11 Pakaian Adat Bali, Nama Dan Keunikannya +Gambar

Posted in: Edukasi

11 Pakaian Adat Bali, Nama Dan Keunikannya +Gambar -Pulau Dewata sudah tidak perlu dipertanyakan keindahannya, sebab keindahan pulau ini sudah terkenal sampai ke manca negara. Wisatawan asing tertarik dengan Bali bukan karena pantainya saja yang indah tetapi karena keragaman budaya Bali yang patut untuk dilihat.

Rumah adat dan juga pakaian adat Bali adalah salah satu bentuk keragaman budaya Bali yang paling disukai wisatawan asing. Sudah ada banyak wisatawan yang mencoba pakaian adat dan ingin mempelajari adat Bali lainnya. Untuk pakaian Bali memang unik dan banyak macamnya, jika penasaran baca ulasan mengenai pakaian adat berikut ini.

Jenis-Jenis Pakaian Adat Beserta Keterangan

wikipedia.com

Pakaian adat setiap daerah pastinya punya ciri khas sendiri-sendiri, dengan melihat ciri khas pakaian pasti akan langsung tahu pakaian tersebut asalnya dari mana. Hal itu juga berlaku kalau melihat pakaian dari Bali, sebab pakaian adat daerah Bali ini agak unik. Ada beberapa jenis pakaian bali yang harus dilestarikan dan berikut penjelasannya.

Baju Safari

detik.com

Baju safari tidak ada bedanya dengan baju kemeja biasa yang ada kancing, kerah dan juga saku pada kiri dan kanan. Baju safari umumnya berwarna putih dan melambangkan kebersihan, kesucian dan juga kesakralan tetapi sekarang sudah ada warna lainnya yang juga tidak kalah indah.

Kebaya Bali

detik.com

Kalau dilihat secara sekilas pasti sulit membedakan antara kebaya dari Jawa dan dari Bali, tetapi kalau dilihat lebih seksama akan langsung kelihatan perbedaannya. Pakaian adat Bali ini lengan dan bahunya itu agak terbuka tetapi kalau kebaya Jawa lebih tertutup.

Kebaya Bali seringnya digunakan saat acara penting dan resmi saja, contohnya saat pernikahan, hari raya, ritual keagamaan dan juga acara resmi yang lain. Jika memakai kebaya bisa pakai sabuk di bagian dada, untuk warnanya kebanyakan cokelat. Warna tersebut akan memancarkan aura kecantikan dan keanggunan.

Kamen 

tokopedia.com

Kamen merupakan kain yang dijadikan bawahan pakaian adat, Kamen biasanya dipakai oleh masyarakat asli Bali. Kamen dan sarung punya kesamaan dan kesamaannya adalah sama-sama persegi panjang bentuknya. Tetapi Kamen dibuat dari bahan kain yang lebih tipis dari pada kain sarung.

Kamen bisa dipakai oleh pria dan juga wanita dan cara pemakaiannya juga berbeda-beda. Kalau wanita yang akan memakai maka tinggal ikat Kamen di pinggang secara melingkar dari kiri ke kanan. Kemudian ikat di selendang agar Kamen tidak mudah lepas.

Jika pria yang memakainya sama seperti wanita hanya saja di bagian depan dibuat lipatan beserta simpul. Simpul di Kamen ini melambangkan dharma atau pengabdian. Untuk simpulnya harus lancip dan ada salah satu bagian Kamen yang menjulur di tanah, biasanya pria memakai Kamen sampai 2 lembar.

Kemeja Putih

kompas.com

Kemeja putih sebenarnya mirip dengan Baju Safari hanya saja di kemeja ini tidak selalu harus ada dua buah kantong di kanan juga kiri jadi lebih bebas pakaian adat Bali ini. Penggunaan kemeja putih ini bertujuan untuk mempermudah berpakaian saat akan beribadah. Jadi kalau tidak ada Baju Safari bisa pakai kemeja tersebut.

Saput Poleng

detik.com

Saput Poleng bentuknya sama seperti Saput hanya saja untuk kainnya itu kotak-kotak yang berwarna putih dan hitam. Saput Poleng ini biasa dipakai masyarakat saat upacara atau disampirkan di patung atau pohon. Kain Saput Poleng ini merupakan kain khusus yang sangat sakral bagi masyarakat Bali.

Saput 

shoopee.co.id

Saput ini sejenis kain yang ada coraknya, biasanya masyarakat Bali pakai sebagai lapisan atas Kamen. Jadi setelah memakai Kamen secara sempurna barulah pakai Saput. Memakai Saput mudah caranya yaitu mengikatkan Saput di pinggang dan diputar dari kanan sampai kiri. Kain Saput dipakai kalau ada pernikahan atau upacara keagamaan.

Udeng 

detik.com

Udeng merupakan penutup kepala yang menjadi pelengkap pakaian adat Bali. Udeng ini dari kain yang ada simpul di bagian tengah, udeng ada dua macam. Pertama adalah Udeng polos yang dipakai waktu ikut upacara agama. Kedua Udeng berwarna yang dipakai untuk kegiatan sehari-hari.

Pemakaian Udeng adalah hal yang spesial untuk masyarakat bali apalagi untuk pria, ada banyak pria yang memakai Udeng meskipun tidak sedang beribadah atau ikut sebuah acara. Hal tersebut menjadi bukti kalau masyarakat Bali itu ingin terus melestarikan budaya.

Sabuk Prada

wikipedia.org

Sabuk Prada merupakan sabuk yang dipakai oleh wanita agar bisa menahan kamen, sabuk ini punya motif khas dari Bali dan juga warna yang cukup mencolok. Pemakaian sabuk ini menjadi gambaran kalau tubuh wanita wajib dilindungi, apalagi bagian rahim yang jadi anugerah Tuhan.

Payas Madya 

seringjalan.com

Payas Madya merupakan pakaian yang memiliki tingkatan menengah jadi di bawah Payas Agung. Pemakaian pakaian ini juga tidak seribet memakai Payas Agung, bahkan tidak dilarang kalau pakai kaos polos untuk atasan atau pakai kemeja. Untuk bagian bawah tetap harus pakai selendang dan kamen. Payas Madya dapat dipakai sehari-hari.

Payas Agung

mahliga-indonesia.com

Payas Agung biasa dipakai kalau ada pernikahan, pakaian adat Bali yang ini jadi simbol kemewahan untuk kedua mempelai. Pakaian ini terlihat mewah karena perpaduan warna pakaian yang indah, seperti warna emas, merah dan putih. Ketiga macam warna tersebutlah yang jadi simbol kemewahan di Bali. Pakaian ini semakin mewah dengan adanya mahkota besar yang dipakai mempelai.

Payas Alit 

balubu.com

Payas Alit ini warnanya putih dan biasa dipakai waktu akan beribadah ke Pura. Untuk Payas Alit yang dipakai wanita bentuknya kebaya yang ada Kamen dan juga Selendang. Kalau untuk pria bentuknya baju Safari atau bisa juga kemeja putih yang dilengkapi udeng dan kamen.

Keunikan Pakaian Adat Bali

Pakaian adat yang asalnya dari Bali tidak akan mungkin sulit dikenali sebab pakaian adat tersebut sangatlah unik. Keunikan ini tidak hanya ada di pakaian adat wanita saja tetapi untuk yang dipakai pria juga unik sekali.

Kalau pakaian pria keunikannya adalah memakai penutup kepala atau Udeng. Untuk Udengnya juga tidak berbentuk simetris jadi sisi kanan dan kiri itu lebih tinggi dari pada sisi sebaliknya. Bentuk yang pakaian berbeda inilah yang menjadi arti kalau harus berusaha lebih baik lagi. Selain memakai udeng, juga memakai baju yang berkerah, selendang, kamen dan juga Kampuh.

Kalau pakaian adat Bali untuk wanita keunikannya yaitu pemakaian selendangnya, pemakaian selendang ini memiliki filosofi yang punya makna wanita bali harus selalu mengingat ajaran agama. Selain itu harus bisa mendidik anak-anaknya agar bisa patuh kepada orang tua. Selain memakai selendang juga memakai kebaya dan rambut harus ditata dengan rapi.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah