Kamu Sedang Jenuh dengan Pekerjaan? Cobain Tips Ini Yuk

Kamu sedang jenuh dengan pekerjaan? cobain tips ini yuk – Rasa lelah dan jenuh pada rutinitas pekerjaan bisa muncul karena berbagai sebab. Apalagi jika kamu sudah menekuni suatu pekerjaan dalam waktu lama atau bosan dengan lingkungan kerjanya. Namun, semestinya rasa jenuh tersebut tidak boleh dibiarkan berlama-lama karena kamu masih memiliki komitmen dengan tempat kerja.

Tips Mengatasi Rasa Jenuh Bekerja

pixabay.com

Rasa jenuh bisa menghampiri semua orang, apalagi jika suasana bekerja sudah tidak seasyik saat pertama kali terjun. Lingkungan kerja yang tidak suportif dan tidak membuat berkembang pun turut menjadi pemicu kejenuhan. Jika jenis pekerjaan yang berhubungan dengan banyak orang, rasa jenuh tidak terlalu sering muncul, apalagi interaksi antara orang-orang tersebut berjalan baik. Sebaliknya, pekerjaan yang menuntut fokus tinggi dan melibatkan sedikit interaksi dengan orang inilah yang berpotensi menimbulkan kejenuhan. Lalu, bagaimana cara mengatasi kejenuhan saat bekerja?

1. Mencari Penyebab Rasa Jenuh

pixabay.com

Tips pertama dari Mamikos adalah mencari penyebab rasa jenuh. Seringkali rasa jenuh muncul akibat rutinitas kerja yang monoton dan kurang bervariasi. Selain itu, rasa jenuh akibat pekerjaan yang selalu menumpuk pun turut menjadi penyebabnya. Jika kamu sudah mengetahui penyebab jenuh dalam bekerja, cobalah mengatasinya atau sampaikan pada atasan agar mendapatkan solusi. Mungkin saja atasan akan merekomendasikanmu di tempat baru setelah melihat kinerjamu selama ini.

2. Membagi Pekerjaan

pixabay.com

Tips yang dapat kamu lakukan ketika merasa jenuh pada rutinitas pekerjaan adalah dengan membagi pekerjaan tersebut. Jika pada satu divisi pekerjaan terdiri dari beberapa orang yang tugasnya sama, sangat mungkin untuk membaginya pada rekan yang lain. Jika memungkinkan, bahkan kalian dapat bertukar jenis pekerjaan. Ketika kamu mencoba mengerjakan tugas lain, kamu bisa belajar hal baru sekaligus mengurangi rasa bosan.

3. Beristirahat Sejenak

pixabay.com

Deadline pekerjaan sedang menumpuk padahal kamu merasa jenuh?. Ambillah waktu sejenak untuk beristirahat. Simpan pekerjaanmu dan jangan membukanya terlebih dahulu sampai kamu benar-benar siap. Berikan batas waktu untuk istirahat agar kamu lebih siap ketika menghadapi pekerjaan kembali. Misalnya saja kamu dapat beristirahat selama 30 menit hingga dua jam sebelum memulai aktivitas. Ketika kamu sudah mendapatkan waktu rehat, semangat bekerja akan didapatkan.

4. Memperbaiki Jam Tidur

pixabay.com

Mungkin saja selama ini kamu merasa jenuh bekerja karena waktu tidur yang tidak teratur. Karena terus bekerja hingga larut, waktu tidur menjadi tersita. Belum lagi jika ada kesibukan lain seperti membalas email, pesan chat, dan berinteraksi dengan keluarga. Waktu tidur pun akan menjadi semakin sedikit. Akibatnya, ketika kamu bangun, waktu terasa berlalu begitu cepat sedangkan kamu merasa belum beristirahat. Selain itu, kamu sudah dituntut untuk kembali menjalani ritme kerja yang sama.

Saran Mamikos, perbaiki jam tidur dengan meninggalkan semua pekerjaan kantor saat jam kerja berakhir. Hindari membawa pekerjaan kantor pulang karena akan menyita waktumu bersama keluarga. Selain itu, jauhkan gadget sebelum tidur atau batasi pemakaiannya. Ketika kamu bangun tidur pun jangan langsung memeriksa gadget. Sebaliknya, habiskan waktu untuk diri sendiri terlebih dahulu sebelum bekerja, sehingga kamu bisa lebih siap.

5. Menghindari Lembur

pixabay.com

Ketika kamu merasa sangat jenuh, sebaiknya hindari bekerja lembur yang akan membuat pikiran semakin kusut. Kamu membutuhkan jeda waktu untuk diri sendiri dan bukan tekanan untuk menyelesaikan pekerjaan. Sampaikan pada atasan bahwa kamu tidak bisa ikut lembur dan khawatir jika pekerjaan menjadi tidak maksimal. Apabila kamu menyampaikannya baik-baik, atasan bisa memahami dan tidak akan memaksamu.

6. Berlibur

pixabay.com

Pilihan liburan hampir selalu menjadi solusi untuk mengatasi rasa jenuh bekerja. Apalagi jika liburan dilakukan di alam, seperti pantai atau gunung. Kamu bisa bepergian sendirian, mengajak keluarga, atau teman dekat. Namun, persiapan liburan untuk mengatasi kejenuhan perlu dilakukan jauh-jauh hari. Kamu perlu bersabar menunggu hari libur agar liburan tidak dibayang-bayangi pekerjaan. Lokasi yang cocok sebagai destinasi liburan pun dapat kamu peroleh melalui rekomendasi teman atau keluarga. Apabila waktu liburan terbatas, carilah lokasi wisata yang waktu tempuhnya dari tempat tinggal tidak lama.

7. Mengambil Cuti

pixabay.com

Perlu waktu rehat yang cukup lama? Ambillah cuti pekerjaan selama beberapa hari atau beberapa pekan. Waktu cuti tersebut dapat kamu manfaatkan untuk melakukan kegiatan yang selama ini belum terlaksana akibat sibuk bekerja. Misalnya saja ada waktu bersama keluarga yang banyak tersita, waktu nongkrong bersama teman-teman yang berkurang, hingga waktu untuk menyenangkan diri sendiri. Namun, sampaikan baik-baik pada pimpinan terkait alasan cuti dan usahakan untuk menyelesaikan pekerjaan utamamu agar tidak membebani orang lain.

8. Berolahraga

pixabay.com

Jika selama ini kamu tidak sempat berolahraga karena terkendala kesibukan, sempatkanlah waktu olahraga pada pagi hari atau sore hari. Lakukan olahraga ringan seperti lari pagi di sekitar kompleks perumahan, bermain bulu tangkis, berenang, atau sekadar latihan beban. Meskipun dilakukan di sela-sela waktu luang, kamu akan merasa lebih bugar dan segar. Menghadapi pekerjaan yang menjemukan pun tidak akan terasa berat.

9. Mendekorasi Ulang Ruang Kerja

pixabay.com

Rasa jenuh bekerja bisa disebabkan penataan ruang yang membosankan. Dapatkan suasana baru dengan mendekorasi ulang tempat kerja. Ada banyak referensi penataan ruangan yang bisa kamu coba. Bahkan, kamu bisa memberikan hiasan atau pernak pernik dengan harga terjangkau. Penataan ruangan sesuai kreasi sangat mungkin dilakukan di tempat kerja yang kamu gunakan sendiri.

Apabila kamu bekerja di kantor atau di ruangan yang digunakan banyak orang, mendekorasi ulang seluruh ruangan akan terasa tidak mungkin. Namun, alternatif lainnya adalah dengan menambahkan beberapa tanaman hias pada meja kerjamu. Jika memungkinkan, kamu bisa menaruh akuarium berukuran kecil dengan ikan hias yang tidak membutuhkan oksigen. Ketika merasa jenuh, kamu bisa mengalihkan perhatian dengan memberi makan ikan tersebut atau mengganti airnya.

10. Membuat Daftar Kebutuhan

pixabay.com

Tidak kunjung mendapatkan semangat bekerja? Saatnya kamu memberi sedikit tekanan pada diri sendiri. Buatlah daftar kebutuhan hingga tagihan yang perlu dibayar dalam waktu dekat. Apabila kamu berencana untuk melakukan rencana penting, seperti studi lanjut hingga menikah, tuliskan pula rencana tersebut dan jumlah kebutuhannya.

Dengan membuat daftar kebutuhan beserta nominalnya, kamu akan termotivasi segera bergerak. Jangan sampai rencana dalam hidupmu tertunda karena kamu tidak berpenghasilkan akibat jenuh bekerja. Motivasi terbaik memang datang dari dalam diri sendiri. Namun, cara ini juga bisa kamu lakukan jika tips di atas belum berhasil kamu terapkan.

Demikian informasi tips untuk mengatasi kejenuhan saat bekerja. Masih ada tips terakhir yang Mamikos rekomendasikan bagi kamu yang tidak berhasil ketika menerapkan cara di atas. Jika kondisi lingkungan kerja sudah tidak sehat dan kamu tidak sanggup bertahan, lakukan resign pekerjaan. Buatlah surat pengunduran diri beberapa pekan sebelumnya. Lakukan resign baik-baik agar hubunganmu dengan tempat kerja sebelumnya tidak terganggu. Pastikan bahwa kamu sudah mendapatkan gambaran pekerjaan yang akan ditempuh setelah melakukan resign, ya!


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah