Pengumuman Hasil Test SBMPTN 2019/2020

 Mamikos | Sel, 24 Apr 2018

Pengumuman Hasil Test SBMPTN 2019/2020 – Pengumuman hasil test SBMPTN 2019 menjadi sesuatu yang mendebarkan, namun tetap ditunggu-tunggu para calon mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri. Pendaftaran SBMPTN diadakan pada bulan Juni 2019, tepatnya tanggal 10 sampai 24 Juni. Pengumuman hasil test SBMPTN baru dilaksanakan pada 9 Juli 2019 (pukul 15.00 WIB), beberapa bulan setelah ujian SBMPTN diadakan.

Pengumuman Hasil Test SBMPTN 2019/2020

Waktu menunggu yang bisa terbilang sangat lama tersebut memang membuat Anda semakin berdebar-debar akan hasil yang didapatkan, apalagi ujian SBMPTN tahun 2019 pesertanya sangat banyak, bahkan meliputi lulusan tahun 2017 dan 2018 yang ingin mencoba peruntungan di Perguruan Tinggi Negeri. Namun, Anda bisa mengisi kekosongan waktu selagi menunggu pengumuman test SBMPTN dengan melakukan hal yang produktif.

Tidak Yakin dengan Keberhasilan Hasil Test SBMPTN?

Bagi sebagian peserta SBMPTN, hasil yang tidak memuaskan seringkali sudah bisa diprediksi. Alasannya bermacam-macam, mulai dari persyaratan SBMPTN yang kurang lengkap, pengisian data yang kurang teliti, hingga mekanisme daftar SBMPTN 2019 yang asal-asalan karena terburu-buru. Bahkan, ada pula yang asal mengisi program studi tujuan karea masih bingung dan belum yakin dengan passion yang dimiliki. Masalah teknis tersebut adalah hal pertama yang membuat peserta SBMPTN merasa gagal meskipun sudah datang ujian. Jika sudah pesimis sejak awal, Anda harus segera membuat rencana lain agar tetap bisa kuliah di tahun 2019.

Masalah kedua yang tidak kalah berat adalah tingkat kesulitan soal SBMPTN tahun 2019 yang selalu meningkat dari tahun ke tahun. Dasar pengetahuan tentang materi sangat dibutuhkan agar bisa lancar dalam mengerjakan soal-soal SBMPTN 2019, namun, tidak jarang masih banyak yang bingung dengan konsep dasar, sehingga ketika mendapatkan tingkat kesulitan soal yang lebih tinggi akan merasa kesulitan. Biasanya, Anda bisa menebak prediksi kelulusan SBMPTN dari kesulitan dan kemudahan soal setelah selesai mengerjakan. Jika Anda yakin bisa mengerjakan soal-soal tersebut, berdoalah agar mencapai passing grade yang sudah ditetapkan atau lebih tinggi. Namun, jika Anda merasa sangat kesulitan mengerjakan dan sudah yakin gagal mengerjakan soal SBMPTN, Anda harus langsung bergerak dan mencoba peruntungan lain agar bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri idaman.

Website Pengumuman Hasil Test SBMPTN

Bagi Anda yang sudah yakin lolos SBMPTN tahun 2019 atau sekadar penasaran dengan hasil yang didapatkan, segeralah membuka alamat website resmi untuk bisa mengakses pengumuman secara akurat. Alamat website pengumuman.sbmptn.ac.id akan menjadi portal bagi Anda agar bisa melihat hasil ujian. Jika Anda sudah melakukan pendaftaran SBMPTN sebelumnya pada halaman pendaftaran.sbmptn.ac.id 2019, tentunya Anda akan mendapatkan akses menuju SBMPTN login. Tampilan website yang akan menampilkan hasil test SBMPTN seperti di bawah ini:

  • Cara untuk mengetahui kelulusan SBMPTN sangat mudah. Anda cukup memasukkan data yang diperlukan, seperti tanggal lahir dan nomor peserta. Tidak sembarang orang bisa mengakses hasil ujian SBMPTN Anda kecuali Anda memberikan akses tersebut pada orang lain, sehingga kerahasiaan pengumuman akan terjamin. Setelah memasukkan data tersebut pada website, Anda cukup mengeklik ikon kaca pembesar atau ‘cari’ pada website dan hasil kelulusan pun akan segera muncul. Jika koneksi internet Anda tidak terlalu bagus, Anda bisa merefresh halaman berulang kali karena kemungkinan pengakses website SBMPTN sedang membludak.
  • Tampilan website jika Anda lulus seleksi SBMPTN akan berubah menjadi ucapan selamat telah diterima beserta nama lengkap Anda. Hasil test SBMPTN yang tertera pada website juga akan menampilkan penjelasan lebih lanjut mengenai langkah-langkah yang perlu Anda lakukan setelah dinyatakan lulus SBMPTN, seperti melakukan daftar ulang atau menyiapkan berbagai macam berkas guna keperluan pendaftaran di kampus idaman. Catatlah tanggal-tanggal penting agar tidak terlewat karena Anda bisa gugur jika terlambat melakukan tahapan yangs udah ditetapkan.
  • Tampilan jika Anda tidak lulus seleksi SBMPTN 2019 tentunya tidak sama dengan tampilan ketika Anda lulus. Layar website akan menampilkan permohonan maaf beserta nama Anda. Setelah melihat tampilan tersebut, Anda mungkin kecewa atau bersedih, apalagi jika sesaat setelah pengumuman sahabat-sahabat Anda langsung menghubungi dan memberitahukan keberhasilannya. Tidak perlu terlalu lama berlarut-larut dan sedih menghadapi kegagalan ujian masuk SBMPTN. Lantas, apa yang harus Anda lakukan?

Cara Melihat Pengumuman SBMPTN di Mamikos

Melihat pengumuman SBMPTN tidak perlu bingung, kamu sekarang bisa cek hasil SBMPTN di mamikos, nah caranya :

  • Silakan buka disini
  • Silakan lengkapi form yang sudah di sediakan
  • Login menggunakn akun email / akun facebook
  • Silakan download file pengumuman SBMPTN.
  • Untuk cek nama kamu, gunakan ctrl+f, lalu ketik nama lengkap kamu.
  • Selesai

Jika Belum Diterima SBMPTN 2019, Apa yang Harus Dilakukan?

Semua orang pasti ingin berhasil ketika mengerjakan ujian, namun Tuhan memiliki kehendak lain yang terbaik untuk Anda. Barangkali SBMPTN bukanlah satu-satunya jalan bagi Anda untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri favorit, sehingga Anda tidak perlu berlama-lama sedih atau terpuruk. Segeralah untuk mencari tahu jadwal ujian mandiri berbagai Perguruan Tinggi Negeri lainnya serta PTN yang Anda pilih ketika ujian SBMPTN. Biasanya, jadwal ujian yang diselenggarakan universitas tidak sama, sehingga Anda bisa mencoba peluang-peluang yang terbuka tersebut untuk bisa diterima di kampus idaman.

Memilih sekolah kedinasan juga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tertarik kuliah dan langsung bekerja. Persaingan untuk masuk sekolah kedinasan memang cukup ketat, namun banyak yang beranggapan bahwa masa depan seseorang bisa terjamin setelah diterima dan tentunya dengan belajar keras. Jika Anda masih belum diterima di PTN serta sekolah kedinasan, masih ada Perguruan Tinggi Swasta favorit di Indonesia yang dapat menjadi alternatif. Biaya masuk PTS serta biaya semester yang lebih mahal dibandingkan PTN memang kerap menjadi pertimbangan, sehingga PTN memiliki lebih banyak peminat. Sebenarnya Anda dapat belajar dengan keras dan mencari beasiswa di PTS tersebut, sehingga biaya kuliah akan jauh lebih ringan. Selalu ada jalan jika Anda memiliki kemauan.

Tips Bagi Anda yang Lolos SBMPTN 2019

Bagi Anda yang sudah berhasil diterima di kampus tujuan dari jalur SBMPTN 2019, perjuangan baru saja dimulai karena Anda masih harus melengkapi berbagai persyaratan masuk Perguruan Tinggi Negeri untuk bisa benar-benar diterima dan menjadi mahasiswa baru.  Persaingan SBMPTN tahun 2019 yang terbilang ketat akan menyisakan kesan tersendiri, apalagi seleksi SBMPTN tahun ini diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017 dan 2018 juga, sehingga tanpa persiapan matang dan usaha yang keras Anda berpotensi untuk gagal.

Setelah yakin dengan pilihan kampus, Anda perlu mencari tahu hunian nyaman di kota rantau jika tidak memilih untuk kuliah di daerah asal. Budget yang terbatas selama di tanah rantau bisa menjadi alasan untuk memilih hunian kost dibandingkan mengontrak rumah. Pilihlah kost Jogja murah jika Anda memilih kuliah di salah satu PTN di Jogja, seperti UGM, UNY, UIN, dan UPN. Namun, bagi Anda yang ingin merantau ke ibukota dan kuliah di UI, maka kost Depok murah tentu menjadi solusi terbaik, begitu pula bagi Anda yang ingin melanjutkan studi di ITB atau Universitas Padjadjaran karena kost Bandung murah yang harganya sesuai kantong mahasiswa sudah tersedia.

Pengumuman hasil test SBMPTN bukanlah hasil akhir dari perjuangan Anda untuk bisa meraih mimpi. Justru pengumuman tersebut merupakan gerbang awal yang akan menentukan kesuksesan Anda nantinya. Selamat melanjutkan mimpi!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Pengumuman Hasil Test SBMPTN 2019/2020

Pengumuman Hasil Test SBMPTN 2019/2020