Pendaftaran Masuk Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) 2019/2020

 Mamikos | Rab, 23 Mei 2018

Pendaftaran Masuk STIS – Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) merupakan salah satu dari top 10 PTK di Indonesia yang cukup diminati serta berdiri di bawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS). Sebagai perguruan tinggi kedinasan yang menyelenggarakan program Diploma 4, program yang ditawarkan meliputi mata kuliah di bidang statistika serta komputasi statistik.

Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang ahli statistik, cobalah untuk mencari tahu informasi pendaftaran masuk STIS tahun 2018 agar memiliki waktu dalam mempersiapkan diri sekaligus semua persyaratan yang dibutuhkan.

Pendaftaran Masuk Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) 2019/2020

1. Informasi Seputar STIS

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik sudah berdiri sejak tahun 1958. Pada pelaksanaan perkuliahannya, kurikulum yang digunakan mengacu pada perkembangan berbagai aspek keilmuan, seperti kependudukan, ekonomi, teknologi, sosial, dan informasi. Metode perkuliahan pun ditekankan pada aspek pengembangan keterampilan di bidang statistik serta komputasi statistik, sehingga lulusan STIS lebih siap untuk terjun di dunia kerja dan di masyarakat.

Sebelum Anda memutuskan untuk meneruskan studi di STIS, Anda perlu mengetahui jurusan yang ditawarkan terlebih dahulu. STIS menawarkan jurusan statistika (ekonomi dan sosial kependudukan) yang akan menghasilkan tenaga ahli statistic ekonomi dan tenaga ahli statistik sosial-kependudukan, serta jurusan komputasi statistik yang akan menghasilkan tenaga ahli komputasi dan sistem informasi. Jika sudah menyelesaikan studi selama 4 tahun, Anda akan mendapatkan gelar Sarjana Sains Terapan (S.S.T.) dari STIS.

Sejarah STIS sebelum menjadi PTK yang banyak dikenal masyarakat tentunya cukup panjang. STIS pernah mengalami pergantian nama dari Akademi Ilmu Statistik (AIS) yang menyelenggarakan program D3 hingga menjadi STIS. Ketika masih bernama AIS pada tahun 1958, proses pendiriananya masih mendapatkan bantuan dana dari PBB. Dengan meningkatnya peminat terhadap ilmu statistik, pada tahun 1964 kemudian Badan Pusat Statistik membuka Perguruan Tinggi Ilmu Statistik (PTIS) yang pengajarnya berasal dari alumni AIS dibantu PBB.

 2. Program Studi STIS

Sebelum Anda memutuskan untuk menempuh studi di STIS, Anda perlu mengetahui program studi yang ditawarkan. Terdapat dua jurusan untuk program D4 yang ditawarkan STIS, yaitu:

  • Program D3 dan D4 Jurusan Statistika (140 – 160 SKS)

Jurusan statistika STIS untuk program D4 masih terbagi menjadi dua bidang peminatan, yaitu peminatan statistika ekonomi untuk mempelajari statistik terapan pada bidang ekonomi, sehingga para mahasiswa diharapkan mampu melakukan kegiatan serta menganalisis data statistik, harga, produk domestik regional bruto, indikator ekonomi, neraca wilayah, dan sebagainya.

Peminatan statistika sosial dan kependudukan mempelajari berbagai macam teknik pengolahan data, analisis data dan teknik penyusunan sistem informasi statistic, pembuatan program, penyusunan basis data, sistem jaringan, komunikasi data,serta diseminasi data statistik.

  • Program D4 Jurusan Komputasi Statistik (140 – 160 SKS)

Jurusan komputasi statistik memiliki tujuan untuk menghasilkan sarjana sains terapan di bidang komputasi statistik berkualitas, unggul, serat berintegritas. Pada proses perkuliahan, Anda akan mendapatkan materi tentang teknik pengolahan data, pembuatan program, analisis data, serta teknik penyusunan sistem informasi statistik (penyusunan basis data, komunikasi data, sistem jaringan, diseminasi data statistik) selama kurang lebih 4 tahun.

Setelah menyelesaikan studi di STIS, Anda akan lulus dan mendapatkan kelar Ahli Madya Statistik (A.Md.Stat.) untuk jenjang Diploma 3, sedangkan bagi Anda yang menyelesaikan studi jenjang Diploma 4 akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan Statistika (S.Tr.Stat.).

Fasilitas perkuliahan yang terdapat di STIS terbilang lengkap. Berbagai macam fasilitas yang terdapat di STIS dapat digunakan dan diakses seluruh mahasiswa, seperti:

  • Kelas ber-AC dengan sistem presensi sidik jari (finger print)
  • Laboratorium bahasa, laboratorium komputer dengan pusat pelayanan internet
  • Perpustakaan dengan koleksi buku lengkap
  • Klinik kesehatan
  • Koperasi mahasiswa (Kopma)
  • Kantin
  • Ruang kesenian untuk menyelenggarakan kegiatan band, seni tari, paduan suara, teater
  • Tempat beribadah
  • Auditorium dengan kapasitas 2000 orang

 3. Informasi Pendaftaran Masuk STIS

Setelah Anda mengetahui program studi serta fasilitas yang ditawarkan selama menempuh studi di STIS, kini saatnya Anda mencari tahu informasi pendaftaran STIS yang diinginkan. STIS tidak memungut biaya apapun selama proses pendaftaran hingga proses menyelesaikan studi, bahkan Anda akan mendapatkan uang saku sehingga tidak perlu khawatir dengan biaya studi. Jumlah mahasiswa STIS tahun 2019/2020 yang akan diterima sebanyak 600 orang dengan rincian sebagai berikut:

  • Mahasiswa D3 jurusan statistika (150 mahasiswa)
  • Mahasiswa D4 jurusan statistika (300 mahasiswa)
  • Mahasiswa D4 jurusan komputasi statistik (150 mahasiswa)

Karena STIS merupakan salah satu PTK kedinasan, maka setelah menyelesaikan program D3 Anda akan langsung diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan II/c untuk kemudian ditugaskan ke wilayah-wilayah di Indonesia, seperti Papua, Maluku, Nusa Tenggara, Sulawesi, Kalimantan, Riau, dan Bangka Belitung. Jika Anda menempuh program untuk jenjang D4, Anda akan diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan golongan III/a sebagai tenaga ahli statistika atau tenaga ahli komputasi statistik di Badan Pusat Statistik di seluruh wilayah Indonesia.

4. Sistem Seleksi Mahasiswa STIS

Penerimaan mahasiswa baru STIS dilakukan melalui 2 jalur, yaitu jalur ikatan dinas dan jalur tugas belajar. Pada jalur ikatan dinas, Anda yang mendaftar setelah lulus SMA tidak akan dikenakan biaya, bahkan akan mendapatkan uang saku. Setelah menyelesaikan studi, Anda akan langsung bekerja di lingkungan Badan Pusat Statistik maupun instansi yang sudah ditentukan.

Terdapat jalur program afirmasi khusus untuk putra-putri dari wilayah Papua dan Maluku dengan tujuan mengisi formasi pada unit kerja di wilayah tersebut. Pada jalur tugas belajar, Anda harus memiliki status PNS atau anggota TNI/POLRI yang sudah menyelesaikan studi di sekolah menengah serta mendapatkan rekomendasi atau surat tugas dari instansi asal.

5. Persyaratan Mendaftar Masuk STIS

Jika Anda ingin menjadi bagian mahasiswa STIS, maka Anda perlu memenuhi syarat-syarat wajib yag sudah ditetapkan, seperti:

  • Sehat jasmani dan rohani, bebas buta warna, bebas buta warna
  • Lulusan SMA/MA jurusan IPA dengan nilai matematika dan bahasa Inggris tidak kurang dari 7
  • Program D3 hanya dapat dilamar oleh peserta dari wilayah Papua, Maluku, Nusa Tenggara, Sulawesi, Kalimantan, Kepulauan Riau, dan Kepulauan Bangka Belitung, sedangkan program afirmasi dikhususkan untuk pelamar dari wilayah Papua dan Maluku.
  • Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama menyelesaikan studi di STIS

6. Cara Mendaftar di STIS

Setelah Anda memenuhi syarat masuk yang ditetapkan, Anda dapat melakukan pendaftaran online STIS dengan urutan sebagai berikut:

  • Melakukan pendaftaran online dari http://sscndikdin.bkn.go.id kemduian mengisi formulir pendaftaran online pada aplikasi SPMB STIS dari http://www.stis.ac.id/spmb.
  • Membayar biaya seleksi sebesar 300.000 rupiah di bank BRI dengan membawa kode pembayaran yang sudah didapatkan ketika mendaftar
  • Mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk dari website STIS
  • Mengikuti petunjuk pada Kartu Peserta Ujian Masuk
  • Jenis ujian masuk STIS terbagi menjadi 4 tahapan, yaitu:

7. Kontak Informasi STIS

Informasi lebih lanjut mengenai STIS bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi Kampus Politeknik Statistika STIS di Jalan Otto Iskandardinata No. 64 C. Jika tidak bisa datang langsung, silahkan menghubungi nomor telepon (021) 8191437 pada hari dan jam kerja.

Sekian informasi yang dapat Mamikos berikan mengenai jadwal pendaftaran masuk STIS 2018. Jangan lupa mempersiapkan diri sebaik-baiknya agar Anda dapat diterima sebagai salah satu mahasiswa STIS tahun ini. Jika kesulitan mendapatkan lokasi menginap untuk menjalani ujian, gunakan aplikasi kost mamikos yang bisa diunduh gratis melalui ponsel android atau ios.

Aplikasi tersebut akan memudahkan Anda dalam mencari kost dekat STIS Jakarta Timur murah tanpa perlu datang langsung ke lokasi, sehingga proses pencarian akan menjadi lebih cepat dan praktis.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: