Passing Grade ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) 2019

 Posted on Senin, April 23rd, 2018  Posted in Passing Grade Universitas  Mamikos

Passing Grade ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) 2019 – Pernah mendengar kata passing grade tetapi masih belum terlalu paham? Sebagai informasi bagi kamu, passing grade adalah suatu ukuran standar yang didapat dari perhitungan sederhana terhadap hasil ujian SBMPTN tahun sebelumnya. Secara umum, nilai passing grade ini sebenarnya tidak dapat ditentukan secara pasti karena bergantung pada kuota (daya tampung) dan banyaknya peminat pada pilihan jurusan dalam Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tersebut pada tahun itu.

Nilai passing grade sendiri biasanya ditentukan berdasarkan nilai rata-rata dari hasil test pada tahun sebelumnya. Maka, nilai passing grade tersebut nilainya tiap tahun fluktuatif, bisa naik turun, meskipun rumusnya tetap sama. Semakin favorit Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan jurusan tersebut, maka biasanya passing gradenya akan semakin besar dan tentu persaingan untuk bisa masuk dalam Perguruan Tinggi Negeri (PTN) itu juga akan berat.

Mungkin kamu pernah mendengar diluar sana banyak orang-orang yang enggan memilih suatu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dikarenakan memiliki passing grade yang rendah. Sebenarnya pendapat seperti ini bisa dikatakan salah besar karena bagu atau tidaknya kualitas suatu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) itu tidak bisa ditentukan dari nilai persentase passing grade-nya di SBMPTN.

Kamu bisa melihat kualitas suatu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) itu secara akademik maupun non akdemik ditentukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tentunya, banyak faktor yang dipertimbangkan oleh BAN-PT untuk bisa menyematkan suatu Perguruan Tinggin Negeri (PTN) itu berkualitas unggul. Mulai dari kurikulum yang diterapkan hingga seberapa besar mahasiswa lulusan cum laude-nya. Hitungannya rahasia dan rumit.

Passing Grade Jurusan SBMPTN ITS 2018
Passing Grade Jurusan SBMPTN ITS 2019

Passing Grade Jurusan SBMPTN ITS 2019

Dalam artikel kali ini, Mamikos akan mencoba memberikan informasi sedikit kepada kalian semua terkait passing grade Jurusan SBMPTN ITS tahun 2019. Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau yang biasa disingkat ITS ini merupakan suatu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berada di Kota Surabaya. Awalnya kampus yang satu ini didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Teknik (YPTT) dan diketuai oleh dr. Angka Nitisastro pada 10 November 1957. Perlu kamu ketahui bahwa di tahun 2014, ITS ditetapkan sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) berdasar Peraturan Pemerintah No. 83 Tahun 2014 yang mengemban amanah baru yaitu mampu melakukan pengelolaan secara otonom di bidang akademik, norma dan kebijaksanaan operasional serta pelaksanaan organisasi, keuangan, kemahasiswaan, ketenagaan, serta sarana prasarana.

Kamu dapat menemukan kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ini berdiri kokoh diatas lahan seluas 180 hektare tepatnya di Jalan Raya ITS, Keputih, Sukolilo, Kota Surabaya. Hingga sekarang ini, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) disebut-sebut sebagai salah satu kampus bergengsi yang ada di Indonesia dengan menempati peringkat ke-5 sebagai Universitas terbaik di Indonesia. Kamu dapat menemukan 5 Fakultas dengan 12 Program Doktoral, 18 Program Magister, 28 jurusan/program studi tingkat sarjana (10 jurusan diantaranya juga menyelenggarakan program ekstensi S-1 atau lintas jalur), 6 Program Studi D-3 (5 program diantaranya juga menyelenggarakan program ekstensi D-3), dan 1 Program Studi D-4 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Untuk menunjang kebutuhan pendidikan mahasiswanya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ini memiliki jumlah staf pengajar yang cukup banyak yakni 1012 orang yang terdiri dari 99 orang profesor, 133 orang doktor, 434 orang master dan lainnya sarjana lulusan perguruan tinggi terkemuka di luar dan dalam negeri serta profesional di bidangnya, menjadikan ITS sebagai sumber acuan perguruan tinggi lain di kawasan Indonesia Timur. Hingga saat ini ITS telah menghasilkan banyak sekali orang terkenal di Indonesia. Sebut saja Tri Rismaharini, Mohammad Nuh, Dwi Soetjipto, Cak Lontong, Putri Raemawasti, dan lain-lain.

Nah, sebelum kamu melakukan pendaftaran penerimaan mahasiswa di ITS, sebaiknya kamu mengetahui apa saja program studi dan Passing Grade ITS. Hal ini penting untuk memprediksi bagaimana persaingan untuk masuk program studi tertentu di ITS. Dengan menggunakan Passing Grade ITS, kita dapat mengetahui peta persaingan suatu program studi di ITS, baik melalui pendaftaran SBMPTN ITS (ujian tertulis), SNMPTN ITS (undangan raport), maupun SMITS (seleksi mandiri ITS). Berikut ini ada sedikit informasi terkait Passing Grade ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Surabaya tahun 2019. Seperti namanya, di kampus ITS hanya ada untuk jurusan IPA atau Program Studi Sains dan Teknologi (PRODI SAINTEK):

Passing Grade ITS

Program Studi Passing Grade
Passing grade ITS Teknik Informatika 59,50%
Passing grade ITS Teknik Elektro 57,70%
Passing grade ITS Teknik kimia 56,60%
Passing grade ITS Teknik Industri  53,80%
Passing grade ITS Teknik Lingkungan 52,40%
Passing grade ITS Teknik Mesin  51,50%
Passing grade ITS Fisika 35.69%
Passing grade ITS Kimia 34.16%
Passing grade ITS Matematika 36.11%
Passing grade ITS Statistika 38.91%
Passing grade ITS Teknik Fisika 40.19%
Passing grade ITS Teknik Material 35.16%
Passing grade ITS Teknik Perkapalan 47.36%
Passing grade ITS Teknik Sipil 45.33%
Passing grade ITS Teknik Sistem Perkapalan 43.47%
Passing grade ITS Sistem Informasi  47,40%
Passing grade ITS Arsitektur 42.77%
Passing grade ITS Biologi 31.50%
Passing grade ITS Desain Produk Industri 33.22%
Passing grade ITS Teknik Geodesi 38.16%
Passing grade ITS Teknik Kelautan 42.47%

Nah, itu tadi ulasan seputar passing grade jurusan SBMPTN Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tahun 2019. Jadikan passing grade SBMPTN ini sebagai acuan agar kamu tahu seberapa besar effort belajar yang harus kamu tempuh agar diterima. Bukan sebagai peranti penilaian kualitas Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang ingin masuk ke Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ya! Jangan lupa belajarlah dengan giat, agar nantinya kalian bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang kalian ingini.

Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke situs blog Mamikos untuk mendapatkan informasi ter-update dan informasi menarik lainnya. Dan jangan lupa pula download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih praktis lagi. Temukan pula informasi seputar lowongan kerja, kost-kostan, serta sewa apartemen hanya di Mamikos.

Passing Grade ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) 2019

Klik dan dapatkan info yang Anda butuhkan hanya di Mamikos:

Kunjungi mamikos.com untuk mendapatkan informasi lowongan kerja terbaru di seluruh kota di Indonesia

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini