10 PTN Dengan Peserta SBMPTN BIDIKMISI Terbanyak 2018

Posted on Posted in Beasiswa, Kampus, Mahasiswa Baru, SBMPTN, Seputar Mahasiswa

Tak lama lagi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 akan segera diadakan. Bagi kamu yang belum mendaftar, kamu masih diberikan kesempatan untuk mendaftarkan diri karena pendaftaran SBMPTN 2018 masih dibuka hingga 27 April 2018 pukul 22.00 WIB. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN ini sendiri merupakan seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan perguruan tinggi negeri menggunakan pola ujian tertulis secara nasional yang selama ini telah menunjukkan berbagai keuntungan dan keunggulan, baik bagi calon mahasiswa, perguruan tinggi negeri, maupun kepentingan nasional.

Sama ketika SNMPTN 2018 dilaksanakan, SBMPTN 2018 juga dibuka untuk peserta Bidikmisi. Intinya, SBMPTN adalah jalur masuknya sedangkan Bidik Misi merupakan jenis beasiswa yang bisa didapatkan ketika calon mahasiswa berhasil lulus dari jalur SBMPTN tersebut.

Mungkin banyak dari kalian yang masih bingung mengenai program Bidikmisi, jadi Bidikmisi ini merupakan bantuan berupa biaya pendidikan dari pemerintah. Beasiswa pendidikan yang satu ini berfokus untuk siswa berprestasi ataupun siswa yang kurang mampu namun memiliki prestasi dan ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Hal ini karena tujuan beasiswa Bidikmisi adalah memutus rantai kemiskinan yang menjadi penghalang siswa untuk bisa mengenyam pendidikan tinggi. Biasanya penyelenggaraan beasiswa Bidikmisi lebih dahulu dibandingkan dengan ujian penerimaan mahasiswa baru. Selain itu, beasiswa Bidikmisi memiliki syarat yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa yakni mahasiswa tersebut berkemauan untuk menyelesaikan studinya di perguruan tinggi pilihan.

Di tahun 2018 ini Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi kembali menambah kuota program beasiswa Bidikmisi dan afirmasi pendidikan tinggi (Adik). Terutama untuk daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T). Jumlah pendaftar Bidikmisi hingga saat ini mencapai 248.043 orang. Sedangkan kuota Bidikmisi untuk tahun 2018 ini jumlahnya hanya untuk 90.000 beasiswa saja. Pendaftaran Bidikmisi dilakukan oleh sekolah dan siswa pada 15 Januari hingga 30 September. Kemudian untuk pendaftaran melalui seleksi masuk SBMPTN pada 29 Maret hingga 26 April 2018.

10 PTN Dengan Peserta SBMPTN Bidikmisi Terbanyak

10 PTN Dengan Peserta SBMPTN Bidikmisi Terbanyak
10 PTN Dengan Peserta SBMPTN Bidikmisi Terbanyak

Berikut Mamikos berikan informasi terkait 10 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang memiliki peserta SBMPTN Bidikmisi terbanyak di tahun 2018. Apa saja daftarnya? Langsung saja simak informasi dibawah ini.

1. Universitas Negeri Padang

Yang pertama ada Universitas Negeri Padang, mungkin masyarakat Kota Padang sudah tidak asing lagi mendengar nama Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang satu ini. Pasalnya Universitas Padang ini merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di Kota Padang. Kamu dapat menemukan gedung kampus universitas ini tepat di Kota Bukittiggi dan di Ulu Gadut. Perlu kamu ketahui bahwa UNP ini menjadi salah satu dari 28 Perguruan Tinggi Negeri lainnya yang dinobatkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) sebagai 50 perguruan tinggi yang paling menjanjikan di Indonesia, atau 50 Promising Indonesian Universities.

Sebagai informasi tambahan, Universitas Negeri Padang hingga sekarang memiliki 8 fakultas dengan 94 program studi yang terdiri dari 51 program studi Sarjana/Diploma Empat (S1/D4), 13 program studi Diploma Tiga (D3), 22 program studi Magister (S2), 7 program studi Doktor (S3) dan 1 program Pendidikan Profesi konselor. Kampus utama Universitas Negeri Padang ini sendiri terletak di Kota Padang, tepatnya di Jln. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar. Sedangkan lokasi kampus lainnya terdapat di Ulu Gadut, Limau Manis, Pauh, Kota Sawahlunto dan di Kota Bukittinggi.

2. Universitas Negeri Gorontalo

Kemudian yang kedua ada Universitas Negeri Gorontalo yang merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Gorontalo. Berdiri sejak tahun 1963, Universitas Negeri Gorontalo memiliki 10 fakultas yakni Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Sastra dan Budaya, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, serta Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Jika nantinya kamu diterima di kampus ini, kamu dapat dengan mudah menemukan Kost Gorontalo Murah karena di sekitar gedung kampus terdapat banyak bangunan kost-kostan.

3. Universitas Malikussaleh

Lebih akrab disebut UNIMAL, Universitas Malikussaleh ini merupakan sebuah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berlokasi di Provinsi Aceh. Berdiri sejak tahun 1969, Universitas Malikussaleh memiliki beberapa kampus yang terletak di lokaso berbeda seperti di Jl. Medan – Banda Aceh, kemudian di Cot Tengku Nie, Reuleuet, dan di Bukit Indah, Cunda, serta Lancang Garam.

Baca juga :  Pengumuman Kelulusan SBMPTN 2019/2020

4. Universitas Halu Oleo

Biasa disingkat dengan singkatan UHO, Universitas Halu Oleo ini terletak tepat di Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara. Dulunya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang satu ini merupakan universitas swasta yang kemudian bertransformasi menjadi universitas negeri. Hingga saat ini, Universitas Halu Oleo memiliki 14 fakultas yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat dan bakat yang kamu miliki.

5. Universitas Negeri Semarang

Selanjutnya ada Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) Republik Indonesia. Sebelum menjadi Universitas Negeri Semarang, kampus yang menduduki peringkat ke-22 terkait Universitas terbaik di Indonesia ini dulunya merupakan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Semarang. Status perubahan dari IKIP Semarang menjadi UNNES ini terjadi pada tahun 1999 dengan diterbitkannya Keputusan Presiden Nomor 124 tahun 1999 tentang perubahan IKIP Semarang. Jika mau mendaftarkan kampus ini sebagai PTN tujuanmu di SBMPTN, mungkin kamu bisa melihat-lihat deretan kost dekat UNNES Semarang mulai dari sekarang.

6. Universitas Trunojoyo

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang satu ini berada di Kabupaten Bangkalan (Madura), Provinsi Jawa Timur. Sering disapa dengan panggilan Unijoyo, Universitas Trunojoyo sudah berdirik sejak 23 Juli 2001 dan ditetapkan sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ke-7 di Provinsi Jawa Timur. Letak kampus Universitas Trijoyo ini berada dalam lingkungan pusat pengembangan Bangkalan sebagai perluasan Kota Surabaya dalam pengembangan Gerbangkertasusila. Untuk mencari hunian sementara di dekat kampus juga tidak begitu sulit, deretan kost Bangkalan murah siap menampung kamu jika nantinya kamu diterima di Universitas Trunojoyo ini.

7. Universitas Jember

Universitas Jember atau yang biasa disingkat UNEJ dan UJ ini merupakan sebuah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Kota Jember, Provinsi Jawa Timur. Perlu kamu ketahui bahwa Universitas Jember ini adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbesar di bagian timur Provinsi Jawa Timur. Gedung kampusnya yang berada tepat di antara kawah Ijen dan Gunung Bromo membuat suasana disana semakin mendukung untuk kegiatan belajar mengajar. Universitas Jember sendiri menyelenggarakan program pendidikan yang terdiri dari Pendidikan Vokasi (S-0/D-3), Sarjana (S-1), dan Pasca Sarjana (S-2 dan/atau S-3) yang tersebar di 13 Fakultas, 2 Program Studi Setara Fakultas dan Program Pasca Sarjana.

Baca juga :  Cara Melihat Pengumuman SBMPTN 2019/2020

8. Universitas Negeri Surabaya

Sering disebut dengan sapaan UNESA, universitas negeri yang satu ini turut melengkapi jejeran universitas ternama di Kota Surabaya. Beberapa prestasi telah berhasil ditorehkan oleh UNESA sebagai pembuktian kualitasnya antara lain juara 1 dalam Kontes Robot Cerdas Indonesia 2009 di UGM Yogyakarta, dan masih banyak juga lainnya. Untuk masalah kualitas memang tidak usah diragukan lagi, UNESA menduduki peringkat ke-21 tingkat nasional terkait Universitas terbaik di Indonesia.

9. Universitas Sebelas Maret

Sering disingkat dengan UNS, Universitas Sebelas Maret merupakan sebuah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berada di Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. Hingga saat ini Universitas Sebelas Maret menyelenggarakan 10 Fakultas yakni Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, serta Fakultas Hukum.

Universitas Sebelas Maret telah menyumbangkan begitu banyak prestasi kepada negara kita, contohnya saja di bidang “penguasaan IPTEK” khusunya dalam bidang pembelajaran dan penelitian. Mahasiswa UNS telah berhasil mengembangkan mobil hemat tanpa bahan bakar. Tak hanya itu saja, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang satu ini juga berhasil meraih prestasi bergengsi di kejuaraan tingkat internasional seperti berhasil meraih juara 2 kategori Gasoline Urban Concept yakni kompetisi hemat bahan bakar Shell Eco-Marathon (SEM) Asia di Manila.

10. Universitas Pendidikan Indonesia

Sering disingkat dengan UPI, kampus yang satu ini biasanya menjadi tujuan para remaja yang memiliki cita-cita sebagai pencerdas bangsa (guru). Universitas Pendidikan Indonesia memang dikenal sebagai salah satu universitas terbaik bahkan masuk ke dalam kategori 10 Universitas terbaik di Indonesia. Dikenal sebagai wadah pencetak calon pendidik terbaik, Universitas Pendidikan Indonesia memiliki beberapa jurusan andalah pula yakni Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, serta Jurusan MIPA.

Baca juga :  10 Program Studi Paling Banyak Diminati Peserta SBMPTN

Universitas Pendidikan Indonesia ini merupakan salah satu contoh perguruan tinggi yang menganut sistem multikampus. Kamu dapat menemukan gedung kampus PTN yang satu ini tersebar di dua provinsi yakni Provinsi Jawa Barat dan Banten dengan jumlah 6 kampus. Namun, untuk lokasi kampus utama Universitas Pendidikan Indonesia tetap berada di Jalan Setiabudhi No. 229, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat. Sebagai informasi tambahan, UPI ini memiliki 8 Fakultas, 5 Kampus Daerah, Sekolah Pascasarjana (SPs) dan Sekolah Laboratorium atau Lab School UPI.

Nah, itu tadi ulasan seputar 10 PTN yang menerima peserta Bidikmisi terbanyak di SBMPTN 2018. Apalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) idaman kalian masuk dalam list diatas? Jika iya, berarti kamu memiliki kesempatan besar untuk bisa menjadi mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tersebut. Namun, jangan lupa juga untuk belajar lebih giat agar nantinua ketika ujian SBMPTN berlangsung kamu bisa mengisi seluruh pertanyannya.

Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke situs Mamikos untuk mendapatkan informasi ter-update dan informasi menarik lainnya. Dan jangan lupa pula download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih praktis lagi. Temukan pula informasi seputar lowongan kerja, kost-kostan, serta sewa apartemen hanya di Mamikos.