16 Manfaat Dari Temulawak Untuk Tubuh yang jarang diketahui

Posted in: Informasi
Tagged: Kesehatan

Manfaat Dari Temulawak Untuk Tubuh yang jarang diketahui – Temulawak merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang mempunyai segudang manfaat untuk tubuh manusia. Temulawak mempunyai kandungan kurkumin yang cukup tinggi.

Tak hanya itu, temulawak juga mengandung senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Dengan banyaknya manfaat temulawak, sudah wajar jika banyak orang yang mengonsumsinya.

Sampai saat ini masih banyak orang yang belum mengetahui banyaknya manfaat dari temulawak. Orang-orang mungkin hanya mengetahui sedikit manfaat dari temulawak.

Perlu diketahui bahwa temulawak mempunyai kandungan yang memberikan banyak efek positif untuk tubuh manusia bukan hanya sekedar untuk daya tahan tubuh dan meningkatkan nafsu makan saja.

Beragam Manfaat Dari Temulawak

jawapos.com

Ada beragam manfaat dari temulawak yang perlu kamu ketahui :

1. Menyamarkan Bekas Luka

Manfaat temulawak yang pertama adalah menyamarkan bekas luka pada kulit manusia. Di dalam temulawak terdapat senyawa anti peradangan dan minyak atsiri. Kedua kandungan ini nantinya akan mengatasi peradangan yang terjadi pada luka. Dengan begitu, bekas luka yang ada pada kulit perlahan-lahan akan tersamarkan.

2. Meringankan Rasa Nyeri Ketika Menstruasi

Manfaat yang kedua adalah meringankan nyeri ketika masa menstruasi. Temulawak akan memberikan sensasi segar ketika dikonsumsi. Hal ini akan merelaksasi tubuh wanita yang sedang mengalami menstruasi. Relaksasi pada tubuh akan membuat rasa nyeri terasa lebih ringan. Ketika wanita sedang menstruasi, disarankan untuk mengonsumsi jamu temulawak agar nyeri hilang.

3. Membuat Wajah Selalu Terhidrasi

Manfaat temulawak untuk kesehatan yang ketiga adalah membuat wajah selalu terhidrasi. Kulit wajah manusia rentan kering karena aktivitas di luar rumah. Perlu kamu ketahui bahwa debu yang terbawa oleh angin dan juga sinar matahari mampu membuat wajah menjadi kering. 

Dengan mengonsumsi temulawak, wajah kamu akan selalu terhidrasi dengan baik. Untuk menjaga kulit wajah tetap terhidrasi, banyak orang yang menggunakan temulawak dalam bentuk lainya. Salah satunya adalah masker wajah yang terbuat dari temulawak dengan campuran beberapa bahan alami lain. 

4. Menyamarkan Flek Pada Wajah

Manfaat yang keempat adalah menyamarkan flek pada wajah.  Temulawak mempunyai kandungan minyak atsiri yang cukup tinggi. Kandungan ini mampu menyamarkan flek yang muncul pada kulit wajah manusia. Munculnya flek pada wajah manusia kemungkinan besar disebabkan oleh paparan sinar matahari.

5. Menjaga Kulit Tetap Awet Muda

Manfaat temulawak yang kelima adalah menjaga kulit tetap awet muda. Temulawak mempunyai kandungan minyak atsiri yang dianggap mampu memperlambat proses penuaan pada kulit manusia. Dengan begitu nantinya kulit manusia akan tetap kencang dan indah.

6. Mengatasi Jerawat Pada Wajah

Manfaat yang keenam adalah mengatasi jerawat pada wajah. Temulawak mempunyai senyawa alami yang mampu melawan bakteri. Maka dari itu, temulawak dinilai mampu mengatasi jerawat pada wajah manusia. Banyak orang yang memanfaatkan temulawak sebagai bahan dasar untuk membuat masker anti jerawat.

7. Mengeluarkan Zat Beracun Dalam Tubuh

Manfaat yang ketujuh adalah mengeluarkan zat beracun yang ada di dalam tubuh manusia. Seperti yang kita tahu bahwa ada beberapa zat beracun yang ada di dalam tubuh manusia. Untuk mengeluarkan zat beracun di dalam tubuh, kamu bisa mengonsumsi temulawak. Temulawak mempunyai kandungan phelandren yang mampu mengeluarkan zat beracun dari dalam tubuh.

8. Menjaga Kesehatan Hati

Manfaat yang kedelapan adalah menjaga kesehatan hati. Temulawak mempunyai senyawa alami yang mampu melindungi hati dari penggunaan obat-obatan kimia yang efek sampingnya bisa menyebabkan masalah pada hati. Tak hanya itu, senyawa alami di dalam temulawak juga membantu hati dalam memproduksi cairan empedu.

9. Mengatasi Perut Kembung

Manfaat yang kesembilan adalah mengatasi perut kembung. Perut kembung bisa disebabkan oleh masuk angin. Senyawa alami bernama pridoksin yang ada di dalam temulawak mampu mengatasi masuk angin. Dengan begitu perut kembung akan teratasi dengan mudah.

10. Meningkatkan Stamina Tubuh

Manfaat yang kesepuluh adalah meningkatkan stamina tubuh. Sampai saat ini sudah banyak orang yang mengonsumsi temulawak untuk meningkatkan stamina ketika hendak berolahraga. Temulawak sudah terbukti mampu meningkatkan stamina tubuh.  

11. Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

Manfaat yang kesebelas dari temulawak adalah menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh manusia. Senyawa alami di dalam temulawak dianggap mampu menurunkan kandungan kolesterol di dalam tubuh manusia. Perlu kamu ketahui bahwa kolesterol berlebih mampu menyebabkan berbagai penyakit yang berbahaya bagi tubuh.

12. Mengatasi Penyakit Osteoarthritis

Manfaat yang keduabelas adalah membantu mengatasi penyakit osteoarthritis. Temulawak mempunyai senyawa alami yang mampu mengatasi osteoarthritis. Jadi, apabila seseorang menderita penyakit osteoarthritis maka dia sebaiknya mengonsumsi temulawak sebagai obat alami.

13. Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat yang ketiga belas adalah meningkatkan nafsu makan. Salah satu masalah yang sering muncul pada anak-anak adalah susah makan. Hal tersebut dikarenakan berkurangnya nafsu makan. Untuk membangkitkan nafsu makan, kamu bisa menggunakan temulawak. Temulawak mengandung kurkumin yang mampu membangkitkan nafsu makan.

14. Melancarkan Metabolisme Dalam Tubuh Manusia

Manfaat yang keempat belas adalah melancarkan metabolisme di dalam tubuh manusia. Metabolisme di dalam tubuh manusia sangat berpengaruh pada kesehatan manusia. Dengan metabolisme yang lancar, tubuh manusia akan selalu sehat. Temulawak mempunyai kandungan turmerol yang mampu memperlancar metabolisme di dalam tubuh manusia.

15. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat yang kelimabelas adalah menangkal radikal bebas. Senyawa antioksidan di dalam temulawak mampu mengatasi radikal bebas. Perlu kamu ketahui bahwa penyakit kanker dan penyakit tumor disebabkan oleh radikal bebas. Maka dari itu, sebaiknya kamu rutin mengonsumsi temulawak supaya radikal bebas bisa diatasi dengan mudah.

16. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Manfaat yang terakhir adalah menjaga daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh manusia berperan penting dalam menangkal segala jenis penyakit yang membahayakan tubuh. Temulawak mempunyai senyawa alami yang mampu menjaga daya tahan tubuh. Dengan mengonsumsi temulawak, tentunya kamu akan selalu sehat.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan ketika mengonsumsi temulawak. Sudah banyak perusahaan yang saat ini mengolah temulawak untuk dijadikan makanan, minuman, dan produk kesehatan. Selanjutnya mari kita pahami mengenai olahan temulawak yang mudah dijumpai.

2 Olahan Temulawak Paling Populer

Ada dua olahan temulawak yang paling populer :

1. Jamu Temulawak

Olahan yang pertama adalah jamu temulawak. Jamu temulawak merupakan olahan yang cukup disukai oleh masyarakat. Jamu temulawak mudah untuk ditemukan di berbagai daerah. Harga dari jamu temulawak sendiri sangat terjangkau sehingga masyarakat bisa dengan mudah mendapatkannya.

2. Ramuan Temulawak Kunyit

Olahan yang kedua adalah ramuan temulawak kunyit. Ramuan ini biasanya dibuat sendiri di dalam rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat minuman ini adalah temulawak, kunyit, asam jawa, serai, gula jawa, sedikit gula pasir, sedikit garam, dan air panas. Dengan mencampurkan semua bahan, kamu sudah bisa mendapatkan ramuan temulawak kunyit.

Itulah dua olahan temulawak yang paling populer. Jika kamu ingin merasakan banyaknya manfaat temulawak, kamu bisa mencoba kedua olahan diatas. Kedua olahan tersebut sangat cocok untuk menjaga kesehatan di tengah pandemi.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah