13 Kata-kata Pamitan Silaturahmi Bahasa Jawa yang Sopan Beserta Artinya

Posted in: Gaya Hidup
Tagged: bahasa Jawa

13 Kata-kata Pamitan Silaturahmi Bahasa Jawa yang Sopan Beserta Artinya – Saat sedang silaturahmi ke rumah sahabat, keluarga, atau guru kadang kita kebingungan memilih kata yang cocok untuk pamitan.



Saking bingungnya kadang kata-kata yang keluar dari mulut beda yang dengan diinginkan sehingga momen pamitan pun menjadi kikuk dan kurang menyenangkan.

Memilih Kata-kata Pamitan Silaturahmi Bahasa Jawa

https://rejuve.co.id/

Sekarang kamu tidak usah bingung memilih kasta-kata yang pas buat pamitan. Sebab, pada artikel ini Mamikos akan kasih kamu kata-kata pamitan silaturahmi dengan menggunakan bahasa Jawa yang sudah dilengkapi dengan terjemahannya.

Supaya kamu dapat memilih kata-kata untuk pamitan yang baik. Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah dengan siapa kamu berhadapan/bercengkerama pada saat itu.

Meskipun pada saat itu kamu sedang silaturahmi ke rumah sahabatmu, tetapi yang menemui kamu adalah orang tuanya. Maka, kamu tetap harus menggunakan bahasa Jawa krama.


Kamu baru bisa menggunakan bahasa Jawa Ngoko bila yang menemui atau menyambut kamu adalah teman kamu sendiri.


Supaya kamu bisa mendapat gambaran yang jelas di bawah ini adalah contoh kata pamitan silaturahmi dalam bahasa Jawa.

Kata-kata Pamitan Silaturahmi Bahasa Jawa yang Sopan Bagian 1

Contoh Kata-kata Pamitan Silaturahmi Bahasa Jawa 1

Nuwun sewu bapak kaliyan ibu, sarehne sampun cekap lan wekdalipun sampun siyang, kula badhe nyuwun pamit amargi badhe nerusaken lampah.

Terjemahan Maaf bapak dan ibu, karena sudah cukup dan waktunya sudah siang, saya minta ijin untuk pamit karena akan meneruskan perjalanan.


Contoh Kata-kata Pamitan Silaturahmi Bahasa Jawa 2

Pak, kula nyuwun pamit rumiyin, amargi samenika wekdalipun sampun dalu. Mugi-mugi bapak sakulawarga tansah pinaringan karaharjan saha kawilujengan.


Terjemahan Oak, saya minta ijin pamit dulu, karena waktunya sudah malam. Semoga bapak dan sekeluarga senantiasa mendapat kebahagiaan dan keselamatan.

Contoh Kata-kata Pamitan Silaturahmi Bahasa Jawa 3

Bu, niki damel kasil rumiyin nggih. Kula sakanca badhe pamit, amargi niki taksih nembe medal lan taksih kathah ingkang dereng kula kaliyan kanca sowani. Assalamualaikum

Terjemahan Bu, saya minta ijin dulu, ya. Saya dan teman-teman akan pamit, karena ini tadi baru berangkat dan masih banyak yang belum saya datangi untuk silaturahmi. Assalamualaikum.


Contoh Kata-kata Pamitan Silaturahmi Bahasa Jawa 4

Bapak/Ibu, sarehnipun sampun cekap kula badhe nyuwun pamit, amargi kula badhe nerusaken lampah dhateng dalemipun sedherek sanesipun, matur nuwun kagem sedaya gupuh, suguh, aruh, ugi rengkuipun.

Mugia taun ngajeng kita saged kepanggih malih kanthi kahanan ingkang langkung sae.

Terjemahan Bapak/Ibu karena sudah cukup, saya minta ijin untuk pamit, karena saya akan melanjutkan langkah/perjalanan untuk silaturahmi ke rumah kerabat lainnya, terima kasih atas sambutan hangatnya.


Semoga tahun depan kita bisa bertemu lagi dalam keadaan yang lebih baik.


Contoh Kata-kata Pamitan Silaturahmi Bahasa Jawa 5

Nuwun sewu bapak/ibu sarehne sampun cekap, sampun mangertosi kasugenganipun panjenengan sabrayat, menika kula badhe nerusakaen lampah malih, bilih sowan kula ngriki wonten ingkang kirang mranani kula nyuwun pangaputen, sarta kula ugi badhe nyuwun pamit.

Terjemahan Maaf bapak.ibu, karena sudah cukup, sudah mengetahi bagaimana kondisi bapak/ibu sekalian, saya minta ijin untuk pamit, jika kedatangan saya ke sini ada yang kurang berkenan, saya minta maaf sekalian minta ijin untuk pamit.

Contoh Kata-kata Pamitan Silaturahmi Bahasa Jawa 6

Pak/Bu, sarehne campun cekap ugi ketawise badhene jawah, kula badhe nyuwun pamit rumiyin amargi kalawau kesupen boten mbeta mantel. matur nuwun kagem piwelingipun mugya saged dados jejimat salebeting gesang kula.


Terjemahan Pak/Bu, karena sudah cukup dan keliatannya akan hujan, saya minta ijin untuk pamit duluan, karerna tadi saya lupa tidak bawa mantel. terima kasih atas ilmu dan nasehatnya, semoga bisa menjadi jimat dalam menjalani kehidupan.


Kata-kata Pamitan Silaturahmi Bahasa Jawa yang Sopan Bagian 2

Contoh Kata-kata Pamitan Silaturahmi Bahasa Jawa 7

Pak, kula badhe nyuwun pamit rumiyin nggih, amargi niki wau pikantuk titipan diutus numbasaken jampi kakung. Sanes wekdal mugi-mugi kita saged pepanggihan malih kanthi kahanan langkung sae malih.


Terjemahan Pak, saya minta ijin untuk pamit dulu, ya, karena tadi saya dapat titipan disuruh membelikan jamu kakek. Lain kesempatan semoga kita bisa dipertemukan dengan kondisi yang jauh lebih baik.

Contoh Kata-kata Pamitan Silaturahmi Bahasa Jawa 8

Nuwun sewu bapak/ibu kula kinten sowan dhateng ngriki sampun cekap. Kula matur nuwun sanget sampun ditampi kanthi sae.

Menika kula badhe nerusaken lampah, badhe silaturahmi dhateng dalemipun bapak…., niki badhe damel kasil nggih, Pak/Ibu. Assalamualaikum warrahmatullahi wabbarakatuh


Terjemahan Maaf bapak/ibu, saya rasa silaturahmi di sini sudah cukup. Saya mengucapkan terima kasih karena sudah diterima dengan sangat baik.

Berhubung saya masih akan melanjutkan perjalanan, saya hendak silaturahmi ke rumah bapak…., saya minta pamit nggih, Pak/Ibu. Assalamualaikum warrahmatullahi wabbarakatuh

Contoh Kata-kata Pamitan Silaturahmi Bahasa Jawa 9

Sarehnipun sampun cekap, kula sakulawarga sampun mangertosi kawilujengan kaluwarga ngriki, sarehnipun wekdalipun sampun sonten, kula sabrayat badhe nyuwun pamit, menawi sadangunipun kula sowan ngriki wonten ingkang kirang mranani, estu kula nyuwun pangaksami.


Terjemahan Karena sudah cukup, saya dan keluarga sudah tahu kondisi keluarga di sini dalam keadaan baik, sementara itu karena waktunya sudah sore, saya sekeluarga minta ijin untuk pamit atau undur diri. Apabila ada perilaku yang kurang menyenangkan saya minta maaf.


Contoh Kata-kata Pamitan Silaturahmi Bahasa Jawa 10

Pak, kula tak nyuwun pamit rumiyin, nggih. Mugi-mugi kaluwarga ngriki tansah pikantuk kasarasan, rejeki ingkang kathah, sarta tansah tinebihaken saking sedaya lir sambikala. Matur nuwun kagem sedayanipun, Assalamualaikum warrahmatullahi wabbarakatuh

Terjemahan :Pak saya minta ijin untuk pamit, ya. Semoga keluarga di sini senantiasa mendapatkan kesehatan, rejeki yang melimpah, dan senantiasa dijauhkan dari segala macam bahaya. Terima kasih atas semuanya. Assalamualaikum warrahmatullahi wabbarakatuh

Contoh Kata-kata Pamitan Silaturahmi Bahasa Jawa 11

Pak, menawi mekaten nggih sampun. Bilih mangke bapak wonten owah-owahan ing babagan panemu. Kita saged lajengaken malih rembugan ingkang kala wingi. Kula kinten amargi patemon dinten punika sampun boten wonten ingkang saged dirembag kula nyuwun pamit.

Terjemahan : Pak, jika memang demikian ya sudah. Jika saja bapak nanti berubah pikiran. Kita dapat lanjutkan percakapan kemarin. Saya rasa karena tidak ada yang dibicarakan. Saya mohon ijin untuk pamit.

Contoh Kata-kata Pamitan Silaturahmi Bahasa Jawa 12

Bu, matur nuwun sanget ibu kersa paring apura saking kaluputanipun putra kula. Sarehnipun amargi sampun cekap ancas kula sowan dhateng ngriki. Sapunika badhe nyuwun pamit. Mugya ing dinten salajenge kita saged memitran nggih, Bu. Assalamualaikum warrahmatullahi wabbarakatuh

Terjemahan : Bu, terima kasih ibu telah berkenan memaafkan kesalahan anak saya, selanjutnya karena sudah cukup saya bersilaturahmi ke sini. Sekarang saya minta ijin untuk pamit, semoga di hari-hari mendatang kita bisa berteman ya, Bu. Assalamualaikum warrahmatullahi wabbarakatuh


Contoh Kata-kata Pamitan Silaturahmi Bahasa Jawa 13

Pak/Bu nuwun sewu, sarehene sampun cekap, sarta taksih kathah dalemipun para guru ingkang dereng kula sowani. Samenika kula badhe nyuwun pamit rumiyin. Matur nuwun kagem sedayanipun.

Terjemahan : Pak/Bu maaf, karena sudah cukup,serta masih banyak rumah guru yang belum saya datangi saya ijin pamit dan minta tanda tangannya sebagai bukti bahwa saya sudah silaturahmi ke sini.

Demikian contoh kata pamitan sopan yang bisa kamu gunakan pada lebaran nanti. Semoga artikel bermanfaat untukmu.


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Murah

Kost Jakarta Murah

Kost Bandung Murah

Kost Denpasar Bali Murah

Kost Surabaya Murah

Kost Semarang Murah

Kost Malang Murah

Kost Solo Murah

Kost Bekasi Murah

Kost Medan Murah