Pengumuman Seleksi Administrasi PKN STAN 2021

Pengumuman seleksi administrasi PKN STAN 2021 – Seleksi yang diadakan untuk menjaring mahasiswa dan mahasiswi baru Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN terdiri dari beberapa tahap. Jika kamu ingin mendaftaran diri di PKN STAN tahun 2021, berusahalah untuk bisa lolos seleksi pada setiap tahapannya.

Hasil Seleksi Administrasi PKN STAN

http://www.pknstan.ac.id/

Pendaftaran PKN STAN sudah dibuka sejak bulan April 2021. Dari media sosial PKN STAN dapat diketahui bahwa antusiasme pendaftar sekolah kedinasan di bidang keuangan ini cukup tinggi. Secara tidak langsung, hal ini membuat persaingan masuk PKN STAN semakin ketat. Untuk memperbesar peluang diterima di PKN STAN, kamu perlu berusaha lolos seleksi administrasi sebelum meneruskan ke tahap seleksi selanjutnya.

Jadwal Pendaftaran PKN STAN

Pahami jadwal pendaftaran PKN STAN berikut ini agar tidak melewatkan tanggal pentingnya.

• 9 – 30 April 2021: Pendaftaran online PKN STAN melalui website https://sscasn.bkn.go.id
• 12 April – 4 Mei 2021: Pendaftaran online PKN STAN di website https://spmb.pknstan.ac.id
• 16 Juni 2021: Pengumuman hasil seleksi administrasi PKN STAN
• 16 – 17 Juni 2021: Pembayaran biaya pendaftaran SPMB PKN STAN
• 21 Juni 2021): Pengumuman jadwal dan lokasi tes SKD PKN STAN
• 25 – 30 Juni 2021
): Pelaksanaan tes SKD
• 8 Juli 2021*): Pengumuman hasil SKD serta jadwal dan lokasi seleksi lanjutan tahap I (tes kesehatan dan kebugaran dan tes psikologi)
• 19 – 26 Juli 2021: Pelaksanaan tes kesehatan dan kebugaran serta tes psikologi
• 5 Agustus 2021: Pengumuman hasil seleksi lanjutan I (tes kesehatan dan kebugaran serta tes psikologi ) serta jadwal dan lokasi seleksi lanjutan tahap II (tes wawancara)
• 16 – 23 Agustus 2021: Tes wawancara PKN STAN
• 30 Agustus 2021: Pengumuman kelulusan SPMB PKN STAN
• 6 – 10 September 2021: Pendaftaran ulang mahasiswa yang lolos seleksi
• Akhir September 2021: Mulai pendidikan

Jadwal pengumuman jadwal dan lokasi tes SKD PKN STAN beserta pelaksanaan dan pengumumannya masih bersifat tentatif. Hal ini dikarenakan masih perlu menyesuaikan jadwal dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Apabila terdapat perubahan jadwal, peserta bisa melihat pengumuman terbaru melalui media sosial PKN STAN dan website resminya.

Tahapan Seleksi PKN STAN 2021

Seleksi PKN STAN dilaksanakan dalam beberapa tahap, yaitu:

  1. Seleksi administrasi
  2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
  3. Seleksi Lanjutan I: tes kesehatan, tes kebugaran, tes psikologi
  4. Seleksi Lanjutan II: tes wawancara

Informasi Seleksi Administrasi Pendaftaran PKN STAN

Seleksi tahap pertama yang perlu dijalani pendaftar PKN STAN adalah seleksi administrasi. Pendaftar akan diseleksi berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan sekaligus diminta mengumpulkan berkas-berkas yang diperlukan. Adapun syarat untuk bisa lolos seleksi administrasi PKN STAN tahun 2021 adalah:

  1. Pendaftar program reguler PKN STAN adalah lulusan tahun 2020 dan sebelumnya atau calon lulusan tahun 2021 dari Sekolah Menengah Atas sederajat
  2. Pendaftar program afirmasi PKN STAN adalah calon lulusan tahun 2021 dari Sekolah Menengah Atas sederajat

Syarat Nilai Pendaftar PKN STAN 2021

Persyaratan nilai diberlakukan bagi pendaftar PKN STAN dengan ketentuan bahwa nilai tersebut bukanlah hasil pembulatan.

  1. Lulusan tahun 2020 dan sebelumnya: nilai rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70 (skala 100)
  2. Calon lulusan tahun 2021: nilai rata-rata nilai rapor pada komponen pengetahuan pada 5 semester (gasal dan genap) kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII tidak kurang dari 70 (skala 100) dengan ketentuan saat pendaftaran ulang pendaftar sudah lulus dan memiliki nilai rata-rata ijazah tidak kurang dari 70 (skala 100).
  3. Pendaftar maksimal berusia 21 tahun dan minimal berusia 15 tahun (per tanggal 1 September 2021)
  4. Sudah terdaftar pada seleksi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) oleh LTMPT tahun 2021
  5. Mempunyai nilai mininal 600 pada Tes Potensi Skolastik UTBK bagi peserta pendaftar program reguler dan nilai minimal 400 bagi peserta program afirmasi.

Persyaratan Lainnya Bagi Pendaftar PKN STAN

Selain perlu memenuhi persyaratan di atas, terdapat syarat lainnya yang tidak kalah penting, yaitu:

  1. Dinyatakan sehat secara jasmani dan rohani serta bebas dari NAPZA (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya).
  2. Bagi pendaftar pria tidak mempunyai tato atau bekas tato, tidak bertindik atau memiliki bekas tindikan pada bagian telinga dan bagian badan lainnya (kecuali karena ketentuan agama atau adat)
  3. Bagi pendaftar wanita tidak mempunyai tato atau bekas tato, tidak bertindik atau memiliki bekas tindikan selain bagian telinga lebih dari satu pasang (telinga kiri dan telinga kanan)
  4. Belum pernah menikah atau kawin dan bersedia tidak menikah atau kawin selama menempuh pendidikan di PKN STAN
  5. Tidak pernah dinyatakan lulus pada seleksi mahasiswa baru STAN di tahun sebelumnya

Persyaratan Tambahan Bagi Program Afirmasi

Syarat tambahan diperuntukkan bagi pendaftar program afirmasi, yaitu:

  1. Sudah menyelesaikan pendidikan jenjang Sekolah Dasar (SD) sederajat, Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di Provinsi Papua, Provinsi Papua Barat, Provinsi Maluku, Provinsi Maluku Utara, atau Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)
  2. Mempunyai garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) yang berasal dari Provinsi Papua, Provinsi Papua Barat, Provinsi Maluku, Provinsi Maluku Utara, atau Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)
  3. Memperoleh rekomendasi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat yang menyatakan bahwa pendaftar PKN STAN afirmasi adalah 2 usulan terbaik

Pengumuman Seleksi Administrasi PKN STAN 2021

Berdasarkan jadwal seleksi PKN STAN, pengumuman seleksi administrasi akan dilakukan tanggal 16 Juni 2021. Peserta yang sudah memenuhi syarat-syarat yang diberikan dan lulus seleksi administrasi dapat melihat pengumuman melalui website resmi PKN STAN. Setelah mendapati namamu tercantum sebagai salah satu pendaftar lulus, lakukan tahap selanjutnya serta belajar untuk persiapan tes masuk PKN STAN selanjutnya.

Demikian informasi pengumuman seleksi administrasi PKN STAN 2021 yang perlu kamu ketahui. Jangan lupa mencari tahu kuota STAN pada program studi pilihanmu agar bisa memperkirakan keketatan persaingan. Akses link pendaftaran STAN untuk mendapatkan informasi terbaru seputar pendaftaran hingga pengumuman. Cara daftar STAN hingga tahapan setiap seleksinya diulas secara lengkap. Kamu yang berasal dari luar kota pun berpeluang diterima sebagai mahasiswa STAN tahun 2021.

Tidak perlu khawatir jika belum mendapatkan tempat tinggal karena setelah mengetahui alamat PKN STAN, pencarian hunian sementara berupa kost dekat PKN STAN bisa didapatkan dengan mendownload aplikasi kost Mamikos. Aplikasi gratis tersebut dapat didownload melalui ponsel kesayanganmu. Lakukan pencarian hingga booking kost tanpa harus datang ke lokasi. Segera download aplikasinya, ya!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta