Translate Bahasa Jawa ke Indonesia Otomatis, Aksara, Krama Alus & Ngoko

Posted in: Edukasi

Translate Bahasa Jawa ke Indonesia Otomatis, Aksara, Krama Alus & Ngoko – Belajar bahasa Jawa tidak dapat dilakukan dalam waktu yang singkat. Terlebih lagi ada berbagai gaya dalam bahasa Jawa jika ditujukan pada lawan bicara berbeda.

Situs Terjemah Bahasa Jawa ke Indonesia

wikimedia.org

Berbicara menggunakan bahasa daerah, seperti bahasa Jawa sudah menjadi hal lumrah di masyarakat. Terkadang dalam keseharian bahkan tersisip kata-kata atau kalimat dalam bahasa daerah yang tidak disengaja. Lawan bicara yang tidak paham maksudnya akan bertanya-tanya maksud dari kalimat atau kata yang diucapkan. Penggunaan bahasa Jawa dalam bentuk tulisan juga ditemukan di dalam masyarakat.

Dibandingkan ragam lisan, ragam tulisan bahasa Jawa lebih banyak dan bervariasi. Misalnya saja ada penulisan aksara Jawa atau huruf Jawa dengan makna-makna tertentu. Setelah diterjemahkan ke dalam bahasa Jawa, bahasa tersebut masih perlu diartikan dalam bahasa Indonesia agar dapat dipahami seluruh pembaca.

Penggunaan bahasa Jawa krama alus dan ngoko di masyarakat juga menambah keragaman bahasa. Ada kosakata yang hanya ditujukan pada orang tua, ada pula kosakata yang bisa ditujukan pada teman sebaya serta orang yang lebih muda. Contoh ragam bahasa tersebut misalnya

  1. Bahasa Jawa Krama: Bahasa Jawa yang tingkatannya tinggi dan sangat sopan
  2. Bahasa Jawa Kramantara: Bahasa Jawa yang berbentuk krama, tetapi juga memiliki campuran kosakata dengan Bahasa Inggil.
  3. Bahasa Jawa Wredha-Krama: Bahasa Krama yang diperuntukkan bagi orang yang sudah tua.
  4. Bahasa Jawa Krama Pasar: Bahasa krama dalam bentuk lisan.

Apabila harus membuka kamus bahasa Jawa dan mencari arti kata satu per satu, tentu akan memakan waktu. Untuk kamu yang sedang mempelajari bahasa Jawa dan ingin mencari tahu arti serta makna kalimat dalam bahasa Jawa secara praktis, berikut ini adalah referensi situs translate bahasa Jawa untuk berbagai keperluan.

1. Google Translate

https://translate.google.com/

Siapa yang tidak tahu website penerjemah berbagai bahasa yang sangat terkenal? Hampir semua orang mengandalkan Google Translate sebagai situs untuk menerjemahkan bahasa asing karena ragam bahasanya yang sangat lengkap. Tapi, tahukah kamu bahwa kamu bisa menerjemahkan bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia dan sebaliknya melalui Google Translate?

Asalkan ada koneksi internet, kamu dapat menerjemahkan berbagai bahasa dalam waktu singkat. Bahkan, kamu dapat menerjemahkan satu dokumen sekaligus melalui Google Translate. Tentu hal ini sangat menghemat waktu. Namun, perlu kamu ketahui bahwa akurasi atau ketepatan penerjemahan bahasa melalui Google Translate tidak begitu tinggi. Masih perlu koreksi secara konteks bahasa apabila kamu ingin menggunakan hasil terjemahannya untuk berbagai keperluan.

2.Yandex

https://translate.yandex.com/

Situs Yandex hampir sama seperti Google Translate karena bisa menerjemahkan bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia dan bahasa lainnya secara cepat. Keunggulan Yandex dibandingkan situs lainnya adalah kemampuannya untuk menerjemahkan gambar-gambar yang diunggah oleh pengguna. Mungkin saja kamu mendapati ada gambar berbahasa Jawa yang ingin diketahui arti bahasa Indonesianya.

Yandex bisa juga digunakan untuk menerjemahkan dokumen dengan berbagai macam format, seperti doc, .docx, .pdf, bahkan .xls, .xlsx, .ppt, dan .pptx. Jika memiliki bacaan yang terdiri dari 10 ribu karakter atau lebih, Yandex bisa mengatasinya. Yandex juga mendukung terjemahan dalam bentuk suara serta menawarkan predictive typing. Keunggulan lainnya yang dimiliki Yandex adalah tambahan definisi dari terjemahan, pengucapan, contoh pemakaian kata atau frasa, serta saran terjemahan yang lebih baik.

3. Mongosilakan

https://mongosilakan.net/#/translate

Situs mongosilakan akan membantumu menerjemahkan bahasa Jawa ngoko, Jawa krama, hingga Jawa krama inggil. Situs ini juga bisa menerjemahkan bahasa sebaliknya. Tinggal pilih saja jenis bahasa Jawa yang ingin kamu terjemahkan, kemudian tunggu arti terjemahannya muncul pada kolom bagian kanan.

Sayangnya, akurasi hasil penerjemahan kata melalui website masih belum terlalu tinggi. Selain itu, kamu juga perlu mengidentifikasi jenis kata bahasa Jawa yang ingin diterjemahkan, apakah termasuk bahasa Jawa ngoko, krama, atau krama inggil. Jika ingin yang lebih praktis, tersedia versi aplikasi dari Mongosilakan yang dapat didownload di ponsel.

4. Bennylin

Pernah mengalami kebingungan karena tidak bisa menerjemahkan aksara Jawa? Di website Bennylin, kamu bisa mencari tahu arti kata dan kalimat pada aksara Jawa yang akan dicari, serta sebaliknya. Pengguna juga dapat melihat adanya pembaruan atau update website pada bagian bawah, seperti penambahan fitur, tips-tips khusus, serta informasi penggunaan lainnya.

Kini, proses translate bahasa Jawa ke Indonesia otomatis, aksara, krama alus & ngoko menjadi semakin cepat dan mudah. Untuk proses translate bahasa Indonesia ke Jawa krama, kamu dapat menggunakan bantuan situs atau aplikasi lain. Adanya aplikasi translate bahasa Jawa krama alus, translate Jawa ngapak, translate Jawa Sunda, dan ragam bahasa lainnya juga bisa kamu temukan, baik di aplikasi gratis ataupun berbayar semakin mudah kamu peroleh. Gunakan situs terjemah dan aplikasi yang dapat menunjang kebutuhanmu. Selamat mencari!


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah