Sistem Pencernaan Manusia Sesuai Urutan Dan Penjelasannya [Gambar Lengkap]

Posted in: Edukasi

Sistem Pencernaan Manusia Sesuai Urutan Dan Penjelasannya [Gambar Lengkap] -Ketika kalian mengonsumsi makanan pasti banyak dari kalian yang tidak memikirkan ini secara lebih detail. Pernahkah kalian berpikir bagaimana caranya makanannya yang dikonsumsi tadi diolah menjadi nutrisi lalu akhirnya dikeluarkan lagi menjadi feses.

Sistem Pencernaan Pada Manusia

surabayastory.com

Semua proses tersebut tentu tidak terjadi dengan sendirinya melainkan karena kerja dari sistem pencernaan manusia itu sendiri. Beragam proses yang terjadi dalam sistem pencernaan ini sangatlah kompleks dan tentunya menyimpan banyak sekali rahasia yang tidak kalian ketahui.

Sistem Pencernaan Dan Fungsinya

Sistem pencernaan ini akan bermula pada mulut dan tentunya akan terus diolah hingga nantinya akan berakhir pada anus. Bagi kalian yang tidak mengetahui apa saja bagian dari sistem pencernaan dan juga beragam fungsinya, maka kalian bisa menyimak informasi berikut ini.

Mulut

Ketika kalian mengonsumsi makanan melalui mulut tidak lantas makanan tersebut langsung ke anus melainkan harus berbagai macam bagian sistem pencernaan manusia lainnya. Nantinya setelah singgah ke berbagai macam bagian pencernaan tadi, makanan yang awalnya hanya makanan biasa akan diubah menjadi energi dan lainnya.

Bagian pertama dari sistem pencernaan yaitu mulut dan proses tersebut sudah berjalan pada saat kalian membuka mulut dan melakukan gigitan pertama untuk makanan yang kalian makanan. Proses tersebut juga dikenal dengan sebutan pencernaan mekanik.

Agar proses pengunyahan menjadi semakin mudah dilakukan sehingga mudah dicerna maka beragam bagian mulut lainnya ikut membantu proses tersebut. Adapun beberapa bagian tersebut seperti lidah, gigi dan juga kelenjar air liur.

Air liur yang ada di dalam mulut memiliki fungsi yang sangat penting karena adanya enzim di dalamnya. Fungsi dari enzim tersebut adalah memecah molekul yang terdapat dalam makanan agar nantinya menjadi lebih mudah untuk diserap tubuh.

Tenggorokan Dan Kerongkongan

Untuk sistem pencernaan manusia selanjutnya yaitu tenggorokan (faring) dimana fungsinya sebagai saluran pencernaan yang menjadi penghubung antaran rongga mulut ke bagian kerongkongan (esophagus). Tidak hanya itu saja faring juga berhubungan dengan bagian lain seperti rongga hidung yang nantinya berguna untuk memproduksi suara.

Nantinya makanan yang sudah dihancurkan di mulut akan ditelan masuk ke dalam tabung berotot esophagus melalui tenggorokan. Untuk panjang yang dimiliki oleh tabung tersebut sekitar 25 cm. Pada bagian kerongkongan akan ditemukan katup epiglotis yang berguna untuk mencegah baik makanan maupun minuman masuk ke trakea tujuannya agar kalian tidak tersedak.

Di dinding kerongkongan kalian akan menemukan proses yang bernama gerakan peristaltik. Gerakan yang satu ini berguna untuk meremas dan juga mendorong makanan tersebut masuk dan menjuju ke dalam lambung.

Lambung

Salah satu sistem pencernaan manusia yang paling sering kalian dengar adalah lambung. Lambung ini memiliki bentuk yang menyerupai kantong. Lambung ini tersusun dari dinding berotot dan pada bagian ini pula terjadi yang namanya pencernaan mekanik.

Proses tersebut yaitu proses peremasan baik makanan dan juga minuman dan nantinya akan diaduk menjadi bentuk bubur makanan (kim) dan proses tersebut dilakukan oleh otot polos. Terdapat tiga bagian penting pada lambung yaitu kardia (bagian atas), fundus (bagian tengah) dan juga pylorus (bagian bawah).

Penting untuk diketahui disini bahwa lambung juga memiliki proses pencernaan lain yaitu pencernaan kimiawi. Prosesnya berupa makanan tersebut dicerna oleh enzim yang dilakukan pada getah lambung yang dihasilkan sel kelenjar pada dinding lambung. Untuk getah lambung terdiri dari beberapa hal seperti pepsin, renin, asam klorida (HCI) dan juga lipase gastric.

Jika pengolahan makanan sudah selesai dilakukan pada bagian lambung maka makanan yang diolah tadi akan secara perlahan diteruskan ke dalam usus halus. Gerakan memasukkan makanan tersebut dikenal dengan sebutan gerakan peristaltic.

Usus Halus

Sistem pencernaan manusia selanjutnya yaitu usus halus yang memiliki panjang berkisar antara 670 cm hingga 760 cm sehingga menyebabkan sistem tersebut merupakan sistem terpanjang dalam pencernaan.

Di dalam usus halus ini proses penyerapan nutrisinya merupakan yang paling banyak. Di dalam usus halus ini ada terdapat tiga bagian penting dan masing-masing diantaranya memiliki fungsi berbeda dalam melakukan proses pencernaan makanan. Adapun beberapa bagian tersebut adalah sebagai berikut.

Bagian pertama yaitu usus 12 jari / duodenum yang merupakan bagian letaknya setelah lambung. Bagian ini memiliki fungsi menyalurkan makanan yang ada tadi ke bagian usus halus dan nantinya melakukan pencernaan secara kimiawi.

Pada bagian ini terdapat dua muara saluran seperti getah pankreas dan juga kantung empedu. Getah usus halus mengekresikan seperti enzim Enterokinase, Erepsin, Trips, Lipase dan Disakarase. Jadi itulah beberapa hal yang harus diperhatikan.

Bagian lain di dalam usus halus ini adalah jejunum (usus kosong) dimana pada bagian ini terdapat bagian berupa jonjot-jonjot usus yang disebut dengan nama vili. Fungsi dari vili yaitu berguna untuk memperluas permukaan usus yang berguna untuk penyerapan makanan. Penyerapan nutrisi hampir 90% terdapat pada bagian usus ini.

Ileum (usus penyerapan) merupakan bagian yang paling akhir dari usus halus. Beragam nutrisi yang belum terserap pada jejunum nantinya akan diserap pada bagian Ileum. Sama seperti bagian jejunum, usus ilesum ini juga memiliki yang namanya vili. Pada bagian usus halus ada gerak kontraksi peristaltik yang berguna mendorong makanan dan sisa kim ke usus besar.

Usus Besar

Bagian dari sistem pencernaan manusia yang terakhir yaitu usus besar. Pada bagian ini sebagian besar dari sisa pencernaan yang diperoleh dari makanan dan air akan diserap pada usus besar. Setelah itu akan disimpan dalam bentuk feses sebelum nantinya dilakukan pengeleminasian. Di dalam usus besar ini terdapat beberapa bagian seperti kolon, sekum dan juga kanalis anal.

Untuk fungsi dari usus besar yaitu pembusukan sisa makanan ataupun limbah yang dilakukan bakteri Escherichia coli yang nantinya menjadi lebih mudah dikeluarkan. Pada kolon terjadi penyerapan air dan juga vitamin K. Zat makanan hasil pencernaan akan disimpan di rectum dan nantinya dieliminasikan lewat kanalis anal ke bagian anus melalui gerakan peristaltik.

Jadi itulah beberapa bagian dari sistem pencernaan yang ada mulai dari mulut hingga ke bagian usus besar. Semua sistem tadi menjalankan fungsinya masing-masing dan semuanya memiliki peran yang sama besarnya dalam pencernaan.

Melihat pentingnya sistem pencernaan tersebut maka kalian harus menjaga kondisinya dengan sangat baik dan jangan sampai terkena berbagai macam gangguan pencernaan. Biasanya gangguan semacam ini terjadi karena berbagai macam hal seperti stres, bakteri makanan maupun infeksi.

Sebenarnya ketika sistem pencernaan manusia mengalami gangguan akan ada beberapa hal yang kalian rasakan. Gejala tersebut seperti perut mual, perut kembung, diare, mual dan beragam gejala lainnya. Maka dari itu ketika kalian mengalami salah satu dari gejala yang ada segera diobati. Bahkan jika gejala memburuk jangan ragu untuk segara datang ke dokter untuk melakukan pengobatan lebih lanjut ke dokter terpercaya.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta