Pengumuman SIMAK UI 2020 Hari Ini, Cek di Sini!

 Mamikos | Sen, 01 Jun 2020

Pengumuman SIMAK UI 2020 Hari Ini, Cek di Sini! – Sistem pendidikan yang ada pada level sekolah menengah atau sederajat sesungguhnya masih sangat relatif umum. Atau jikapun memang sudah ada penjurusan ketika di jenjang tersebut pun biasanya belum sampai pada level siap kerja dari sisi keterampilan serta pengetahuan. Nah, kuliah lah yang bisa mempersiapkan kalian pada level tersebut. Kuliah memang merupakan suatu proses untuk mengembangkan kemampuan yang sudah didapat di bangku sekolah menengah.

Jika dulu sudah bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah merupakan sesuatu yang sangat dibanggakan, kini melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi telah menjadi sebuah keharusan. Hampir seluruh lowongan kerja freelance Jakarta dan sebagainya sekarang menggunakan standar minimal ijazah sarjana atau setidaknya diploma. Bahkan nyatanya, masih banyak pula para sarjana atau diploma yang masih menganggur dikarenakan sulitnya mendapatkan pekerjaan yang layak.

Pengumuman SIMAK UI 2020 Hari Ini, Cek di Sini!

Terbayang bukan jika kamu tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan? Jadi jangan ragu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, sekalipun kamu harus merantau dan menetap di kost Depok murah atau kost dekat UI Depok murah.

Dalam menentukan tempat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan pun tidak bisa sembarangan. Kamu pun harus memilah-milah perguruan tinggi mana yang memang memiliki kualitas dan dipandang oleh sederetan perusahan yang menawarkan lowongan kerja freelance Surabaya. Salah satu perguruan tinggi yang memiliki kriteria tersebut dan selalu ramai dipadati oleh siswa-siswi ketika pembukaan penerimaan mahasiswa baru adalah Universitas Indonesia.

Perlu kamu ketahui bahwa Universitas Indonesia atau yang lebih disapa akrab dengan nama UI ini hingga sekarang masih mempertahankan kualitas pendidikannya dengan menduduki peringkat ke-3 sebagai Universitas terbaik di tanah air. Universitas Indonesia (UI) ini memang termasuk salah satu perguruan tinggi papan atas di Jakarta. Universitas negeri terbaik di Jakarta ini dikenal selalu mencetak lulusan-lulusan yang berkualitas dan mendominasi di beberapa perusahaan ternama di Indonesia.

Layaknya perguruan tinggi pada umumnya, Universitas Indonesia atau UI pun setiap tahunnya selalu membuka penerimaan mahasiswa baru dengan pilihan beberapa jalur. Salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru di Universitas Indonesia (UI) adalah jalur SIMAK UI (Seleksi Masuk UI). Lebih jelasnya lagi, jalur SIMAK UI ini merupakan ujian seleksi terpadu masuk UI yang diselenggarakan UI bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di UI.

Biasanya ujian SIMAK UI ini secara serentak diadakan di seluruh Indonesia seperti di Jakarta, Tangerang, Tangsel, Bekasi, Depok, Bogor, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Padang, Medan, Palembang, Makassar untuk seluruh program pendidikan yang ada di UI, mulai Program Vokasi (D3), Sarjana Kelas Paralel, Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor dan adapula jalur SIMAK UI khusus untuk program kelas Internasional.

SIMAK UI adalah seleksi masuk UI terpadu untuk berbagai jenjang dan program pendidikan yang ada di UI. Mahasiswa yang diterima melalui jalur SIMAK UI membayar biaya pendidikan sesuai dengan program pendidikan berdasar SK Rektor.

Umumnya biaya pendidikan akan ditetapkan berdasar program pendidikan, bukan berdasar jalur masuk. Perbedaan biaya pendidikan antar program pendidikan secara umum adalah, biaya pendidikan S1 Reguler bebas uang pangkal sedangkan Vokasi (D3), S1 Paralel dan S1 Kelas Internasional dibebankan uang pangkal pada saat pertama kali diterima.

Untuk bisa mengikuti SIMAK UI, kamu bisa mengikuti panduan pendaftaran yang tertera di web http://penerimaan.ui.ac.id. Umumnya panduan pendaftaran yang akan tertera di laman tersebut adalah sebagai berikut.

• Cara Pendaftaran SIMAK UI 2020

Proses pendaftaran Universitas Indonesia terdiri dari 9 tahap:

  1. Membuat account di situs penerimaan UI
    Klik link Buat Account di kanan atas lalu isi formulir yang muncul
  2. Mengunggah foto berwarna ukuran 4×6 cm
    Anda harus mengunggah foto sebelum dapat membuat pendaftaran
  3. Membuat pendaftaran
    Anda dapat login menggunakan username dan password Anda, lalu pilih menu Buat Pendaftaran untuk membuat pendaftaran baru.
  4. Melakukan verifikasi pendaftaran
    Verifikasi dilakukan untuk memastikan Anda telah mengecek bahwa isian formulir pendaftaran dan pilihan program studi Anda telah terisi dengan data yang benar serta telah mengetahui biaya pendidikan untuk program studi yang dipilih
  5. Meng-upload berkas persyaratan pendaftaran
    Khusus untuk pendaftar Program Pascasarjana (S2, S3), Profesi, Spesialis, S1 Ekstensi dan yang memilih S1 Kelas Internasional
  6. Membayar biaya pendaftaran
    Biaya pendaftaran hanya dapat dibayarkan setelah Anda menyelesaikan semua tahapan pendaftaran di atas. Formulir pendaftaran dan pilihan program studi tidak dapat diubah lagi setelah Anda membayar biaya pendaftaran.
  7. Meng-download kartu ujian masuk
    Kartu ini harus dibawa ketika ujian seleksi masuk
  8. Mengikuti ujian seleksi masuk pada waktu yang telah ditentukan
  9. Setelah mengikuti ujian seleksi masuk, Anda dapat melihat hasil seleksi pada tanggal pengumuman

• Cara Pembayaran Biaya Pendaftaran SIMAK UI 2020

Pembayaran biaya pendaftaran SIMAK UI 2020 dilakukan melalui mekanisme Host-to-host Universitas Indonesia, dimana pendaftar dapat membayar biaya pendaftaran melalui ATM/Teller/Internet Banking beberapa bank seperti tertera pada daftar di bawah.

Perlu diingat pula bahwa pembayaran hanya dapat dilakukan setelah Anda mengunggah foto. Biaya pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan. Berikut ada beberapa pilihan cara pembayaran SIMAK UI 2020:

1. ATM: Bank BNI, Bank Permata, Bank Bukopin, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank CIMB Niaga
2. Internet Banking: Bank Mandiri, Bank CIMB Niaga
3. Teller: Bank BNI, Bank BTN, Bank CIMB Niaga, Bank Mandiri
4. Self Service Terminal (SST): Bank CIMB Niaga

Sebelum kamu mengikuti SIMAK UI 2020, kamu juga perlu mengetahui perbedaan dari program Vokasi, S1 Reguler, S1 Paralel, S1 Kelas Internasional, dan S1 Ekstensi yang dibuka oleh pihak UI. Untuk informasi lengkapnya berikut Mamikos berikan.

Vokasi (D3) adalah program pendidikan jenjang diploma yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga yang dapat menetapkan keahlian dan ketrampilan di bidangnya, siap kerja dan mampu bersaing secara global. Lulusan Vokasi (D3) akan mendapat gelar Ahli Madya (A.Md). Jalur masuk Vokasi melalui SIMAK UI.

S1 Reguler adalah program pendidikan jenjang sarjana yang menerima lulusan SMA/SMK/MA/sederajat dengan batasan usia ijasah maksimal 3 tahun kelulusan pada saat pendaftaran. Contohnya: pendaftaran 2020 untuk lulusan 2020, 2019, 2018. Lulusan S1 Reguler akan mendapat gelar jenjang Kesarjanaan Strata 1 sesuai bidang ilmu yang ditempuh. Jalur masuk S1 Reguler melalui SBMPTN dan SNMPTN. Biaya Pendidikan mahasiswa S1 Reguler SBMPTN = S1 Reguler SNMPTN.

S1 Paralel memiliki dua jenis kelas:
1. S1 paralel untuk lulusan SMA/SMK/MA/sederajat, yakni program pendidikan jenjang sarjana yang menerima lulusan SMA/sederajat tanpa batasan usia ijasah. Jalur masuk program ini hanya melalui SIMAK UI.
2. S1 Paralel untuk lulusan D3, yakni program pendidikan jenjang sarjana yang menerima lulusan D3 tanpa batasan usia ijasah. Jalur masuk program ini melalui SIMAK-Ekstensi.

S1 Kelas Khusus Internasional (KKI) adalah program pendidikan yang sama dengan program pendidikan reguler, yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia atas dasar adanya kerjasama antara Universitas Indonesia dengan mitra Perguruan Tinggi di luar negeri yang memiliki reputasi internasional dan telah memperoleh akreditasi di negaranya. Jalur masuk program ini melalui SIMAK-KKI dengan materi ujian Social Sciences atau Natural Sciences sesuai dengan klompok program studi yang dipilih.

1. Gelar Tunggal, adalah program KKI yang memiliki kurikulum khusus dengan memberikan kempatan kepada mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan atau pengalaman magang di universitas mitra di luar negeri selama 1 sampai 2 semester. Hal tersebut disesuaikan dengan kurikulum masing-masing program studi. Mahasiswa hanya akan memperoleh gelar kesarjanaan dari UI.

2. Gelar Ganda, adalah program KKI yang memiliki kurikulum khusus dengan memberi kesempatan mahasiswa untuk menempuh studi di UI dan di Universitas Mitra UI dalam suatu masa studi jenjang kesarjanaan. Mahasiswa akan memperoleh gelar kesarjanaan dari UI dan dari Universitas Mitra UI sekaligus.

S1 Ekstensi adalah program pendidikan jenjang sarjana untuk lulusan D3 dari berbagai Perguruan Tinggi yang telah terakreditasi BAN-PT. Jalur masuk S1 Ekstensi melalui SIMAK-Ekstensi. Materi yang diujikan adalah Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris.

Nah setelah mengetahui lebih jelas seputar Universitas Indonesia beserta SIMAK UI lebih jauh. Mamikos rasa kamu telah siap untuk mendaftarkan diri, mengikuti ujian, serta melihat pengumuman hasil dari ujian SIMAK UI yang telah kamu lalui.

Oh iya, SIMAK UI sendiri telah diadakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh pihak penyelenggara. Jika kalian masih belum mengetahui jadwal pendaftaran, ujian, serta pemgumuman SIMAK UI 2020, berikut Mamikos berikan lagi informasinya untuk kalian.

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru UI 2020

Untuk memperlancar kamu dalam mengakses informasi seputar pengumuman SIMAK UI 2020. Mamikos juga akan memberikan tata cara melihat pengumuman tersebut. Untuk lebih jelasnya lagi langsung saja simak informasinya di bawah ini:

1. Pertama, buka situs resmi pengumuman SIMAK UI : simak.ui.ac.id
2. Kemudian, pada saat akan melakukan pengecekan kelulusan, kamu akan diminta untuk mengisi nomor ujian pada kolom yang telah tersedia. Selanjutnya pilih jalur, lalu klik “lihat”. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat contohnya pada gambar dibawah ini.

3. Nah, setelah login nantinya kamu akan menemukan identitas diri kamu berserta ucapan “Selamat Anda diterima di Universitas Indonesia” jika kamu memang dinyatakan lulus dalam SIMAK UI. Namun, jika kamu tidak menemukan data diri kamu beserta ucapan tersebut maka mohon maaf kamu belum diterima menjadi salah satu mahasiswa baru di Universitas Indonesia.

Demikian informasi yang bisa Mamikos sampaikan kepada kalian seputar pengumuman SIMAK UI 2020. Jika masih ada informasi yang kalian rasa kurang lengkap, silahkan gali informasi lebih banyak lagi seputar SIMAK UI 2020 beserta informasi seputar Universitas Indonesia (UI) hanya di situs Mamikos.

Tak hanya itu saja, di Mamikos kamu juga bisa menemukan informasi terkait pengumuman penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi lainnya loh! Kamu bisa dapatkan informasi lebih banyak lagi dengan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih praktis lagi ya!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: