10 Program Studi Paling Banyak Diminati Peserta SBMPTN

 Posted on Senin, April 23rd, 2018  Posted in Mahasiswa, Mahasiswa Baru, Passing Grade Universitas, Perkuliahan, SBMPTN, Seputar Mahasiswa  Mamikos

Bulan April tahun 2018 ini dianggap sebagai bulan yang paling penting bagi sebagian besar kehidupan siswa SMA yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Di awal April kemarin, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia sudah mengumumkan hasil dari SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2018 dengan hasil hanya ada 110.946 siswa dari 586.155 siswa yang telah mendaftar yang berhasil lolos. Dari jumlah tersebut ditemukan sebanyak 28.069 siswa diantaranya adalah penerima bidikmisi.

Sebagian besar siswa yang gagal dalam SNMPTN 2018 pun banyak yang mendaftarkan kembali diri mereka untuk mengikuti SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2018 yang akan diadakan pada tanggal 8 Mei 2018 mendatang. Bagi kamu yang belum mendaftar, kesempatan masih dibuka hingga 27 April 2018 pukul 22.00 WIB.

SBMPTN Seleksi (Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) ini sendiri merupakan seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan perguruan tinggi negeri menggunakan pola ujian tertulis secara nasional yang selama ini telah menunjukkan berbagai keuntungan dan keunggulan, baik bagi calon mahasiswa, perguruan tinggi negeri, maupun kepentingan nasional. Nantinya ujian tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 ini akan terdiri dari Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Sama seperti ketika SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2018 kemarin diadakan, SMBPTN pun turut menarik perhatian sebagian besar siswa SMA di berbagai penjuru daerah. Sejak dibuka pada 5 April lalu, jumlah pendaftar SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2018 di berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia cukup ramai.

Dari banyaknya program studi yang disediakan di berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN), menariknya ada 10 program studi yang dinilai paling banyak peminatnya. Apa saja 10 program studi ini? Berikut Mamikos berikan 10 program studi paling banyak diminati peserta SBMPTN 2018 baik di bidang SOSHUM maupun SAINTEK.

Program Studi Paling Diminati Peserta SBMPTN
Program Studi Paling Diminati Peserta SBMPTN

Program Studi Paling Diminati Peserta SBMPTN

1. Manajemen

Program studi manajemen adalah salah satu jurusan favorit dari rumpun ekonomi dan bisnis bagi calon-calon mahasiswa baru yang sedang hunting jurusan kuliah. Selain terbilang cukup populer dan dapat ditemukan di seluruh perguruan tinggi, lulusan manajemen juga cukup banyak diminati menjamin kamu untuk memiliki prospek kerja yang tidak terbatas. Mengapa demikian? Karena tidak ada bidang pekerjaan yang tidak membutuhkan praktisi manajemen.

Peminatan studi : Manajemen Bisnis, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Syariah, Manajemen produksi
Peluang karier : Manajer/bagian manajemen di berbagai perusahaan, HRD (Human Resource Development)

2. Akuntansi

Karir di bidang akuntansi menjanjikan pemasukan yang menggiurkan, juga peningkatan karir yang terjamin. Sehingga tidak heran akuntansi menjadi salah satu jurusan yang paling banyak diminati oleh peserta SBMPTN. Secara singkat, akuntan membuat catatan keuangan suatu perusahaan. Akuntan dapat bekerja untuk pemerintah, perusahaan, atau organisasi. Akuntan menyiapkan laporan keuangan seperti perpajakan, dan memastikan pajak dibayarkan tepat waktu.

Mereka juga dapat menyarankan cara meningkatkan keuangan dengan cara mengevaluasi anggaran. Akuntan membuat rekomendasi kepada manajer mengenai cara mengurangi biaya operasional, supaya suatu usaha dapat berjalan dengan efisien dan efektif, dan meningkatkan untung bagi suatu usaha. Beberapa akuntan juga mengivestigasi kecurangan dalam penjalanan suatu usaha atau organisasi.

Selain membuat laporan dan rekomendasi, mereka juga harus menjelaskannya dengan cara yang mudah dimengerti kepada manajer, pemegang saham, dan pihak yang terlibat lainnya.

Peminatan studi : Akuntansi Perpajakan, Akuntansi Sektor Publik, Sistem Informasi Akuntansi, Akuntansi Pemeriksaan, Akuntansi Keuangan
Peluang karier : Akuntan, bagian keuangan perusahaan, akuntan publik

3. Ilmu Hukum

Program studi Ilmu Hukum ternyata juga cukup menjadi incaran para perserta SBMPTN loh! Umumnya, Ilmu Hukum memiliki fakultas sendiri yaitu Fakultas Hukum. Di prodi ini mahasiswa mempelajari seluk-beluk teori dan praktek hukum.

Namun untuk bisa menjadi pengacara atau notaris tidak cukup dengan gelar S1. Kamu harus memiliki pengalaman magang (kerja) di kantor hukum dan ikut tes advokat serta melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 untuk bisa menjadi notaris. Sedari dulu, jurusan Hukum memang tidak pernah sepi peminatnya.

Peminatan studi : Perdata, Pidana, Hukum Internasional, Hukum Acara, Hukum Ekonomi, Hukum Lingkungan, Hukum dan Teknologi.

Peluang Karier : Bagian legal di perusahaan (biasanya dibutuhkan perusahaan besar baik nasional maupun multinasional), notaris, pengacara, hakim, jaksa, konsultan hukum, Diplomat, bekerja di Kementerian Hukum dan HAM, jurnalis.

4. Ilmu Komunikasi

lmu Komunikasi adalah salah satu program studi yang juga sangat banyak peminatnya belakangan ini. Apalagi lulusan Ilmu Komunikasi luas prospek kerjanya. Salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang memiliki Fakultas Ilmu Komunikasi sebagai fakultas tersendiri adalah Universitas Padjadjaran, Bandung. Program studi ilmu komunikasi sendiri mempelajari tentang dasar komunikasi, baik komunikasi antarpribadi, public speaking, komunikasi massa, komunikasi formal, dan lain sebagainya.

Nantinya kamu juga akan mempelajari mengenai pesan dalam komunikasi yang tidak hanya lewat perkataan, tapi juga tulisan, simbol, audio visual, dan lain sebagainya. Jurusan-jurusan yang masuk dalam bidang komunikasi adalah periklanan, linguistik, bahasa, jurnalistik, dan masih banyak lagi.

Komunikasi juga berhubungan dengan pemanfaatan teknologi dan penemuan baru seiring perkembangan jaman. Misalnya perkembangan internet, pengaruh media, tren hiburan yang sedang populer dan faktor-faktor lainnya. Dan uniknya, karena program studi yang satu ini cukup berkaitan erat dengan tren dan teknologi sehingga kurikulum dan penyampaian perkuliahan jurusan ilmu komunikasi pun juga sering berubah-ubah.

Peminatan studi : Hubungan Masyarakat, Periklanan, Komunikasi Massa, Jurnalistik, Broadcasting
Peluang karier : Humas, jurnalis, art director, copywriter, penyiar, asisten produksi, bagian kreatif media massa, content creator, jurnalis, pekerja iklan/media.

5. Psikologi

Psikologi adalah salah satu program studi paling populer di Indonesia. Selain mempelajari tentang perilaku dan kepribadian manusia, lapangan pekerjaan untuk lulusan jurusan ini pun terbuka lebar, begitu pula dengan pilihan jalur karier yang beragam.

Banyak yang menganggap bahwa belajar psikologi adalah sesuatu yang menarik karena kamu akan jadi paham perilaku dan kepribadian manusia. Kalau gosipnya anak Psikologi bisa baca pikiran orang atau bakal kerja di rumah sakit jiwa, ini salah! Masih banyak yang belum mengerti bedanya psikolog dan psikiater. Disini kamu akan dapat jawabannya.

Lebih tepatnya lagi, program studi psikologi ini mempelajari mengenai manusia, dari segi mental, pikiran, dan perilakunya. Untuk menjadi psikolog kamu harus menempuh studi lanjutan setelah lulus S1, serta mengambil program profesi. Jurusan Psikologi ini masuk dalam prodi Soshum, namun di beberapa kampus seperti Universitas Padjadjaran dimasukkan dalam Saintek. Psikologi sendiri mempelajari ilmu sosial dan juga sains.

Peminatan studi : Psikologi Sosial, Psikologi Industri Organisasi, Psikologi Pendidikan
Peluang karier : HRD (Human Resource Development) perusahaan, konselor, peneliti riset, bagian asesmen (yang melakukan tes psikologi), psikolog, praktisi pendidikan, dll.

6. Pendidikan Dokter

Program studi Pendidikan Dokter, atau biasa disebut Kedokteran ini juga merupakan salah satu program studi yang setiap tahun selalu banyak peminatnya. Di jurusan ini kamu akan mempelajari ilmu medis, bagaimana memelihara kesehatan, pencegahan, dan pengobatan penyakit.

Untuk mempelajari ilmu kedokteran ini, kamu harus memahami anatomi, fungsi, dan interaksi yang terjadi pada tubuh manusia, mulai dari tulang, otot, saraf, dan indera. Selain anatomi, kamu juga akan belajar histologi, fisiologi, dan biokimia.

Setelah memahami fungsi dasar bagian tubuh, kamu juga akan belajar tentang penyakit dan obat-obatan. Dan pastinya, di Pendidikan Dokter, kamu akan mempelajari tata cara pemeriksaan pasien dan menginterpretasi hasil pemeriksaan tersebut.

Peminatan studi : Tidak ada
Peluang karier : Dokter, bekerja di Kementerian Kesehatan

7. Teknik Sipil

Teknik sipil menjadi salah satu program studi yang punya peran penting dalam perkembangan suatu negara, terutama dalam pembangunan infrastruktur dan ekonomi, tak heran jika program studi yang satu ini cukup banyak diminati oleh para peserta SBMPTN.

Program studi Teknik Sipil mempelajari proses merancang, membangun, serta merenovasi, tidak hanya bangunan gedung, tapi juga infrastruktur jalan, jembatan, bendungan, dan infrastruktur lainnya. Mempelajari ilmu Teknik Sipil, kamu akan memahami unsur-unsur bangunan seperti beton, baja, aspal, dan lain-lain. Kamu juga akan memahami bagaimana perancangan struktur bangunan yang kuat, layak, dan efisien.

Di jurusan Teknik Sipil kamu juga akan mempelajari dasar rancangan arsitektur. Teknik sipil punya peran yang sangat penting terhadap kehidupan manusia, ilmunya berkembang sejalan dengan kebutuhan dan pergerakan manusia. Kemajuan teknologi transportasi akan berpengaruh pada pembangunan infrastruktur, seperti perluasan jalan, pembangunan jalan toll, underpass, flyover, dan lain-lain.

Perubahan lingkunganpun akan berpengaruh terhadap pembangunan. Unsur cuaca, iklim, struktur tanah, dan gempa bumi, menjadi pertimbangan penting dalam pembangunan gedung dan infrastruktur. Karena itu para profesional di bidang Teknik Sipil haruslah cermat dan teliti.

Peminatan studi : Konstruksi Sipil, Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan, Sumber Daya Air, Geoteknik, Manajemen Konstruksi.
Peluang karier : Manajer konstruksi jalan, fasilitas umum, air, dll, pengawas konstruksi bangunan

8. Teknik Informatika

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, dunia digital, dan gadget, menyebabkan studi tentang Teknik Informatika pun semakin dibutuhkan. Program studi yang satu ini mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisa matematis untuk desain, pengembangan, pengujian, dan evaluasi perangkat lunak, sistem operasi dan kerja komputer.

Pada prodi ini akan diajarkan mulai dari menghasilkan ide kreatif, kemudian merealisasikan ide tersebut, memecah fungsi-fungsi, dan menciptakan struktur instruksi yang sangat detil dalam bahasa pemrograman untuk mengajarkan komputer apa saja yang harus dilakukan. Mahasiswa Ilmu Komputer harus menjadi ahli dalam sistem operasi dan aplikasi untuk memastikan bahwa dasar sistem operasi bekerja dengan baik.

Peminatan studi : Artificial Intelligence, Computer Network and Web Programming, Multimedia, Database System, Enterprise Information System.
Peluang karier : Programmer, software engineer, Konsultan IT, wirausaha startup berbasis teknologi, web enginner, system analyst

9. Farmasi

Program studi farmasi juga turut melengkapi sederetan program studi yang paling banyak diminati oleh peserta SBMPTN. Farmasi sendiri merupakan ilmu yang mempelajari cara membuat, mencampur, meracik, memformulasi, mengidentifikasi, mengombinasi, menganalisis, serta menstandarkan obat dan pengobatan, juga sifat-sifat obat beserta pendistribusian dan penggunaannya secara aman.

Umumnya, Ilmu Kimia adalah yang paling banyak digunakan di program studi ini. Ilmu pokok yang digunakan dalam farmasi adalah kimia (80%), biologi (15%), dan fisika (5%). Ilmu-ilmu ini diterapkan dalam cabang ilmu yang lebih spesifik seperti farmakologi, kimia farmasi, farmasetika, teknologi farmasi, dispensa farmasi, fisika farmasi, biofarmasetika, farmasi klinik, biologi farmasi, dan administrasi farmasi.

Peminatan studi : Tidak ada peminatan
Peluang karier : Bekerja di industri obat/industri produk farmasi, apoteker, peneliti, analisis farmasi, dan lainnya.

10. Agribisnis

Yang terakhir ada jurusan agribisnis, jurusan yang satu ini memang tengah naik daun di Indonesia. Agribisnis sendiri merupakan program studi yang mempelajari manajemen dan bisnis dalam bidang pertanian, termasuk peternakan, perkebunan, dan perikanan. Jadi mahasiswa program studi ini nantinya akan mempelajari ilmu pertanian, pengolahan hasil tani/ternak, serta aspek bisnisnya. Prospek agribisnis tergolong cerah, mengingat Indonesia adalah negara agraris dengan potensi alam yang sangat besar.

Perlu dicatat, agribisnis adalah sebuah usaha komersial. Perlu kamu ingat, kata kunci dalam program studi ini adalah “komersial”. Oleh karena itu dalam agribisnis, kamu tidak hanya sekedar menjual hasil pertanian, tetapi juga harus memikirkan cara agar hasil taninya menguntungkan. Misalnya, strategi bisnis apa yang perlu kamu lakukan? Bagaimana cara mengemas hasil tani kamu supaya sesuai kebutuhan masyarakat?

Peminatan studi : Sociopreneur, Ecopreneur, Penyuluhan
Peluang karier : Wirausaha tani/ternak/perikanan/perkebunan, bagian manajemen/Manajer perusahaan pengolahan hasil pertanian, penyuluh pertanian

Nah, itu tadi ulasan seputar 10 program studi paling banyak diminati peserta SBMPTN 2018. Semoga informasi yang telah Mamikos berikan bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi kalian yang akan mendaftarkan diri atau mengikuti ujian SBMPTN 2018 nanti ya! Jangan lupa belajarlah dengan giat, agar nantinya kalian bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang kalian ingini.

Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke situs blog Mamikos untuk mendapatkan informasi ter-update dan informasi menarik lainnya. Dan jangan lupa pula download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih praktis lagi. Temukan pula informasi seputar lowongan kerja, kost-kostan, serta sewa apartemen hanya di Mamikos.

Klik dan dapatkan info yang Anda butuhkan hanya di Mamikos:

 

Kunjungi mamikos.com untuk mendapatkan informasi lowongan kerja terbaru di seluruh kota di Indonesia

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini