Pendaftaran Online 10 Politeknik Terbaik di Indonesia 2019/2020

 Mamikos | Sel, 22 Mei 2018

Pendaftaran Online 10 Politeknik Terbaik di Indonesia 2019/2020 – Melanjutkan studi di politeknik terkadang menjadi pilihan bagi lulusan sekolah menengah yang ingin langsung berkarir di dunia kerja. Tidak hanya itu, peluang seorang lulusan politeknik juga sangat diperhitungkan, apalagi jika Anda berasal dari politeknik swasta terbaik di Indonesia, politeknik pertanian terbaik di Indonesia, politeknik kesehatan terbaik di Indonesia, maupun salah satu dari top 10 Politeknik di Indonesia.

Pendaftaran Online 10 Politeknik Terbaik

1. Alasan-Alasan Meneruskan Studi di Politeknik

Jika Anda masih ragu untuk meneruskan studi di politeknik, berikut ini terdapat beberapa alasan yang dapat dipertimbangkan.

  • Kualitas pendidikan yang tidak kalah dengan PTN dan PTS. Anda yang seringkali menganggap bahwa PTN dan PTS lebih baik dibandingkan politeknik perlu meninjau ulang pendapat tersebut. Tidak semua politeknik kualitasnya di bawah PTN dan PTS, apalagi adanya peringkat politeknik di Indonesia yang menunjukkan kategori sekaligus nama-nama politeknik terbaik di Indonesia dapat menjadi acuan dalam memilih politeknik yang diinginkan.
  • Lulusan politeknik lebih siap terjun di dunia kerja. Fakta bahwa pendidikan di politeknik menekankan aspek praktik hingga mencapai 70% lebih besar dibandingkan aspek teorinya yang hanya 30%. Hal ini sangat berkebalikan dengan pendidikan di universitas. Dengan persentase kegiatan praktikum sangat tinggi tersebut tidak mengherankan jika kegiatan praktikum mahasiswa politeknik sangat menguras waktu. Namun, lulusan politeknik akan lebih siap untuk bekerja di perusahaan, di bidang industri, serta di instansi-instansi yang membutuhkan kerja praktik karena lebih terlatih.
  • Politeknik membekali mahasiswanya dengan program magang dan pelatihan. Tidak seperti kurikulum di PTN dan PTS yang menitikberatkan teori, jika Anda meneruskan studi di politeknik, maka Anda akan mendapatkan banyak jam tambahan untuk magang di perusahaan atau di tempat yang berkaitan dengan studi. Jadi, Anda dapat langsung mengaplikasikan ilmu yang sudah didapatkan ketika kuliah langsung di dunia kerja. Terkadang perusahaan tempat magang yang menganggap kinerja mahasiswanya cukup baik akan langsung meminta mahasiswa tersebut menjadi bagian dari perusahaan setelah lulus tanpa perlu menjalani tes lagi. Sangat menguntungkan, bukan?

Meskipun lulusan politeknik tidak mendapatkan gelar sarjana, namun karier Anda sebagai seorang lulusan politeknik bisa jadi lebih sukses dibandingkan lulusan S1 jika terus belajar dengan tekun.

2. Daftar politeknik negeri terbaik

Tidak perlu risau jika Anda masih belum menentukan politeknik mana yang akan menjadi tujuan selepas lulus sekolah menengah nanti. Pembuatan ranking untuk menentukan urutan peringat politeknik didasarkan pada berbagai aspek, seperti aspek SDM berdasarkan jumlah dosen S3 serta perbandingan mahasiswa terhadap dosen, aspek kelembagaan dengan jumlah mahasiswa asing, penilaian akreditasi institusi serta program studi yang mendapatkan penilaian nasional dan internasional, aspek kemahasiswaan, serta aspek penelitian dan publikasi yang dilakukan dosen.

Berikut ini terdapat refensi top 10 politeknik di Indonesia dengan fokus bidang dan jurusan tertentu sebagai pertimbangan:

1. Politeknik terbaik di Indonesia : Politeknik Elektronik Negeri Surabaya (PENS)

Anda tertarik untuk mendalami bidang teknik elektro atau dunia robotik? Jika jawabannya ‘ya’, maka salah satu politeknik yang terletak di Surabaya ini layak dijadikan pertimbangan. Sebagai salah satu dari top 10 politeknik di Indonesia, fasilitas PENS tidak perlu diragukan lagi, bahkan fasilitas untuk menunjang kegiatan perkuliahan tersedia dengan lengkap.  Program studi yang banyak diminati di PENS adalah teknik informatika. Anda tidak perlu khawatir akan ketinggalan zaman jika meneruskan studi di PENS karena saat ini kurikulum PENS sudah diperbaiki, sehingga tidak tertinggal dengan perkembangan pesat teknologi informasi.

Fasilitas yang tersedia di PENS pun sangat lengkap, mulai dari 26 buah ruang kelas dengan 44 laboratorium, aula, auditorium, serta perpustakaan. Adanya ruang konferensi virtual juga digunakan untuk mendukung proses pembelajaran. Jika ingin menghadap dosen untuk bimbingan, tersedia ruang tugas akhir bagi setiap jurusan. Adanya absensi menggunakan smartcard bagi mahasiswa dan sidik jari untuk dosen serta karyawan juga akan membuat proses belajar mengajar menjadi lebih kondusif. Untuk fasilitas umum mahasiswa, terdapat kantin, fasilitas olahraga, taman wifi, musholla, poliklinik, bahkan asrama untuk mahasiswa.

Kiprah lulusan profesional yang dihasilkan PENS sudah tersebar di seluruh nusantara. Anda tidak perlu khawatir dengan jenjang studi yang ditawarkan PENS karena ternyata politeknik ini juga menyelenggarakan program untuk jenjang pascasarjana. Untuk bisa menjadi bagian dari politeknik terbaik se-Indonesia dalam bidang robotik dan perangkat lunak ini, Anda dapat memilih jalur masuk yang sesuai dengan terus memantau informasi jadwal pendaftaran masuk Politeknik Negeri Surabaya. Bagi Anda yang berasal dari luar daerah, masalah hunian seringkali menjadi kendala sehingga tidak ada salahnya untuk memilih kost Surabaya murah sebagai tempat tinggal sementara.

2. Politeknik terbaik di Indonesia: Politeknik Negeri Sriwijaya (Ponsri)

Politeknik Negeri Sriwijaya berlokasi di Jalan Srijaya Negara Bukit Besar, Palembang, Sumatera Selatan. Politeknik ini membuka jurusan bagi Anda yang tertarik untuk mendalami bidang teknik maupun bidang lain yang terkait.

Jalur pendaftaran yang disediakan Politeknik Negeri Sriwijaya cukup beragam, mulai dari jalur UMPN yang dilakukan secara serentak, jalur PMDK-DN yang fokus untuk menelusuri minat dan kemampuan, jalur bidikmisi untuk mahasiswa yang kurang mampu, jalur kerjasama dengan PT PLN, jalur program studi di luar domisili (PDD), jalur kerjasama dengan PT Garuda Maintenance Facilities, jalur alih jenjang sarjana terapan (D4), serta jalur mandiri.

Untuk bisa mendapatkan informasi terkait pendaftaran masuk Politeknik Negeri Sriwijaya, selalu pantau terus perkembangan informasi terkini melalui website resmi politeknik. Jika Anda mendapatkan lokasi ujian di dekat politeknik, Anda bisa mengantisipasi hunian sementara dengan menyewa kost mahasiswa Palembang murah  yang harganya cukup terjangkau.

3. Politeknik terbaik di Indonesia: Politeknik Negeri Semarang (Polines)

Pilihan untuk meneruskan studi di Semarang tidak hanya terbuka untuk jenjang universitas saja. Anda bisa mempertimbangkan Polines sebagai kampus tujuan dan mencari tahu jadwal pendaftaran masuk Politeknik Negeri Semarang. Tersedia banyak pilihan jurusan di Polines yang dapat disesuaikan passion serta minat. Salah satu nilai plus Polines adalah pengadaan jalur kerjasama antara Polines dengan MSU (Management Science University) di Malaysia pada program studi teknik informatika dan program studi manajemen pemasaran. Jadi, bagi Anda yang tertarik untuk mendaftar jalur regular maupun jalur kerjasama, mulailah menyiapkan diri sejak saat ini. Lokasi ujian yang jauh dari tempat domisili bisa menjadi alasan untuk memilih kost Semarang murah yang bisa disewa beberapa orang sekaligus dalam satu kamar sama.

 4. Politeknik terbaik di Indonesia: Politeknik Negeri Malang (Polinema)

Politeknik Negeri Malang (Polinema) memiliki lokasi yang strategis di Jalan Soekarno Hatta 9 Malang. Jika Anda ingin meneruskan studi jenjang D3 atau D4 di Malang, maka Polinema bisa menjadi alternatif karena selain menyediakan lokasi studi nyaman di Malang, proses pembelajarannya pun cukup baik. Anda dapat memilih jalur masuk yang sesuai dengan prestasi atau kualifikasi.

Terdapat 7 pilihan jurusan dengan 19 program studi (untuk jenjang D3 dan D4) yang ditawarkan Politeknik Negeri Malang. Selain itu, Politeknik Negeri Malang juga menawarkan jalur masuk kerjasama dengan PT PLN Persero yang akan membantu Anda menjadi karyawan PT PLN langsung setelah lulus. Jadi, Anda tidak perlu bingung mencari lowongan kerja lagi, bukan? Informasi pendaftaran masuk Politeknik Negeri Malang harus Anda pantau agar Anda tidak melewatkan informasi penting. Jika mendapatkan lokasi ujian di Politeknik Negeri Malang, Anda pun bisa langsung menyewa kost Malang murah dekat Polinema agar tidak terlambat.

5. Politeknik terbaik di Indonesia: Politeknik Negeri Jakarta

Politeknik Negeri Jakarta termasuk dalam top 10 politeknik di Indonesia yang layak Anda pertimbangkan. Pasalnya, Politeknik yang terletak di Jalan Prof. Dr. G.A. Siwabessy ini menawarkan pilihan program studi untuk jenjang D3 dan D4 dengan perusahaan-perusahaan ternama di Indonesia maupun perusahaan di bidang industri. Tentunya pengalaman Anda sebagai pemegang gelar diploma bisa menjadi lebih matang jika langsung terjun di dunia kerja, apalagi jika Anda dihadapkan langsung dengan permasalahan nyata di lapangan.

Beberapa perusahaan yang menjalin relasi dengan Politeknik Negeri Jakarta adalah PT Jasa Marga, PT Trakindo Utama, CCIT-FTUI, Badak LNG, Holcim Academy, GMF Aeroasi, Asia e-University Malaysia, dan BLK Cevest Bekasi. Politeknik ini juga membuka program inklusi untuk jenjang D3 pada program studi manajemen pemasaran, sehingga Anda atau kerabat yang memiliki kebutuhan khusus bisa melamar program ini. Persaingan untuk menjadi mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta juga sangat ketat, sehingga Anda dapat mempersiapkan diri dan mengumpulkan informasi pendaftaran masuk Politeknik Negeri Jakarta dengan berbagai jalur. Jika Anda berasal dari luar kota dan mendapatkan lokasi ujian di Jakarta, maka Anda bisa mulai mencari hunian murah seperti kost Jakarta murah dekat Politeknik Negeri Jakarta agar biaya transportasi dan biaya sewa kamar dapat dihemat.

6. Politeknik terbaik di Indonesia: Politeknik Negeri Jember (Polijem)

Jika Anda tertarik untuk mendalami program studi yang berkaitan dengan pertanian, maka Politeknik Negeri Jember bisa menjadi jawaban tepat. Politeknik Negeri Jember diharapkan mampu menjadi universitas kelas dunia dengan adanya fasilitas memadahi dan lengkap untuk menunjang proses pendidikan. Bahkan, Politeknik Negeri Jember juga mengadakan kerja sama serta pertukaran pelajar dan riset dengan berbagai macam universitas, mulai dari Vietnam National University di Vietnam, Rajamanggala University Tanyaburi Thailand, Kyungpook National University di Korea, dan Jiangsu Agri-Animal Husbandry Vocational College. Peluang untuk bisa menjalani pertukaran di negeri lain sekaligus mengembangkan kemampuan akademik inilah yang perlu Anda manfaatkan.

Agar tidak tertinggal jadwal pendaftaran masuk Politeknik Negeri Jember, Anda dapat memantau perkembangan informasi resmi dari website kampus. Jangan lupa menyewa kost Jember murah dekat Politeknik Negeri Jember, apalagi jika Anda mendapatkan lokasi ujian dekat Politeknik Negeri Jember.

7. Politeknik terbaik di Indonesia: Politeknik Negeri Bandung

Politeknik Negeri Bandung juga menyandang predikat sebagai salah satu politeknik terbaik di Indonesia. Dulunya, Politeknik Negeri Bandung berada di bawah naungan Institut Teknologi Bandung, kemudian pada tahun 1997 Politeknik Negeri Bandung resmi berdiri sendiri. Tersedia banyak pilihan program studi yang ditawarkan Politeknik Negeri Bandung, mulai dari jurusan teknik, bahasa, hingga tata niaga. Kualitas pengajarnya pun tidak perlu diragukan lagi karena lulusan berkualifikasi S1 hingga S3 terdapat di kampus ini. Anda bisa memilih program studi untuk jenjang D3 atau D4 di Politeknik Negeri Bandung. Manfaatkan jalur masuk yang tersedia serta pantaulah informasi jadwal pendaftaran masuk Politeknik Negeri Bandung agar tidak terlewat. Selain itu, Anda juga bisa menyewa hunian nyaman seperti kost Bandung murah dekat Politeknik Negeri Bandung untuk menghemat biaya merantau.

8. Politeknik terbaik di Indonesia: Politeknik Negeri Lampung

Politeknik Negeri Lampung atau Polinela merupakan salah satu politeknik yang lokasinya cukup strategis di Lampung. Dulunya politeknik ini hanya membuka jurusan untuk bidang pertanian saja, namun saat ini jurusan yang ditawarkan semakin bervariasi. Terdapat banyak program studi yang ditawarkan di Polinela, baik untuk jenjang D3 maupun D4. Anda bisa mempelajari program studi mengenai tanaman pangan, hortikultura, tanaman perkebunan, teknik sumber daya lahan, mekanisasi pertanian, dan sebagainya.

Anda yang tertarik untuk mendalami bidang pertanian bisa mempertimbangkan Politeknik Negeri Lampung sebagai tempat tujuan. Jalur masuk yang ditawarkan juga sangat beragam, mulai dari jalur masuk dengan prestasi akademik hingga tes tertulis. Agar tidak tertinggal informasi, carilah info jadwal pendaftaran masuk Politeknik Negeri Lampung terbaru. Persiapkan diri dengan baik seperti dengan memilih tempat tinggal sementara di kost Bandar Lampung murah agar tidak terlambat ujian.

9. Politeknik terbaik di Indonesia: Politeknik Negeri Medan

Politeknik Negeri Medan adalah salah satu politeknik yang menyediakan program D3, D4, satu tahun, dan program internasional. Beberapa program studi dibuka untuk kelas pagi dan sore, sehingga Anda bisa menyesuaikan kesibukan dan aktivitas di luar perkuliahan untuk mengembangkan. Anda pun dapat langsung meneruskan studi jenjang D4 setelah menyelesaikan jenjang D3 karena terdapat beberapa program studi yang ditawarkan. Bahkan, Politeknik Negeri Medan juga menyediakan program satu tahun bagi lulusan sekolah menengah yang ingin memperdalam ilmu dan lebih siap terjun di dunia kerja.

Ingin mendapatkan sertifikat yang diakui secara internasional? Silahkan mendaftar pada program studi yang ditawarkan bekerjasama dengan NIIT India. Agar tidak tertinggal informasi pendaftaran, selalu pantaulah informasi jadwal pendaftaran masuk Politeknik Negeri Medan. Persiapkan pula tempat tinggal sementara seperti kost Medan murah jika Anda berasal dari luar kota namun mendapatkan lokasi ujian di Medan.

10. Politeknik terbaik di Indonesia: Politeknik Negeri Pontianak

Politeknik Negeri Pontianak merupakan salah satu politeknik yang lokasinya cukup strategis di ibukota provinsi Kalimantan Barat. Dulunya, politeknik ini dikenal dengan nama Politeknik Universitas Tanjungpura yang hanya membuka jurusan teknik sipil dan jurusan teknik mesin, baru kemudian pada tahun 1997 nama politeknik berubah menjadi Politeknik Negeri Pontianak.

Jurusan dan program studi yang ditawarkan Politeknik Negeri Pontianak cukup beragam, mulai dari jurusan teknik, ekonomi, ilmu kelautan, dan bidang pertanian. Program yang ditawarkan ditujukan untuk jenjang D3 dan D4. Jika Anda tertarik untuk mendaftar menjadi salah satu mahasiswa Politeknik Negeri Pontianak, selalu pantaulah informasi pendaftaran masuk Politeknik Negeri Pontianak yang terdapat di website resmi. Anda juga bisa mempersiapkan diri sebelum menjalani tes masuk dengan menyewa kost Pontianak Kalimantan Barat murah dekat Politeknik Negeri Pontianak.

Setelah membaca artikel tentang top 10 politeknik di Indonesia tersebut, sudahkan Anda menentukan pilihan untuk meneruskan studi? Tentunya masih ada politeknik lain di Indonesia yang bisa mengakomodasi passion serta minat Anda, seperti politeknik swasta maupun politeknik kesehatan. Setelah yakin dengan politeknik yang akan menjadi pilihan, jangan lupa mencari hunian nyaman dekat politeknik dengan bantuan aplikasi pencari kost mamikos yang bisa diunduh gratis melalui ponsel android atau ios.

Aplikasi tersebut akan membantu Anda dalam mendapatkan hunian kost berfasilitas lengkap dengan harga terjangkau. Bahkan, Anda juga bisa tinggal dengan beberapa orang dalam satu kamar, menyewa kamar tersebut selama beberapa hari saja hingga beberapa tahun. Mamikos juga akan membantu Anda dalam mendapatkan informasi terkini lowongan kerja terbaru di Indonesia, terutama di kota-kota besar dan sekitarnya. Jadi, tunggu apalagi? Segera download dan install aplikasi mamikos di ponsel Anda. Selamat mencari!

Klik dan dapatkan kost yang kamu idamkan: