Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 Jalur KIP Kuliah, Ini Caranya Jangan Sampai Salah!

 Bella Carla | Sel, 26 Mei 2020

UTBK-SBMPTN 2020 Jalur KIP Kuliah – Tahun 2020 ini, pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) terbagi menjadi dua tipe. Khusus untuk calon peserta yang ingin mendaftarkan diri melalui jalur Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah bisa memilih pendaftaran tidak berbayar (tipe B). Nantinya, peserta dengan KIP Kuliah ini akan dibebaskan biaya pendaftaran UTBK-SBMPTN. Nah, di bawah ini Mamikos sudah rangkumkan kamu cara pendaftaran UTBK-SBMPTN khusus untuk jalur KIP Kuliah tahun 2020.

Info Terbaru Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 Jalur KIP Kuliah

UTBK-SBMPTN 2020 Jalur KIP Kuliah
unsplash.com

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) baru saja membuka pendaftaran KIP Kuliah untuk jalur SBMPTN 2020 pada 18 Mei 2020 kemarin. Pendaftaran akun siswa KIP Kuliah akan ditutup pendaftarannya pada tanggal 31 Oktober 2020. Sedangkan, untuk pendaftaran UTBK-SBMPTN akan ditutup pendaftarannya pada tanggal 24 Juni mendatang. Untuk informasi pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 melalui jalur KIP Kuliah bisa kamu cek infonya berikut ini.

Apa Itu KIP Kuliah?

Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan sekolah menengah yang memiliki potensi akademik baik, tetapi memiliki keterbatasan ekonomi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. KIP Kuliah ini berbeda dari beasiswa Bidikmisi. Jika Bidikmisi hanya diperuntukkan bagi para mahasiswa yang berpretasi, maka KIP Kuliah diperuntukkan bagi anak-anak lulusan SMA/SMK yang berasal dari keluarga berpenghasilan rendah penerima PKH (Program Keluarga Harapan) namun memiliki keinginan untuk melanjutkan kuliah.

Program KIP Kuliah adalah kelanjutan dari Program Kartu Indonesia Pintar yang telah dilaksanakan pada era Jokowi untuk pelajar dengan wajib belajar 9 tahun. Untuk tahap awal KIP Kuliah diprioritaskan untuk mahasiswa yang kuliah di bidang science dan vokasi. KIP Kuliah dapat dimanfaatkan oleh lulusan SMA/SMK atau sederajat di seluruh Indonesia, untuk dapat menempuh pendidikan tinggi agar dapat berkontribusi bagi pembangunan bangsa sekaligus meningkatkan taraf ekonomi keluarga masing-masing. Pemerintah melalui Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbud akan terus menjamin pemerataan akses pendidikan tinggi melalui KIP Kuliah sekaligus mendukung program Merdeka Belajar yang dicanangkan pemerintah.

Apa Keunggulan KIP Kuliah?

Berikut sejumlah fasilitas yang akan diterima oleh mahasiswa penerima KIP Kuliah 2020, menurut Pedoman Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) 2020 yang dirilis dalam laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI:

  1. Biaya seleksi Penerima KIP Kuliah akan dibebaskan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi (Ujian Tulis Berbasis Komputer UTBK serta seleksi lain) yang diusulkan oleh masing-masing panitia dan perguruan tinggi bagi siswa yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos).
  2. Biaya kuliah Peserta juga dibebaskan biaya kuliah atau pendidikan. Biaya tersebut akan dibayarkan langsung oleh pemerintah ke perguruan tinggi.
  3. Biaya hidup Tak hanya biaya masuk dan kuliah yang gratis, penerima KIP Kuliah juga akan menerima bantuan biaya hidup sebesar Rp 700.000 (tujuh ratus ribu rupiah) per bulan. Fasilitas tersebut dapat dinikmati mahasiswa selama menjalani masa studi di perguruan tinggi dengan ketentuan:
    1. Program Reguler
      Sarjana maksimal 8 (delapan) semester. 

      • Diploma Empat maksimal 8 (delapan) semester.
      • Diploma Tiga maksimal 6 (enam) semester.
      • Diploma Dua maksimal 4 (empat) semester.
      • Diploma Satu maksimal 2 (dua) semester.
    2. Program Profesi
      • Dokter maksimal 4 (empat) semester.
      • Dokter Gigi maksimal 4 (empat) semester.
      • Dokter Hewan maksimal 4 (empat) semester.
      • Ners maksimal 2 (dua) semester.
      • Apoteker maksimal 2 (dua) semester.
      • Guru maksimal 2 (dua) semester.

Tahapan Penyaluran Bantuan Biaya KIP Kuliah

  1. Perguruan Tinggi (PT) mengirimkan SK/Surat dari pimpinan PT terkait daftar calon penerima KIP Kuliah disertai data pendukung (pelaporan IPK dan atau softcopy data penerima dan rekening) (cepat atau lambatnya tergantung mekanisme internal PT)
  2. PLPP Kemmdikbud melakukan proses SPP, SPM ( kira kira 1-2 Minggu jika data pada tahap 1 lengkap)
  3. KPPN menerbitkan SP2D (Maksimal 1 hari kerja) dan transfer ke rekening penampungan Satker PLPP Kemdikbud (Ijin Kementerian Keuangan)
  4. PLPP Kemdikbud memerintahkan Bank penyalur untuk melakukan proses transfer (1-2 hari kerja)
  5. Bank penyalur melakukan transfer ke rekening penerima (mekanisme internal bank mandiri)

Jenis Pendaftaran UTBK-SBMPTN

Jenis Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 dibagi menjadi dua tipe:

  1. Pendaftaran Berbayar (Tipe A): untuk pendaftar reguler dan pendaftar yang memilih skema KIP Kuliah tetapi ditetapkan harus tetap membayar biaya untuk mengikuti UTBK.
  2. Pendaftaran Tidak Berbayar (Tipe B): khusus untuk pendaftar yang memilih skema KIP Kuliah dan ditetapkan sebagai pendaftar Tidak Berbayar untuk mengikuti UTBK oleh Kemdikbud.

Persyaratan KIP Kuliah

Jika kamu tertarik untuk mendaftar UTBK-SBMPTN melalui jalur KIP Kuliah, maka kamu pun harus memiliki akun KIP Kuliah terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa persyaratan untuk mendaftar program KIP Kuliah:

  1. Memiliki potensi akademik yang baik
  2. Memiliki akun di LTMPT
  3. Berasal dari keluarga kurang mampu yang dibuktikan dengan dokumen yang sah seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP), Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), ataupun siswa dari panti sosial/panti asuhan.
  4. Jika tidak memiliki dokumen-dokumen di atas sebagai bukti, pendaftaran masih bisa dilakukan asalkan dapat membuktikan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali sebesar empat juta rupiah, atau masing-masing anggota keluarga mendapat Rp 750.000 dari jumlah pendapatan kotor gabungan orang tua/wali.

Persyaratan UTBK-SBMPTN

Untuk bisa mengikuti SBMPTN 2020, maka kamu wajib untuk memiliki nilai UTBK. Di bawah ini adalah persyaratan untuk pendaftaran UTBK-SBMPTN bagi penerima KIP-Kuliah:

UTBK

  1. Ketentuan Umum
    1. Siswa hanya diperbolehkan untuk mengikuti UTBK 2020 sebanyak satu kali, dengan ketentuan sebagai berikut:
      • UTBK kelompok Saintek;
      • UTBK kelompok Soshum;
      • UTBK kelompok Campuran (Saintek dan Soshum)
    2. Nantinya, hasil UTBK 2020 hanya berlaku untuk mendaftar SBMPTN 2020.
  2. Persyaratan
    1. Siswa Kelas XII SMA/MA/SMK lulusan tahun 2020 atau peserta didik Paket C tahun 2020.
    2. Lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2018 dan 2019 atau lulusan Paket C tahun 2018 dan 2019.
    3. Peserta mengikuti satu kali tes dengan ketentuan sebagai berikut:
      • UTBK kelompok Saintek mengikuti tes TPS dan TKA Saintek
      • UTBK kelompok Soshum mengikuti tes TPS dan TKA Soshum
      • UTBK kelompok Campuran (Saintek dan Soshum) mengikuti tes TPS, TKA Saintek, dan TKA Soshum
    4. Calon peserta KIP Kuliah (KIP-K) yang dinyatakan lolos persyaratan tidak dipungut biaya.

SBMPTN

  1. Ketentuan Umum
    SBMPTN 2020 adalah seleksi yang dilakukan oleh PTN atau PTKIN di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) di bawah koordinasi LTMPT dengan seleksi berdasarkan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN.
  2. Persyaratan
    1. Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 pada tahun 2020, atau lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2018 dan 2019, atau lulusan Paket C tahun 2018, 2019, dan 2020
    2. Bagi siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2020 harus memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto berwarna terbaru yang bersangkutan dengan dibubuhi cap stempel yang sah
    3. Bagi siswa lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2018 dan 2019 atau lulusan Paket C tahun 2018, 2019, dan 2020 harus memiliki ijazah.
    4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi
    5. Memiliki Nilai UTBK 2020
    6. Mempunyai akun di LTMPT.
    7. Tidak lulus jalur SNMPTN 2020
      Khusus untuk pendaftar Program Studi bidang Seni dan Olahraga, peserta wajib mengunggah portofolio sebagai materi tambahan untuk proses seleksi dalam SBMPTN 2020. Jenis Portofolio SBMPTN 2020 adalah sebagai berikut (apabila ada tambahan jenis portofolio akan diinformasikan melalui website resmi LTMPT).

      • Portofolio Olahraga
      • Portofolio Seni Rupa, Desain, dan Kriya
      • Portofolio Tari (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Tari)
      • Portofolio Teater (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Teater/Drama)
      • Portofolio Musik (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Musik)
      • Portofolio Seni Karawitan
      • Portofolio Etnomusikologi
      • Portofolio Fotografi
      • Portofolio Film dan Televisi
      • Portofolio Seni Pedalangan

Cara Pendaftaran UTBK-SBMPTN Jalur KIP Kuliah

  1. Siswa dapat melakukan pendaftaran dengan melakukan login ke laman portal.ltmpt.ac.id menggunakan akun LTMPT
  2. Siswa memilih menu pendaftaran UTBK, kemudian memilih skema KIP Kuliah
  3. Selanjutnya, siswa memasukkan nomor pendaftaran KIP Kuliah. Jika siswa belum memiliki nomor pendaftaran KIP Kuliah, maka siswa dipersilahkan untuk mendafttar KIP Kuliah terlebih dahulu melalui laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id
  4. Siswa diminta untuk melengkapi biodata, mengisi kebutuhan khusus (jika berkebutuhan khusus), dan simpan permanen biodata
  5. Selanjutnya, siswa memilih pusat UTBK dan mencetak slip pembayaran
  6. Siswa melakukan pembayaran ke bank mitra dengan menggunakan kode pembayaran dan NISN siswa. Setelah melakukan pembayaran, bank mitra akan memberikan tanda bukti pembayaran.
  7. Setelah melakukan pembayaran pendaftaran, siswa melakukan login kembali menggunakan akun LTMPT untuk siswa di laman https://portal.ltmpt.ac.id untuk menyelesaikan proses pendaftaran.
  8. Siswa memilih program studi dan mengungguh portofolio (jika diperlukan)
  9. Siswa melakukan konfirmasi data pendaftaran dan simpan permanen pendaftaran
  10. Terakhir, siswa dipersilahkan untuk mencetak kartu tanda peserta.

Biaya UTBK-SBMPTN Jalur KIP Kuliah

Khusus untuk calon peserta KIP Kuliah (KIP-K) jenis pendaftaran Tipe B yang dinyatakan lolos, maka calon peserta tersebut tidak dipunggut biaya.

Jadwal Pendaftaran UTBK-SBMPTN Jalur KIP Kuliah

  • Pendaftaran Akun Siswa KIP-Kuliah: 26 Februari 2020 – 31 Oktober 2020
  • Pendaftaran UTBK-SBMPTN: 18 Mei 2020 – 19 Juni 2020
  • Pelaksanaan UTBK: 5 Juli – 12 Juli 2020
  • Pengumuman UTBK SBMPTN: 25 Juli 2020

Sosialisasi UTBK-SBMPTN 2020 dalam Kondisi Pandemi Covid-19

 

Itulah informasi terbaru terkait cara pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 jalur KIP Kuliah yang bisa Mamikos sampaikan kepada kalian. Buat kamu yang ingin mendaftarkan diri melalui jalur KIP Kuliah, Mamikos harap kamu membaca informasi di atas dengan cermat ya! Untuk mendapatkan informasi terkini terkait UTBK SBMPTN 2020, kamu bisa kunjungi situs Mamikos secara berkala.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: