Pendaftaran Jalur Mandiri UNDIP 2022, Jadwal, Syarat, dan Biaya

Pendaftaran Jalur Mandiri UNDIP 2022, Jadwal, Syarat, dan Biaya – Bulan Februari akan segera berakhir. Berbagai jalur seleksi perguruan tinggi pun sudah mulai diumumkan dan dibuka.

Sudah saatnya siswa kelas 12 mulai memikirkan perguruan tinggi mana yang menjadi tujuan mereka untuk pendidikan selanjutnya.

Jika kamu adalah siswa kelas 12 dan bercita-cita untuk kuliah di Universitas Diponegoro (UNDIP), maka informasi mengenai jalur seleksi mandiri UNDIP 2022 ini ditujukan untuk kamu. Di bawah ini merupakan informasi yang Mamikos kumpulkan mengenai jalur mandiri UNDIP 2022. 

Jalur Seleksi UNDIP 2022

undip.ac.id

Memilih universitas memang didasari dengan banyak pertimbangan. Setiap tahunnya, puluhan hingga ratusan ribu calon mahasiswa bersaing untuk mendapatkan kesempatan berkuliah di universitas idaman masing-masing.

Untuk itu, berbagai jalur seleksi masuk juga turut dibuka oleh berbagai universitas di Indonesia. Tidak terkecuali UNDIP. Universitas Diponegoro atau lebih singkat disebut UNDIP, merupakan salah satu universitas favorit yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah.

Di tahun 2022 ini, UNDIP membuka berbagai jalur masuk bagi calon mahasiswa baru, yaitu SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB), dan Ujian Mandiri (UM). Pada bagian selanjutnya, kita akan simak informasi mengenai jalur Ujian Mandiri UNDIP 2022.

Ujian Mandiri UNDIP 2022

Dilatarbelakangi dengan tingginya animo calon mahasiswa untuk berkuliah di UNDIP, maka universitas di Semarang tersebut membuka jalur Ujian Mandiri yang dilaksanakan menggunakan portofolio nilai rapor dan ujian online.

Jika SNMPTN dan SBMPTN dilaksanakan oleh LTMPT, maka UM diselenggarakan secara mandiri oleh UNDIP. Jalur UM ini dibuka tidak hanya untuk S1, tetapi juga Vokasi dan PSDKU (Program Studi Diluar Kampus Utama).

Sebenarnya, ujian masuk tidak hanya ditujukan bagi Program Sarjana, PSDKU, dan Vokasi. UNDIP juga membuka pendaftaran ujian seleksi masuk bagi Program Profesi dan Pascasarjana.

Akan tetapi, di pembahasan ini, kita akan fokus pada Ujian Mandiri bagi Sarjana, PSDKU, dan Vokasi.

Syarat Peserta UM UNDIP 2022

Untuk mengikuti UM UNDIP, tentunya ada beberapa syarat peserta yang harus kamu penuhi. Syarat umum peserta untuk mengikuti UM UNDIP 2022 adalah sebagai berikut.

  1. Peserta merupakan lulusan SMA/SMK/MA/sederajat, lulus ujian persamaan, atau yang setara lainnya (Paket C) pada tahun 2022, 2021, dan 2020.
  2. Peserta telah memenuhi persyaratan sesuai program studi yang dituju.
  3. Usia maksimal peserta adalah 22 tahun bagi S1 dan Vokasi, dan 25 tahun bagi pendaftar PSDKU.

Tata Cara Pendaftaran UM UNDIP 2022

Untuk mendaftar UM UNDIP, caranya cukup mudah. Agar kamu tidak bingung, simak tata cara pendaftarannya berikut ini.

  1. Peserta membuka laman https://pendaftaran.undip.ac.id/, kemudian melakukan registrasi akun menggunakan email.
  2. Setelah itu, peserta akan mengisikan data diri dan memilih jalur pilihan (UM S1 untuk Program Sarjana, UM Vokasi untuk Sekolah Vokasi, dan UM PSDKU untuk PSDKU).
  3. Selanjutnya, peserta dapat membayarkan biaya pendaftaran pada salah satu bank yang ditunjuk, yaitu: Bank Mandiri, BNI, BRI, atau BTN.
  4. Langkah berikutnya, peserta dapat mengisikan data portofolio rapor dari Semester 1 – 5 atau mengisikan prestasi lainnya. Adapun beberapa hal yang harus persiapkan adalah file foto dalam format jpeg/jpg dengan ukuran minimal 30KB dan maksimal 100KB. Selain itu, siapkan juga data-data peserta dan orang tua.
  5. Peserta diwajibkan mengunggah PDF Surat Pernyataan yang sudah ditandatangani oleh peserta dan orang tua.
  6. Langkah terakhir adalah mencetak kartu peserta dan mengikuti ujian sesuai jadwal yang ditetapkan.

Jadwal UM UNDIP 2022

undip.ac.id

Dilansir dari laman PMB UNDIP, saat ini belum ada jadwal yang ditentukan untuk pelaksanaan ujian online UM UNDIP 2022. Tetapi, terdapat beberapa jadwal penting yang bisa kamu catat di bawah ini.

  • Pendaftaran UM S1: 11 April – 20 Juni 2022
  • Pendaftaran UM Vokasi: –
  • Pendaftaran UM PSDKU: –
  • Jadwal pengumuman hasil: Juli 2022

Untuk pelaksanaannya sendiri, kamu bisa mengacu pada jadwal tahun lalu agar dapat melakukan persiapan ujian. Tahun 2021 lalu, ujian dilaksanakan selama 10 hari, sekitar 23 Juni – 2 Juli 2021. Sistem ujian online ini dilakukan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) yang didesain oleh UNDIP sendiri.

Biaya Pendaftaran

Sama seperti jadwal ujian, biaya pendaftaran bagi UM UNDIP 2022 juga belum dipublikasikan di laman PMB UNDIP. Oleh karena itu, untuk biaya pendaftaran, kita akan mengacu pada perkiraan biaya pendaftaran tahun sebelumnya.

Biaya pendaftaran UM UNDIP adalah sekitar Rp300.000 – Rp350.000. Biaya pendaftaran ini dapat dibayarkan melalui bank yang sudah ditunjuk oleh UNDIP (Bank Mandiri, BNI, BRI, atau BTN).

Materi Ujian

Untuk materi yang diujikan pada UM UNDIP 2022, yaitu Tes Potensi Skolastik yang meliputi:

  • Tes Kemampuan verbal (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris);
  • Tes Numerik;
  • Tes Logika; dan
  • Tes Kewarganegaraan.

Kelompok Program Studi

Bagi masing-masing program, yaitu S1, Vokasi, dan PSDKU, peserta dapat memilih dua program studi pada kelompok Saintek atau Soshum. Hanya saja, terdapat perbedaan dalam jumlah program studi yang ditawarkan.

Pada program S1, terdapat 34 program studi Saintek di Kampus Semarang dan 1 program studi lagi adalah S1 Keperawatan di Kampus Jepara. Kemudian untuk Soshum, terdapat 17 program studi di Kampus Semarang dan S1 Hukum di Kampus Jepara.

Kemudian, untuk Vokasi dengan kelompok program studi Saintek terdapat 7 program studi. Sedangkan kelompok Soshum terdapat 6 pilihan program studi.

Berbeda dengan PSDKU kelompok Saintek, yang menawarkan 2 program studi Vokasi Saintek dan 6 pilihan program studi Vokasi Soshum. Untuk melihat rincian program studi serta daya tampungnya, kamu bisa langsung mengunjungi laman https://pmb.undip.ac.id.

Biaya Pendidikan

Besaran biaya kuliah bagi calon mahasiswa yang masuk melalui Ujian Mandiri tentunya berbeda dengan jalur lain. Perbedaan tersebut nampak pada adanya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) di samping pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Tapi, jika kamu masuk melalui jalur mandiri dengan KIP-Kuliah, kamu akan dibebaskan dari biaya SPI ini. Selain itu, besaran UKT ada di antara golongan 1 hingga 3. Pada jalur mandiri UNDIP 2022, ketentuan biaya pendidikan dapat kamu cermati di https://pmb.undip.ac.id melalui menu Biaya Studi di bawah menu program yang kamu pilih.

Persaingan UM UNDIP

Pada tahun 2021 lalu, UNDIP menerima 2.106 calon mahasiswa melalui SNMPTN dari sekitar 24.000 peminat. Kemudian terdapat 3.257 calon mahasiswa yang direkrut pada SBMPTN 2021. Jumlah ini masih ditambah dengan 56.247 calon mahasiswa yang mendaftar melalui jalur Ujian Mandiri.

Melihat angka tersebut, dapat disimpulkan bahwa UM UNDIP memiliki persaingan yang cukup ketat. Pasalnya, UM sebenarnya memiliki kuota terbesar dalam penerimaan mahasiswa, yaitu 50 persen atau setara dengan sekitar 5.089 dari daya tampung UNDIP tahun 2021.

Bisa kamu bayangkan, ketatnya persaingan dalam UM UNDIP. Dari total 56.247 pendaftar, hanya sekitar 5.089 yang akan diterima. Jadi, kamu harus benar-benar bisa mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Misalnya, dengan memperbanyak latihan soal.

Demikian informasi mengenai jalur mandiri atau UM UNDIP 2022 beserta jadwal, syarat, dan biayanya. Sebelum kamu melangkah untuk mendaftar, persiapkan dirimu sebaik-baiknya untuk menghadapi persaingan masuk UNDIP.

Jika nanti kamu merantau ke Semarang untuk kuliah di UNDIP, jangan lupa manfaatkan aplikasi Mamikos untuk mencari tempat kos yang nyaman dan sesuai dengan budget kamu. Semoga berhasil dalam UM UNDIP 2022 nanti!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta