Pendaftaran Politeknik Negeri Lampung 2018/2019

 Mamikos | Jum, 04 Mei 2018

Pendaftaran Politeknik Negeri Lampung – Meneruskan studi di politeknik yang terdapat di Sumatera kini bukan hal yang sulit lagi. Jika Anda tinggal di Provinsi Lampung dan sudah lulus sekolah menengah, maka meneruskan studi di Politeknik Negeri Lampung atau Polinela dapat Anda lakukan. Pastikan untuk mencari tahu jadwal pendaftaran masuk Politeknik Negeri Lampung terbaru agar Anda dapat mempersiapkan diri dengan baik.

Politeknik Negeri Lampung dulunya bernama Politeknik Pertanian Negeri Lampung hingga kemudian pada tahun 2004 berubah nama karena bidang studi yang ditawarkan tidak hanya terbatas pada jurusan di bidang pertanian saja, tetapi juga sudah meluas.

Jurusan dan program studi yang ditawarkan Politeknik Negeri Lampung cukup beragam, sehingga Anda dapat menyesuaikan passion serta minat. Lokasi Politeknik Negeri Lampung terletak di Jalan Soekarno Hatta 10 Rajabasa, Bandar Lampung. Motto politeknik ini adalah ‘profesional, cerdas, dan kompetitif’, sehingga Anda akan menemukan nilai-nilai ini diterapkan pada kegiatan pembelajaran.

Pendaftaran Politeknik Negeri Lampung 2018/2019

 

Jurusan dan Program Studi di Politeknik Negeri Lampung

Anda yang ingin menjadi bagian dari Politeknik Negeri Lampung bisa mencari tahu berbagai macam jurusan serta program studi di kampus ini. Terdapat program D3 dengan gelar ahli madya untuk Anda yang ingin menuntaskan kegiatan kuliah dalam 6 semester, sedangkan program D4 dengan gelar sarjana terapan bisa Anda dapatkan dengan menempuh studi selama kurang lebih 8 semester. Terdapat 5 jurusan di Politeknik Negeri Lampung, diantaranya:

  • Jurusan budidaya tanaman pangan
  • Jurusan budidaya tanaman perkebunan
  • Jurusan teknologi pertanian
  • Jurusan peternakan
  • Jurusan ekonomi dan bisnis

Setelah Anda mencari tahu jurusan-jurusan di Politeknik Negeri Lampung, Anda juga perlu mencari tahu program studi yang ditawarkan oleh jurusan tersebut. Jumlah program studi yang tersedia ada 11, yaitu:

  • Program studi yang ditawarkan untuk jenjang D3

Program studi produksi tanaman pangan: berfokus untuk melatih mahasiswanya agar bisa berkompetisi pada dunia kerja, melakukan kegiatan wirausaha, melakukan proses pembenihan dengan handal, serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Program studi hortikultura: program ini bertujuan untuk mencetak lulusan yang memiliki kemampuan sebagai manajer, penyuluh, konsultan, supervisor, teknisi produksi hortikultura, ahli kultur jaringan, pengembang agribisnis hortikultura, hingga penata taman.

Program studi produksi tanaman perkebunan: berfokus untuk menyiapkan lulusan yang mampu menjadi supervisor bidang perkebunan. Selain itu, pada program ini juga akan dipelajari teknik budidaya, pengolahan hasil, serta kegiatan manajemen perkebunan dan kegiatan kewirausahaan namun tetap dengan mengambangkan sikap tanggung jawab.

Program studi teknik sumber daya lahan dan lingkungan: program ini bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa agar memiliki kemampuan teknis operasional serta mampu melakukan aktivitas manajerial di bidang keteknikan sumber daya lahan dan air. Oleh karena itu, Anda akan mendapatkan materi tentang pengolahan dan pemanfaatan sumber daya lahan, analisis kualitas lingkungan, perencanaan dan aplikasi irigasi, hingga survey dan pemetaan.

Program studi mekanisasi pertanian: program ini memiliki kurikulum yang cukup detail tentang pengoperasian alat dan mesin budidaya pertanian, peralatan pascapanen, hingga perbengkelan pertanian, sehingga Anda bisa menjadi seorang supervisor sekaligus ahli dalam bidang bangunan pertanian.

Program studi teknologi pangan: berfokus untuk menyiapkan lulusan handal dalam bidang teknologi pengolahan pangan serta produk-produk pertanian. Selain itu, Anda juga akan dibimbing menjadi seorang supervisor yang paham tentang control produk agar bisa mengembangkan diversifikasi hasil olahan pangan.

Program studi produksi ternak: berfokus untuk melatih Anda agar profesional ketika melakukan seleksi ternak, memberi dan merancang ransum ternak, mengembangkan produk peternakan serta proses pemasarannya, menerapkan program reproduksi pada bidang peternakan, merancang program untuk memberantas penyakit ternak serta mencegahnya, dan sebagainya.

Program studi budidaya perikanan: program ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan dengan kualifikasi tinggi, sehingga dapat berkompetisi di pasar global atau menjadi seorang ahli wirausaha di bidang pembenihan dan pembesaran produk perikanan.

Program studi agribisnis: program ini akan membantu Anda untuk menjadi seorang wirausahawan di bidang agribisnis serta mampu menggunakan teknologi serta cara berkomunikasinya dalam dunia bisnis

Program studi akuntansi: mempersiapkan Anda menjadi seorang akuntan profesional yang mampu menyusun berbagai laporan keuangan untuk perusahaan, mampu menghitung dan melaporkan pajak, serta menerapkan proses pelaksanaan audit dengan memperhatikan sistem informasi akuntansi

Program studi manajemen informatika: Mempersiapkan Andauntuk bisa menjadi seorang lulusan yang dapat merancang serta mengelola sistem basis data, berbagai macam perangkat lunak atau software komputer, sistem informasi yang berbasis website, menerapkan konsep-konsep bisnis, serta mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi informasi.

  • Program studi yang ditawarkan untuk jenjang D4

Program studi teknologi pembenihan: menyiapkan Anda untuk menjadi seorang sarjana sains terapan dengan keahlian di bidang agribisnis serta teknologi pertanian.

Program studi produksi dan manajemen perkebunan: menyiapkan Anda untuk memiliki kemampuan teknis, akademik, serta manajerial dan mengembangkan kemampuan untuk berkomunikasi

Program studi teknologi produksi ternak: mempersiapkan Anda untuk menjadi lulusan yang bisa berkompetisi di bidang teknologi produksi ternak

Program studi agribisnis pangan: program ini bertujuan untuk mempersiapkan Anda sebagai seorang lulusan yang profesional dalam bidang yang digeluti

Program studi akuntansi perpajakan: program ini menyiapkan Anda sebagai seorang lulusan yang kompeten di bidang perpajakan, prosese audit, serta ahli dalam menerapkan sistem informasi akuntansi.

Program studi produksi tanaman hortikultura: program ini akan membuat Anda menjadi seorang lulusan yang memiliki kemampuan manajerial, serta menjadikan Anda ahli dalam melakukan kegiatan sebagai konsultan, supervisor, dan penyuluh dalam bidang hortikultura, kultur jaringan, serta penataan taman.

Program studi teknologi rekayasan kimia industri

Jadwal Pendaftaran Politeknik Negeri Lampung

Setelah Anda menentukan program studi di Politeknik Negeri Lampung yang diinginkan, jangan lupa untuk mengecek jadwal pendaftaran masuk Politeknik Negeri Lampung yang kualifikasinya sesuai. Beberapa jalur masuk yang ditawarkan Politeknik Negeri Lampung diantaranya:

  • Jalur Penelusuran Minat Kemampuan Akademik dan Bakat (PMKAB)

Jalur ini dilaksanakan dengan menyeleksi calon mahasiswa melalui penilaian prestasi dari nilai rapor. Pendaftaran jalur PMKAB Politeknik Negeri Lampung dilakukan pada bulan 5 Februari – 9 Maret 2018.

  • Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN)

Jalur PMDK-PN dibuka pada bulan 2 – 14 April 2018 dengan mengadakan seleksi nilai rapor beserta prestasinya. Seleksi PMDK-PN pada Politeknik Negeri Lampung dilaksanakan serentak dalam tingkat nasional

  • Jalur Beasiswa Bidik Misi

Jalur beasiswa bidikmisi Politeknik Negeri Lampung adalah salah satu jalur yang dilakukan dengan menyeleksi calon mahasiswa melalui prestasi melalui nilai rapor dan kemampuan ekonomi orang tua. Untuk bisa melamar jalur bidikmisi, Anda perlu mengisi data melalui website resmi pada alamat http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id pada bulan Februari – Mei.

  • Jalur Ujian Masuk Politeknik Negeri/UMPN se-Indonesia

Jalur UMPN Politeknik Negeri Lampung membuka pendaftaran pada bulan 23 April – 25 Mei. Jalur ini diadakan dengan sistem ujian tulis yang diadakan secara serentak di seluruh Indonesia, sehingga Anda bida memilih beberapa kampus sekaligus.

  • Jalur Ujian Masuk Politeknik Negeri Mandiri (UMPN Mandiri)

Jalur yang dibuka pada bulan Juli ini merupakan jalur terakhir yang dibuka dan dilakukan secara lokal dan diadakan langsung oleh Politeknik Negeri Lampung. Pendaftaran UMPN Mandiri Politeknik Negeri Lampung dilaksanakan pada 18 Juli – 19 Agustus 2018.

Kontak Politeknik Negeri Lampung

Anda bisa menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan proses pendaftaran masuk Politeknik Negeri Lampung dengan menghubungi panitia SPMB dengan mengirimkan email pada alamat [email protected] atau menghubungi nomor telepon 0721-703995.

Jangan lupa untuk mempersiapkan banyak hal dengan matang, termasuk mencari tahu daya tampung Politeknik Negeri Lampung, beasiswa Politeknik Negeri Lampung yang ditawarkan untuk calon mahasiswa maupun ketika sudah menjadi mahasiswa, jalur masuk bidik misi Polinela, PMDK Polinela, hingga jadwal pendaftaran masuk Politeknik Negeri Lampung atau jadwal pendaftaran Polinela 2018. Pastikan pula jika Anda sudah memiliki hunian nyaman selama menjadi seorang perantau di Lampung.

Gunakan aplikasi pencari kost mamikos untuk memudahkan Anda dalam mencari hunian nyaman di dekat Politeknik Negeri Lampung. Terdapat banyak pilihan kost Bandar Lampung murah yang bisa dipertimbangkan, bahkan bisa disewa beberapa orang dalam satu kamar. Informasi mengenai harga dan fasilitas kamar kost pun bisa Anda ketahui tanpa perlu datang langsung ke lokasi. Sangat praktis dan mudah, bukan?