Pengumuman Hasil UTBK SBMPTN 2021, Cek di Sini!

Pengumuman Hasil UTBK SBMPTN 2021, Cek di Sini! — Kamu pasti sudah menantikan pengumuman hasil UTBK SBMPTN 2021 bukan. Di kesempatan ini Mamikos akan coba menyampaikan hal-hal terkait UTBK SBMPTN yang perlu kamu ketahui.

Berikut informasi pengumuman hasil utbk 2021, kapan hasil utbk 2021 keluar, kapan pengumuman utbk 2021, jadwal pengumuman utbk 2021, tanggal pengumuman hasil utbk 2021, Pengumuman hasil UTBK gelombang 1 2021, Pengumuman hasil UTBK gelombang 2 2021, kapan pengumuman hasil utbk-sbmptn 2021, pengumuman hasil utbk sbmptn 2021, pengumuman utbk-sbmptn 2021.

Apabila kamu tidak ingin ketinggalan informasi terkait pengumuman hasil UTBK SBMPTN 2021 tersebut, kamu bisa mengeceknya di sini. Jadi pantengi terus update informasi dari Mamikos dalam artikel ini.

Update Terkini Pengumuman Hasil UTBK SBMPTN 2021

seputaranguru.com

Sebelum kamu mengetahui dan membaca info lengkap, terlebih dahulu kamu harus mengetahui update terkini dari LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi. Info selengkapnya kamu bisa simak seperti penjelasan sebagai berikut.

1. Mengenal UTBK dan SBMPTN Pada Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT)

a. Pengertian Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK)

Mamikos sudah sering membahas mengenai pengertian UTBK. Namun biar kamu tidak lupa, biar Mamikos ingatkan lagi. UTBK adalah kepanjangan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer. Sedangkan SBMPTN merupakan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Sederhananya UTBK merupakan ujian masuknya sedangkan SBMPTN adalah seleksi untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri. UTBK sudah dilangsungkan sejak tahun 2019.

Satu-satunya penyelenggara UTBK adalah LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi). LTMPT juga bertugas untuk mengelola pendaftaran, penjadwalan, hingga pengumuman hasil ujian pada UTBK nantinya.

Dalam UTBK terdapat tiga pilihan rumpun yakni Saintek, Soshum, dan Campuran. Jenis ujian yang ada pada UTBK terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) – kecuali pada UTBK 2020.

Pada penyelenggaraan UTBK 2020, semuanya harus menyesuaikan dengan situasi pandemi yang saat ini masih berlangsung. Hal tersebut mempengaruhi rumpun Campuran dan mata uji TKA yang kemudian ditiadakan.

Meskipun terdapat perbedaan antara UTBK di tahun ini, namun skor yang diperoleh dari UTBK tetap akan digunakan untuk mendaftar ke PTN saat SBMPTN nanti.

b. Pengertian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Pada tahun 2018, seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri berlangsung dalam satu tahap, sama seperti pada SBMPTN UTBK 2020.

Kamu akan diminta untuk memilih jurusan dan PTN sebelum mengikuti ujian, lalu menunggu pengumuman apakah kamu berhasil lolos seleksi masuk pada jurusan dan PTN yang kamu inginkan atau tidak.

Kemudian pada tahun 2019 yang juga menjadi tahun pertama diselenggarakannya UTBK, proses masuk PTN kembali mengalami perubahan. Meskipun tetap saja ada pengecualian pada UTBK SBMPTN 2020.

Seperti yang Mamikos sebutkan di atas bahwa kamu diwajibkan untuk mengikuti ujian UTBK terlebih dahulu. Selanjutnya skor hasil ujian tersebut akan kamu gunakan untuk mendaftar ke PTN yang kamu inginkan.

Saat mengikuti proses pendaftaran di PTN tersebut lah yang kemudian disebut dengan SBMPTN. Singkatnya SBMPTN dan UTBK tak dapat dipisahkan, sebab keduanya saling berkaitan. Karena skor dari UTBK bisa kamu gunakan untuk mengikuti SBMPTN.

2. Tujuan Dari UTBK & SBMPTN

a. Tujuan Penyelenggaraan UTBK

Apabila di atas kamu sudah memahami betul apa pengertian dari UTBK, maka di sini Mamikos sertakan juga tujuan utama dari penyelenggaraan UTBK tersebut. Yuk, simak!

  1. UTBK bertujuan untuk memprediksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu
  2. UTBK juga memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengikuti tes secara fleksibel yaitu memilih lokasi dan waktu tes.

b. Tujuan Penyelenggaraan SBMPTN

Kamu sudah mengenal apa tujuan sebenarnya dari UTBK, maka kini kamu perlu mengetahui juga apa tujuan dari penyelenggaraan SBMPTN. Begini penjelasannya.

  1. SBMPTN bertujuan untuk menyeleksi calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu berdasarkan hasil UTBK dan atau kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN, PTKIN dan Politeknik Negeri;
  2. SBMPTN juga memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk memilih PTN, PTKIN dan Politeknik Negeri secara lintas wilayah
  3. SBMPTN turut membantu Perguruan Tinggi untuk memperoleh calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi berdasarkan nilai akademik dan atau prestasi lainnya.

3. Info Terbaru UTBK SBMPTN dari LTMPT

Mengenai jadwal penting UTBK SBMPTN 2021, pihak Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) via @ltmptofficial sudah merilis sebuah pengumuman.

Perlu kamu simak bahwa jadwal kegiatan UTBK-SBMPTN tersebut akan dimulai dengan proses registrasi akun LTMPT bagi siswa dan telah dibuka sejak 7 Februari lalu dan sudah ditutup pada 12 Maret kemarin.

Langkah selanjutnya usai kamu melakukan registrasi akun LTMPT adalah menantikan tanggal pendaftaran UTBK SBMPTN tersebut.

Untuk pendaftaran online UTBK SBMPTN dibuka pada 15 Maret yang lalu. Sementara untuk pendaftaran yang digelar secara online rencananya akan resmi ditutup pada 1 April 2021.

4. Gelombang Peserta UTBK SBMPTN 2021

Apabila kamu adalah peserta dan sudah melakukan pendaftaran, maka nanti wajib untuk mengikuti ujian yang terbagi menjadi 2 gelombang.

Gelombang pertama akan berlangsung pada tanggal 12 hingga tanggal 18 April 2021. Kemudian untuk peserta yang masuk pada ujian gelombang kedua akan mengikuti ujian pada 26 April hingga tanggal 2 Mei 2021.

5. Pengumuman Hasil UTBK SBMPTN 2021

Berikutnya informasi yang pastinya sudah kamu nantikan akan Mamikos bagikan di sini. Pengumuman hasil seleksi mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri jalur SBMPTN pada tahun 2021 ini akan mulai diumumkan pada 14 Juni 2021.

Mamikos ingatkan agar kamu mengantisipasi saat hendak mengakses laman pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id pada tanggal 14 Juni 2021 mendatang. Sebab di hari itu yang akan mengecek info pengumuman akan membludak.

Sebab akan ada kemungkinan server down atau mengalami gangguan. Oleh sebab itu, Mamikos sarankan untuk bersabar dan terus mencoba akses laman tersebut.

Kamu juga perlu memastikan bahwa jaringan internet yang kamu pakai sudah terbaik untuk meminimalisir kendala.

6. Tata Cara Mengakses Pengumuman Hasil SBMPTN

  1. Langkah pertama kamu perlu mengakses laman resmi pengumuman hasil UTBK SBMPTN di alamat pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id.
  2. Ketika halaman sudah terbuka, kamu akan diminta untuk mengisi Nomor Peserta serta Tanggal Lahir yang sudah kamu input.
  3. Isikan pada kolom yang tersedia dengan data yang benar dan valid.
  4. Jangan lupa mengisi kode captcha yang terlihat pada halaman lalu klik ‘Cari’
  5. Apabila server tidak mengalami kendala, kamu akan langsung dibawa menuju halaman pengumuman. Kamu bisa langsung membaca isi halaman berisi keterangan yang menyatakan apakah kamu LOLOS atau belum.

Itulah tadi informasi yang bisa Mamikos berikan pada kesempatan ini terkait pengumuman hasil UTBK SBMPTN 2021.

Semoga saja apa yang sudah Mamikos sampaikan di sini dapat memberikan kamu sebuah inspirasi baru dan bisa makin semangat untuk melakukan semua yang terbaik untuk diri sendiri.

Akses terus aplikasi pencari kos Mamikos apabila kamu memerlukan info hunian kos terbaru dan terjamin kualitasnya.

Sebab hanya di Mamikos pembaruan info kos dibuat dengan sistematis dan terpercaya. Unduh sekarang juga aplikasi pencari kos Mamikos via appstore dan playstore.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta