Contoh Pidato Persuasif Singkat Tentang Narkoba Untuk Generasi Muda

Contoh Pidato Persuasif Singkat Tentang Narkoba Untuk Generasi Muda — Mamikos rasa ketika kamu menyimak atau mendengarkan sebuah pidato, kamu mungkin tak begitu memperhatikan pidato apa gerangan yang sedang dibacakan. Mengaku saja.

Sebab memang tak begitu banyak juga yang menyadari apa itu pidato persuasif, karena ciri, jenis, dan bentuknya saja masih tak begitu banyak yang memahami juga.

Oleh sebab itu, pada kesempatan ini Mamikos akan memberikan kamu informasi seputar contoh pidato persuasif singkat tentang narkoba bagi para generasi muda.

Simak Contoh Pidato Persuasif Singkat Tentang Narkoba di Sini

freepik.com/wavebreakmedia_micro

Pada artikel ini Mamikos sudah merangkum dengan saksama segala jenis informasi yang menjadi bagian cari contoh pidato persuasif yang penting untuk bisa kamu pahami.

Mari mulai dengan membaca pengertian dari apa yang dimaksud dengan pidato persuasif yang sudah Mamikos lampirkan berikut ini.

Apa Itu Pidato Persuasif? Pahami Penjelasannya

Pidato persuasif merupakan salah satu jenis pidato yang punya tujuan untuk menarik perhatian khalayak dan memengaruhi pemikiran maupun perasaan dari yang mendengarkan pidato tersebut.

Bukan hanya itu saja. Pada pidato persuasif juga terdapat sifat untuk membujuk atau mengajak agar para pendengarnya merasa yakin dan bertindak sesuai pesan atau maksud yang ditangkap dari pidato.

Oleh karena itu, pidato persuasif harus mengandung maksud yang berasal dari pemikiran atau pendapat logis, masuk akal, dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Ketika seorang penceramah menyampaikan sebuah pidato persuasif di hadapan khalayak, tak jarang diselipkan juga beberapa lelucon atau kata-kata jenaka dengan maksud agar pendengar tidak jenuh dan lebih nyaman saat mendengar pidato.

Beberapa Tujuan dari Pidato Persuasif

Usai membaca mengenai pengertian dari pidato seperti di atas, maka perlu kamu tahu juga bahwa pidato persuasif tersebut memiliki beberapa tujuan.

Apa saja kira-kira tujuan dari pidato persuasif secara umum tersebut, kamu bisa menyimak penjelasannya sebagai berikut.

  • Tujuan Informatif, yang artinya memberi pengetahuan dan pemahaman kepada pendengar pidato.
  • Tujuan Argumentatif, yang artinya membangun keyakinan para pendengar.
  • Tujuan Rekreatif, yang artinya sebagai media menyampaikan pendapat atau pesan yang bersifat menghibur para pendengar, sehingga dapat memberikan dampak bahagia.
  • Tujuan Persuasif, yang artinya memberi pengaruh kepada pendengar pidato agar secara sadar dan sukarela mengikuti kehendak yang disisipkan dalam pidato.

Struktur Pidato Persuasif yang Wajib Diketahui

Usai membaca maksud dan tujuan dari pidato persuasif, info selanjutnya yang wajib kamu pahami adalah struktur dari pidato persuasif yang wajib kamu tahu.

Penjelasan mengenai struktur pidato persuasif tersebut sudah Mamikos lampirkan di sini. Supaya nanti jika kamu hendak membuat pidato persuasif versi kamu, cukup tengok lagi strukturnya di artikel Mamikos ini.

A. Pembukaan pidato

Pada pembukaan pidato persuasif terdapat tiga bagian, yakni salam pembuka, ucapan penghormatan, hingga ucapan syukur.

a. Ucapan salam pembuka

Untuk salam pembuka biasanya akan disampaikan penceramah untuk menyapa pendengar saat kali pertama berjumpa.

Salam pembuka perlu disampaikan sesuai dengan situasi/waktu dan latar belakang kehadiran pendengar pada acara.

Beberapa salam pembuka yang dapat kamu gunakan karena sudah umum antara lain selamat pagi, selamat siang, atau selamat malam.

Tak lupa tambahan ucapan salam pembuka dengan situasi dan latar belakang hadirin.

b. Ucapan sapa

Mengucapkan sapa dan penghormatan perlu dilakukan oleh penceramah sebab mengandung maksud sebagai bentuk hormat dari orang yang berpidato kepada hadirin yang hadir saat ini.

c. Ucapan Syukur

Ketika mengucapkan rasa syukur, para pendengar pidato dapat memahaminya sebagai bentuk rasa terima kasih dan syukur atas rahmat Tuhan.

Sebab di kesempatan tersebut, para pendengar dan pembaca pidato dapat berjumpa dan bersama-sama hadir dalam acara di hari itu.

B. Isi (Inti) Pidato

Dalam struktur pidato persuasif selanjutnya yang wajib kamu perhatikan adalah isi dan inti dari pidato persuasif yang akan dibawakan.

Kamu perlu menyampaikan isi pidato dengan menunjukkan ide, gagasan, pendapat, buah pikiran, atau alasan yang jelas mengapa isi dari pidato wajib disampaikan saat itu.

Di bagian ini juga, orang yang menyampaikan pidato akan menyampaikan ide, gagasan, pendapat dan wawasan yang mereka bawa tersebut.

Tak lupa tetap dengan sifat untuk memengaruhi dan mengajak para pendengar.

C. Penutupan Pidato

Usai kamu menyampaikan apa yang jadi isi pada pidato persuasif kepada pendengar, maka tugas dari orang yang menyampaikan pidato adalah menutup pidatonya.

Penutup pidato persuasif ini juga dapat diartikan sebagai bagian akhir dari sebuah pembacaan pidato.

Di bawah ini sudah Mamikos cantumkan tiga unsur yang perlu dilakukan dalam menutup pidato persuasif nanti.

a. Menyampaikan harapan mengenai gagasan dan pesan supaya dapat memberikan manfaat kepada yang sudah mendengarkan.

b. Menyampaikan permohonan maaf kepada pendengar terkait berbagai kesalahan dan kekhilafan yang tak sengaja dilakukan oleh pembaca pidato.

c. Mengucapkan terima kasih kepada pendengar sebab telah berkenan menyimak pidato pada hari itu.

d. Ucapkan salam penutup.

Contoh Pidato Persuasif Singkat Tentang Narkoba yang Wajib Disimak

Berikut ini sudah Mamikos rangkum contoh pidato persuasif singkat tentang narkoba untuk generasi muda yang dapat kamu simak dengan saksama sebagai bahan acuan nanti.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Yang terhormat bapak kepala sekolah, para guru, jajaran staf, semua tamu undangan, serta para murid yang hadir.

Bersama-sama mari kita ucapkan rasa syukur atas rahmat yang telah memberikan kesempatan sehat.

Sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul dan menghadiri acara pada kesempatan ini.

Bapak dan ibu sekalian,

Di kesempatan ini, saya ingin menyampaikan sebuah informasi mengenai penyuluhan tentang bahaya Narkoba bagi generasi muda. Narkoba atau Napza merupakan obat-obatan terlarang yang sering disalahgunakan.

Hal tersebut kemudian menimbulkan banyak sekali masalah dan kerugian yang dialami bukan hanya mereka yang mengonsuminya saja, tapi orang-orang yang ada di sekitarnya.

Saat narkoba digunakan secara bebas dan tidak bertanggung jawab, maka efek yang akan diraskan oleh si pengguna sangat banyak.

Meski terkesan bahwa efek tersebut adalah keunggulan, tapi hal tersebut hanyalah sementara.

Karena narkoba akan menyeret seseorang untuk terus dan terus menggunakannya hingga si pengguna tak menyadari lagi bahwa ia sedang menghantarkan nyawanya sedikit lebih dekat dengan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Oleh karena itu Bapak dan Ibu sekalian,

Sangat penting untuk memberikan pengetahuan dan wawasan bagi mereka agar tak menyentuh barang haram tersebut.

Lindungi, jaga, dan pelihara lah mereka, putra putri kita tercinta karena masa depan mereka sangatlah berharga.

Jika kita melakukannya bersama-sama, saya yakin maka pekerjaan untuk menjauhkan generasi muda dari narkoba akan jadi semakin mudah.

Itulah yang bisa saya sampaikan pada kali ini. Terima kasih atas perhatian Bapak Ibu dan hadirin semua yang hadir.

Wassalamualaikum warahatullahi wabarakatuh.

Penutup

Demikian ulasan yang dapat Mamikos sampaikan pada artikel kali ini terkait contoh pidato persuasif singkat tentang narkoba untuk generasi muda.

Mudah-mudahan saja apa yang Mamikos sampaikan di atas dapat memberikan kamu manfaat dan pencerahan terutama jika sedang mencari informasi contoh pidato persuasif singkat tentang narkoba untuk generasi muda.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta