Pengumuman Hasil UTBK SBMPTN 2020, Cek di Sini!

 Bella Carla | Sel, 05 Mei 2020

Pengumuman Hasil UTBK SBMPTN 2020 – Tak dapat dipungkiri, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) melalui ujian tertulis telah menunjukkan berbagai keunggulan dan manfaat, baik bagi kepentingan nasional, PTN, maupun peserta. Bagi peserta, manfaat seleksi bersama adalah lebih efisien, murah, dan fleksibel dengan adanya mekanisme lintas wilayah. SBMPTN ini dari tahun ke tahun selalu diperbaiki dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Pada tahun 2016 mulai diperkenalkan juga SBMPTN dengan menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Info Terbaru Pengumuman Hasil UTBK SBMPTN 2020

Pengumuman UTBK SBMPTN 2020
edura.id

Tampaknya, hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 akan diumumkan mundur dari jadwal yang sudah ditentukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Maraknya wabah virus Corona (Covid-19) membuat sejumlah jadwal ujian menjadi mundur dengan jangka waktu yang belum ditentukan. Salah satu ujian yang juga diundur oleh LTMPT adalah UTBK 2020.  Jika kita melihat jadwal sebelumnya, seharusnya pendaftaran UTBK tahap satu akan digelar pada 30 Maret hingga 11 April 2020 mendatang dan untuk tes UTBK sendiri akan dilakukan pada 20-26 April 2020. Kemudian pendaftaran UTBK tahap dua seharusnya digelar pada 14-16 April 2020, sementara tesnya digelar pada 1-3 Mei 2020.

LTMPT menyarankan, bagi siswa-siswi yang ingin mengikuti UTBK  jalur SBMPTN 2020 agar dapat memantau terus informasi terbaru dari laman resmi LTMPT di https://ltmpt.ac.id/ atau melalui akun resmi Intagram LTMPT di @ltmptofficial. Di kedua platform LTMPT tersebutlah kamu bisa mendapatkan info terbaru seputar jadwal pelaksanaan hingga jadwal pengumuman hasil UTBK 2020. Melansir dari akun resmi Instagram LTMPT @ltmptofficial, akun tersebut memberikan informasi pada Rabu (1/4/2020) pagi yang isinya mengingatkan surat edaran tim pelaksana jadwal pelaksanaan UTBK 2020. Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT Nomor: 09/SE.LTMPT/2020 tentang Jadwal Pelaksanaan UTBK 2020 tersebut berisikan:

“(Repost) Jangan lupa silahkan baca kembali Edaran tanggal 23 Maret 2020. Prihal PENUNDAAN JADWAL PELAKSANAAN UTBK. Untuk pelaksanaan UTBK apakah tetap 2x atau 1x? Belum dapat dipastikan, melihat sikon. Semoga situasinya segera membaik dan virus covid-19nya segera menghilang.? . Jika keadaan sudah mulai membaik, Insha Allah panitia akan memberitahukan dari jauh-jauh hari kapan tes UTBK dilaksanakan. Mohon memalumi. Jangan lupa tetap jaga kesehatan dan kebersihan.”

Berbicara soal UTBK 2020, perlu diketahui bahwa hasil UTBK 2020 ini akan menjadi salah satu penentu apakah kamu bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri (PTN) atau tidak. UTBK pun juga menjadi syarat utama bagi kamu yang ingin mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) 2020. Sejak tahun 2019, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) saja atau hasil UTBK ditambah dengan kriteria lain yang ditetapkan bersama PTN. Sehingga, baik siswa maupun orangtua diharapkan mengerti bagaimana sistem penilaian hingga cara membacanya. Berikut sejumlah hal yang perlu diketahui seputar nilai UTBK bila mengacu pada UTBK 2019.

Apa Itu UTBK?

Merupakan singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer, UTBK adalah tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia. UTBK yang dilaksanakan oleh LTMPT memiliki keunggulan, yakni memiliki hasil tes diberikan secara individu. UTBK 2020 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2018, 2019, dan 2020 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2018, 2019, dan 2020. UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN). Di mana UTBK sendiri bertujuan untuk memprediksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu dan memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengikuti tes secara fleksibel dalam memilih waktu dan lokasi tes.

Apakah Wajib Mengikuti UTBK?

Jika kamu ingin melanjutkan pendidikan ke salah satu universitas negeri, maka mengukuti UTBK adalah suatu keharusan atau besifat wajib. Mengingat UTBK ini adalah syarat wajib siswa sebelum mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020. Tak hanya itu saja, nilai UTBK ini nantinya juga menjadi salah satu peryaratan untuk kamu mengikuti Jalur Seleksi Mandiri yang diadakan oleh perguruan tinggi negeri tujuan.

Ketentuan Pendaftaran UTBK

Agar kamu dapat mengikuti seleksi bersama ini, tentunya terlebih dahulu kamu harus membuat akun di Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) di website https://portal.ltmpt.ac.id/ terlebih dahulu. Pendaftaran akun di portal LTMPT tersebut dibuka sejak 17 Februari-5 April 2020 pukul 22.00 WIB. Setelah mendaftarkan akun, peserta bisa ikut mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan SBMPTN 2020 yang akan dibuka pada 2-20 Juni 2020. Adapun peserta diperbolehkan mengikuti UTBK 2020 sebanyak satu kali dengan ketentuan memilih salah satu kelompok bidang ilmu sebagai berikut:

  1. UTBK Saintek dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi)
  2. UTBK Soshum dengan materi ujian TPS dan TKA Soshum (Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi)
  3. UTBK Campuran (Saintek dan Soshum) dengan materi ujian TPS, TKA Saintek, dan TKA Soshum.

Syarat Pendaftaran UTBK

Berikut adalah persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa mengikuti UTBK 2020:

  1. Siswa Kelas XII SMA/MA/SMK lulusan tahun 2020 atau peserta didik Paket C tahun 2020.
  2. Lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2018 dan 2019 atau lulusan Paket C tahun 2018 dan 2019.
  3. Peserta mengikuti satu kali tes dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. UTBK kelompok Saintek mengikuti tes TPS dan TKA Saintek
    2. UTBK kelompok Soshum mengikuti tes TPS dan TKA Soshum
    3. UTBK kelompok Campuran (Saintek dan Soshum) mengikuti tes TPS, TKA Saintek, dan TKA Soshum
  4. Peserta wajib membayar biaya UTBK, dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Biaya yang ditanggung oleh peserta adalah sebesar Rp150.000,00
    2. Biaya UTBK dapat dibayarkan melalui Bank Mandiri, BNI, atau BTN.
    3. Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.
    4. Calon peserta KIP Kuliah (KIP-K) yang dinyatakan lolos persyaratan tidak dipungut biaya.

Tahapan Pendaftaran UTBK

Tahapan yang harus kamu lakukan sebelum bisa mengikuti UTBK 2020, adalah sebagai berikut:

  1. Registrasi akun Siswa LTMPT menggunakan NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir pada tanggal 07 Februari – 05 April 2020 di laman https://portal.ltmpt.ac.id
  2. Melakukan login menggunakan username/email dan password ke laman https://portal.ltmpt.ac.id
  3. Memilih menu Verifikasi dan Validasi Data Siswa untuk mengisi biodata, mengunggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata.
  4. Memilih menu Pendaftaran UTBK.
  5. Memilih jenis dan sesi ujian, serta lokasi Pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK
  6. Membayar di Bank Mandiri, BNI, atau BTN menggunakan slip pembayaran kecuali bagi pendaftar beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K).
  7. Pembayaran harus dilakukan paling lambat 1 x 24 jam.
  8. Melakukan login kembali ke laman https://portal.ltmpt.ac.id
  9. Memilih menu Pendaftaran UTBK untuk mencetak kartu peserta UTBK.
  10. Mengikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggal, sesi, dan lokasi Pusat UTBK PTN yang dipilih

Materi UTBK SBMPTN

Berbeda dari tahun sebelumnya, UTBK pada tahun ini hanya akan mengujikan satu materi saja yakni Tes Potensial Skolastik (TPS). Dalam tes ini, yang akan diukur adalah kemampuan kognitif, logika atau nalar, dan pemahaman umum, diluar kemampuan akademik. Untuk konteks tes masuk perkuliahan, Tes Potensial Skolastik (TPS) merupakan standar seseorang agar dianggap mampu mengikuti dahsyatnya terpaan di saat menjalani kegiatan kuliah. Adapun jenis soal dalam TPS ini adalah sebagai berikut:

  1. Penalaran umum
    Secara umum, di dalam TPS ini kamu akan menemukan soal dengan awalan informasi berupa teks/paragraf dan tabel/grafik/kurva. Kamu tidak hanya harus membaca, tapi juga harus memahami informasi tersebut. Kamu juga bakalan ketemu materi kuantitatif seperti deret aritmatika, persamaan linear, pola bilangan, pecahan dan perbandingan.
  2. Pemahaman bacaan dan menulis
    Menyambung jenis soal TPS sebelumnya, dalam setiap soal yang terdapat informasi berupa teks atau paragraf, kamu juga perlu memahami inti paragraf, kesimpulan dan pesan tersiratnya.
  3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum
    Jika kamu senang sama pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, kamu boleh sedikit berbahagia. Dalam UTBK 2020 ini, soal Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris akan cukup mendominasi. Untuk itu kamu pun perlu menyempatkan diri untuk membaca buku atau koran untuk memperluas wawasan kamu karena akan muncul soal seperti sinonim, antonim, idiom, dan penggunaan EYD secara tepat.
  4. Pengetahuan Kuantitatif
    Di TPS juga kamu akan tetap ketemu dengan deretan soal-soal matematika seperti geometri, statistika, peluang, logika dan aljabar.

Berapa Jumlah Soal Dalam UTBK?

Soal yang akan muncul pada Tes Potensi Skolastik (TPS) pada UTBK 2020 berjumlah 80 soal dengan waktu pengerjaan 105 menit mencakup empat jenis, dengan pembagian sebagai berikut:

  1. Penalaran umum (20 soal)
    Subtes yang satu ini terdiri dari 2 bacaan diikuti dengan 14 soal pilihan ganda dan 6 soal penalaran kuantitatif.
  2. Pemahaman bacaan dan menulis (20 soal)
    Subtes yang kedua berisikan 3 bacaan dengan total soal pilihan ganda sebanyak 20 soal.
  3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum (20 soal)
    Subtes yang ketiga ini berisikan 3 bacaan Bahasa Indonesia dengan total soal sebanyak 12 soal, dan 2 bacaan dalam Bahasa Inggris dengan total 8 soal.
  4. Pengetahuan Kuantitatif
    Subtes terakhir ini akan berisikan sejumlah pertanyaan dengan total 20 soal.

Berapa Nilai Maksimal UTBK?

Tak berbeda dari tahun sebelumnya, UTBK tahun 2020 ini juga masih memiliki standar nilai minimal dan nilai maksimal. Di mana nantinya standar nilai inilah yang dapat menjadi acuan kamu guna mengukur seberapa besar kemungkinanmu diterima di jurusan impian. Adapun standar nilai dalam UTBK 2020 terbagi menjadi tiga kelompok besar, yaitu:

  • Kelompok pertama: kisaran nilai bawah yang berada pada nilai kurang dari 300 hingga di bawah 500.
  • Kelompok kedua: kisaran nilai tengah yang berada di kisaran nilai 500 hingga 700.
  • Kelompok ketiga: kisaran nilai maksimum yang berada di atas nilai 700.

Apabila kamu ingin berada di garis aman dalam persaingan SBMPTN 2020, maka setidaknya kamu harus memiliki nilai 500 atau di atas angka tersebut. Batas aman itu kiranya bisa membuatmu dapat bersaing ketat dengan kompetitor untuk diterima di jurusan yang sama. Meski disebut sebagai batas aman, bukan berarti kamu harus mengejar nilai 500. Sebisa mungkin kamu bisa meraih paling minimal nilai di kisaran 600. Dengan begitu, potensi kamu untuk diterima di perguruan tinggi negeri tujuan pun masih terbuka lebar.

Berapa Kisaran Nilai UTBK Agar Lolos Masuk PTN?

Jika berbicara soal kisaran nilai UTBk yang aman agar bisa diterima di perguruan tinggi negeri tujuan, maka Mamikos sarankan kamu untuk mendapatkan nilai 655 ke atas. Atau, jika ingin dibuat rentang maka nilai rata-rata yang perlu kamu dapatkan berada pada 650 hingga 700. Namun, untuk kamu yang nantinya mendapat nilai dari 560 – 650, juga masih berpeluang untuk lolos SBMPTN. Akan tetapi, kamu harus pintar dalam memilih jurusan dan usahakan jangan memilih jurusan terlalu favorit. Perhatikan juga daya tampung di jurusan yang kamu ambil, apakah memiliki daya tampung yang besar. Jika nilai pada UTBK kamu tidak terlalu tinggi, Mamikos sarankan agar kamu memilih PTN yang tidak terlalu tinggi tingkat persaingannya.

Rekapitulasi Hasil atau Nilai UTBK 2019 Menurut Kelompok Ujian

Nah, bagi yang sudah mengikuti ujian tertulis berbasis komputer (UTBK), dan ingin mengetahui hasilnya bagaimana, hasil UTBK 2020 baru akan diumumkan setelah UTBK 2020 dilaksanakan. Adapun berikut Mamikos berikan contok rekapitulasi hasil atau nilai UTBK pada tahun 2019 lalu sebagai gambaran kamu.

A. Kelompok Ujian Saintek

Keterangan Minimum Kuartil 1 Median Kuartil 3 Maksimum
I. Nilai Tes Potensi Skolastik
         
Kemampuan Penalaran Umum 173 438 507 581 883
Kemampuan Kuantitatif 285 441 507 585 924
Pengetahuan & Pemahaman umum 215 434 506 582 800
Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis 168 436 506 579 867
II. Nilai Tes Kompetensi Akademik
         
Matematika Saintek 267 428 495 566 988
Fisika 266 428 494 566 983
Kimia 249 429 494 564 994
Biologi 255 428 492 563 962

B. Kelompok Ujian Soshum

Keterangan Minimum Kuartil 1 Median Kuartil 3 Maksimum
I. Nilai Tes Potensi Skolastik
         
Kemampuan Penalaran Umum 179 420 483 550 863
Kemampuan Kuantitatif 285 420 475 534 913
Pengetahuan dan Pemahaman Umum 215 420 488 563 800
Kemampuan Memahami Bacaan & Menulis 171 422 488 559 854
II. Nilai Tes Kompetensi Akademik
         
Matematika Soshum 293 427 490 562 969
Geografi 240 429 497 568 888
Sejarah 234 429 493 562 963
Sosiologi 134 431 497 567 855
Ekonomi 171 429 499 569 893

Rekapitulasi Penyebaran Jumlah Peserta menurut Range Nilai UTBK 2019

A. Kelompok Ujian Saintek

TES SUB TES N Range Nilai <300 Range Nilai 301-400 Range NIlai 401-500 Range Nilai 501-600 Range Nilai 601-700 Range Nilai 701-800 Range Nilai 801-900          
TES POTENSI SKOLATIK Kemampuan Penalaran Umum 123.738 1.415 16.029 41.418 40.160 19.630 4.783 303
  Kemampuan Kuantitatif 123.738 597 15.071 43.205 38.547 18.210 6.396 1.696 107
  Pengetahuan dan Pemahaman Umum 123.738 1.574 18.070 40.037 39.571 21.573 29.40
  Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis 123.738 1.730 16.741 40.874 40.977 19.546 3.757 113
TES KEMAMPUAN AKADEMIK Matematika Saintek 123.738 1.541 18.812 44.269 39.189 16.314 3.253 341 17
  Fisika 123.738 1.273 19.184 44.391 38.970 16.238 3.295 363 22
  Kimia 123.738 1.292 18.742 45.003 39.245 15.552 3.369 493 40
  Biologi 123.738 470 19.621 45.728 38.268 15.469 3.623 526 31

B. Kelompok Ujian Soshum

TES SUB TES N Range Nilai <300 Range Nilai 301-400 Range NIlai 401-500 Range Nilai 501-600 Range Nilai 601-700 Range Nilai 701-800 Range Nilai 801-900          
TES POTENSI SKOLATIK Kemampuan Penalaran Umum 121.049 1.841 20.504 46.907 36.605 13.003 2.091 98
  Kemampuan Kuantitatif 121.049 915 20.715 53.153 35.580 9.170 1.378 134 4
  Pengetahuan dan Pemahaman Umum 121.049 1.964 21.240 42.965 36.434 16.711 1.735
  Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis 121.049 2.295 20.067 43.806 37.764 14.933 2.150 35
TES KEMAMPUAN AKADEMIK Matematika Soshum 121.049 310 19.287 46.037 36.425 14.733 3.548 636 73
  Geografi 121.049 1.906 18.186 42.300 38.806 16.629 3.070 152
  Sejarah 121.049 1.113 17.860 45.458 37.806 14.654 3.540 603 15
  Sosiologi 121.049 2.219 17.097 43.058 39.112 16.347 3.101 115
  Ekonomi 121.049 2.160 18.103 41.002 39.966 17.092 2.605 121

Dilansir dari akun Instagram Masuk Kampus, rupanya ada cara yang bisa dilakukan jika ingin melihat posisi nilai masing-masing subtest dari nilai yang dijabarkan tersebut. Cara ini menggunakan metode normalisasi rentang dengan rumus min-max normalization.

Posisi nilai = (nilai – nilai minimal) / (nilai maksimal – nilai minimal) x 100%

Perlu diingat bahwa, cara ini hanya bisa digunakan untuk melihat posisi dalam masing-masing subtest, bukan secara keseluruhan. Nilai minimal dan nilai maksimal bisa dilihat dalam laman resmi LTMPT bagian lampiran. Hal penting lainnya adalah hasil posisi yang didapat ini tidak bisa dijadikan tolok ukur lulus atau tidaknya pada SBMPTN.

Persentase posisi ini hanya bisa mengetahui sejauhmana hasil yang sudah berhasil dicapai pada setiap subtestnya. Presentase posisi hasil ini bisa menjadi gambaran mengenai subtest manakah yang selanjutnya harus ditingkatkan. Tapi ingat, hal ini juga bisa berbeda tergantung nilai minimal dan maksimal pada test gelombang lainnya.

Lokasi Pelaksanaan UTBK

Merujuk pada informasi yang diberikan oleh LTMPT terkait pelaksanaan UTBK 2020, maka UTBK akan dilaksanakan mulai pada tanggal 5 hingga 29 Juli 2020.  Untuk lokasi pelaksanaan UTBK sendiri hingga sekarang belum ada perubahan. Hal ini mengartikan bahwa UTBK masih tetap akan dilaksanakan di 74 perguruan tinggi negeri yang tersebar di seluruh Indonesia. Adapun berikut daftar 74 perguruan tinggi negeri tersebut:

No. Pusat UTBK PTN Alamat Pusat UTBK PTN
1 Universitas Syiah Kuala Gedung ICT Center, Jl. Syekh Abdul Rauf No.2, Darussalam, Banda Aceh
2 Universitas Malikussaleh UPT Pusat Komputer Jl Irian No. 1 Komplek Kampus Bukit Indah, Blamg Pulo – Lhokseumawe
3 Universitas Teuku Umar Universitas Teuku Umar UPT. TIK. Gedung F, Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat
4 Universitas Samudra Ruang Kesekretariatan Penerimaan Mahasiswa Baru Gedung Biro Rektor Universitas Samudra, Meurandeh, Kota Langsa – Aceh
5 Institut Seni Budaya Indonesia Aceh Jln. Banda Aceh Medan Km. 8,5 Desa Ujong XII Kec. Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar
6 Universitas Sumatera Utara Pusat Pelayanan Terpadu, Gedung Biro Pusat Administrasi Lantai 1 Kampus USU Padang Bulan, Jalan dr. T. Mansyur No. 9
7 Universitas Negeri Medan Ruang VIP Room Gedung Serbaguna Unimed Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate.
8 Universitas Riau Sekretariat UTBK SBMPTN, Gedung Rektorat Lantai 2, Kampus Bina Widya Km 12,5 Simpang Baru Pekanbaru
9 Universitas Maritim Raja Ali Haji Jl Politeknik Senggarang Tanjungpinang
10 Universitas Andalas Gedung Rektorat Universitas Andalas, Kampus Limau Manis Padang
11 Universitas Negeri Padang Gedung Rektorat Lama Bagonjong Lt. 1 – Jln Prof. Dr. Hamka Air Tawar Padang 
12 Institut Seni Indonesia Padang Panjang Gedung Rektorat Jln. Bahder Johan, Kota Padangpanjang Sumatera Barat
13 Universitas Jambi Gedung Balairung Lantai 2 Kampus UNJA Mendalo, Jl. Raya Jambi – Muara Bulian Km.15 Mendalo Indah Jambi
14 Universitas Bengkulu Rektorat Universitas Bengkulu, Jalan WR Supratman Kandang Limun Bengkulu
15 Universitas Sriwijaya Gedung Graha Sriwijaya Lt. 1 Kampus UNSRI Bukit Besar Jl. Srijaya Negara Bukit Besar Palembang
16 Universitas Bangka Belitung  UPT TIK, Gedung Babel IV Kampus Terpadu Universitas Bangka Belitung 
17 Universitas Lampung Gedung UPT. TIK Unila Jl. Soemantri Brojonegoro No.1, Gedung Meneng Bandar Lampung
18 Institut Teknologi Sumatera Jalan Terusan Ryacudu, Desa Way Hui, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan 
19 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Jl. Raya Jakarta km.4 Pakupatan Serang Banten
20 Universitas Indonesia Gedung Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UI, Jl. Prof. Dr. Sujudi, Kampus UI Depok, Jawa Barat
21 Universitas Negeri Jakarta Kampus A UNJ, Gedung D, Pustikom Lt 1. Jl. Rawamangun Muka, RT.11/RW.14, Rawamangun, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur.
22 Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta Kampus UPNVJ Pondok Labu, Jl. RS. Fatmawati No.1 Pondok Labu Jakarta Selatan Gedung Rektorat Lantai 1 Ruang Nusantara 2
23 Universitas Singaperbangsa Karawang  Jalan H.S. Ronggowaluyo, Telukjambe Timur, Kab. Karawang, Prov. Jawa Barat.
24 Institut Teknologi Bandung Kantor Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahaiswaan,CCAR ITB lantai 4 Jalan Tamansari no 64,  Bandung
25 Universitas Padjadjaran Unit Layanan Terpadu (ULT) Lantai Dasar Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran Jalan Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor. Pelayanan hari Senin-Jumat dan jam kerja 07.30-16.00 WIB
26 Universitas Pendidikan Indonesia Divisi RMB Direktorat Akademik UPI Jalan Dr. Setiabudhi no 229 Bandung 
27 Institut Seni Budaya Indonesia Bandung Jalan Buahbatu No.212 Bandung
28 Institut Pertanian Bogor DSITD IPB Kampus IPB Dramaga Gedung B Perpustakaan Lantai 3
29 Universitas Siliwangi UPT TIK Universitas Siliwangi Gedung Rektorat Lantai 2 Jl. Siliwangi No.24 Kota Tasikmalaya 
30 Universitas Jenderal Soedirman Gedung SPMB  Komplek Rektorat UNSOED  Jl. Prof HR Bunyamin 708 Purwokerto – Jawa Tengah.
31 Universitas Tidar Humas (BAKPK) Universitas Tidar, Jl. Kapten Suparman 39, Magelang, Jawa Tengah 
32 Universitas Sebelas Maret Gedung SPMB UNS Jl. Ir Sutami 36 a Kentingan Jebres Surakarta 
33 Institut Seni Indonesia Surakarta Kampus I ISI Surakarta, Gedung Akademik Pusat Lantai II, Jl. Ki Hajar Dewantara No.19 Kentingan Jebres Surakarta 
34 Universitas Diponegoro Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru, Gedung ICT Center, Lantai 1, Jl Prof. Soedarto SH, Kampus Tembalang, Semarang
35 Universitas Negeri Semarang Gedung Prof. Retno Sriningsih Satmoko, Ruang Mendut, Lantai 1 LP2M UNNES, Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang.
36 Universitas Gadjah Mada Direktorat Pendidikan dan Pengajaran Universitas Gadjah Mada, Jl. Pancasila, Bulaksumur, Yogyakarta
37 Universitas Negeri Yogyakarta Kantor Admisi  Gedung Rektorat UNY Jl. Colombo No.1 Yogyakarta 
38 Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta Bagian Humas Gedung Rektorat Jl SWK 104 (Lingkar Utara) Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta
39 Institut Seni Indonesia Yogyakarta Bagian Pendidikan Gedung Rektorat Lantai 1 ISI Yogyakarta, Jl. Parangtritis Km. 6,5 Sewon, Bantul, D.I. Yogyakarta
40 Universitas Jember Bagian Akademik Kantor Pusat, Universitas Jember – Jl. Kalimantan No.37 Jember
41 Universitas Brawijaya Bagian Akademik Universitas Brawijaya, Gedung Rektorat Lantai 2, Jl Veteran Malang
42 Universitas Negeri Malang Bagian Akademik – Gedung Graha Rektorat Lantai 2 Universitas Negeri Malang – Jl. Semarang no. 5 Malang
43 Universitas Airlangga Kantor PPMB, Gedung ACC (Airlangga Convention Center) Kampus C UNAIR Jl.Mulyorejo Surabaya
44 Institut Teknologi Sepuluh Nopember Direktorat Pendidikan ITS, Gedung KPA dr. Angka Lantai 1, Kampus ITS, Sukolilo Surabaya
45 Universitas Negeri Surabaya Gedung Rektorat Lt. 1 Kantor ULT Kampus Unesa Jl. Lidah Wetan Surabaya 
46 Universitas Trunojoyo Gedung Rektorat lantai 2, Kampus Universitas Trunojoyo Madura, Jl Raya Telang PO Box 2 Kamal – Bangkalan 
47 Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur UPT TIK, Gedung Giri Pustaka Lantai 1, Jl. Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Surabaya
48 Universitas Tanjungpura Jln. Prof. DR. H. Hadari Nawawi Pontianak
49 Universitas Palangka Raya Kampus Tanjung Nyaho Jalan Yos Sudarso (Gedung Rektorat UPR)
50 Universitas Lambung Mangkurat Biro Akademik dan Kemahasiswaan ULM. Gd Rektorat Lt.1. Jl. Brigjen H. Hasan Basri, Kayu Tangi, Banjarmasin
51 Universitas Mulawarman Bagian Akademik, Gedung Rektorat UNMUL, Jalan Kuaro Kampus Gunung Kelua, Kota Samarinda
52 Institut Teknologi Kalimantan Kampus ITK Gedung A, Jl Soekarno hatta KM 15, Karang Joang, Balikpapan Utara
53 Universitas Borneo Tarakan Jl. Amal Lama No 1 Tarakan   Gedung Rektorat Lantai 1 Ruang.BAKK
54 Universitas Udayana Biro Akademik, Kerjasama, dan Hubungan Masyarakat (BAKHM), Gedung Rektorat Kampus Bukit Jimbaran Lt. I
55 Universitas Pendidikan Ganesha Jalan Udayana No 11 Singaraja
56 Institut Seni Indonesia Denpasar Jl Nusa Indah, Denpasar
57 Universitas Mataram  Jalan Majapahit Nomor 62 Mataram – Nusa Tenggara Barat
58 Universitas Nusa Cendana Jl. Adisucipto, Kampus Undana, Penfui, Kupang, NTT
59 Universitas Timor UNIVERSITAS TIMOR
60 Universitas Hassanuddin Biro Administrasi Akademik Gedung Rektorat Lantai 7 UNHAS Jl. Perintis Kemerdekaan KM.10 Makassar
61 Universitas Negeri Makassar ICT Center, Menara Pinisi UNM, Sayap B Lt. 2 Jl. AP Pettarani Makassar
62 Universitas Sam Ratulangi Gedung Biro Akademik dan Kemahasiswaan UNSRAT, Lantai. 1, Jl. Kampus Bahu, Manado
63 Universitas Negeri Manado Pusat Komputer UNIMA
64 Universitas Tadulako Jl. Soekarno Hatta Km 9 Palu Sulawesi Tengah
65 Universitas Sulawesi Barat Jalan Prof. Dr. Baharuddin Lopa, SH,MH Talumung
66 Universitas Haluoleo Gedung Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Jl. HEA Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma, Kendari
67 Universitas Negeri Gorontalo Jl. Jenderal Sudirman No 6, Dulalowo Timur Kota Tengah Kota Gorontalo
68 Universitas Sembilan Belas November Kolaka Jl. Pemuda No. 339 Kel. Tahoa Kolaka Sulawesi Tenggara
69 Universitas Pattimura Gedung Rektorat, Jl. Ir. M. Putuhena, Gedung Rektorat, Kampus Poka – UNPATTI
70 Universitas Khairun Gedung Rektorat Universitas Khairun Jl. Pertamina Kampus II Unkhair gambesi Kota Ternate
71 Universitas Cenderawasih (Jayapura) Rektorat Universitas Cenderawasih, Jl Kamp Wolker Yabansai Kota Jayapura
72 Universitas Musamus Merauke Universitas Musamus, Jl. Kamizaun Mopah Lama No.1 (Gedung Rektorat)
73 Institut Seni Budaya Indonesia Tanah Papua Jl Raya sentani km 17.8, Waena, Heram, Jayapura (kompleks uptd taman Budaya Prov. Papua).
74 Universitas Papua  Biro Perencanaan, Akademik, dan Kemahasiswaan (BPAK) Universitas Papua

Pengumuman Hasil UTBK SBMPTN 2020

Lantaran wabah virus Corona yang kian ganas, pendaftaran UTBK dan SBMPTN 2020 pun terpaksa dilaksanakan secara bersamaan. Merujuk pada Surat Edaran yang dilansir di laman ltmpt.ac.id, maka pengumuman hasil UTBK SBMPTN 2020 akan diumumkan secara bersamaan pada tanggal 20 Agustus 2020. Kamu pun dapat mengecek hasil UTBK SBMPTN ini di laman resmi pengumuman SBMPTN, yakni pengumuman.sbmptn.ac.id/. Kamu juga dapat mengecek pengumuman hasil UTBK SBMPTN ini di 12 link mirror yang disediakan oleh LTMPT.

Video Cara Melihat Pengumuman UTBK-SBMPTN

Oke, itu tadi informasi terbaru seputar Pengumuman Hasil UTBK SBMPTN 2020 yang bisa Mamikos bagikan. Semoga informasi di atas dapat berguna buat kalian yang memang sedang menunggu hasil UTBK SBMPTN 2020 ya! Oh iya, jika kamu berencana ingin merantau di luar kota maka jangan lupa install aplikasi mamikos di ponsel Android atau iOS kamu ya! Di aplikasi Mamikos, kamu bisa menemukan info sewa kost-kostan, apartemen, hingga rumah kontrakan di tanah air dengan praktis.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: