Perkiraan Jalur Mudik Yang Macet, Persiapan Libur Lebaran

Posted on Posted in Info Penting, Informasi

Perkiraan Jalur Mudik Yang Macet, Persiapan Libur Lebaran – Mudik menjadi salah satu rutinitas yang tak bisa begitu saja diabaikan, apalagi saat menjelang Lebaran. Momen Idul Fitri tersebut memang menjadi salah satu momen silaturahmi dan bertemu dengan keluarga besar. Oleh karena itu, tradisi mudik tersebut biasanya selalu dipersiapkan jauh-jauh hari.

Tradisi mudik ini, pastinya disambut dengan penuh suka cita. Bertemu dengan orang tua maupun kerabat di kampung, walau hanya sejenak rasanya sudah bisa membayar lunas rasa rindu setelah setahun menggantungkan nasib di kota.

Tapi, kegembiraan mudik itu bisa saja lenyap kalau bertemu dengan macet di jalan. Tentunya ada energi dan batin yang terkuras jika terjebak di tengah-tengah kemacetan.

Perkiraan Jalur Mudik Yang Macet Berikut Wajib Diketahui Pemudik

Meskipun telah banyak jalur alternatif dipersiapkan untuk jalur mudik tahun ini, bukan berarti jalanan akan bebas sama yang namanya kemacetan. Nah, titik-titik mana saja di jalur mudik tahun ini yang diprediksi akan macet?

Di jalur utara yang membentang sepanjang Tuban, Lamongan, Gresik, Sidoarjo, Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, hingga Banyuwangi terdapat tujuh lokasi rawan macet. Di Tuban, daerah rawan macet berada di Jalan Tuban-Babat Jembatan Kepet KM 8. Selanjutnya, ada jalur lintas Tengah, mulai Surabaya, Mojokerto, Jombang, Kediri, Nganjuk, Madiun, hingga Ngawi. Di sepanjang jalan yang melalui kota dan kabupaten tersebut terdapat 11 daerah rawan macet. Dari 11 lokasi itu, yang paling perlu diperhatikan yaitu di kawasan Simpang Empat Mengkreng dan sepanjang jalur Saradan, Madiun.

Prediksi macet di jalur Jakarta-Jawa Tengah pun juga perlu mendapat perhatian. Rest area disinyalir akan menjadi titik kepadatan terutama di Tol Cipali, Palikanci dan Cikampek. Biasanya kepadatan parah akan terjadi pada arus balik. Titik kemacetan dari Jakarta akan terjadi pada di pintu tol Cikarang Utama. Sebab titik ini menjai pintu awal keluar kendaraan para pemudik dari menuju Jawa.

Sama dengan Cikarang Utama kepadatan di Palimanan juga akan terjadi di pintu tol. Antrian akan terjadi jika sistem manage pintu tol buruk. Titik kemacetan jalur menuju Semarang akan diprediksi akan terjadi antrian panjang di pintu tol Kertasari. Pintu tol ini menjadi titik pembayaran tol terakhir. Selanjutnya pemudik akan dilanjutkan melewati tol fungsional.

Di Jalur Selatan ada Nagreg yang memang menjadi titik macet setiap musim arus mudik. Sebab jalur ini merupakan jalur utama Jawa Barat menuju Jawa Tengah. Dari arah Brebes menuju Purwokerto juga akan terjadi kemacetan karena volume jalan yang kecil. Terlebih lagi adanya pasar tumpah.

Baca juga :  Jalur Mudik Alternatif, Lebaran Siap Pulang Kampung Nyaman Dan Aman