Pendaftaran Jalur Mandiri UPN Surabaya 2022, Jadwal, Syarat, dan Biaya

Pendaftaran jalur mandiri UPN Surabaya 2022, jadwal, syarat, dan biaya – Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Jawa Timur di Surabaya sebagai salah satu kampus favorit membuka jalur mandiri di tahun 2022. Simak informasi terkait jadwal, persyaratan, dan biayanya berikut.

Informasi Pendaftaran Jalur Mandiri UPN Surabaya 2022

https://ppmb.upnjatim.ac.id/wp-content/uploads/2021/03/teknik-2.jpg

Ingin meneruskan studi di Surabaya tapi bingung dengan kampus yang akan dituju? Ada UPN “Veteran” Jawa Timur yang bisa menjadi alternatif. Kampus yang berlokasi di Gunung Anyar, Surabaya ini membuka peluang masuk bagi para lulusan sekolah menengah sederajat.

UPN Surabaya sudah berdiri sejak tahun 1959. Setelah mengalami perubahan dari kampus kedinasan menjadi kampus swasta, kini UPN Veteran menjadi Perguruan Tinggi Negeri yang sudah terakreditasi A.

Jalur masuk yang dibuka UPN Surabaya adalah jalur SNMPTN, jalur UTBK SBMPTN, dan seleksi mandiri. Bagi kamu yang sudah diterima melalui seleksi nasional, kamu bisa bernafas lega karena setelah melakukan pendaftaran ulang akan tercatat sebagai calon mahasiswa baru di sana.

Namun, bagi kamu yang belum berkesempatan diterima di UPN Surabaya melalui SNMPTN ataupun SBMPTN, masih ada jalur mandiri yang akan dibuka. Simak artikel berikut untuk mengetahui informasi pendaftaran jalur mandiri di UPN Surabaya tahun 2022.

Pendaftaran Jalur Mandiri UPN Surabaya 2022

Jalur mandiri di UPN Veteran dilaksanakan secara mandiri oleh pihak kampus. Informasi terkait jalur mandiri di UPN Surabaya tahun 2022 belum ada secara resmi. Seleksi jalur mandiri tahun 2021 di UPN Surabaya menggunakan nilai UTBK dan nilai rapor atau nilai rapor saja bagi yang tidak mengikuti UTBK.

Berdasarkan info dari https://ppmb.upnjatim.ac.id/, pola seleksi mandiri di UPN Surabaya tahun 2022 dilakukan dengan tiga skema.

Pola Jalur Mandiri Reguler (JMR)

Umum: menggunakan nilai UTBK dan nilai rata-rata rapor atau hanya nilai rata-rata rapor bagi yang tidak mengikuti UTBK

Pola Jalur Mandiri Prestasi (JMP)

  1. Keagamaan (Hafal Kitab Suci, MTQ, dan sejenisnya)
  2. Olahraga (Juara Provinsi/Nasional/ Internasional)
  3. Penelusuran Prestasi, Bakat dan Minat berdasarkan event yang diselenggarakan oleh UPN “Veteran” Jatim maupun dengan Pihak Ketiga Beasiswa KIP-K, diperuntukkan bagi siswa yang mempunyai prestasi akademik dan/atau non-akademik namun ada keterbatasan secara ekonomi
  4. Sains dan Ilmu Pengetahuan (Juara Provinsi/ Nasional/Internasional
  5. Seni dan Budaya (Juara Provinsi/ Nasional/Internasional)
  6. Youtube Content Creator

Pola Jalur Mandiri Kemitraan (JMK)

  1. Anak Kandung Alumni UPN “Veteran Jawa Timur
  2. Anak Kandung Keluarga Besar UPN “Veteran” Jatim: TNI, Polri, PNS Kemhan, PNS/Non PNS UPN “Veteran” Jatim
  3. Mitra Instansi Pemerintah/BUMN/ Swasta yang menjalin kerjasama dalam implementasi Tri Dharma PT /MBKM (Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka).

Program studi yang dapat dipilih mencakup program studi untuk kelompok saintek dan kelompok soshum. Berdasarkan informasi tahun sebelumnya, pendaftar bisa mamilih maksimal dua program studi dengan kelompok ujian yang sama. jadi, kamu tidak diperbolehkan lintas kelompok ujian.

Sebaiknya kamu berhati-hati dalam mengisikan pilihan program studi karena urutan tersebut menunjukkan prioritas. Selain perlu mengikuti ujian, sebagai pendaftar yang memilih Program Studi Desain Visual Komunikasi, kamu akan melalui tahap penilaian portofolio.

Tata Cara Pendaftaran Jalur Mandiri UPN Surabaya

  1. Pendaftar melakukan registrasi melalui website https://simaba.upnjatim.ac.id.
  2. Pendaftar memasukkan nomor handphone aktif dan alamat e-mail aktif.
  3. Pendaftar memilih Pendaftaran Seleksi Mandiri UPN “Veteran” Jatim
  4. Melakukan pengisian biodata.
  5. Bagi pendaftar yang mengikuti UTBK, maka pendaftar wajib mengisi Nomor Pendaftaran UTBK dan mengisi nilai rata-rata rapor kelas 10 (semester 1 & 2), kelas 11 (semester 1 & 2), dan Kelas 12 (semester 1), serta mengunggah bukti scan nilai rapor tersebut, mengunggah dokumen prestasi untuk Pola Jalur Mandiri Prestasi, dan dokumen kemitraan/kerjasama untuk Pola Jalur Mandiri Kemitraan dan Kerjasama.
  6. Pendaftar yang tidak mengikuti UTBK atau tidak mempunyai nomor Pendaftaran UTBK mengisi nilai rata-rata rapor kelas 10 (semester 1 & 2), Kelas 11 (semester 1 & 2) dan Kelas 12 (semester 1), serta mengunggah bukti scan nilai rapor tersebut, dokumen prestasi untuk Pola Jalur Mandiri Prestasi, dan dokumen kemitraan/kerjasama untuk Pola Jalur Mandiri Kemitraan dan Kerjasama.
  7. Jika proses pendaftaran berhasil, maka pendaftar akan mendapatkan kode pembayaran (10 digit)
  8. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp350.000 pada bank BNI dengan menunjukkan kode pembayaran. Biaya yang sudah dikeluarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

Jadwal Pendaftaran Jalur Mandiri UPN Surabaya

Berikut ini gambaran jadwal pendaftaran jalur mandiri di UPN Surabaya berdasarkan informasi tahun 2021.

Jadwal Jalur Mandiri Prestasi (JMP) dan Jalur Mandiri Kemitraan (JMK)
Pendaftaran: Juni
Seleksi: Juni
Pengumuman: Juni

Jadwal Jalur Mandiri Reguler (JMR)
Pendaftaran: Juni – Juli
Seleksi: Juli
Pengumuman: Juli

Jadwal Jalur Mandiri Prestasi, Kemitraan, dan Reguler (JMPKR)
Pendaftaran: Juli
Seleksi: Juli
Pengumuman: Juli

Syarat Pendaftaran Jalur Mandiri UPN Surabaya

Informasi terkait syarat pendaftaran jalur mandiri UPN Surabaya untuk tahun 2022 belum dirilis secara resmi. Namun, berikut ini informasi terkait syarat pendaftaran dari tahun sebelumnya.

  1. Pendaftar jalur mandiri UPN Surabaya adalah Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Pendaftar jalur mandiri UPN Surabaya adalah lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2022, 2021 dan 2020
    Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2020 dan 2021 wajib mempunyai ijazah
    Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2022 sudah mempunyai Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah atau Ijazah Paket C.
  3. Pada Surat Keterangan Lulus (SKL) jalur mandiri UPN Surabaya minimal terdapat informasi pendaftar beserta foto terbaru pendaftar serta dibubuhi cap/stempel yang sah
  4. Peserta seleksi Jalur Mandiri UPN Surabaya memiliki kesehatan yang baik (jasmani dan rohani) sehingga membantu kelancaran proses pembelajaran di program studi pilihannya
  5. Khusus pendaftar program studi kelompok saintek wajib bisa membedakan warna dengan jelas atau tidak menderita buta warna, dibuktikan dengan surat keterangan

Biaya Jalur Mandiri UPN Surabaya

Biaya yang perlu dikeluarkan jika ingin mendaftar di UPN Surabaya melalui jalur mandiri berbeda dengan jalur seleksi nasional. Pendaftar akan dikenai Sumbangan Pembangunan Institusi (SPI)/ IPI/ Uang gedung/ Uang pangkal antara 0 rupiah sampai 90 juta.

Kamu dapat memilih besar uang pangkal sebesar Rp0, Rp15 juta, Rp30 juta, Rp45 juta, Rp60 juta, Rp75 juta, atau Rp90 juta tersebut sesuai kondisi ekonomi saat pengisian formulir pendaftaran online. Uang pangkal tersebut dibayarkan sebanyak satu kali.

Saat ini, pihak kampus belum memberlakukan sistem angsuran. Namun, kamu dapat mengajukan permohonan khusus agar memperoleh keringanan. Selain perlu membayar SPI, kamu juga wajib membayar biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) per semester yang besarannya disesuaikan program studi dan kemampuan ekonomi.

Berdasarkan informasi dari laman https://ppmb.upnjatim.ac.id/biaya-pendidikan/, besar UKT di UPN Surabaya terbagi menjadi 7 golongan ditambah 1 UKT Mahasiswa Asing (MA). Besar biaya UKT golongan I terendah Rp500.000, sedangkan UKT golongan VII tertinggi Rp8.000.000. Khusus UKT MA, besarannya Rp8.000.000 – Rp 10.000.000.

Demikian informasi terkait pendaftaran jalur mandiri UPN Surabaya 2022, jadwal, syarat, dan biaya yang perlu kamu ketahui. Informasi terkait jalur mandiri di UPN Surabaya tersebut bisa saja mengalami perubahan.

Agar tidak ketinggalan informasi tentang UPN Surabaya dan informasi penting lainnya, akses website kampus dan media sosial terkait. Jarak kampus UPN Surabaya dengan tempat tinggal dapat disiasati dengan menyewa hunian dekat kampus.

Manfaatkan aplikasi nyari kost Mamikos yang bisa kamu download gratis untuk menemukan kost dekat UPN Surbaya murah. Jadi, kehidupanmu sebagai mahasiswa baru dan perantau tidak akan mengalami kesulitan. Semoga bermanfaat.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta