Pendaftaran Politeknik PTKI Medan 2020/2021

 Bella Carla | Rab, 13 Mei 2020

Pendaftaran Politeknik PTKI Medan – Kamu tertarik untuk bekerja di bidang industri di masa depan nanti? Jika iya, mungkin kamu bisa mengawalinya dengan melanjutkan pendidikan di Politeknik Perguruan Teknologi Kimia Industri (PTKI) Medan. Perlu kamu ketahui bahwa Politeknik PTKI Medan ini juga masuk dalam salah satu perguruan tinggi di bawah naungan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia lho. Jika tertarik ingin mendaftarkan diri, kamu bisa baca informasi pendaftaran Politeknik PTKI Medan Tahun Akademik 2020/2021 di bawah ini.

Info Terbaru Pendaftaran Politeknik PTKI Medan

Pendaftaran Politeknik PTKI Medan
ptki.ac.id

Menyandang Akreditasi B dari BAN-PT, nama Politeknik PTKI Medan memang bukan sebuah nama baru di dunia pendidikan tanah air. Lulusan dari perguruan tinggi milik Kementerian Perindustrian ini sebagian besar sudah tersebar di berbagai dunia industri tanah air. Jika kamu juga ingin menjadi salah satu yang bekerja di bidang yang sama, kamu pun bisa mengawalinya dengan menjadi salah satu mahasiswa Politeknik PTKI Medan terlebih dahulu. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, di tahun 2020 ini Politeknik PTKI Medan juga membuka penerimaan mahasiswa baru. Untuk info selengkapnya bisa kamu temukan berikut ini.

Gambaran Umum Politeknik PTKI Medan

Politeknik Perguruan Teknologi Kimia Industri (PTKI) Medan adalah salah satu Perguruan Tinggi Milik Pemerintah di bawah naungan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. PTKI Medan didirikan pada tahun 1983 dengan bantuan Grant Aids dari Pemerintah Jepang (JICA) dengan areal seluas kurang lebih 8 Ha. Dengan SK Menteri Perindustrian RI dan Peraturan Menteri Perindustrian RI tahun 2009 maka dibentuklah Statuta PTKI Medan.

Sejak tahun 2014, PTKI Medan pun berganti nama menjadi Politeknik PTKI Medan. Di mana menawarkan 3 program studi yakni, Teknik Kimia (D3), Teknik Mekanika (D3), dan Agribisnis Kelapa Sawit (D3). Sejak berdirinya PTKI tahun 1983 sampai sekarang, PTKI Medan telah menghasilkan 5790 orang lulusan. PTKI Medan dengan areal kampus kurang lebih 6.5 HA memiliki fasilitas-fasilitas untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, di antaranya:

  1. Ruang kuliah yang telah Full AC
  2. Gedung Perpustakaan
  3. Gedung Auditorium dengan daya tampung 1000 orang
  4. Lapangan Bola kaki dan Badminton
  5. Areal parkir
  6. Laboratorium sebanyak 23 unit, yaitu:
    • Lab. Kimia Dasar
    • Lab. Fisika
    • Lab. Bahasa Inggris
    • Lab. Komputer
    • Lab. Menggambar
    • Lab. Kimia Analisa
    • Lab. Kimia Organik/Anorganik
    • Lab. Kimia Fisika
    • Lab. Teknologi Bioproses
    • Lab. Operasi Teknik Kimia/Satuan Operasi
    • Lab. Oleokimia
    • Lab. Material Test dan Elektron Mikroskop
    • Lab. Instrumentasi dan Pengendalian Proses
    • Lab. Teknik Tenaga Listrik
    • Lab. Elektronika
    • Lab. Otomatisasi Industri
    • Lab. Teknologi Pangan
    • Lab. Pengembangan dan Instrumen Analitik
    • Lab. Pengolahan Limbah
    • Lab. Workshop
    • Lab. Miniplant
    • Lab. Pabrik Mini Kelapa Sawit
    • Lab. Uji Kompetensi

Pendaftaran Politeknik PTKI Medan

Merupakan salah satu perguruan tinggi milik Kementrian Perindustrian Republik Indonesia, proses penerimaan mahasiswa baru di Politeknik PTKI Medan pun dilangsungkan di laman JARVIS. Di mana JARVIS ini merupakan singkatan dari Jalur Penerimaan Vokasi Industri Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Laman JARVIS ini memfasilitasi peserta yang ingin mendaftar pada perguruan tinggi di bawah Kementerian Perindustrian secara terpusat (one-stop integrated service) dan dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Adapun untuk info selengkapnya ada di bawah ini.

Persyaratan Pendaftaran

Sebelum mengisi pendaftaran, kamu harus mengecek persyaratan masing-masing program studi terlebih dahulu pada website http://jarvis.kemenperin.go.id/program_studi. Setelah itu, kamu bisa menyiapkan file yang dibutuhkan dan menguploadnya pada saat pendaftaran.

Tata Cara Pendaftaran

  1. Jika kamu tertarik untuk berkuliah pada salah satu kampus di atas, kamu bisa mendaftarkan diri pada website JARVIS berikut: http://jarvis.kemenperin.go.id/pendaftaran_akun.
  2. Masukkan nama lengkap, nomer handphone, email yang sering digunakan serta password, kemudian klik tulisan Buat Akun.
  3. Periksa email di folder inbox atau spam untuk mendapatkan kode aktivasi. Klik link yang ada di email tersebut, kemudian masukkan email dan kode aktivasi yang sudah diterima. Jika berhasil, maka akan terdapat pesan Aktivasi Berhasil.
  4. Lakukan login pada website jarvis.kemenperin.go.id dengan memasukkan username dan password yang tadi sudah dibuat. Pada tampilan selanjutnya klik tulisan Daftar Disini. Isikan data-data yang diminta pada tahap 1 s/d 6.
  5. Pada tahap 6, periksa lagi data yang sudah dimasukkan. Data yang sudah dikunci tidak dapat diubah.
  6. Setelah kampus tujuan memvalidasi pendaftaran, download Kartu Peserta Ujian. Kamu bisa mendownload kartu peserta ujian jika status pendaftaran Sudah Divalidasi. Jika Belum Divalidasi / Tidak Divalidasi maka kamu tidak dapat mendownload kartu peserta ujian.
  7. Pendaftaran gratis tidak dipungut biaya.
  8. Batas waktu pendaftaran sampai dengan 10 MEI 2020.
  9. Ujian dilaksanakan secara online pada tanggal 16 Mei 2020. Hasil pengumuman ujian dilaksanakan pada tanggal 5 Juni 2020 dan dapat dilihat pada menu Pengumuman di Website jarvis.kemenperin.go.id.
  10. Materi ujian berupa TPA (Tes Potensi Akademik) dan TBI (Tes Bahasa Inggris). Untuk hasil yg maksimal, direkomendasikan untuk menggunakan Laptop maupun Personal Computer (PC), namun ujian menggunakan HP juga dapat dilakukan.

Pengisian Data Oleh Peserta

Peserta melakukan Pendaftaran Akun pada menu Pendaftaran pada tanggal 2 April hingga 10 Mei 2020. Setelah itu mengisi Formulir Pendaftaran di halaman login masing-masing peserta. Jika data peserta sudah divalidasi peserta dapat mencetak kartu ujian pada halaman login masing-masing peserta.

Ujian Tulis

Ujian tulis dilaksanakan secara online pada tanggal 16 Mei 2020. Jika ada perubahan akan diinformasi melalui menu Pengumuman di laman http://jarvis.kemenperin.go.id/.

Hasil Pengumuman Ujian Tulis

Hasil pengumuman ujian tulis dapat dilihat pada menu Pengumuman di laman http://jarvis.kemenperin.go.id/ pada 5 Juni 2020.

Pengumuman Wawancara

Pengumuman mengenai tempat dan waktu Wawancara dapat dilihat pada menu Pengumuman di laman http://jarvis.kemenperin.go.id/ sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh Politeknik PTKI Medan.

Jadwal Penting Pendaftaran Politeknik PTKI Medan

  • Mulai 6 Mei 2020: Teknis ujian bisa didownload di bagian Pengumuman dan Login Peserta pada website JARVIS
  • 12 Mei 2020: Download ulang kartu peserta JARVIS karena ada perubahan jam ujian
  • 13 Mei 2020: Ujicoba ujian (sesuai jadwal masing-masing peserta pada menu Ujian Online (CAT) supaya lebih familiar dengan sistem CAT JARVIS
  • 16 Mei 2020: Ujian CAT JARVIS sesuai jam di kartu peserta

Demikian informasi yang bisa Mamikos bagikan seputar pendaftaran Politeknik PTKI Medan Tahun Akademik 2020/2021. Semoga informasi di atas bisa membantu kamu untuk mendaftarkan diri di Politeknik PTKI Medan ya! Nah, buat kamu yang berencana ingin merantau di luar kota guna menempuh pendidikan di kampus idaman, jangan lupa install aplikasi Mamikos di ponsel Android atau iOS kamu ya! Di aplikasi Mamikos, kamu bisa menemukan info sewa kost-kostan, apartemen, hingga rumah kontrakan di kota rantau tujuan kamu dengan praktis dan mudah.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: