Pengertian Teks Prosedur, Ciri, Struktur dan Contohnya Lengkap

Posted in: Edukasi
Tagged: Teks Prosedur

Pengertian Teks Prosedur, Ciri, Struktur dan Contohnya Lengkap -Ada banyak sekali orang yang mencari teks prosedur dalam melakukan berbagai macam kegiatan yang akan dilakukannya. Informasi soal prosedur ini memang banyak dicari sering sekali dianggap sebagai sebuah panduan untuk membantu kita melakukan kegiatan tersebut. Namun kita perlu pahami lebih dalam mengenai prosedur itu sendiri, berikut penjelasannya.

Pengertian Teks Berisi Prosedur

unsplash.com

Teks ini sebenarnya merupakan sebuah teks yang berisikan langkah demi langkah dan juga tahapan yang harus dilakukan. Biasanya langkah demi langkah ini memiliki suatu tujuan tertentu yang mana dengan bantuan teks ini akan bisa dicapai. Dalam KBBI prosedur sendiri berarti tahapan kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas. Biasanya dalam teks ini ada cara dan juga tutorial.

Ciri Dari Tulisan Prosedur

Sebenarnya cukup mudah sih untuk mengetahui suatu teks itu merupakan teks prosedur ataupun bukan dengan sekali baca. Tapi mungkin ada banyak juga orang yang mungkin kesulitan untuk mengenalinya, dan sebenarnya bisa saja menggunakan ciri-cirinya. Karena memang ciri dari teks tersebut sangatlah jelas terlihat, sehingga kita akan bisa mengenali dari ciri-cirinya saja.

Berikut ini beberapa cirinya. 

  1. Kebanyakan menggunakan kalimat saran dan juga larangan
  2. Berisi langkah-langkah dan juga tahapan yang biasanya sih berupa poin atau bisa juga dalam bentuk paragraf
  3. Disusun secara sistematis, urut, dan biasanya sangat detail untuk membantu orang dalam melakukan kegiatan
  4. Teks prosedur itu biasanya berisikan bilangan urutan dan juga angka untuk menunjukkan urutan dari setiap langkah

Struktur Teks

Setiap teks dalam bahasa Indonesia itu ada struktur yang jelas yang dipergunakan untuk membuat orang lebih mudah memahami teks. Dan dalam teks ini pun ada struktur yang jelas yang harus diikuti apabila ingin untuk membuat teks tersebut. Mungkin banyak orang yang belum memahami soal struktur tersebut, karena itu kali ini kami akan jelaskan mengenai strukturnya itu seperti apa. 

1. Bagian Tujuan

Bagian yang pertama dari artikel prosedur itu adalah tujuan yang ingin dicapai itu apa, atau kegiatan apa yang ingin dilakukan. Biasanya bisa berupa tujuannya membuat roti, atau mungkin tujuannya berolahraga, dan masih banyak lagi. Jadi biasanya bagian ini akan menunjukkan hasil yang akan diperoleh dari langkah-langkah tersebut. 

2 Bagian Material

Bagian yang kedua itu adalah material yang akan diperlukan dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai tersebut. Misalnya pengurusan SIM, maka biasanya ada dokumen persyaratan dan lain sebagainya yang harus dipersiapkan. Kalau membuat makanan mungkin akan dijelaskan dulu bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat makanan tersebut.

Bagian material ini sebenarnya tidak selalu harus ada pada sebuah artikel prosedur sih, akan tetapi pada jenis prosedur tertentu saja. Biasanya kalau yang ada material ini seperti prosedur membuat kue, atau mungkin membuat layang-layang, dan lain sebagainya. Jadi tidak selalu ada bagian material ini, menyesuaikan jenis teks prosedur. 

3. Bagian Langkah-Langkah

Bagian yang paling terakhir dan merupakan isi dari teks ini adalah langkah demi langkah untuk melakukan kegiatan tersebut. Biasanya isinya adalah langkah-langkah yang harus diikuti supaya bisa memperoleh hasil akhir yang sesuai dengan tujuan awal. Tentu dalam penulisan langkah demi langkah ini harus dilakukan secara runtut dan urut tanpa ada yang terlewat. 

Untuk bagian dari langkah-langkah ini biasanya cukup detail dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh orang. Karena tujuannya adalah membantu orang untuk mencapai tujuan yang diinginkan dari kegiatan yang sedang dilakukan. Terkadang juga ada bantuan seperti tips untuk membantu orang dalam mengerjakan pembuatan tersebut. 

Kaidah Kebahasaan Teks

Ada beberapa kaidah kebahasaan yang harus diikuti apabila ingin membuat teks ini dengan baik dan bisa berguna bagi banyak orang. Berikut ini kami akan jelaskan apa saja sih kaidah yang harus diikuti dalam pembuatan teks tersebut. 

  1. Menggunakan kata teknis yang berhubungan dengan topik yang dibahas
  2. Menggunakan kata penghubung yang temporal
  3. Memakai kalimat perintah atau kata kerja perintah
  4. Memakai kalimat persuasif dalam teks ini
  5. Dalam teks prosedur itu ada verba material dan tingkah laku
  6. Memberikan gambaran terperinci tentang bahan, benda dan alat yang dipakai. 

Cara Menyusun Teks

Bila sudah mengerti cirinya dan juga sudah mengerti kaidah kebahasaan dengan baik, maka harus mempelajari juga cara menyusunnya. Sehingga dengan mempelajari cara menyusun yang tepat, maka kita akan bisa membuat teks tersebut dengan baik. Banyak orang yang kebingungan dalam membuat teks semacam ini, dan berikut ini kami akan coba jelaskan. 

1. Membuat Judul 

Langkah pertama dalam membuat teks ini adalah membuat judul dari teks tersebut, dan bisa dalam bentuk benda atau kegiatan. Jadi judulnya itu bisa berupa nama benda yang akan dibuat ataupun dilakukan pada kegiatan tersebut. Bisa juga berupa cara melakukan atau memakai sesuatu barang ataupun benda. 

2. Pengantar Yang Berisi Tujuan

Lalu ada pengantar yang akan menjelaskan tujuan dari penulisan tersebut sebenarnya untuk apa. Bisa jadi untuk membuat suatu benda dengan baik, bisa juga berisi tujuan memaksimalkan penggunaan benda. 

3. Alat Dan Juga Bahan

Lalu yang ketiga adalah alat yang diperlukan untuk membuat atau melakukan sesuatu dengan tujuan tertentu. Selain itu juga disampaikan bahan untuk membuatnya juga, meski memang tidak semua prosedur harus menyertakan bahan. Pembuatan teks prosedur bagian ini biasanya sih dilakukan dengan menggunakan poin-poin supaya tidak ada yang terlewat. 

4. Tahapan Dengan Urutannya

Lalu yang terakhir adalah tahapan dan juga langkah yang memang harus dituliskan secara urut dan tidak boleh ada yang terlupa. Biasanya penulisannya itu akan mempergunakan penomoran supaya urutannya pun jadi lebih jelas. 

Contoh Prosedur

Memasak telur dadar memang menjadi salah satu pilihan ibu-ibu untuk membuatkan sarapan anak-anaknya sebelum sekolah. Banyak juga anak kos yang memilih memasak telur dadar ini untuk sarapan ataupun makan sehari-harinya. Berikut ini kami akan jelaskan prosedurnya. 

Bahan:

1 Telur
Minyak atau margarin secukupnya
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya

Alat:

Wajan
Spatula
Piring
Kompor
Sendok
Mangkuk kecil

Langkah-langkah:

1. Pertama pecahkan telur ke dalam mangkuk kecil
2. Kocok dengan menggunakan sendok sampai rata menjadi warna kuning semua
3. Tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya lalu kocok lagi menggunakan sendok
4. Nyalakan kompor kecil saja
5. Taruh wajan di atas kompor dan beri minyak sedikit saja dan ratakan ke seluruh bagian wajan menggunakan spatula
6. Setelah sudah rata masukkan campuran telur tadi dan sebar telur supaya melebar
7. Balik telur dengan menggunakan spatula supaya matang bagian atas dan bawah
8. Bila sudah matang tiriskan sebentar supaya minyaknya turun dan taruh di piring. 

Demikianlah informasi soal pengertian, ciri, struktur serta contoh teks prosedur.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah