Pengumuman SBMPTN 2020 Resmi Ditunda! Cek Jadwal Pendaftaran Dan Pengumuman SBMPTN Terbaru 2020

 Lailla | Kam, 11 Jun 2020

Pengumuman SBMPTN 2020 Resmi Ditunda! Cek jadwal Pendaftaran & Pengumuman SBMPTN Terbaru 2020 – Kabar penundaan pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) belakangan ini sudah terdengar. Bagi kamu yang sedang belajar tes hingga berdoa agar bisa lulus SBMPTN, tentu kabar ini membuat rasa penasaran semakin meningkat. Belum lagi kamu sudah menyiapkan segudang materi untuk bersiap-siap menjalani ujian.

Jadwal Pendaftaran dan Pengumuman SBMPTN Terbaru 2020

sbmptn.or.id

Seharusnya, pengumuman SBMPTN 2020 dijadwalkan tanggal 12 Mei 2020. Meskipun demikian, ada banyak faktor yang membuat pengumuman kelulusan SBMPTN harus ditunda, yaitu Covid-19. Mamikos akan menginformasikan jadwal pendaftaran dan pengumuman SBMPTN terbaru tahun 2020. Selain itu, ada beberapa informasi tambahan untuk membantumu selama masa tunggu ujian hingga menanti pengumuman.

Pengumuman Perubahan Kebijakan SBMPTN 2020

Kini kamu tidak perlu penasaran lagi karena pihak Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sudah memberikan rilis resmi. Pengumuman tersebut dikeluarkan menanggapi adanya wabah Covid-19. Selain itu, pengumuman juga didasarkan pada Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT nomor 9/SE.LTMPT.2020 terkait jadwal pelaksanaan UTBK 2020. Pengumuman resmi terkait pendaftaran SBMPTN serta pelaksanaan UTBK 2020 terdapat dalam surat edaran berikut.

ltmpt.ac.id

Beberapa perubahan terkait UTBK 2020 dapat kamu baca pada edaran di atas. Bersiap-siaplah untuk belajar materi Tes Potensi Skolastik (TPS) karena materi itulah yang akan diujikan. Jadi, tidak ada materi Saintek IPA, materi Soshum IPS, atau materi campuran. Materi ujian yang fokus pada satu bidang seharusnya membuat kamu semakin fokus dalam belajar di tengah situasi ini.
Usahakan untuk menjalani tes dalam keadaan siap karena peserta hanya diperbolehkan mengambil ujian sekali saja. Pilih waktu yang paling tepat karena ada peluang untuk memilih waktu ujian pada empat sesi. Proses pendaftaran UTBK serta SBMPTN dilakukan peserta secara bersamaan. Peserta ujian wajib memilih tempat tes pusat UTBK serta memilih PTN dan program studi yang diinginkan.

Perubahan Jadwal SBMPTN 2020

Perubahan jadwal pendaftaran SBMPTN tahun 2020 karena Pandemi Covid-19 adalah sebagai berikut.

1. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN: 2 – 20 Juni 2020
2. Pelaksanaan UTBK: 5 – 29 Juli 2020
3. Pengumuman SBMPTN: 20 Agustus 2020

Proses pendaftaran UTBK dan SBMPTN perlu kamu catat dalam agenda agar tidak tertinggal. Jika temanmu juga mengikuti SBMPTN, kalian dapat saling mengingatkan agar tidak terlupa. Jangan sampai karena terlalu lama di rumah dan tidak mengecek tanggal, kamu tertinggal jadwal pendaftaran.

Persaingan SBMPTN 2020 dan Tips Menghadapinya

Selagi menunggu jadwal pendaftaran UTBK dan SBMPTN, persiapkan materi untuk belajar sebaik mungkin. Meskipun materi yang diujikan hanya Tes Potensi Skolastik (TPS), bukan berarti kamu bisa bersantai-santai. Persaingan ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun ini akan semakin ketat, apalagi siswa sekolah menengah lulusan tahun lalu juga diizinkan mendaftar. Lalu, apa saja langkah-langkah yang dapat kamu lakukan?

1. Memantapkan Pilihan Masuk Jurusan

Banyak yang menanti-nantikan pendaftaran UTBK dan SBMPTN, tetapi sebenarnya masih bingung dengan pilihan jurusan yang akan ditempuh. Jangan memilih jurusan kuliah hanya karena iseng atau ikut teman-teman. Nantinya kamu sendiri lah yang akan menjalani kuliah selama kurang lebih 3,5 tahun. Jika pilihanmu hanya karena menuruti teman, kamu akan merasa kesulitan ketika menjalani perkuliahan.

Pastikan memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan passion atau cita-cita kariermu. Apabila kamu ingin menjadi peneliti di bidang makanan dan membuat inovasi pangan, terjun di jurusan Teknologi Pangan adalah solusi. Lakukan survey kampus yang menyediakan jurusan tersebut dan bandingkan kurikulumnya dengan kampus dengan jurusan sama. Kamu juga dapat melihat prospek karier serta tempat kerja lulusan alumni kampusnya. Semakin yakin dengan jurusan tersebut, akan semakin semangat pula menjalani ujian.

2. Banyak Berlatih Soal

Penundaan pelaksanaan UTBK dan SBMPTN di tengah pandemi menjadikan calon peserta tidak bisa mengambil kursus di lembaga bimbingan belajar. Namun, sebenarnya kamu tetap bisa belajar dari soal-soal yang banyak beredar di internet. Bahkan, kamu dapat membuat grup khusus dengan tujuan sama, kemudian belajar kelompok secara online. Cara ini cukup mengasikkan dan mampu menghilangkan rasa bosan ketika harus belajar di rumah terus-menerus tanpa interaksi secara fisik.

Apabila merasa sulit belajar, ambillah kursus online dengan tutor yang memiliki kualifikasi di bidang tersebut. Les online berbayar bisa didapatkan melalui sosial media seperti whatsapp, Telegram, Facebook, Instagram, hingga Zoom. Tidak jarang pembelajar dapat memilih kursus gratis untuk sekali pertemuan dengan tujuan percobaan, kemudian membayar untuk kursus tahap selanjutnya.

3. Membaca Buku Materi Tes Potensi Skolastik (TPS)

Kesempatanmu untuk belajar di rumah lebih banyak selama masa pandemi ini. Selain itu, jenis ujian yang diujikan pada SBMPTN pun hanya Tes Potensi Skolastik (TPS). Belajar secara fokus sangat bisa kamu lakukan apabila kamu menghindari banyak distraktor, seperti kasur untuk rebahan, handphone, atau kesenangan lain yang sifatnya sementara.

Bacalah buku Tes Potensi Skolastik (TPS) yang bisa kamu beli secara offline maupun online. Ada banyak alternatif cara untuk belajar dalam mempersiapkan SBMPTN, diantaranya dengan meminjam buku melalui aplikasi Perpusnas atau aplikasi penyedia e-book lainnya. Apabila ingin membeli, buku latihan soal SBMPTN juga tersedia di playstore. Sesuaikan buku bacaan dengan kebutuhanmu.

Tips belajar Tes Potensi Skolastik (TPS) agar bisa sukses adalah biasakan untuk mengerjakan soal dan hitung dengan waktu. Semakin sering kamu mengerjakan soal sejenis, akan semakin mahir pula ketika kamu dihadapkan dengan soal dengan model yang sama. Kecepatan mengerjakan soal pun lama-kelamaan akan terasah. Ketika hari ujian tiba, kamu sudah jauh lebih siap tes dan bisa optimis mengerjakan banyak soal. Permasalahan yang sering dihadapi peserta ujian adalah keterbatasan waktu karena belum selesai mengerjakan soal, padahal waktu yang disediakan sudah habis. Jangan sampai kamu mengalami ini, ya!

4. Mengikuti Try Out Online

Setelah kamu belajar materi ujian, coba uji kemampuanmu dengan mengikuti try out SBMPTN online. Terdapat try out gratis dan berbayar yang bisa kamu pilih. Apabila masih sekadar coba-coba, kamu bisa mengikuti try out online gratis. Biasanya syarat yang diberikan adalah membagi informasi try out pada sejumlah grup dan membagikan bukti sudah membagikannya. Namun, untuk try out berbayar, peserta tidak perlu membagikan informasi. Try out online bisa diadakan lembaga resmi, tetapi juga bisa diselenggarakan akun-akun yang membantu penyebaran informasi SBMPTN.

Video Cara Melihat Pengumuman UTBK-SBMPTN

Demikian informasi jadwal pendaftaran dan pengumuman SBMPTN terbaru 2020. Kunci keberhasilanmu diterima di PTN setelah menjalani SBMPTN adalah niat dan belajar yang tekun. Jangan sampai kondisi tidak kondusif di tengah pandemi ini membuatmu lebih banyak rebahan dibandingkan belajar. Manfaatkan waktu sebaik mungkin karena kamu akan berhadapan dengan calon mahasiswa dari seluruh Indonesia. Semoga berhasil!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: