Simulasi Soal SBMPTN 2019! Diagram Lingkaran, Contoh Soal Dan Pembahasannya!

 Posted on Senin, Maret 25th, 2019  Posted in SBMPTN, Simulasi Soal SBMPTN  Mamikos

Simulasi Soal SBMPTN 2019! Diagram Lingkaran, Contoh Soal Dan Pembahasannya! – Sebuah diagram lingkaran (atau diagram pai) adalah sebuah grafik statistik berbentuk lingkaran yang dibagi menjadi irisan-irisan untuk menggambarkan proporsi numerik. Dalam sebuah diagram lingkaran, panjang busur setiap irisan (dan alhasil, sudut pusat dan luasnya), proporsional dengan kuantitas yang diwakilinya. Meskipun diagram ini diberi nama karena kemiripannya dengan pai yang telah diiris, terdapat variasi-variasi dalam cara menyajikannya. Diagram lingkaran terawal yang diketahui umumnya dipercayai terdapat pada Statistical Breviary karya William Playfair tahun 1801.

Diagram lingkaran sangat banyak digunakan di dunia bisnis dan media massa. Namun, diagram ini telah dikritik, dan banyak ahli menyarankan untuk menghindarinya, dengan memperhatikan bahwa penelitian telah menunjukkan sulit untuk membandingkan bagian-bagian yang berbeda dari diagram lingkaran tertentu, atau untuk membandingkan data di berbagai diagram lingkaran yang berbeda. Diagram lingkaran bisa diganti dalam banyak hal dengan skema lain seperti diagram batang, skema kotak, atau skema titik.

Simulasi Soal SBMPTN 2019! Diagram Lingkaran, Contoh Soal Dan Pembahasannya!

Rumus diagram lingkaran biasa (dalam bentuk angka)

Pada kasus diagram lingkaran biasa (dalam bentuk angka), anda dapat menghitungnya sesuai dengan rumus umum diagram lingkaran yang biasa di gunakan:

Rumusnya :
Jumlah data yang ditanyakan = total jumlah data – total data yang diketahui.

Rumus Diagram Lingkaran dalam bentuk Derajat (°)

Pada kasus ini, data yang di ketahui berbentuk derajat. Untuk dapat mengetahui jumlah yang ditanyakan, pertama yang harus diketahui adalah jumlah derajat yang di tanyakan kemudian membaginya denga 360° (360° merupakan ketetapan lingkaran penuh) setelah itu kalikan dengan total jumlah nilai yang diketahui.

Rumusnya:
Nilai yang ditanyakan = (Jumlah sudut/360°) x total nilai.

Rumus Diagram Lingkaran dalam Bentuk Persen (%)

Pada kasus ini, data yang diketahui berbentuk persen (%). Di beberapa soal, diagram lingkaran dalam bentuk persen sering di jumpai. Untuk dapat menyelesaikan soal dalam bentuk persen, jika yang di tanyakan adalah jumlah angka, pertama cari terlebih dahulu persen dari data yang di tanyakan kemudian kalikan dengan total jumlah nilai setelah itu bagikan dengan 100% (total persen).

Rumusnya :
Nilai yang ditanyakan = (persen nilai yang ditanyakan/100%) x total nilai.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Simulasi Soal SBMPTN 2019! Diagram Lingkaran, Contoh Soal Dan Pembahasannya!

Simulasi Soal SBMPTN 2019! Diagram Lingkaran, Contoh Soal Dan Pembahasannya!