Pengumuman Kelulusan SBMPTN 2020/2021

Posted in: Pendidikan SBMPTN

Pengumuman Kelulusan SBMPTN 2020/2021 – Setelah mendaftar, hal yang selanjutnya akan kamu lakukan dalam rangkaian SBMPTN 2020 adalah menjalani UTBK. Hasil yang kamu dapatkan di UTBK nantinya akan menentukan apakah kamu lulus atau tidak pada SBMPTN 2020. Menurut informasi terbaru dari LTMPT, pengumuman kelulusan SBMPTN 2020 akan secara resmi dilakukan pada bulan Agustus 2020. Berikut informasi selengkapnya.

Informasi Terbaru Pengumuman Kelulusan SBMPTN

Karena kuota yang terbatas pada tiap PTN, tidak semua pendaftar SBMPTN bisa diterima di PTN pilihan mereka. Ada beberapa yang memang kurang beruntung dan dinyatakan belum lulus pada SBMPTN 2020. Untuk mengetahui apakah kamu diterima di PTN idaman melalui jalur SBMPTN 2020, kamu bisa simak informasi pengumuman kelulusan SBMPTN 2020 yang kali ini akan Mamikos bagikan.

Perubahan Jadwal Pelaksanaan UTBK

Pada tanggal 24 Juni 2020, LTMPT secara resmi mengumumkan bahwa pelaksanaan UTBK untuk SBMPTN akan diundur dan digelar dalam dua gelombang karena pandemi Covid-19. Gelombang pertama rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 5 hingga 14 Juli 2020 untuk peserta yang sebelumnya mendapat sesi ganjil. Sementara gelombang kedua akan dilaksanakan pada tanggal 20 hingga 29 Juli 2020 untuk peserta yang mendapat sesi genap saat pendaftaran. Selain itu, UTBK juga akan dilaksanakan dalam dua sesi saja per harinya.

Perubahan jadwal tersebut kemudian berdampak pada pengumuman kelulusan SBMPTN 2020. Karena awalnya UTBK akan dilaksanakan pada 5 hingga 12 Juli 2020, pengumuman kelulusan SBMPTN 2020 rencananya akan dilakukan pada bulan yang sama. Namun, karena pelaksanaan UTBK dengan rentang waktu yang lama dan penambahan jadwal cadangan, maka pengumuman kelulusan SBMPTN 2020 diundur hingga bulan Agustus 2020.

Jadwal Pengumuman Kelulusan SBMPTN 2020

Pada awalnya, pengumuman kelulusan SBMPTN 2020 akan dilaksanakan pada 25 Juli 2020. Namun, pengumuman tersebut ikut diundur mengingat pelaksanaan UTBK yang juga diundur karena pandemi Covid-19. Jadwal terbaru pengumuman kelulusan SBMPTN 2020 telah ditetapkan oleh LTMPT menjadi tanggal 20 Agustus 2020. Pengumuman tersebut bisa dilihat pada laman resmi https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id atau melalui laman beberapa perguruan tinggi berikut ini.

  1. https://sbmptn.undip.ac.id 
  2. https://sbmptn.ugm.ac.id 
  3. https://sbmptn.unair.ac.id 
  4. https://sbmptn.unsri.ac.id 
  5. https://sbmptn.untan.ac.id 
  6. https://sbmptn.itb.ac.id 
  7. https://sbmptn.its.ac.id 
  8. https://sbmptn.ipb.ac.id 
  9. https://sbmptn.unand.ac.id 
  10. https://sbmptn.unhas.ac.id 
  11. https://sbmptn.unsyiah.ac.id 
  12. https://sbmptn.ui.ac.id 

Cara Melihat Pengumuman Kelulusan SBMPTN 2020

Pada tanggal 20 Agustus 2020 mendatang, portal pengumuman kelulusan SBMPTN 2020 akan diserbu oleh para peserta. Hal tersebut bisa saja menyebabkan laman menjadi eror dan tidak bisa dibuka. Kamu mungkin bisa sedikit bersabar menunggu hasil kelulusanmu sambil berdoa untuk yang terbaik sampai laman tersebut kembali normal. Saat laman tersebut sudah kembali pulih, kamu bisa melihat pengumuman kelulusan SBMPTN 2020 dengan mengikuti cara berikut ini.

  1. Buka laman https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id 
  2. Masukkan nomor peserta
  3. Masukkan tanggal lahir peserta
  4. Lihat hasil kelulusan

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Pengumuman Kelulusan SBMPTN 2020?

Setelah pengumuman kelulusan SBMPTN 2020 kamu mungkin akan merasa sangat bahagia jika diterima, tetapi mungkin kamu akan sedih jika dinyatakan belum lulus. Perlu kamu ketahui bahwa sebenarnya ada beberapa hal yang harus kamu lakukan setelah mengetahui pengumuman kelulusan SBMPTN 2020. Berikut informasinya.

Mendaftar Seleksi Mandiri Jika Belum Lulus SBMPTN

Bagi kamu yang dinyatakan belum diterima di PTN idaman pada pengumuman kelulusan SBMPTN 2020, jangan tenggelam dalam kesedihanmu. Kamu masih bisa berusaha melalui cara lain agar diterima di PTN idamanmu. PTN biasanya akan membuka jalur penerimaan lain yang bisa kamu daftar seperti Seleksi Mandiri atau Jalur Prestasi. Kamu bisa mencoba salah satu atau semua jalur yang masih terbuka selama kamu memenuhi persyaratannya.

Selain itu, kamu juga bisa merefleksikan diri tentang apa saja kekuranganmu selama proses menghadapi SBMPTN 2020 ini. Jadikan kekurangan tersebut sebagai guru agar kamu tidak mengulangi kesalahan yang sama saat akan mendaftar melalui jalur lain. Tetap jaga semangatmu dan terus perjuangkan mimpimu untuk diterima di PTN idaman. Jika tahun 2020 ini kamu memang masih belum diterima, kamu masih bisa mencobanya lagi di tahun depan.

Registrasi Ulang

Hal yang pertama kali bisa kamu lakukan setelah dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan SBMPTN 2020 adalah mempersiapkan segala hal untuk melakukan registrasi ulang. Kamu harus rajin mengecek laman resmi PTN tempatmu diterima karena kamu biasanya akan mengetahui segala informasi tentang pendaftaran ulang. Jangan sampai terlewat jadwal registrasi ulang jika kamu tidak ingin menyesalinya. Kamu juga bisa sedikit mempelajari sistem registrasi ulang tahun lalu jika informasi registrasi ulang tahun 2020 ini belum dirilis.

Membayar UKT

Nah, UKT merupakan salah satu aspek paling krusial yang tak boleh kamu lewatkan setelah diterima di PTN idaman. Pasalnya, untuk bisa secara resmi berkuliah, kamu diwajibkan untuk membayar UKT kecuali jika kamu merupakan peserta KIP Kuliah. Jangan sampai terlambat untuk membayar UKT setelah pengumuman kelulusan SBMPTN 2020 agar kegiatanmu sebagai mahasiswa baru tidak terhambat. Biasanya kamu akan diinformasikan tentang besaran UKT yang harus kamu bayarkan pada masa registrasi ulang.

Mengubah Pola Pikir

Menjadi mahasiswa sangat berbeda dengan saat kamu masih menjadi seorang murid sekolahan. Saat kuliah nanti, tidak akan ada gurumu yang terus mengingatkanmu akan tugas yang harus kamu kerjakan. Kamu harus menyadari sendiri bahwa kamu harus bisa bertahan sendiri. Dosen tidak akan memaksakan ilmu yang mereka ajarkan supaya kamu mengerti, semua terserah padamu.

Maka dari itu, cobalah untuk mengubah pola pikirmu setelah kamu dinyatakan diterima pada pengumuman kelulusan SBMPTN 2020. Hilangkan rasa malas dalam dirimu karena sekali kamu ketinggalan mengerjakan tugas, maka tugas-tugas yang lain akan terhambat. Perlu kamu ketahui bahwa tugas yang akan kamu dapatkan di perkuliahan nanti sangatlah banyak sehingga kamu wajib untuk bisa mengatur waktumu sendiri.

Mencari Teman

Agar kamu bisa lebih cepat beradaptasi di dunia perkuliahan nanti, ada baiknya kamu mencari teman-teman yang diterima di jurusan yang sama denganmu pada pengumuman kelulusan SBMPTN 2020. Selain untuk menemanimu menjalani dunia perkuliahan, memiliki teman yang banyak nyatanya bisa membantumu dalam urusan kuliah maupun kehidupan sehari-hari. Jadikan juga lingkaran pertemananmu sebagai investasi masa depan karena biasanya lowongan pekerjaan akan datang dari hubungan pertemanan yang kamu bangun semasa kuliah.

Jalani Ospek

Saat ini, kamu mungkin memiliki stigma yang buruk tentang masa orientasi perkuliahan atau pengenalan kampus. Perlu kamu ketahui bahwa ospek bukanlah hal yang menyeramkan seperti yang mungkin kamu dengar selama ini. Justru dari ospek kamu bisa mendapatkan teman lebih banyak lagi bahkan kamu juga bisa berkenalan dengan kakak tingkat. Selain itu, kamu juga harus tahu bahwa para senior tidak memiliki maksud buruk dalam ospek karena mereka hanya ingin berbagi pengalaman dan mengajarkanmu bagaimana caranya menghadapi dunia perkuliahan.

Mencari Kegiatan Sesuai Minat

Setiap perguruan tinggi pasti memiliki beragam unit kegiatan mahasiswa atau UKM yang bisa kamu coba. Dengan mengikuti UKM yang sesuai minatmu, kamu bisa mengembangkan skill dan pengetahuanmu selain dari belajar di kelas saja. Selain itu, kamu bisa menambah lebih banyak teman dan kenalan lagi. Berorganisasi juga bisa membuatmu memiliki keterampilan personal yang sebenarnya sangat dibutuhkan saat kamu mencari kerja nanti.

Mencari Tempat Tinggal

Nah, kalau kamu berasal dari luar daerah PTN idamanmu, hal lain yang harus kamu lakukan setelah pengumuman kelulusan SBMPTN 2020 adalah mencari tempat tinggal. Kamu bisa mencari kost-kostan yang letaknya tidak terlalu jauh dari kampusmu. Tujuannya adalah agar kamu bisa menghemat waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk pergi ke kampus. Pilih juga kost yang letaknya strategis yang dekat dengan berbagai fasilitas umum seperti rumah sakit, tempat hiburan, atau tempat makan.

Kalau kamu sedang bingung mencari kost dekat kampus, kamu bisa menggunakan aplikasi pencari kost seperti aplikasi Mamikos. Aplikasi tersebut tersedia untuk ponsel Android maupun iOS dan sangat mudah digunakan. Kamu bisa menemukan berbagai macam kost dekat kampusmu dengan rentang harga sesuai budget yang telah kamu siapkan. Kamu tidak perlu berkeliling mencari kost karena kamu akan mendapatkan kost ideal hanya dengan menggunakan aplikasi Mamikos.

Nah, itu tadi informasi yang bisa Mamikos sampaikan terkait pengumuman kelulusan SBMPTN 2020 serta beberapa informasi tambahan lainnya. Mamikos ucapkan selamat untuk kamu yang dinyatakan diterima di PTN impianmu. Untuk kamu yang belum diterima, percayalah bahwa usahamu tidak akan mengkhianati hasil. Teruslah berjuang agar kamu bisa menggapai mimpimu diterima di PTN idaman. Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat sekolah atau kampus idaman, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.

Klik dan dapatkan kost yang kamu idamkan: