Rumus Kecepatan Rata Rata Km / Jam dan Contoh Soal

Posted in: Informasi
Tagged: rumus

Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak akan lepas dengan hukum fisika. Hukum fisika memiliki beberapa rumus untuk menghitung sebuah satuan seperti kecepatan, jarak, berat, hingga waktu. Salah satu rumus fisika yang akan kita bahas kali ini adalah rumus kecepatan rata rata sebuah benda.

Pengertian Kecepatan, Jarak, dan Waktu

Jika kalian ingin mengetahui rumus percepatan rata-rata dari satuan jarak dan waktu, maka Anda perlu mengetahui terlebih dahulu masing-masing pengertiannya.

1. Pengertian Kecepatan

Kecepatan adalah ukuran dari satuan besaran vector yang menunjukkan seberapa cepat sebuah benda dapat berpindah dari satu titik ke titik yang lain. Besaran vector pada laju perpindahan ini disebut sebagai kecepatan. Rumus kecepatan rata rata dinyatakan dalam satuan meter per sekon (m/s).

2. Pengertian Jarak

Jika benda dapat berpindah, maka satuan untuk menghitung seberapa jauh sebuah benda dapat berpindah dari satu titik ke titik yang lain disebut sebagai jarak. Satuan dari jarak secara internasional disebut meter, dan dilambangkan dengan simbol “m”.

3. Pengertian Waktu

Waktu adalah satuan interval dalam menghitung lama sebuah peristiwa atau kejadian. Satuan internasional dari waktu adalah second atau sekon atau detik. Satuan waktu dilambangkan dengan simbol “s”.

Apa itu Rumus Kecepatan?

Rumus adalah sebuah cara untuk mendapatkan hasil atau informasi tertentu dengan menggunakan patokan yang biasanya dilambangkan dengan huruf, angka, maupun tanda. Rumus juga dapat diartikan sebagai sebuah kesimpulan atau pernyataan dari perhitungan yang dilakukan pada patokan tertentu.

Ada beberapa rumus dalam pelajaran matematika dan fisika, namun pada saat ini kita akan membahas mengenai beberapa rumus yang berkaitan dengan kecepatan rata-rata. Berikut ini beberapa rumus kecepatan rata rata yang perlu diketahui:

1. Rumus Kecepatan Rata-Rata

Rumus untuk menghitung kecepatan rata-rata dari suatu benda yang berpindah dengan mengetahui jarak benda dan waktu terjadinya perpindahan. Maka rumus kecepatan rata rata adalah sebagai berikut:

v= x2-x1 / t2- t1

Keterangan dari rumus diatas adalah sebagai berikut:

  1. v = kecepatan rata-rata dalam satuan meter/sekon (m/s)
  2. x1 = titik awal sebuah benda berpindah dalam satuan meter (m)
  3. x2 = titik akhir dari perpindahan benda dalam satuan meter (m)
  4. t1 = waktu awal sebelum benda berpindah dalam satuan sekon (s)
  5. t2 = waktu akhir setelah benda bergerak dalam satuan sekon (s)

2. Rumus Kecepatan Sesaat

Rumus kecepatan sesaat adalah satuan vector untuk menghitung kecepatan rata-rata dari titik mana pun selama atau sepanjang perpindahan benda. Berikut ini rumus untuk mengukur kecepatan sesaat suatu benda:

v=∆x / t

Keterangan dari rumus diatas adalah sebagai berikut:

  1. v : Kecepatan sesaat dalam satuan meter/sekon (m/s)
  2. ∆x : perpindahan dalam satuan meter (m)
  3. ∆t : selang waktu dalam satuan sekon (s)

3. Rumus Kecepatan

Rumus untuk menentukan kecepatan suatu benda dalam satuan meter per sekon Anda dapat menghitung jarak tempuh dibagi waktu tempuh benda tersebut. Anda dapat menghitung menggunakan rumus kecepatan sebagai berikut ini:

v=st

Keterangan rumus kecepatan di atas adalah sebagai berikut:

  1. v : kecepatan dalam satuan meter per sekon (m/s)
  2. s : jarak tempuh benda dalam satuan meter (m)
  3. t : selang waktu tempuh benda dalam satuan sekon (s)

4. Rumus Jarak

Rumus untuk menghitung jarak tempuh dari suatu benda yang telah diketahui kecepatan dan jarak tempuhnya. Anda dapat menggunakan rumus kecepatan dikali waktu tempuh maka hasil yang didapatkan adalah jarak benda dalam satuan meter (m). Berikut rumus menghitung jarak:

s=t ×v

Keterangan:

  1. s : jarak (m)
  2. t : waktu (s)
  3. v : kecepatan (m/s)

5. Rumus Waktu

Rumus untuk menentukan waktu tempuh suatu benda berpindah apabila telah diketahui kecepatan dan jarak benda. Anda dapat menggunakan rumus jarak dibagi kecepatan maka hasil yang didapatkan adalah waktu tempuh benda dalam satuan sekon (s). Rumus menghitung waktu sebagai berikut:

t=sv

Contoh Soal Rumus Kecepatan Rata-Rata 

Agar Anda lebih mudah dalam memahami semua rumus kecepatan rata rata yang telah diuraikan sebelumnya. Maka Anda perlu melihat dan memperhatikan contoh soal rumus kecepatan beserta penjelasan secara lengkap sebagai berikut:

1. Ayah sedang mengendarai sebuah mobil dengan dari arah kantor menuju rumahnya yang berjarak 25 km. Ayah menempuh perjalanan selama 2 jam, maka berapakah kecepatan rata-rata mobil ayah tersebut?

Diketahui:

jarak (s) adalah 25 Km

waktu (t) adalah 2 jam

Ditanya:

Kecepatan rata-rata mobil ayah (v) = …?

Penyelesaian:

v = s / t = 25 km/ 2 jam

v = 12,5 km/jam 

Dengan demikian, kecepatan rata-rata mobil ayah dalam menempuh perjalanan dari kantor menuju rumah adalah 12 km/jm.

2. Seorang kakak mengayuh sepeda dengan kecepatan rata-rata 2 m/s. Jika kakak mengayuh sepeda sejauh 180 meter, maka berapakah waktu yang diperlukan oleh kakak untuk mencapai jarak tersebut?

Diketahui:

v = 2 m/s

s = 180 m

Ditanya:

t = ?

Penyelesaian:

Untuk menghitung waktu tempuh maka diperlukan rumus waktu yaitu:

t = s / v

t = 180 m / (2 m/s)

t = 90 s

Sehingga kakak memerlukan waktu 90 detik untuk mencapai jarak 180 meter dengan kecepatan tersebut.

3. Maya sedang berolahraga di sebuah stadium. Maya berolahraga dengan berlari dan memiliki kecepatan rata-rata 1,5 meter per detik. Maya berlari selama satu jam penuh, berapakah total jarak yang ditempuh oleh maya saat berlari?

Diketahui:

v = 1,5 m/s

t = 1 jam = 1 x 60 menit x 60 detik = 3600 detik

Ditanya:

Jarak yang ditempuh maya setelah berlari selama satu jam?

Penyelesaian:

s = v x t

s = 1,5 meter/detik x 3600 detik

s = 5400 meter atau setara dengan 5,4 km

Maya menempuh jarak 5,4 km setelah berlari dengan kecepatan 1,5 m/s dalam waktu 1 jam.

4. Ibu pergi ke pasar dari rumah menggunakan sebuah sepeda motor dengan waktu tempuh 30 menit. Kecepatan sepeda motor ibu adalah 48 km/jam. Maka berapa meter jarak rumah ke pasar yang harus ditempuh oleh ibu?

Diketahui:

v = 48 km/jam 

t = 30 menit = 0.5 jam

Ditanya:

Jarak rumah ibu ke pasar dalam meter (m) = ?

Penyelesaian:

s = v x t

s = 48 km/jam x 0.5 jam = 24 km

s = 24 km = 2400 meter

Ibu harus menempuh jarak 2,4 km atau setara dengan 2400 meter untuk dapat sampai ke pasar dengan kecepatan rata-rata 48 km/jam.

Demikianlah rumus kecepatan rata rata beserta contoh soal dan penyelesaian yang dapat Anda pelajari. Mempelajari rumus-rumus fisika sangat mudah apabila Anda berusaha keras dalam belajar.


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah