Mengenal Primbon Jawa Dan Tata Cara Menghitung Weton

Posted in: Informasi
Tagged: primbon jawa

Primbon Jawa Dan Tata Cara Menghitung Weton – Bagi masyarakat jawa yang kental akan budaya dan warisan leluhur tentu sangat mengenal primbon jawa. Primbon merupakan kitab yang diwariskan oleh leluhur jawa dan berorientasi pada hubungan (relasi) antara alam semesta dan kehidupan manusia. Primbon bagi masyarakat jawa memiliki fungsi untuk dijadikan pedoman dalam menentukan sikap dan tindakan selama masa kehidupan.

Di dalam primbon jawa lengkap dengan hitungan-hitungan berdasarkan weton untuk meramal hari baik atau buruk, ramalan jodoh, hingga watak dan hubungan percintaan. Tafsiran yang terdapat di dalam primbon sangat dipercaya khususnya oleh masyarakat jawa dengan menghitung jumlah neptu dari weton jawa.

Apa Itu Weton Jawa?

Weton jawa merupakan sistem penanggalan yang dipercaya sejak jaman dahulu oleh masyarakat suku jawa secara tradisional. Weton sama dengan penanggalan Hijriah, Tionghoa, dan sistem penanggalan lainnya dimana jumlah hari dalam weton sama yaitu berjumlah 7 hari.

Namun yang membedakan penanggalan jawa dengan penanggalan lainnya terletak pada pancawarna. Pancawarna merupakan suatu istilah untuk menyebutkan lima hari pasaran di dalam penanggalan jawa, yaitu Pahing, Wage, Kliwon, Pon, dan Legi.

Sistem penanggalan jawa atau weton biasanya digunakan untuk berbagai urusan penting seperti menentukan jodoh, hari bercocok yang baik, penanda hari kelahiran, dan urusan bisnis. Hal tersebut didapat berdasarkan hitungan jawa dari weton dan pancawarna. 

Cara menghitung weton berdasarkan tanggal lahir

Neptu merupakan jumlah yang dimiliki oleh setiap hari maupun setiap pancawarna di dalam penanggalan jawa, fungsi neptu digunakan untuk menentukan hari baik berdasarkan angka yang didapatkan dari penjumlahan neptu. Berikut ini jumlah neptu berdasarkan penanggalan Islam:

  1. Hari Minggu memiliki neptu berjumlah 5
  2. Hari Senin memiliki neptu berjumlah 4
  3. Hari Selasa memiliki neptu berjumlah 3
  4. Hari Rabu memiliki neptu berjumlah 7
  5. Hari Kamis memiliki neptu berjumlah 8
  6. Hari Jumat memiliki neptu berjumlah 6
  7. Hari Sabtu memiliki neptu berjumlah 9

Sedangkan jumlah neptu berdasarkan pancawarna dalam penanggalan jawa adalah sebagai berikut:

  1. Pahing memiliki neptu berjumlah 9
  2. Wage memiliki neptu berjumlah 4
  3. Legi memiliki neptu berjumlah 5
  4. Kliwon memiliki neptu berjumlah 8
  5. Pon memiliki neptu berjumlah 7

Cara menghitung weton jodoh bisa dilakukan dengan menghitung hari lahir Anda dan pasangan Anda. Anda hanya perlu menjumlahkan neptu berdasarkan penanggalan Islam dengan neptu berdasarkan penanggalan jawa. 

Langkah pertama dalam menghitung weton adalah jumlahkan terlebih dahulu salah satu hari lahir Anda atau pasangan Anda. Jika pasangan Anda lahir pada Senin wage, maka jumlah neptu yang dimiliki oleh pasangan Anda adalah Senin (4) dan wage (4) sehingga jumlah neptu pasangan Anda 4+4 adalah 8.

Jika Anda lahir pada Jumat pahing, maka Anda akan mendapatkan hitungan weton sebagai berikut, Jumat (6) dan pahing (9), sehingga jumlah neptu Anda adalah 6+9 yaitu 15.

Langkah terakhir adalah menjumlahkan neptu pasangan dengan neptu Anda sehingga menghasilkan angka 8+15 yaitu 23. Jumlah neptu inilah yang digunakan sebagai acuan untuk melihat ramalan atau tafsiran berdasarkan penanggalan jawa. 

8 Tafsir Dari Hasil Perhitungan Weton Pasangan Dan Maknanya.

Setelah menghitung neptu Anda dan pasangan, tentu Anda akan mendapatkan angka berdasarkan jumlah neptu. Angka yang Anda dapatkan tersebut memiliki arti tafsiran masing-masing lengkap dengan maknanya. Berikut ini delapan tafsiran dari perhitungan weton berdasarkan primbon jawa:

1. Pegat

Jika jumlah hitungan neptu yang muncul adalah angka-angka seperti 1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, dan 36, maka hubungan antara Anda dan pasangan Anda masuk ke dalam kategori pegat. Berdasarkan primbon, pegat di dalam hubungan mengindikasikan adanya masalah dalam rumah tangga, seperti masalah ekonomi, relasi dalam rumah tangga, hingga perselingkuhan.

Hubungan yang termasuk kategori pegat berkemungkinan akan berakhir dengan perceraian atau perpisahan.

2. Ratu

Jika jumlah hitungan neptu yang muncul adalah angka seperti 2, 11, 20, dan 29, maka hubungan antara Anda dan pasangan Anda masuk ke dalam kategori ratu. Berdasarkan primbon, jika mendapatkan kategori ratu Anda termasuk beruntung. Pasalnya hubungan akan harmonis dan bahagia hingga membuat orang di sekitar merasa iri.

3. Jodoh

Jodoh adalah kategori primbon yang meliputi angka 3, 12, 21, dan 30. Jika Anda mendapatkan angka tersebut maka hubungan Anda termasuk dalam kategori jodoh, Anda dan pasangan merupakan jodoh dan pasangan yang sangat cocok. Rumah tangga akan senantiasa rukun dan bahagia selalu meskipun terdapat masalah namun dapat diselesaikan dengan baik.

4. Topo

Topo adalah kategori yang meliputi jumlah angka-angka neptu meliputi 4, 13, 22, dan 31. Jika Anda dan pasangan mendapatkan salah satu angka neptu yang telah disebutkan maka termasuk ke dalam kategori topo. Topo memiliki arti bahwa kehidupan rumah tangga Anda dan pasangan akan sulit di awal, namun seiring berjalannya waktu setiap masalah dapat diatasi dengan baik, sehingga kondisi dapat membaik.

5. Tinari

Jika jumlah hitungan weton Anda menghasilkan angka-angka seperti 5, 14, 23, dan 32, maka Anda dan pasangan termasuk ke dalam kategori tinari. Di dalam kategori tinari ini kemungkinan kebahagiaan dalam rumah tangga berwujud kelimpahan rezeki dan kemudahan dalam mendapatkan rezeki. Pasangan dan Anda akan mendapatkan rezeki dari berbagai bentuk, harta maupun anak-anak yang baik. 

6. Padu

Jika jumlah hitungan Anda dan pasangan menghasilkan angka-angka seperti 6, 15, 24, dan 33, maka termasuk ke dalam kategori padu. Berdasarkan primbon, kategori padu mengindikasi suatu ramalan jodoh yang buruk bila berumah tangga. Sebab akan sering terjadi pertengkaran meski hanya dari masalah yang kecil, namun tidak sampai berujung pada perceraian.

7. Sujanan

Bagi Anda dan pasangan yang mendapatkan hasil angka-angka seperti 7, 16, 25, dan 34, maka Anda wajib waspada. Pasalnya Anda dan pasangan masuk ke dalam kategori sujanan yaitu kategori yang terancam mendapatkan pertengkaran besar di dalam rumah tangga. Penyebab dari pertengkaran besar tersebut adalah adanya perselingkuhan baik dari pihak perempuan maupun pihak laki-laki.

8. PesthiKategori terakhir dari hitungan neptu jawa yaitu kategori pesthi, yang termasuk dalam kategori pesthi adalah jumlah hitungan neptu dan weton yang menghasilkan angka-angka 8, 17, 26, dan 35. Pesthi adalah kategori yang menggambarkan kehidupan rumah tangga yang rukun dan terhindar dari masalah-masalah.

Jika Anda dan pasangan merupakan kategori pesthi, Anda patut berbahagia dengan rumah tangga yang harmonis dan bahagia. Kategori ini pun dikenal dengan kategori yang termasuk langgeng di dalam menjalani kehidupan rumah tangga.

Setelah mengetahui perhitungan weton dalam primbon jawa, Anda dapat melihat sedikit gambaran dari watak seseorang dan kemungkinan hubungan antara Anda dan pasangan. Namun demikian, jangan jadikan primbon sebagai acuan mutlak dalam menentukan jodoh, sebab jodoh tidak dapat ditebak secara pasti. 


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah