Informasi Pendaftaran Jalur Penerimaan UI 2021/2022

Posted in: Pendaftaran

Universitas Indonesia atau yang biasa dikenal dengan sebutan UI memang masih menjadi salah satu universitas favorit di Indonesia hingga saat ini. Terbukti dari info tentang Pendaftaran Jalur Penerimaan UI yang banyak diakses oleh pengguna internet terutama di masa pendaftaran mahasiswa baru. 

Universitas yang memiliki semboyan Veritas, Probitas dan Lustitia ini yang memiliki arti Kebenaran, Kejujuran dan Keadilan ini juga membuka jalur pendaftaran mahasiswa jalur beasiswa. 

Universitas Indonesia memiliki banyak fakultas dan program studi yang terdiri dari berbagai jenjang pendidikan sesuai minat calon mahasiswa. Diantaranya untuk jenjang S1 mencakup sekitar 16 fakultas, untuk jenjang S2 meliputi sekitar 14 fakultas dan untuk jenjang S3 terdiri dari 12 fakultas. Sedangkan untuk pendidikan vokasi hanya terdapat satu program yang menaungi sekitar 12 program studi. 

Universitas Indonesia memiliki fasilitas untuk menunjang kegiatan mahasiswa yang cukup lengkap. Yaitu fasilitas olahraga indoor yang terdiri dari lapangan basket, bulu tangkis dan bola voli. Sedangkan untuk fasilitas outdoor seperti lapangan bulu tangkis, voli, basket, tenis dan lapangan hoki. Untuk fasilitas stadion memadai untuk aktivitas olahraga atletik, lompat jangkit, futsal serta sepak bola. 

Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru dan Jalur Penerimaan UI Tahun Akademik 2021/2022

Untuk Pendaftaran Jalur Penerimaan UI di tahun akademik 2021/2022 ini dibuka dalam beberapa jalur. Yaitu jalur SNMPTN, SBMPTN, Talentscouting, PPKB, jalur SIMAK UI, jalur SIMAK Kelas Internasional dan jalur Bidikmisi. 

Terlepas dari sulitnya menempuh ke semua jalur yang ada karena untuk bisa masuk ke UI harus bersaing dengan banyak sekali calon mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia, Anda harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Caranya adalah dengan belajar yang giat, rajin berlatih soal dan jikalau perlu mengikuti bimbingan belajar khusus untuk persiapan masuk universitas. 

Anda pun tak perlu khawatir dengan adanya perbedaan dari jalur masuk universitas yang digunakan. Karena semua itu tak berpengaruh pada biaya yang akan ditanggung mahasiswa selama perkuliahan berlangsung. Perbedaan biaya hanya terletak pada besar uang pangkal yang sesuai dengan jenis jenjang, fakultas dan program studi yang dipilih. 

1. Jalur SNMPTN

Ini adalah Pendaftaran Jalur Penerimaan UI yang dilakukan oleh pelajar kelas 3 SMA jauh hari sebelum ujian nasional dilakukan. Karena seleksi yang dilakukan adalah berdasarkan prestasi akademik siswa yang bersangkutan. 

Dalam jalur ini yang dinilai adalah nilai raport dan portofolio akademik siswa yang dilihat selama kurun waktu 2 tahun terakhir dari sekolah lanjutan tingkat atas. Karena itulah, jalur ini juga dikenal sebagai jalur pendaftaran khusus untuk siswa yang berprestasi saja. 

Untuk bisa mendaftar di jalur ini yang pertama kali harus Anda lakukan adalah dengan melakukan registrasi di akun LTMPT, mengisi data PDSS, melakukan seleksi pemeringkatan yang kemudian diakhiri dengan pendaftaran SNMPTN. 

2. Jalur SBMPTN

Merupakan jalur pendaftaran mahasiswa baru untuk bisa masuk ke UI yang bisa diikuti oleh mahasiswa yang tak bisa mengikuti jalur SNMPTN. Adalah singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang mana menentukan penilaian berdasarkan nilai UTBK atau kriteria yang lainnya yang sudah ditentukan dari pihak universitas dan PTN yang dituju. 

Untuk bisa mendapatkan kesempatan mengikuti jalur SBMPTN, tahapan pertama yang harus dilalui adalah untuk melakukan pendaftaran akun LTMPT, setelah itu baru melakukan pendaftaran untuk mengikuti seleksi UTBK dan mendaftar SBMPTN. 

Apakah harus melakukan pendaftaran UTBK? Tentu saja harus, karena salah satu syarat untuk bisa mengikuti SBMPTN adalah memiliki nilai UTBK yang diperoleh dari melakukan ujian UTBK. 

 3. Jalur PPKB

Adalah Pendaftaran Jalur Penerimaan UI undangan yang ditujukan pada calon mahasiswa yang ingin mendaftar di program S1 paralel dan program vokasi yang ada di Universitas Indonesia. Siswa yang bisa mendaftar hanyalah siswa dari sekolah yang mendapatkan undangan dari universitas yang dimaksud. 

Dan pada jalur ini, calon mahasiswa hanya memiliki satu kesempatan untuk memilih satu program studi S1 paralel atau program vokasi yang terdapat pada jalur PPKB UI. Dan jika ada yang tak memiliki kesempatan untuk mendaftar di jalur ini, bisa mengikuti pendaftaran calon mahasiswa UI melalui ujian tertulis yang diselenggarakan SIMAK UI. 

 4. Jalur Talentscouting

Jalur berikutnya juga masih termasuk jenis jalur undangan. Namun undangan ini diperuntukkan khusus bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar di program studi S1 Kelas Internasional. Dan tentu hanya sekolah yang mendapatkan undangan saja yang berhak mendaftarkan calon siswanya untuk jalur Talentscouting ini.

Jika Anda pun tak berkesempatan untuk mengikuti jalur ini maka bisa mendaftar di Kelas Internasional yang diselenggarakan melalui jalur ujian tertulis SIMAK UI program studi Kelas Internasional. Pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui website resmi dari Universitas Indonesia. 

 5. Jalur SIMAK UI

Adalah jalur pendaftaran masuk UI yang dilakukan dengan melakukan ujian tertulis yang diselenggarakan oleh pihak universitas. Jalur ini bisa diikuti untuk Anda yang ingin mendaftar menjadi mahasiswa di program S1, S2 hingga program vokasi baik untuk reguler dan paralel.

Namun perlu diperhatikan bahwa untuk program S1 paralel terdapat persyaratan batas tahun lulus. Sedangkan untuk program S1 paralel dan program vokasi tak ada syarat batasan tahun lulus yang tercantum. 

 6. Jalur SIMAK Kelas Internasional

Pendaftaran Jalur Penerimaan UI berikutnya adalah melalui jalur SIMAK Kelas Internasional yang bisa diikuti untuk calon mahasiswa yang ingin masuk ke program Kelas Internasional. 

Dalam jalur ini dilakukan seleksi dengan menggunakan ujian tertulis yang menggunakan kata pengantar berupa bahasa Inggris. 

 7. Jalur Bidikmisi atau KIP Kuliah

Kemudian untuk jalur yang terakhir adalah jalur Bidikmisi atau KIP Kuliah. Jalur ini bisa ditempuh oleh Anda mahasiswa berprestasi yang berasal dari keluarga yang tidak mampu secara ekonomi untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan. 

Untuk bisa mengikutinya tentu saja Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu kemudian melengkapi berkas yang dibutuhkan sesuai dengan ketentuan dari pihak universitas. Itulah beberapa Pendaftaran Jalur Penerimaan UI untuk bisa masuk ke Universitas Indonesia dari mulai jalur prestasi hingga jalur beasiswa yang terdapat di Universitas Indonesia. 

Tips Sukses Masuk Universitas Indonesia Melalui Jalur Terbaik

Jika Anda masih bingung menentukan jalur yang akan Anda gunakan untuk masuk ke Universitas Indonesia maka sebaiknya perhatikan tips berikut ini. Bahwa yang pertama kali harus Anda lakukan adalah dengan melihat prestasi apa saja yang Anda miliki. Jika Anda memiliki prestasi yang baik dan bertahan dari mulai kelas 1 SMA, maka sebaiknya ikut jalur SNMPTN yang mana sudah dipersiapkan dengan bantuan dari sekolah yang bersangkutan. 

Baca juga :

  1. Pendaftaran, Biaya Dan Syarat Masuk Fakultas Kedokteran UI 2021/2022
  2. Biaya Kuliah UI 2021/2022 Universitas Indonesia
  3. Cara Masuk UI Selain Lewat Jalur UTBK – SBMPTN 2021
  4. Pendaftaran SIMAK UI 2021/2022 (Vokasi D3, S1 Dan S2)

Tips berikutnya adalah Anda bisa mengikuti bimbingan belajar khusus persiapan masuk universitas Indonesia yang kini banyak terdapat di berbagai kota besar di Indonesia. Dengan begitu, selain Anda bisa lebih siap untuk mengikuti ujian dengan model soal yang terbaru juga mendapatkan info yang paling terbaru mengenai Pendaftaran Jalur Penerimaan UI.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: 

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya 

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta