Pendaftaran Online Kartu Prakerja 2020, Cek Tahapannya!

 Almara Jati | Sel, 26 Mei 2020

Pendaftaran Online Kartu Prakerja 2020, Cek Tahapannya! – Kamu sudah lulus tetapi belum mendapat pekerjaan? Menjadi seorang pengangguran bukan berarti kamu boleh bermalas-malasan di rumah. Kamu bisa mengembangkan kemampuan dan ilmu kamu melalui berbagai kesempatan, baik itu secara online maupun offline. Kamu bisa menghadiri berbagai pelatihan kerja atau seminar yang sesuai dengan minatmu.

Tahapan Pendaftaran Online Kartu Prakerja

unsplash.com

Pemerintah Indonesia melalui pengadaan Kartu Prakerja berusaha untuk membantu masyarakat Indonesia yang sedang berburu pekerjaan. Kartu ini dipromosikan oleh Presiden Joko Widodo bersamaan dengan Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah dan Kartu Sembako Murah. Kamu bisa mendapatkan Kartu Prakerja dengan mendaftar secara online. Sistem online dipilih agar pendaftar tidak mendaftar dengan 2 kartu.

Kalau kamu merupakan pengangguran yang sedang butuh pelatihan, kamu bisa mendaftar untuk mendapatkan kartu tersebut. Kamu akan diberikan berbagai pelatihan dan peningkatan kualitas diri. Lalu, bagaimana tahapan pendaftaran online Kartu Prakerja tahun 2020? Berikut Mamikos akan menjelaskan tahapan pendaftaran Kartu Prakerja.

Apa itu Kartu Prakerja?

Kartu Prakerja merupakan bantuan biaya pelatihan untuk masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya. Kartu ini ditujukan kepada para pencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena PHK atau pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Untuk mendapatkan kartu ini, peserta harus membuat akun terlebih dahulu secara online di laman resmi Kartu Prakerja. Setelah mendaftar dan melakukan pelatihan, peserta akan mendapatkan berbagai manfaat seperti insentif.

Dalam artian tersebut, keberadaan Kartu Prakerja bukan untuk menggaji para pengangguran. Kartu ini diberikan kepada mereka yang ingin meningkatkan keterampilan kerja dalam bentuk bantuan biaya pelatihan. Selain itu, untuk menanggulangi banyaknya pengangguran akibat Covid-19, pemerintah akan lebih memprioritaskan para pekerja dan pelaku usaha miro dan kecil yang terdampak. Meski begitu, orang yang sudah bekerja dan karyawan juga bisa mendaftar untuk mendapatkan kartu ini.

Alokasi Anggaran Untuk Kartu Prakerja

Pemerintah Indonesia melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan bahwa anggaran untuk Kartu Prakerja tahun 2020 ditingkatkan dari Rp10 triliun menjadi Rp20 triliun. Hal itu juga diiringi dengan penambahan penerimaan peserta yang mulanya hanya  untuk 2 juta orang menjadi 5,6 juta orang. Setiap minggunya, akan ada 164 ribu orang yang mendapat alokasi pendaftaran Kartu Prakerja. Beberapa pihak yang menjadi mitra Kartu Prakerja adalah Tokopedia, Bukalapak, Skill Academy by Ruangguru, MauBelajarApa, HarukaEdu, PijarMahir, Sekolah.mu, Sisnaker, PT Bank Negara Indonesia Tbk, LinkAja, dan OVO.

Manfaat Kartu Prakerja

Pemerintah memang sedang gencar-gencarnya ingin meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Untuk kamu yang sedang membutuhkan Kartu Prakerja, ada beberapa manfaat yang akan kamu terima. Berikut manfaat jika kamu mendaftarkan diri untuk mendapat Kartu Prakerja.

  1. Membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung oleh pihak pekerja dan perusahaan.
  2. Mampu mengurangi biaya dalam mencari informasi mengenai pelatihan.
  3. Mendorong keberkejaan seseorang lewat pengurangan mismatch.
  4. Menjadikan komplemen dari pendidikan formal.
  5. Setelah menyelesaikan pelatihan, kamu akan mendapatkan insentif dalam bentuk biaya bulanan sebesar Rp3.550.000,00. Biaya tersebut terdiri dari:
    • Biaya pelatihan sebesar Rp1.000.000,00
    • Insentif pasca pelatihan sebesar Rp600.000,000 per bulan selama 4 bulan
    • Insentif survey keberkerjaan dengan total Rp150.000

Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja

Nah, kalau kamu tertarik, kamu bisa segera mendaftarkan diri untuk mendapatkan kartu tersebut. Sebelum itu, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu memenuhi syarat-syarat yang diwajibkan oleh pemerintah. Berikut syarat-syarat untuk mendaftar.

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Minimal berusia 18 tahun.
  3. Sedang tidak menempuh pendidikan formal.

Tahapan Daftar Kartu Prakerja

udah memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan? Kini saatnya kamu mendaftar untuk mendapatkan Kartu Prakerja. Kamu bisa mendaftar secara online melalui laman https://www.prakerja.go.id/. Berikut tahapan pendaftarannya.

Membuat Akun

  1. Masukkan email atau nomor ponsel.
  2. Klik Daftar.
  3. Pilih metode verifikasi (email atau SMS).
  4. Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan via email atau SMS.
  5. Pendaftaran berhasil.

Melengkapi Data Diri

Setelah berhasil membuat akun, lanjutkan dengan mendaftar program Kartu Prakerja. Berikut tahapannya.

  1. Login kembali ke akun dengan alamat email dan kata sandi yang telah dibuat.
  2. Isi formulir pendaftaran yang tertera.
  3. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan dengan melakukan Tes Kemampuan Dasar.
  4. Selesai dengan semua prosedur, kamu akan mendapat notifikasi berikutnya di akunmu.

Tips Mendaftar Kartu Prakerja

unsplash.com

Banyak orang yang sudah pernah mendaftar Kartu Prakerja tetapi mengalami kegagalan. Pada pendaftaran gelombang I, dari 5,6 juta pendaftar, hanya 168 ribu orang yang berhasil mengikuti pelatihan. Berikut beberapa kesalahan para pendaftar yang bisa kamu jadikan pelajaran saat mendaftar untuk pelatihan.

  1. Kegagalan teknis berupa pendaftaran yang tidak selesai karena terputus. Sehingga, pastikan bahwa kamu menyelesaikan pendaftaran, ya! Jangan sampai koneksi kamu terputus saat sedang melakukan pendaftaran.
  2. Kesalahan input dokumen (misal salah memasukkan data NIK). Cek lagi dokumen yang kamu input ke sistem Kartu Prakerja. Kalau misalnya kamu salah memasukkan NIK, sistem tidak akan bisa membaca datamu.
  3. Tidak menggunakan alamat email yang valid. Notifikasi pendaftaran akan dikirimkan ke alamat email yang kamu daftarkan. Jadi, gunakan email yang aktif dan pastikan bahwa kamu menulis alamat emailmu dengan benar.
  4. Foto yang diunggah untuk verifikasi kurang jelas. Pastikan wajahmu tampak jelas dan mata menghadap ke kamera. Jangan gunakan kacamata atau penutup kepala saat foto.

Kamu akan tahu kamu lolos atau tidak melalui pengumuman di dashboard akunmu. Kamu bisa login ke akunmu untuk mengetahuinya. Jika kamu lolos seleksi, kamu akan menerima notifikasi melalui SMS dan kamu bisa melihat Nomor Kartu Prakerja serta status saldo kamu di dashboard akun. Kalau kamu belum lolos, kamu bisa memilih mendaftar di gelombang selanjutnya.

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang IV

Pemerintah berencana membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang IV pada 26 Mei 2020. Kamu bisa membuka laman resmi Kartu Prakerja untuk mendaftar yang bisa dilakukan setiap Senin sampai Kamis mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Berikut tahapan pendaftaran untuk gelombang IV.

  1. Setelah memiliki akun dan melakukan verifikasi, ikuti tes motivasi dan matematika dasar. Tujuannya adalah untuk mengetahui kompetensi dan potensi yang kamu miliki.
  2. Kamu akan menerima pengumuman peserta yang lolos.
  3. Kamu bisa memilih jenis pelatihan dari berbagai mitra Kartu Prakerja. Pemerintah menyediakan 900 pelatihan dari 8 platform digital (Tokopedia, Ruang Guru, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, dan Pijar).
  4. Ikuti pelatihan sesuai dengan pilihanmu.
  5. Selesai mengikuti pelatihan, kamu akan mendapat sertifikat elektronik dari program pelatihan yang telah kamu ikuti. Setelah mengisi survey evaluasi, kamu akan mendapat insentif sebesar Rp150.000,00.
  6. Kamu akan menerima insentif lagi sebesar Rp600.000,00 tiap bulan selama 4 bulan yang dikirimkan secara non tunai melalui rekening bank atau dompet elektronik.

Nah, itu tadi penjelasan Mamikos tentang pendaftaran online Kartu Prakerja. Kamu bisa memanfaatkan kartu ini jika kamu sedang kesulitan mencari pekerjaan di masa pandemi Covid-19 ini. Kamu bisa meningkatkan skill dan ilmu tentang bidang yang kamu kuasai. Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal dekat kampus idaman setelah lolos SBMPTN 2020, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: