Panduan Pendaftaran Bidikmisi Tahun Ajaran 2019/2020

 Mamikos | Sen, 11 Jun 2018

Panduan Pendaftaran Bidikmisi Tahun Ajaran 2019/2020 – Pendidikan dianggap sebagai cara pembentukan kemampuan manusia untuk menggunkan akal fikiran serta rasional mereka sebagai jawaban dalam menghadapi berbagai masalah yang timbul dimasa yang akan datang. Pendidikan juga merupakan usaha sadar yang sengaja dirancang untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan seperti tujuan untuk mencari lowongan kerja freelance Jakarta. Salah satu tujuan pendidikan lainnya juga untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Maka tak heran jika banyak orang berbondong-bondong berusaha untuk bisa meraih pendidikan setinggi-tingginya. Namun, tak semua diantara kamu ternyata cukup beruntung memiliki kesempatan untuk dapat melanjutkan pendidikan dan merantau serta menghuni kost Bandung murah, karena biaya pendidikan yang cukup mahal banyak beberapa remaja yang putus pendidikan.

Guna membantu calon mahasiswa kost Jakarta Selatan murah yang tersendat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi dikarenakan keterbatasan ekonomi, pemerintah lewat beasiswa Bidikmisi akan mewujudkan impian sederetan calon mahasiswa ini.

Bidikmisi sendiri merupakan bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu.

Dengan adanya Bidikmisi ini diharapkan dapat memutus rantai kemiskinan yang menjadi penghalang siswa untuk bisa mengenyam pendidikan tinggi. Karena biasanya kekurangaan dari segi ekonomi inilah yang membuat seorang anak berpikir ulang untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Untuk bisa menjadi salah satu calon mahasiswa yang mendapatkan Bidikmisi, umumnya kalian harus memiliki prestasi yang cemerlang. Syarat prestasi pada Bidikmisi ditujukan untuk menjamin bahwa penerima Bidikmisi terseleksi dari yang benar-benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

Biasanya penyelenggaraan beasiswa Bidikmisi ini akan lebih dahulu dibandingkan dengan ujian penerimaan mahasiswa baru lainnya. Nah, agar kalian tidak ketinggalan informasi seputar pendaftaran Bidikmisi tahun 2019/2020 ini berikut Mamikos berikan informasi lebih lengkapnya ya.

Panduan Pendaftaran Bidikmisi Tahun Ajaran 2019/2020

Panduan Pendaftaran Bidikmisi Tahun Ajaran 2018/2019
Panduan Pendaftaran Bidikmisi Tahun Ajaran 2018/2019

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, penyaluran Bidikmisi tahun 2019 ini terdiri dari beberapa jalur. Beberapa diantaranya adalah melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, PMDK-PN, UMPN, Bidikmisi Jalur Mandiri PTN, Bidikmisi Jalur Mandiri PTS, Bidikmisi UT, dan Bidikmisi ISI. Nah, untuk bisa mendapatkan Bidikmisi ini tentunya kalian harus dinyatakan lulus terlebih dahulu dalam seleksi jalur penerimaan mahasiswa baru seperti SNMPTN, SBMPTN, PMDK-PN, UT, ISI, ataupun Bidikmisi PTS. Jika nantinya kalian telah dinyatakan lulus melalui salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru tersebut, maka kalian pun memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan Bidikmisi.

Untuk bisa mendapatkan Bidikmisi tentunya pertama kali kalian harus memenuhi berbagai persyaratan yang telah ditentukan oleh panita Bidikmisi terlebih dahulu. Nah, untuk lebih jelasnya berikut Mamikos berikan informasi lebih lengkapnya seputar pendaftaran Bidikmisi tahun ajaran 2019/2020.

• Persyaratan Pendaftaran Bidikmisi Tahun Ajaran 2019/2020

1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2019
2. Lulusan tahun 2017 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi
3. Usia maksimal saat mendaftar adalah 21 tahun
4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:
a) Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) atau Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan sejenisnya, atau
b) Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) maksimal sebesar Rp3.000.000 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000 setiap bulannya.
5. Pendidikan orangtua/wali setinggi-tingginya S1 (strata 1) atau Diploma 4
6. Memiliki potensi akademik yang baik berdasarkan rekomendasi obyektif dan akurat dari Kepala Sekolah
7. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara perguruan tinggi negeri (PTN) atau perguruan tinggi swasta (PTS) dengan ketentuan:
a) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan pilihan seleksi masuk: Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tunggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri PTN.
b) Politeknik, UT, dan ISI
c) PTS sesuai dengan pilihan seleksi masuk

• Persyaratan Pendaftaran SNMPTN dan Pendaftaran Bidikmisi Jalur SNMPTN Tahun Ajaran 2019/2020

a) Pendaftaran SNMPTN

1. Siswa yang akan lulus dari SMA/SMK/MA pada tahun ini
2. Memiliki prestasi yang unggul, yakni: calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah pada semester tiga, semester empat, dan semester lima dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:

  • Akreditasi A : 50% terbaik di sekolahnya
  • Akreditasi B : 30% terbaik di sekolahnya
  • Akreditasi C : 10% terbaik di sekolahnya

3. Siswa memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS
4. Siswa memiliki nilai rapor semester 1 hingga semester 5 (untuk siswa SMA/MA, SMK tiga tahun) atau nilai rapor semester 1 samapai semester 7 (untuk SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS.
5. Memenuhi persyaratan lain yang telah ditentukan oleh masing-masing perguruan tinggi negeri (PTN) tujuan.

b) Dokumen Persyaratan Pendaftaran Bidikmisi Jalur SNMPTN

1. Kartu peserta dan formulir pendaftaran program Bidikmisi yang dicetak dari sistem Bidikmisi.
2. Surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah.
3. Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 6 (enam) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
4. Fotokopi ijazah yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
5. Fotokopi nilai ujian akhir nasional yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
6. Surat keterangan tentang prestasi/peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di bidang ko-kurikuler dan ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh Kepala Sekolah.
7. Kartu Pengaman Sosial (KPS/BSM). (jika merupakan penerima BSM) Surat Keterangan Penghasilan Orang tua/wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala desa/Kepala dusun/Instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat.
8. Fotokopi Kartu Keluarga atau Surat Keterangan tentang susunan keluarga.
9. Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan atau bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran) dari orang tua/wali-nya.

• Persyaratan Pendaftaran SBMPTN dan Bidikmisi Jalur SBMPTN Tahun Ajaran 2019/2020

a) Pendaftaran SBMPTN

1. Warga Negara Indonesia
2. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2017 dan 2018 harus memiliki ijazah.
3. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2019 minimal harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap/stempel yang sah. Pada proses pendaftaran online, SKL belum diperlukan; tetapi pada saat mengikuti ujian tulis, peserta wajib membawa SKL.
4. Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran pembelajaran di program studinya.

b) Pendaftaran Bidikmisi Jalur SBMPTN

1. Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
2. Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Personal Indentification Number (PIN) untuk mendaftar SBMPTN 2019 dan tidak harus membayar biaya seleksi.
3. Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan tidak diterima melalui SNMTPN 2019, dapat menggunakan KAP dan PIN (yang diperoleh dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti) untuk mendaftar SBMPTN 2019 tanpa harus membayar biaya seleksi.
4. Calon peserta penerima Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus melalui SNMPTN 2019 dan berkeinginan untuk mendaftar SBMPTN 2019, maka calon peserta harus memperoleh KAP dan PIN baru melalui laman pendaftaran.sbmptn.ac.id. Selanjutnya, calon peserta harus mendaftar SBMPTN 2019 melalui laman pendaftaran.sbmptn.ac.id dengan menggunakan KAP dan PIN baru untuk memperoleh slip pembayaran guna membayar.

Demikian informasi yang bisa Mamikos sampaikan kepada kalian semua seputar pendaftaran Bidikmisi tahun ajaran 2019/2020. Bagi kalian yang ingin mendaftarkan diri untuk mengikuti program Bidikmisi di tahun ini, Mamikos doakan semoga kalian menjadi salah satu dari ribuan yang beruntung lulus dalam Bidikmisi 2019 ya! Untuk informasi lebih banyak lagi terkait Bidikmisi 2019, kalian bisa kunjungi situs Mamikos. Atau, jika tidak ingin ketinggalan informasi ter-updatenya segera download aplikasi Mamikos di Play Store.