ini berada di sekitar Sentul, tepatnya di Desa Karang Tengah. Di sekitar sana memang terdapat beberapa air terjun yang menjadi tujuan wisata lokal sebab letaknya yang saling berdekatan, salah satunya adalah Curug Leuwi Hejo ini.

Jika kamu ingin menuju ke sini, terlebih dulu kamu harus melewati jalan setapak bebatuan dan menyeberangi jembatan bambu yang membentang di atas aliran sungai sekitar.

Curug Leuwi Hejo berada di ketinggian 500-1000 Mdpl. Makanya bagi kamu yang memiliki hobi memacu adrenalin dan menyukai tantangan, maka kamu bisa melompat dari tepian tebing ke kolam air jernih dengan kedalaman 3,5 meter.

Jika ingin hendak datang ke lokasi satu ini maka kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang, Rp 2.500 untuk biaya berenang, dan Rp 2.500 untuk ongkos penitipan barang. Sangat ramah di kantong, ya.

5. Rumah Pohon & Jembatan Kayu Gantung Curug Ciherang Jonggol

Tempat Wisata di Bogor 2020 yang Mudah Dijangkau
blogunik.com

Tempat wisata Bogor yang mudah dijangkau selanjutnya tak kalah menarik. Spot wisata yang menyajikan rumah pohon atau gardu pandang di atas pohon nampaknya sedang populer belakangan ini.

Mungkin kamu pernah tahu Gardu Pandang Kalibiru di Kulonprogo yang menjadi salah satu destinasi wisata favorit Jogja dan Omah Kayu di kawasan wisata Batu Malang yang juga selalu ramai pengunjung.

Seolah tidak mau ketinggalan, kota Bogor juga menyajikan tempat yang hampir mirip. Namanya Rumah Pohon & Jembatan Kayu Gantung Curug Ciherang Jonggol. Tidak memerlukan waktu yang lama untuk membuat jembatan kayu menjadi salah satu tempat wisata Bogor yang populer di kalangan pelancong.

Rumah pohon dan jembatan kayu ini berlokasi di jalan masuk menuju Curug Ciherang. Sementara Curug Ciherang lokasinya berada di Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor.

Seperti halnya rumah pohon yang kamu tahu, rumah pohon Curug Ciherang juga dibangun di atas pohon besar. Pohon ini terletak di tebing sehingga bagian bawahnya merupakan sebuah jurang. Jadi, kamu tetap harus berhati-hati saat berada di atasnya, ya.

Rumah pohon ini dihubungkan dengan sebuah jembatan kayu sebagai jalan masuknya. Makanya tidak heran bukan jika lokasi ini menjadi tempat selfie bahkan berswafoto para muda-mudi Bogor maupun luar kota.

Dengan latar perbukitan hijau alami, tentu menjadikan jembatan kayu ini sebagai tempat yang bagus dan keren untuk berburu foto di Bogor. Benar-benar instagramable pokoknya!

Untuk harga tiket masuk ke rumah pohon ini sepertinya masih gratis. Kamu hanya perlu membayar harga tiket masuk ke Curug Ciherang saja sebesar Rp 5.000 per orang, biaya parkir roda dua sekitar Rp 5.000 dan roda empat/mobil Rp 20.000.

6. Curug Bidadari Sentul Paradise Park

Tempat Wisata di Bogor 2020 yang Mudah Dijangkau
https://wisnuwidiarta.files.wordpress.com

Masih destinasi wisata di sekitaran Sentul, Curug Bidadari merupakan salah satu tempat rekreasi di Bogor yang menarik dikunjungi saat libur akhir pekan. Air terjun yang masuk dalam daftar tempat wisata di Bogor yang mudah dijangkau ini semula bernama Curug Bojongkoneng.

Namun setelah dikelola oleh pihak Sentul Paradise Park, kemudian berubah nama menjadi Curug Bidadari atau Air Terjun Bidadari. Untuk lokasi dan alamat Curug Bidadari ini berada di Desa Bojongkoneng, Sentul City, Bogor, Jawa Barat.

Air terjun disini memiliki ketinggian sekitar 40-75 meter dan airnya bersumber dari mata air hutan lindung di daerah tersebut. Saat ini telah dibangun water park tepat di bawah Air Terjun Bidadari.

Water park atau taman air ini memiliki luas sekitar lebih dari 6,000 meter persegi dan dilengkapi dengan pasir putih yang kabarnya didatangkan langsung dari Bangka. Dengan demikian kamu akan merasa seolah sedang berada di pantai sepanjang 150 meter.

Di kawasan air terjun ini juga terdapat beberapa fasilitas wisata menarik lainnya. Seperti perahu tangan dan flying fox. Air Terjun Bidadari memang selalu ramai pengunjung, terutama ketika akhir pekan atau waktu libur anak sekolah.

Air terjun Bidadari buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB saat hari biasa dan pukul 07.30 – 18.30 WIB saat akhir pekan tiba. Untuk harga tiket masuknya memang terbilang agak pricey. Yakni untuk hari biasa sebesar Rp 25.000 per orang dan Rp 40.000 per orang di akhir pekan.

Jadi, bagi kamu yang ingin berkunjung ke Curug Bidadari ini, Mamikos sarankan agar selalu berhati-hati. Sebab menurut beberapa info dan komentar beberapa pelancong yang pernah kesini, jalan menuju ke lokasi curug kurang bagus dan malah banyak pungli.

Jadi, sebaiknya bawa uang tunai lebih untuk berjaga-jaga di jalan atau saat berada di lokasi curug. Siapa tau kamu malah kena pungli dari orang yang kurang bertanggung jawab. Semoga saja sekarang jalannya sudah bagus dan tidak ada lagi pungli sehingga wisatawan bisa nyaman menikmati keindahan Curug Bidadari secara utuh.

7. Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu Bogor

Tempat Wisata di Bogor 2020 yang Mudah Dijangkau
http://trinofelin.blogspot.com

Tempat wisata di Bogor yang mudah dijangkau berikutnya dari rekomendasi Mamikos adalah penangkaran rusa Giri Jaya Cariu Bogor. Meskipun tempat wisata satu ini sudah berdiri sejak tahun 1993, namun tetap membuat destinasi wisata ini masih dalam daftar tempat wisata di Bogor yang paling bagus.

Mengapa bisa begitu? Sebab harga tiket yang ditetapkan apabila mau ke sini masih sangat murah meriah yakni hanya sebesar Rp 2.500 saja. Tapi kamu bisa melakukan berbagai aktivitas wisata menarik dan asyik.

Di areal seluas 5 hektar ini, kamu dapat menghabiskan waktu bermain dan bercanda dengan rusa-rusa yang cantik dan indah. Kamu juga diperbolehkan apabila ingin memberi makan dan berfoto ria dengan rusa-rusa tersebut lho.

Tak hanya itu saja. Di tempat ini juga terdapat beraneka macam rusa mulai dari Rusa Cheetal, Rusa Jawa, dan juga Rusa Bawean. Satu lagi yang tidak boleh kamu lewatkan adalah spot indah jembatan gantung yang terbentang di atas Sungai Cibeet.

Bisa dikatakan itulah alasan mengapa Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu Bogor masuk dalam list Mamikos kali ini. Sebab, tempatnya benar-benar asyik untuk mengisi liburan akhir pekan bersama keluarga ataupun sahabat satu geng kami. Di lokasi wisata ini juga tersedia lokasi outbound dan tempat perkemahan yang berkapasitas hingga 200 orang juga. Wow.

Bagi kamu yang seorang pelancong sejati dan tertarik untuk mengunjungi penangkaran rusa ini, maka kamu bisa langsung datang ke lokasi di Desa Buana Jaya, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Bogor. Jaraknya hanya sekitar 40 km dari pintu keluar Tol Cibubur dari arah Cileungsi – Jonggol. Jam buka mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB.

8. Air Panas Ciparay

Tempat Wisata di Bogor 2020 yang Mudah Dijangkau
https://bluepackerid.com

Kamu sedang ingin menyegarkan pikiran sambil mandi air panas? Namun kamu juga ingin sambil menikmati keindahan alam terbuka? Nah, nampaknya, pemandian Air Ciparay bisa memenuhi keinginan kamu tersebut. Air panas Ciparay berlokasi tidak jauh dari pintu masuk Taman Wisata Gunung Salak Endah, tepatnya di Desa Pamijah.

Pemandian ini terbilang mudah diakses dari Bogor maupun Jakarta, makanya rata-rata pengunjung nya juga tidak hanya dari Bogor saja atau Jakarta saja. Sebelum menuju kolam pemandian, kamu harus menuruni sekitar 400 anak tangga ditemani pemandangan yang menyehatkan mata.

Sambil melihat keindahan alam sekitar tersebut, kamu bisa menyempatkan untuk berswafoto. Untuk menikmati mandi air panas di sini, kamu hanya perlu membayar biaya sebesar Rp 4.000 saja.

Selepas kamu puas bermain air dan berendam, kamu juga bisa menyewa saung untuk duduk santai di pinggir sungai sambil menikmati makanan bernuansa pedesaan. Pasti indah dan nikmat sekali. Untuk harga sewa saung nya adalah Rp 30.000 untuk saung terbuka dan Rp 50.000 untuk biaya saung tertutup. Masih terjangkau, kan.

9. Taman Wisata Mekarsari

Tempat Wisata di Bogor 2020 yang Mudah Dijangkau
anekatempatwisata.com

Kamu adalah seorang pecinta buah-buahan? Maka tempat wisata di Bogor yang mudah dijangkau ini tidak mungkin lupa untuk Mamikos rekomendasikan. Ya, jangan sampai lupa untuk mengunjungi Taman Wisata Mekarsari, ya. Di tempat ini terdapat sekitar 1470 jenis tanaman buah dengan sekitar 100.000 pohon yang mengagumkan. Luar biasa bukan?

Maka tidak kaget juga dong kalau kemudian lokasi wisata satu ini ditetapkan sebagai taman buah terbesar yang ada di Indonesia. Bukan hanya buah-buahan saja yang bisa kamu nikmati saat datang ke sini. Di taman ini juga menyediakan beraneka wahana permainan seperti banana boat, angsa air, aquabike, dan floating donut.

Untuk kamu yang menyukai kegiatan outbond, maka bisa memilih kegiatan menarik Family Camp atau Family Biking Camp. Dengan mengusung tema konservasi, edukasi, reboisasi, dan rekreasi, menjadikan Taman Wisata Mekarsari sebagai salah satu tempat wisata ramah anak yang warga Bogor favoritkan.

Lokasi dan alamat Taman Wisata Mekarsari berada di Jl. Raya Cileungsi – Jonggol KM 3, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Jam buka sekitar pukul 10.00 – 16.30 WIB (hari biasa) dan 09.00 – 16.30 WIB (akhir pekan). Untuk harga tiket masuknya juga cukup murah lho yakni sekitar Rp 25.000 saja per orang.

Namun, kamu harus membayar lagi jika ingin menikmati wahana permainan di sini melalui sistem Top Up. Sistem ini berupa pengisian saldo agar kamu bisa menggunakan wahana sehingga kamu tidak perlu mengantre untuk membeli tiket jika ingin menggunakan wahana tertentu yang ada di areal taman wisatanya.

Sederhananya, tiket masuk sebesar Rp 25.000 tadi sebenarnya terdiri dari Rp 15.000 untuk tiket masuk kawasan dan Rp 10.000 untuk gelang RFID. Gelang inilah yang akan digunakan untuk mengisi saldo apabila kamu ingin mencoba berbagai wahana lainnya.

10. Pemandian Tirta Sanita Ciseeng

Tempat Wisata di Bogor 2020 yang Mudah Dijangkau
airyrooms.com

Sekarang kamu tidak perlu lagi jauh-jauh ke Ciater untuk bisa menikmati pengalaman berendam di sumber air panas yang menenangkan. Sebab, sekitar 40 kilometer dari Jakarta, tepatnya di Desa Ciseeng, ada sebuah pemandian air panas alami yang mengandung belerang yang patut untuk kamu coba.

Ya, banyak masyarakat yang meyakini bahwa air panas yang mengandung belerang dapat memberikan kecantikan dan kesehatan untuk tubuh. Dengan harga tiket masuk senilai Rp 6.000 saja per orang, kamu bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks dan tenang.

Berendam di air panas sambil menikmati pemandangan bukit kapur yang memesona pasti akan memberikan kamu pengalaman berkesan saat short escape. Meski kamu perlu mengeluarkan usaha tersendiri untuk menuju ke setiap tempat wisata yang ditawarkan tadi.

Namun semuanya akan terbayar saat kamu melihat betapa indahnya pemandangan alam dalam tempat wisata di tengah pedesaan yang Mamikos rekomendasikan ini. Dengan kembali ke alam, adalah cara terbaik dan paling mudah bagi warga kota untuk sejenak melepaskan segala penat dan kelelahan beraktivitas.

11. Taman Safari Indonesia

Tempat Wisata di Bogor 2020 yang Mudah Dijangkau
wikimedia.org

Siapa diantara kamu yang tidak kenal dengan tempat wisata di Bogor yang mudah dijangkau satu ini? Mamikos rasa hampir semua wisatawan maupun pelancong paling tidak mengenal Taman Safari Indonesia ini.

Tempat wisata di Bogor yang masuk dalam kategori best vacation ini memang sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, anak-anak, dan sahabat dekat.

Tempat liburan yang lokasinya ada di Jalan Raya Puncak, No. 601, Cibeureum, Cisarua, Bogor ini menyuguhkan pengalaman melihat dan berinteraksi secara langsung dengan berbagai jenis hewan yang seakan hidup di habitat aslinya.

Taman Safari Indonesia juga menawarkan program safari malam dimana kamu bisa melihat kegiatan hewan saat malam hari. Di Taman Safari Cisarua juga kamu bisa mengelilingi taman dengan menggunakan mobil untuk menyaksikan dari dekat kehidupan satwa liar yang ada di sini.

Bagi kamu yang menginginkan suasana lain, maka bisa menggunakan kereta gantung yang memungkinkan kamu untuk menyaksikan para fauna yang hidup di taman tersebut.

Jadi, kalau kamu berkunjung kesini, jangan lupa juga untuk mampir ke Baby Zoo. Di tempat ini kamu bisa berfoto bersama anak-anak hewan dari ragam spesies. Konon kabarnya, terdapat sekitar 2.500 spesies satwa dunia di Taman Safari.

Mamikos ingatkan juga bagi kamu yang ingin datang ke lokasi wisata satu ini, kamu harus menyiapkan budget yang agak lebih. Sebab harga tiket masuknya terbilang cukup mahal. Yakni sekitar Rp 140.000 untuk anak 1-5 tahun dan Rp 150.000 untuk anak diatas 5 tahun. Jam buka mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB sore.

12. The Highland Park Resort (Mongolian Camp Bogor)

Tempat Wisata di Bogor 2020 yang Mudah Dijangkau
agoda.net

Rekomendasi Mamikos berikutnya dari daftar tempat wisata Bogor yang mudah dijangkau adalah The Highland Park Resort. Jika kamu yang punya budget berlebih alias kantong setebal buku Harry Potter, maka jangan sampai melewatkan untuk menginap di The Highland Park Resort.

Hotel mewah yang berada di Bogor ini mengusung tema yang cukup unik, yakni rumah atau camp-camp seperti yang ada di Mongolia. Dengan mengusung konsep tenda Mongol, resort ini menawarkan akomodasi yang tak hanya unik tapi juga tetap nyaman. Kamu tidak perlu khawatir soal fasilitas.

Sebab meskipun berbentuk tenda, namun fasilitas yang disediakan tempat ini sangat komplet. Mulai dari tempat tidur empuk, sofa, toilet, sampai pendingin ruangan, semuanya ada. The Highland Park Resort bisa dikatakan satu-satunya resort Mongolian di Asia Tenggara.

Selain itu, lokasi Resort ini juga terbilang strategis sebab terletak di antara Gunung Salak, Curug Nangka, dan juga wisata Kuil Budha. Jadi, kamu bisa dengan mudah kalau mau ke mana-mana.

Tidak hanya sekedar tempat menginap saja, The Highland Park Resort juga menawarkan sejumlah wahana wisata yang asyik dan seru dan patut kamu coba. Diantaranya seperti flying fox, futsal, berkuda hingga fasilitas kolam renang.

Soal harga memang terbilang mahal yakni mulai dari Rp 1.502.479 per malam. Akan tetapi, apa yang akan kamu dapatkan disana cukup sebanding dengan harga yang ditetapkan. Untuk lokasi dan alamat hotel ini berada di Jl. Curug Nangka, Kp. Sinarwangi, Taman Sari, Bogor 16610.

13. Fly Indonesia Paragliding

Tempat Wisata di Bogor 2020 yang Mudah Dijangkau
https://i.ytimg.com

Fly Indonesia Paragliding merupakan sebuah tempat wisata di Bogor yang mudah dijangkau dan wajib untuk dikunjungi. Terutama bagi kamu yang menggemari wisata ekstrem. Di sini kamu bisa terbang dengan ketinggian 1,3 km di atas permukaan air laut dan tentu akan menjadi pengalaman wisata yang sangat mengesankan.

Untuk mencoba sensasi terbang dengan paralayang ini, kamu bisa datang saja ke Jl. Raya Puncak, Km.87, Bukit Paralayang, Puncak, Bogor. Namun bagi kamu yang masih takut terbang sendiri, jangan khawatir! Sebab kamu tetap bisa melakukan paralayang tandem dengan instruktur yang berpengalaman selama sekitar 15 menit.

Sebelum terbang, sebaiknya kamu menggunakan pakaian yang nyaman dan tidak merepotkan. Jangan lupa juga untuk menyiapkan kamera agar bisa mengabadikan momen. Namun bagi kamu yang memang phobia terhadap ketinggian, maka sebaiknya tidak perlu mencobanya, ya. Daripada kenapa-kenapa.

Harga paket paralayang ini memang cukup mahal, sebab berkaitan dengan peralatan dan tingkat keselamatan yang tinggi. Makanya kamu harus membayar sekitar Rp 350.000 per penerbangan tandem. Namun tentu saja sensasinya akan sesuai dengan biaya yang sudah kamu keluarkan. Jam buka tempat ini mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB sore.

14. Danau Quarry

backpackerjakarta.com

Referensi tempat wisata di Bogor yang mudah dijangkau versi Mamikos berikutnya adalah Danau Quarry. Tempat ini tidak kalah indah dengan Situ Gede. Namun Danau Quarry berada di Desa Tegallega, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor.

Tempat wisata satu ini seolah telah menjadi primadona lokasi wisata baru favorit para pelancong. Dulunya danau ini bernama Danau Jayamix Rumpin. Tersebar kabar kalau semula Danau Quarry merupakan lokasi pertambangan pemecah batu untuk pembuatan beton di kota Bogor. Karena dinilai mengganggu ketenangan warga setempat, akhirnya tambang itu kemudian ditutup.

Setelah lama terbengkalai akhirnya tempat ini menjadi semacam penadah air hujan selama bertahun tahun. Sampai kemudian membentuk cekungan air yang tampak seperti danau alami.

Jika kamu ingin menuju lokasi Danau Quarry, makan kamu bisa lewat melalui Pasar Parung, ke arah Rumpin atau Parung Panjang. Akses jalan ke danau ini memang agak sulit, sebab jalannya masih kurang bagus.

Namun sesampainya di lokasi Danau Quarry, kamu akan langsung disuguhkan dengan spot cantik untuk berswafoto dengan latar air danau yang berwarna hijau. Mungkin sehijau telaga warna yang dimiliki Dieng. Untuk harga tiket masuknya juga cukup murah yakni hanya Rp 10.000 saja.

15. Curug Nangka

travelspromo.com

Curug Nangka bisa menjadi salah satu tempat wisata di Bogor yang mudah dijangkau terutama bagi kamu yang menghabiskan liburan akhir pekan. Air terjun yang lokasinya berada di kaki Gunung Salak ini memang menawarkan keindahan dan kesegaran yang alami.

Aliran air terjunnya pun sangat elok dipandang. Cocok banget untuk menenangkan diri dari rutinitas keramaian kota yang selama ini kamu rasakan. Lokasi Curug Nangka berada di Ciapus, tepatnya Desa Warung Loa, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Di lokasi ini kamu juga bisa sekaligus menikmati 3 air terjun indah yang jaraknya tidak terlalu jauh. Apa saja? Yakni Curug Nangka, Curug Daun dan Curug Kawung. Curug Nangka memiliki ketinggian sekitar 750 mdpl.

Air yang jernih dan udara yang segar tentunya sangat cocok untuk menemani kamu bersantai dan menyendiri. Harga tiket masuk juga relatif murah yakni hanya Rp 7.500 per orang. Murah, kan?!

16. Rafting Sungai Cisadane

summitorganizer.com

Satu lagi tempat wisata di Bogor yang mudah dijangkau bagi kamu pecinta olahraga ekstrem, yakni Rafting Sungai Cisadane. Rafting atau arung jeram merupakan olahraga yang banyak diminati oleh para wisatawan untuk melepaskan kejenuhan dari rutinitas pekerjaan yang biasa dilalui.

Sungai Cisadane berlokasi di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor dan menjadi tempat rafting yang bagus untuk pemula maupun yang sudah profesional. Sungai Cisadane membentang sepanjang 80 Km, dan melewati Kabupaten Bogor hingga Tangerang di Banten, bermuara di Laut Jawa.

Dengan berolahraga rafting di Sungai Cisadane, kamu akan disuguhi panorama hijau dan udara yang sejuk. Air yang berasal dari Gunung Salak dan Pangrango tentu sangat segar. Selama 1,5-2 jam, kamu akan melewati beberapa jeram yang cukup seru dan menantang.

Untuk mencoba arung jeram ini, kamu memang harus sedikit merogoh kocek agak dalam yakni sebesar Rp 200.000 sampai dengan Rp 225.000 per paket. Namun, keseruan dan sensasi yang kamu rasakan pastinya sebanding dengan harga yang sudah kamu bayarkan.

17. Kampung Sindangbarang

pegipegi.com

Tempat wisata di Bogor yang mudah dijangkau rekomendasi Mamikos ini tidak hanya menawarkan wisata alam dan wahana permainan saja lho. Sebab kota Bogor ini juga memiliki wisata Budaya yang tidak kalah bagus untuk kamu datangi.

Kamu pasti pernah mendengar tentang Kampung Budaya Sindangbarang. Nah, sekarang mari kita bahas apa sih yang menarik dari kampung budaya satu ini. Kampung Budaya Sindangbarang berlokasi di Jl. Endang Suma Wijaya, RT02 RW08, Sindang Barang, Dukuh Menteng, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Bogor.

Di destinasi wisata satu ini kamu akan disuguhi sebuah suasana kampung sunda tempo dulu, lengkap dengan 8 jenis kesenian Sunda yang kental. Selain itu kamu juga bisa berwisata sejarah di kampung budaya ini. Sebab terdapat beberapa situs purbakala peninggalan Kerajaan Pajajaran yang sangat menarik untuk disimak yang berupa Bukit-bukit Berundak.

Jika kamu beruntung, maka kamu bisa menyaksikan upacara adat Seren Taun yang dilakukan oleh penduduk setempat. Apabila kamu ingin lebih dekat dan mengetahui budaya Sunda lainnya, sebaiknya kamu menginap di rumah-rumah adat.

Tujuannya agar kamu bisa merasakan suasana kehidupan masyarakat perkampungan sehari-hari di sana. Kamu bisa tinggal bersama kokolot atau tetua desa dan para seniman tradisional untuk mempelajari berbagai kesenian mereka.

Nantinya kamu akan bisa menyaksikan para ibu yang sedang menumbuk padi di lesung atau memasak menggunakan kayu bakar dan hawu (kompor tradisional Sunda). Pastinya menjadi sebuah pengalaman wisata yang menarik dan unik. Apalagi bagi anak-anak, tentu saja bisa menjadi sarana edukasi.

Untuk jam buka atau operasional kampung ini dimulai dari pukul 07.00 – 17.00 WIB sore jika kamu tidak menginap. Sementara harga tiket masuk kunjungan sehari dibanderol mulai dari Rp 55.000 per orang dan ada minimal kunjungan yakni 40 orang. Sementara untuk paket menginap mulai dari Rp 800.000 per rumah. Bagaimana? Kamu tertarik mengetahui sejarah budaya Sunda lebih dalam?

18. Curug Hordeng

https://www.denubay.com

Air terjun satu disebut Curug Hordeng sebab jika diperhatikan bentuk curugnya memang lebar seolah menyerupai tirai atau gorden. Sementara hordeng dalam bahasa sunda memiliki arti tirai.

Jika kamu melihat kolam air yang terbentuk di bawah curug, kamu pasti ingin langsung terjun dan bermain air dengan segera. Namun Mamikos ingatkan untuk selalu berhati-hati, ya. Sebab semakin mendekati curug, maka kedalaman air juga semakin dalam.

Salah satu tempat wisata instagramable di Bogor ini berada di Desa Cibereum, Sentul, Bogor. Selain berenang atau bermain air, di sini kamu bisa berswafoto ria yang juga menjadi aktivitas yang sering dilakukan oleh para pelancong.

Biasanya pengunjung memasang hammock atau tempat tidur gantung di tengah-tengah air. Lalu mengambil foto. Curug Hordeng terbilang aman dan tidak terlalu ekstrem sebab di sana tidak begitu banyak batu curam.

Hanya saja, untuk mencapai lokasi curug, kamu perlu perjuangan dan stamina yang kuat. Harga tiket masuk Curug Hordeng masih terjangkau juga yakni hanya Rp 10.000.

19. Taman Bunga Nusantara

trivindo.com

Taman Bunga Nusantara masuk dalam daftar tempat wisata di Bogor yang mudah dijangkau dan terbilang romantis. Di lokasi wisata ini kamu akan menemukan aneka bunga berwarna-warni yang cantik dan lengkap dengan suara percikan air. Suasananya benar-benar syahdu dan damai.

Tiap bagian Taman Bunga Nusantara seolah memiliki tema unik yang terinspirasi dari berbagai tempat di seluruh dunia. Sebut saja Prancis, Mediterranean, Jepang, dan tentu saja taman bergaya Bali.

Taman-taman cantik ini juga dilengkapi dengan danau. Ada danau yang bernama Danau Angsa, dimana angsa hitam dan angsa putih yang berasal dari Australia dan Eropa menghiasi danau tersebut. Kemudian ada rumah kaca, gazebo dan ampliteater yang bisa kamu kunjungi juga.

Namun ada bagian yang menjadi daya tarik utama dari taman ini yakni adalah Secret Labyrinth alias Taman Rahasia. Mirip dengan taman labirin yang ada di Coban Rondo Batu Malang, Taman Rahasia di Taman Bunga Nusantara ini menyuguhkan beberapa lorong yang buntu serta lorong berliku yang berujung pada suatu tempat.

Meski terlihat rumit, namun kamu tidak perlu takut akan tersesat. Sebab ada penjaga di atas menara yang akan membantu kamu untuk keluar. Kamu tertarik untuk menjelajahinya?

Kamu bisa datang langsung ke lokasi Taman Bunga Nusantara di Jl. Mariwati KM. 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Harga tiket masuknya sekitar Rp 30.000 dan buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

20. Pasar Ah Poong

destinasi.id

Inilah tempat wisata di Bogor yang mudah dijangkau dan pastinya murah. Namanya Pasar Ah Poong. Lokasi objek wisata satu ini ada di Sentul City, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dan sudah lama menjadi tempat favorit wisatawan untuk menghabiskan akhir pekan bersama anak dan keluarga tercinta.

Tidak percaya? Mari Mamikos beritahu alasan kenapa pasar Ah Poong selalu ramai dikunjungi wisatawan. Mungkin kamu penasaran dan belum pernah sama sekali mendengar apa itu Pasar Ah Poong. Jadi sebenarnya ini merupakan sebuah pasar yang merupakan pujasera atau pusat jajanan serba ada di Bogor dan mengusung konsep yang unik.

Tempat kuliner ini unik sebab penjualan makanannya dilakukan di atas perahu yang mengapung di atas Sungai Cikeas. Jadi, mungkin agak mirip seperti pasar apung di Banjarmasin atau yang ada di Bangkok Thailand dan Floating Market milik Lembang Bandung.

Namun bukan berarti kamu harus makan di atas perahu lho. Tidak seperti itu juga. Kamu tetap bisa menyantap makanan di kedai-kedai yang tersedia seperti food court pada umumnya dan memilih menu sesuai selera. Di sini kamu bisa mencicipi aneka makanan khas Indonesia maupun mancanegara sambil duduk santai di tepi sungai.

Selain itu, kamu juga bisa naik perahu mengelilingi kawasan ini. Bagaimana dengan anak-anak? Apakah areal ini ramah? Tentu sebab tersedia kawasan khusus bagi anak-anak yang ingin bermain dengan bebas.

Pasar Ah Poong berada di kawasan Sentul City Bogor. Untuk jam buka pasar ini dimulai setiap pukul 10.00 – 22.00 WIB. Namun Mamikos sarankan apabila kamu hendak berkunjung ke destinasi wisata ini, lebih baik cari tempat duduk dulu. Setelah dapat, baru deh kamu cari atau pilih menu kesukaan yang bisa kamu pesan.

21. Kampung Jepang Ciharashas

tempatwisataunik.com

Ini menjadi tempat wisata di Bogor yang mudah dijangkau rekomendasi Mamikos yang terakhir. Ya, sekarang kalau kamu ngebet pengin ke Jepang, namun budget pas-pasan, tenang. Kamu tinggal datang ke Bogor dan berswafoto seolah sedang ada di Jepang.

Suasana tradisional Jepang di abad 17 bisa kamu rasakan sangat kental di Kampung Ciharashas ini, tepatnya di Gang Kepatihan. Mulanya, warga setempat hanya ingin merubah suasana kampung. Namun kemudian, kota tua di Jepang bernama Takayama mereka jadikan sebagai inspirasi sebagai berbenah kampungnya.

Sejak akhir 2018, kampung satu ini sudah viral di media sosial dan makin dikenal para pelancong dan wisatawan. Untuk bisa berfoto di sini, kamu tidak akan diminta uang sepeser pun alias cuma-cuma.

Berita baiknya lagi, Pemerintah Kota Bogor akan segera membangun infrastruktur untuk melengkapi Kampung Jepang Ciharashas ini. Agar bisa menjadi destinasi wisata Bogor yang lebih layak kunjung dan lebih dikenal lagi. Wah.

Alamat dari Kampung Jepang ini berada di RT.05/RW.01, Kampung Mulyaharja, Bogor Selatan, Bogor, Jawa Barat. Harga tiket masuknya gratis dan untuk jam operasionalnya mulai dari pukul 07.00 WIB – 17.00 WIB sore. Siapkan baterai kamera kamu dan jepret banyak spot menarik yang ada di sini.

Jadi, demikianlah ulasan Mamikos mengenai tempat wisata di Bogor yang mudah dijangkau yang dapat disampaikan dalam artikel kali ini. Semoga apa yang Mamikos informasikan tadi dapat bermanfaat dan memberikan kamu sebuah pengetahuan baru.

Jangan lupa untuk selalu mengakses aplikasi cari kost Mamikos yang bisa memberikanmu rekomendasi hunian kost terlengkap. Hanya dengan satu aplikasi saja, yang bisa kamu unduh di AppStore dan PlayStore kamu bisa memperoleh info hunian yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: