5 Pidato Hari Guru Terbaru Singkat Dan Menarik

5 Pidato Hari Guru Terbaru Singkat Dan Menarik – Hari Guru Nasional (HGN) diperingati setiap pada tanggal 25 November.

Meski kini teknologi telah semakin maju, namun tugas guru sebagai pendidik dalam menanamkan nilai dan karakter adalah hal yang tidak dapat digantikan oleh teknologi.

Berikut adalah pidato yang bisa dijadikan referensi untuk berterima kasih pada guru sang pahlawann tanpa tanda jasa di perayaan Hari Guru Nasional.

Pidato Hari Guru Terbaru Singkat Dan Menarik

https://professional.dce.harvard.edu/blog

Pidato Hari Guru Terbaru

1. Pidato Hari Guru Tentang Hari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI)

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Kepada yang terhormat Bapak Kepala Sekolah, Bapak/Ibu dewan Guru serta para Staff dan siswa siswi yang saya cintai di SMP Negeri 03 Losari.

Tak lupa juga untuk para tamu undangan yang sudah menyempatkan hadir di acara hari ini yaitu peringatan Hari Guru 25 November.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah SWT yang telah memberikan segala nikmat dan hidayahnya kepada kita, sehingga pada kesempatan kali ini kita bisa berkumpul bersama dalam acara memperingati Hari Guru.

Para hadirin yang saya hormati, kita tahu bahwasanya di Indonesia ini sering berganti-ganti kurikulum dan sistem pendidikan setiap tahunnya.

Jika dibandingkan dengan negara lain mungkin sistem pendidikan di negara kita masih jauh dari harapan kita.

Namun bagaimanapun juga, Indonesia sangatlah kaya dengan tenaga pengajarnya yang tak pernah lelah mengajarkan anak-anak bangsa yang mudah-mudahan kelak menjadi manusia yang berguna bagi bangsa kita.

Hadirin yang terhormat, di Hari Guru ini, saya akan menyampaikan kesan maupun pesan selama saya menjadi guru atau tenaga pengajar.

Maka pada hari yang cukup membanggakan ini, marilah kita bersama-sama menjaga erat tali persaudaraan kita dengan sesama tenaga pengajar maupun dengan anak didik kita.

Karena kita tahu, masih banyak guru-guru yang kurang begitu memahami kondisi siswa dengan cara pengajarannya dan ilmu-ilmu yang kita berikan.

Untuk itu saya mewakili segenap guru SMPN 03 Losari mengucapkan, selamat Hari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Semoga ilmu dan amal yang kita berikan kepada anak bangsa diberkahi oleh Allah SWT. Mungkin hanya ini pidato singkat yang bisa saya sampaikan, jika ada salah-salah kata mohon dimaafkan.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

2. Pidato Hari Guru Tentang Guru adalah Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi

Kepada yang terhormat Bapak kepala sekolah SMPN 23 Senja Permai, Abraham Salahduin, M.H
Yang saya hormati, Bapak wail kepala sekolah, Aji Masyanto,M,pd
Yang terhormat, seluruh dewan guru
Dan hadirin yang berbahagia,

Alhamduliilah, puji dan syukur marilah kita sampaikan kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha ESA, berkat rahmat dan hidayah-Nya lah kita semua bisa berkumpul di hari yang berbahagia ini dalam rangka memperingati hari guru nasional yang jatuh pada hari ini. 

Izinkanlah saya berdiri di sini untuk menyampaikan sebuah pidato dalam rangka memperingati hari guru nasional sebagai rasa terimakasih kita untuk guru-guru tercinta atas segala jasa-jasa yang telah mereka berikan.

Hadirin yang berbahagia, semboyan Guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa saat ini masihlah sangat relevan. Mereka telah mendidik anak-anak calon penerus bangsa ini.

Presiden, Pejabat pemerintahan, pejabat daerah dan masih banyak lagi, semua adalah produk-produk yang dihasilkan oleh seorang guru. Tanpa guru mereka pastilah bukan siapa-siapa di dunia ini.

Guru adalah satu dari sedikit profesi yang sangat mulia di muka bumi ini.

Meskipun hanya bergelar Pahlawan tanpa tanda jasa mereka tak henti-hentinya berjuang untuk mengantarkan anak-anak Indonesia menuju cita-citanya agar kelak mereka bisa menjadi penerus bangsa ini dan menjadi manusia yang membanggakan bagi nusa dan bangsa.

Mereka telah mengantarkan dan membuka wawasan kita menuju dunia yang sangat luas ini. Mereka jugalah yang telah mengajarkan kita membaca, menulis dan berhitung.

Oleh sebab itu, tanpa guru-guru kita tidak mungkin bisa mencapai keberhasilan.

Meskipun anak-anak didik mereka kelak akan melupakan mereka, meskipun pemerintah tak lagi memperhatikan nasib mereka, guru akan tetap gigih melaksanakan tugasnya yang begitu mulia untuk membentuk calon-calon pemimpin bangsa.

Mereka tak akan lelah mengabdi dan tak akan lelah mengajar hingga usia senja menghampiri mereka.

Maka dari itu, Sudah sepatutnya kita memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan rasa terima kasih yang sangat mendalam kepada guru-guru kita yang telah bersusah payah untuk mengajar setiap pengetahuan, memberikan nasihat dan motivasi yang membangun serta bimbingan dan teladan yang membentuk kepribadian kita agar menjadi manusia yang berpendidikan dan bermoral.

Sebelum saya mengakhiri pidato ini, sekali lagi saya menyampaikan bahwa guru adalah orang yang sangat berjasa di dalam hidup kita.

Oleh karena itu, marilah kita menyampaikan rasa terimakasih yang sangat besar untuk guru-guru kita semua. Saya kira cukup sampai di sini pidato singkat yang bisa saya sampaikan.

Semoga di hari guru nasional ini, guru-guru selalu Berjaya. Atas perhatian dan kesempatannya saya ucapkan terima kasih dan saya akhiri.

3. Pidato Hari Guru Tentang Dedikasi Luar Biasa Seorang Guru 

Assalamualaikum Wr.Wb

Yang saya hormati bapak/ibu kepala …

Yang saya hormati bapak dan ibu guru serta jajaran staff tata usaha

Dan yang selalu saya banggakan teman-teman semua

Alhamdulillah.. Alhamdulillah..alhamdulillah.. terucap syukur yang tak terhingga untuk kita semua, karena berkat kuasa-Nya lah kita mampu menghadiri upacara untuk memperingati “hari guru” pada pagi yang cerah ini.

Tak lupa selalu dan selalu kita lafazkan shalawat-shalawat untuk junjungan kita semua, tauladan bagi umat islam di seluruh dunia nabi Muhammad SAW yang kita nantikan syafaatnya untuk kita semua di yaumil akhir.

Para hadirin yang budiman, pada hari ini kita memperingati “Hari Guru” nasional.

Dimana saat ini di seluruh pelosok negeri, kembali bersama mengingat seluruh pengorbanan yang dilakukan oleh guru-guru dalam mencerdaskan generasi bangsa.

Menurut saya, guru ibarat sebuah lentera diruangan yang gelap, yang mampu menerangi segala sisi ruangan.

Betapa tidak, karena guru memberikan pengetahuan yang ia miliki untuk anak didiknya, untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa tanpa pamrih, tanpa imbalan.

Teman-teman semua, kita patut berbangga dan bersyukur, karna kita disini memiliki guru yang sangat sabar dalam membimbing kita.

Seperti yang kita tahu, tak mudah mengemban tugas mulia seperti yang dilakukan oleh guru kita ini, harus mengajarkan, membimbing kita berkali-kali tanpa bosannya sampai kita memahami pelajaran yang diberikan.

Bayangkan hal tersebut dilakukan oleh guru kita terhadap begitu banyaknya peserta didik dan dalam kurun waktu yang lama, yakni bertahun-tahun hingga ia pension.

Tak mudah mendedikasikan diri untuk terus menjadikan anak-anak Indonesia bisa bersaing di kancah dunia, dengan kemampuan yang setara atau bahkan melebihi yang lain didunia.

Terima kasih.. terima kasih yang sedalam-dalamnya saya mewakili teman-teman yang ada disini atas jasa yang telah ditorehkan bapak dan ibu guru dalam membimbing kami dan maaf atas segala kekurangan muridmu ini.

Maaf pula jika kadang kala kami suka menguji kesabaran bapak dan ibu guru, sesungguhnya kami tidak bermaksud sama sekali.

Harapan kami, semoga bapak dan ibu guru selalu diberikan kemudahan dalam mentransfer ilmu kepada anak didik semua dan semoga ilmu yang engkau ajarkan kepada kami menjadi ilmu yang bermanfaat dan menjadi amalan yang tidak pernah terputus.

Kami sebagai anak didikmu akan selalu mengingat apa yang telah engkau berikan kepada kami. Kami sangat menyayangimu “Lentera” kami..

Sekali lagi, “Selamat hari guru nasional”.. Semoga guru-guru di seluruh negeri mendapatkan kehidupan yang lebih baik lagi

Wassalamualaikum Wr.Wb

4. Pidato Hari Guru Tentang Hari Guru dari Siswa 

Assalamualaikum WR WB

Yang saya hormati Bapak kepala sekolah SMK (……………). Bapak/ ibu guru beserta stafnya.

Dan tak ketinggalan adik-adik dan teman-teman yang saya cintai. Terima kasih kepada hadirin semua tentunya yang sudah hadir di sini.

Yang pertama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah SWT yang telah memberikan segala nikmat dan hidayahnya kepada kita, sehingga pada kesempatan kali ini kita bisa berkumpul bersama dalam keadaan sehat wal-afiat.

Shalawat serta salam tetap tercurahkan pada junjungan nabi kita Muhammad SAW, yang telah membawa zaman dari zaman jahiliyah ke zaman keislaman ini, dan semoga kita mendapat syafaat di hari akhir nanti aamiin.

Hadirin yang saya hormati, pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan pidato dengan tema “Hari Guru Nasional” dimana peringatan hari guru ini setiap tahunnya diperingati.

Guru merupakan orang yang paling berjasa, dia adalah pahlawan negara. Setiap dia mengajar tanpa rasa malas, tanpa rasa lelah.

Namun, siswanya kadang membuat guru menjadi marah dan kesal. Tetapi, itulah memang proses belajar mengajar.

Indonesia sangatlah kaya dengan tenaga pengajarnya yang tak pernah lelah mengajarkan anak-anak bangsa yang mudah-mudahan kelak menjadi manusia yang berguna bagi bangsa kita.

Karena kita tahu, masih banyak guru-guru yang kurang begitu memahami kondisi siswa dengan cara pengajarannya dan ilmu-ilmu yang kita berikan.

5. Pidato Hari Guru Tentang Seorang Guru

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat kepala sekolah SMA Negeri 01 Tanjung, semua guru dan staf administrasi SMA Negeri 01 Tanjung dan semua teman-teman ku dari kelas X sampai XII.

Pada kesempatan yang baik ini, dan juga untuk memperingati hari guru yang jatuh pada tanggal 25 November ini, saya akan menyampaikan sebuah pidato yang berjudul Guru.

Guru, kita pun tahu benar siapa mereka. Sebuah peran yang vital dalam kehidupan. sebuah peran penting dalam masyarakat.

Ya memang guru, 4 huruf penuh makna, 4 huruf penuh jasa, 4 huruf pelita bangsa.

Ya memang seorang guru yang kehadirannya penuh makna memaknakan arti dunia dengan segala isinya agar kita anak didik nya mengerti dan paham harus berbuat apa ketika hidup terjun di dalamnya. Guru, 4 huruf penuh makna.

Ya memang seorang guru yang dengan segala keterbatasannya memberikan jasa yang tidak akan ternilai walaupun kita menukar dunia dengan segala isinya untuk hanya bisa mensejajarkan dengan jasa yang mereka berikan untuk kita. Guru, 4 huruf penuh jasa.

Ya memang seorang guru yang menjadi pelita bangsa, menerangi dan menuntun kami anak didik nya ke arah impian yang penuh dengan cahaya harapan untuk agar bisa hidup sejajar dengan bangsa lain di dunia. 4 huruf pelita bangsa.

Hadirin yang saya hormati, siapakah guru? Siapakah yang pantas menyandang 4 huruf penuh makna, 4 huruf penuh jasa dan 4 huruf pelita bangsa? Siapakah mereka?

Mereka kah yang setiap hari berdiri di depan kita memberikan penjelasan mengenai sesuatu di kelas.

Atau mereka kah yang duduk di samping kita saat kita menerima penjelasan di kelas. Ataukah mereka yang membiayai kita agar duduk dan menerima penjelasan di kelas.

Siapakah yang pantas menyandang gelar prestasi sebagai guru; pendidik, teman atau kah orang tua kita? Tapi bagi saya, mereka bertiga lah yang pantas menyandang gelar guru.

Merekalah yang mewakili lingkungan belajar yang mempengaruhi karakter kita anak bangsa ke depan.

Pendidik dengan lingkungan sekolahnya, teman dengan lingkungan pergaulan nya dan orang tua dengan lingkungan keluarganya.

Terima kasih guru, atas segala sesuatu yang kau berikan, atas segala sesuatu yang kau contohkan, atas segala sesuatu yang kau arahkan.

Terima kasih, kami dedikasikan hari ini untuk menghargai semua jasa-jasa mu. Selamat Hari Guru.

Wasslamualaikum Wr. Wb.

Memasuki revolusi industri 4.0, guru diimbau mampu memanfaatkan perubahan teknologi dan informasi yang super cepat untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di sekolah sehingga mampu menghasilkan lulusan berkompetensi global.

Semangat dan Selamat Hari Guru!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta