Pengumuman Kelulusan SBMPTN 2019/2020

 Mamikos | Sel, 24 Apr 2018

Pengumuman Kelulusan SBMPTN – Bagi seorang siswa sekolah menengah, ujian yang harus dihadapi sangatlah berat. Setelah menjalani UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer), para siswa yang ingin melanjutkan studi hingga perguruan tinggi harus menempuh jalur ujian seperti SBMPTN 2019 dan menunggu pengumuman kelulusan SBMPTN. Jika Anda sudah berhasil masuk ke Perguruan Tinggi Negeri favorit melalui jalur SNMPTN yang membutuhkan nilai rapor, maka Anda patut bersyukur.

Tidak semua orang bisa masuk universitas tanpa tes.  Namun, jika Anda harus mengikuti SBMPTN, maka biaya pendaftaran SBMPTN sebesar 200.000 rupiah bisa Anda bayarkan melalui teller bank serta ibanking atau mobile banking jika tidak ingin keluar rumah. Saat ini, proses pembayaran yang lebih mudah akan membuat Anda tidak perlu bersusah payah mengantre di bank.

Pengumuman Kelulusan SBMPTN 2019/2020

Skala ujian SBMPTN memang lebih luas, apalagi tahun 2019 ini SBMPTN tidak hanya diikuti lulusan tahun 2019 saja. Persaingan SBMPTN akan semakin ketat karena lulusan 2 tahun terakhir, yaitu lulusan tahun 2017 dan 2018 akan mengikuti proses seleksinya pula.

Pengumuman kelulusan SBMPTN tanggal 9 Juli 2019 (pukul 15.00 WIB) akan menjadi penentu keberhasilan Anda. Jika Anda belum diterima di kampus pilihan pertama, masih ada alternatif kampus pilihan kedua atau ketiga. Penasaran cara melihat pengumuman kelulusan SBMPTN?

Cara Melihat Pengumuman Kelulusan SBMPTN

Mendekati waktu pengumuman kelulusan SBMPTN, sosial media akan dipenuhi dengan status doa atau harapan-harapan baik lainnya. Anda pun juga bisa meminta doa keberhasilan pada orang tua, teman, dan guru-guru ketika masih berada di sekolah menengah. Jika jam sudah menunjukkan pukul 17.00, Anda sudah bisa mengecek pengumuman SBMPTN dengan cara berikut:

  • Gunakan browser yang membuat Anda paling nyaman untuk mengakses pengumuman. Ketikkan alamat website pengumuman.sbmptn.ac.id secara tepat.
  • Halaman awal website akan menampilkan permohonan untuk memasukkan nomor pendaftaran dan tanggal lahir. Jadi, Anda harus selalu mengingat nomor pendaftaran ketika mendaftar SBMPTN karena data tersebut juga diperlukan untuk login SBMPTN. Anda juga akan diminta mengetikkan captcha demi alasan keamanan.
  • Setelah berhasil login, pengumuman kelulusan SBMPTN langsung bisa Anda lihat.
  • Jika Anda berhasil masuk ke salah satu diantara 3 pilihan kampus, tampilan layar website akan menjadi tulisan ucapan selamat beserta nama Anda yang terpampang. Contoh pengumuman SBMPTN yang lulus juga akan  menampilkan tanggal lahir Anda serta persyaratan yang harus dipenuhi sebagai seorang calon mahasiswa baru.
  • Jika Anda belum berhasil masuk melalu jalur SBMPTN, tampilan website akan menampilkan ucapan permintaan maaf sekaligus nama Anda.
  • Anda masih kesulitan mengakses pengumuman SBMPTN? Bisa jadi website yang Anda akses sedang mengalami down atau error karena jumlah pengakses yang membludak. Tidak perlu panik karena Anda bisa me-refresh halaman berulang kali sampai halaman tersebut tampil normal. Untuk menghindari kejadian tersebut, Anda juga bisa mengantisipasinya dengan mengakses halaman tidak pada jam 17.00. Kemungkinan website pengumuman SBMPTN bisa diakses dengan lancar pada pukul 20.00 atau setelahnya.
  • Cara melihat pengumuman SBMPTN selain melalui website adalah dari media cetak, terutama koran lokal. Biasanya, koran lokal akan menggunakan berita kelulusan SBMPTN sebagai headline utama. Anda yang tidak memiliki koneksi internet bisa memanfaatkan media koran untuk melihat pengumuman. Tidak hanya itu, media online pun akan mengumumkan daftar nama peserta SBMPTN yang berhasil lulus ujian.

Cara Melihat Pengumuman SBMPTN di Mamikos

Melihat pengumuman SBMPTN tidak perlu bingung, kamu sekarang bisa cek hasil SBMPTN di mamikos, nah caranya :

  • Silakan buka disini
  • Silakan lengkapi form yang sudah di sediakan
  • Login menggunakn akun email / akun facebook
  • Silakan download file pengumuman SBMPTN.
  • Untuk cek nama kamu, gunakan ctrl+f, lalu ketik nama lengkap kamu.
  • Selesai

Kiat Menghadapi Pengumuman Kelulusan SBMPTN

Menunggu waktu pengumuman kelulusan SBMPTN bisa menjadi hal yang membosankan, apalagi jika Anda terbiasa beraktivitas dengan aktif di luar ruangan. Meskipun demikian, terkadang bersenang-senang diantara waktu pengumuman SBMPTN membuat beberapa orang tidak merasa nyaman. Untuk membunuh kebosanan, Anda bisa banyak berdoa dan mengisi waktu dengan hal bermanfaat. Jika biasanya Anda tidak memiliki banyak waktu untuk membantu orang tua, kini Anda sudah tidak memiliki alasan lain lagi untuk lebih berbakti.

Setelah pengumuman kelulusan SBMPTN dilakukan sedangkan waktu kuliah masih lama, apa saja yang perlu Anda siapkan?

  • Menyiapkan daftar rencana hidup setelah pengumuman SBMPTN

Sebagian orang menganggap bahwa perjuangan setelah ujian SBMPTN dan pengumumannya keluar sudah selesai. Justru sebaliknya, Anda harus mulai memikirkan berbagai kemungkinan dan peluang yang terjadi pasca pengumuman SBMPTN 2019. Seperti kata pepatah, gagal mempersiapkan rencana hidup sama dengan menyiapkan kegagalan. Selalu catat rencana Anda dalam selembar kertas atau buku khusus. Berikan checklist untuk hal-hal yang berhasil Anda capai dan belum tercapai. Dengan cara seperti itu, hidup akan terasa lebih terarah dan Anda tidak menjalani hidup dengan spontanitas saja, tetapi dengan penuh perencanaan.

  • Kegiatan Untuk Anda yang Lulus SBMPTN

Jika Anda dinyatakan lulus SBMPTN 2019, maka siapkanlah perlengkapan yang bisa dipakai kuliah, seperti alat tulis dan kebutuhan kuliah lainnya. Anda juga bisa membeli baju atau kemeja kuliah karena pakaian kuliah tidak sama setiap hari. Di sinilah Anda bisa mengekspresikan bagaimana gaya berbusana dan fashion. Namun tetap pastikan bahwa Anda menggunakan pakaian yang sopan dan rapi di area kampus.

Menyiapkan kompetensi lain yang diperlukan sebagai bekal kuliah juga sangat penting. Kegiatan perkuliahan sangat berbeda dengan kegiatan di sekolah menengah. Anda akan dihadapkan dengan berbagai literatur buku dan jurnal internasional. Oleh karena itu, Anda bisa memperdalam kemampuan bahasa Inggris dengan mengikuti kursus atau belajar mandiri. Jika sudah yakin dengan kemampuan yang dimiliki, cobalah mengambil tes bahasa seperti tes TOEFL atau tes IELTS. Peluang untuk bisa menjalani pertukaran mahasiswa, konferensi internasional, serta mempublikasikan buku akan sangat terbuka lebar bagi Anda yang memiliki kemampuan lebih.

  • Kegiatan Untuk Anda yang Tidak Lulus SBMPTN

Jika Anda belum dinyatakan lulus SBMPTN 2019, Anda bisa mengisi waktu luang dengan mendaftar kuliah jalur mandiri di PTN lainnya. Tidak perlu berkecil hati karena yang menghadapi ketidaklulusan SBMPTN tidak hanya Anda seorang diri. Cobalah untuk menganalisis kekurangan selama proses belajar dan mengerjakan soal ujian, sehingga Anda bisa memperbaiki kekurangan tersebut. Mencoba ikut bimbingan belajar di dekat PTN tujuan juga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin meningkatkan motivasi.

Memilih kampus di perantauan bukan hal yang salah, apalagi jika Anda ingin belajar mandiri setelah lulus SMA. Saat ini, sudah banyak lembaga bimbingan belajar yang menawarkan bimbingan khusus masuk PTN jalur mandiri. Tidak jarang lokasi tempat bimbingan belajar tersebut lokasinya dekat kampus.

  • Tempat Tinggal Untuk Calon Mahasiswa Baru

Jika Anda tidak memiliki sanak saudara dan masih bingung dengan tempat tinggal, maka Anda bisa memanfaatkan aplikasi kost terbaik mamikos dengan mengunduhnya melalui ponsel android atau ios. Informasi terbaru mengenai tempat kost dan harganya bisa Anda dapatkan dari aplikasi tersebut secara gratis, bahkan Anda tidak perlu datang dan survey ke setiap lokasi. Pertanyaan yang berkaitan dengan kost bisa langsung Anda tanyakan pada pemilik kost melalui nomor telepon yang tertera. Sangat praktis dan mudah, bukan?

Jadi, pengumuman kelulusan SBMPTN bukanlah hal yang menakutkan selama Anda memiliki persiapan matang. Segera download aplikasi mamikos untuk mendapatkan informasi terkini mengenai hunian, lowongan kerja, bahkan untuk menjual dan membeli barang bekas. Selamat mencari!

Pengumuman Kelulusan SBMPTN 2019/2020

Pengumuman Kelulusan SBMPTN 2019/2020