Panduan Lolos SBMPTN 2019 : Prosedur dan Tips Mengerjakan UTBK SBMPTN + Soal

Posted on Posted in SBMPTN, Seputar Mahasiswa, Ujian Masuk

Panduan Lolos SBMPTN 2019 : Prosedur dan Tips Mengerjakan UTBK SBMPTN + Soal – Seleksi Bersama perguruan Tinggi Negeri atau disingkat SBMPTN merupakan seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan perguruan tinggi negeri menggunakan pola ujian tertulis secara nasional yang selama ini telah menunjukkan berbagai keuntungan dan keunggulan, baik bagi calon mahasiswa, perguruan tinggi negeri, maupun kepentingan nasional. Bagi calon mahasiswa, ujian tertulis sangat menguntungkan karena lebih efisien, murah, dan fleksibel karena adanya mekanisme lintas wilayah.

Tahun 2019 ini ujian tulis SBMPTN disebut juga UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer. Ujian tertulis menggunakan soal ujian yang dikembangkan sedemikian rupa sehingga memenuhi persyaratan validitas, tingkat kesulitan, dan daya pembeda yang memadai. Soal ujian tertulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan umum yang diduga menentukan keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang saintek dan/atau bidang sosial dan humaniora. Selain mengikuti ujian tertulis, peserta yang memilih program studi Ilmu seni dan/atau keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.

Lantas bagaimana prosedur dan tips agar lolos UTBK SBMPTN 2019?

Panduan Lolos SBMPTN 2019 : Prosedur dan Tips Mengerjakan UTBK SBMPTN + Soal

1. Jangan lupa mendaftar di situs SBMPTN resmi

Pendaftaran bisa dilakukan melalui situs resmi SBMPTN 2019 yakni https://sbmptn.ac.id . Setelah masuk ke portal resmi tersebut, segeralah membuat akun agar bisa mendaftar untuk menjadi peserta SBMPTN 2019. Pada tahun kemarin, biaya pendaftaran sekitar Rp 200.000,-, kemungkin tahun ini pun sama.

Setelah itu, ikuti syarta-syarat yang diberikan. Salah satu syarat pentingnya adalah Surat Keterangan Lulus (SKL) atau Ijazah.

2. Jenis-jenis soal UTBK

Tahun 2019 ini, UTBK SBMPTN akan terbagi menjadi dua jenis soal. Yakni Tes Potensi Skolastik (TPS) dan tes Potensi Akademik (TKA).

Selain dua jenis tes di atas, ada kemungkinan peserta akan mengikuti ujian khusus bila peserta memilih jurusan atau program studi keseniann dan olahraga. Penjelasan terkait ujian khusus tersebut biasanya akan diumumkan di website resmi kampus masing-masing.

3. Menanti Tanggal Ujian

Perbedaan paling signifikan pada pelaksanaan SBMPTN 2019 ini ialah peserta akan diberitahukan nilai hasil UTBK SBMPTN-nya. Hal ini berbeda dengan SBMPTN sebelumnya di mana nilai ujian tidak akan kamu dapatkan atau diberitahukan.

Saat pengumuman nilai UTBK SBMPTN, dan peserta tidak puas dengan hasil nilainya, maka peserta bisa mengulang sekali lagi.

Tips Mengerjakan UTBK SBMPTN

1. Persiapkan metal dan fisik

Gaya Rambut Khas Mahasiswa

Persiapan metal dan fisik adalah yang terpenting. Karena ujiannya berbasis komputer, kamu harus bisa tahan berada di depan layar komputer selama ujian berlangsung.

Untuk bisa tahan, kamu harus rajin berolahraga dan makan-makanan bergizi untuk menjaga staminamu sebelum ujian berlangsung. Bila perlu, konsumsi vitamin dan suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

2. Kerjakan yang mudah dulu agar tak kehabisan waktu

jurusan kuliah yang cocok untuk anak bahasa

Berhungung waktunya terbatas, salah satu tips yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengerjakan yang mudah dulu agar tak kehabisan waktu, baru kemudian memikirkan soal yang menurutmu sulit.

Meskipun soal yang mudah sudah selesai kamu kerjakan nantinya, kamu juga harus tetap cek satu-satu agar tak ada yang kelewatan atau belum terjawab, baru setelahnya kamu bisa fokus untuk mengerjakan soal yang sulit.

3. Tetap tenang dan jangan buru-buru

Dapat dipahami bila menjelang ujian, rasa cemas dan gugup akan menjalari tubuhmu. Meskipun demikian, kamu harus tetap tenang dan tak boleh panik. Karena bila panik dan kamu gugup, kamu tidak akan bisa berpikir jernih dan akan ragu-ragu dalam menjawab soal. Selain itu, tidak perlu terburu-buru dalam mengerjakan soal, karena sikap yang terburu-buru akan membuatmu tidak membaca soal dengan cermat dan yang berakhir dengan salah dalam menjawab soal.

4. Estimasikan waktu dengan baik agar waktu tak terbuang begitu saja, dan semua soal berhasil dijawab

Estimasikan waktu dengan baik agar waktu tak terbuang begitu saja, dan semua soal berhasil dijawab adalah salah satu kuncinya. Sekalipun waktu yang diberikan sedikit, sementara soal yang diberikan banyak, kamu tetap harus memperhatikan estimasi waktu yang kamu butuhkan dalam menjawab soal.

5. Mencoba mengerjakan latihan soal SBMPTN tahun lalu sebelumnya

Jauh-jauh hari sebelum ujian, mungkin kamu bisa juga mencari contoh perdiksi kisi – kisi SBMPTN 2018 untuk bahan pembelajaran. Dengan mengunuh soal tryout SBMPTN 2019 kamu harus yakin bahwa kali ini kamu akan berhasil. Persiapkan sebaik mungkin supaya kamu bisa bersaing dengan peserta seleksi SBMPTN yang lainnya. Buka website Mamikos atau instal aplikasi Mamikos untuk mendapatkan informasi seputar SBMPTN 2019 lainnya!

Baca juga :  Panduan Lolos SBMPTN 2019 : Prosedur dan Tips Mengerjakan UTBK SBMPTN + Soal
Prediksi Kisi-kisi Tes SBMPTN 2019/2020″]

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Panduan Lolos SBMPTN 2019 : Prosedur dan Tips Mengerjakan UTBK SBMPTN + Soal

Panduan Lolos SBMPTN 2019 : Prosedur dan Tips Mengerjakan UTBK SBMPTN + Soal