Berbagai Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan Tubuh

Posted in: Informasi
Tagged: Obat Alami

Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan Tubuh Sebagai Obat Tradisional – Daun kelor itu adalah salah satu tanaman yang sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia dan terkenal akan manfaatnya yang banyak. Manfaat daun kelor sendiri memang sangat banyak sekali, ini karena kandungan yang ada di dalam daun kelor itu sendiri.

Namun sebelum mengonsumsinya mari kita pelajari terlebih dahulu supaya tahu apa saja manfaat dan juga efek sampingnya. 

Manfaat Daun Kelor

sehatq.com

Identifikasi Daun Kelor

Mari kita pelajari dulu mengenai deskripsi daun kelor supaya kita itu bisa mengerti ketika kita menemui daun kelor tersebut di mana pun. Ini adalah hal yang sangat penting untuk dipelajari, supaya kita tahu ciri-cirinya dan kemudian bisa dengan cepat mengenali daun tersebut. Berikut ini kami akan coba jelaskan apa saja sih ciri dari daun kelor tersebut. 

  1. Tanaman kelor itu bisa berupa semak atau bisa juga berbentuk pohon yang tinggi dan bisa mencapai 12 meter dan diameter 30 cm
  2. Daunnya itu memiliki bentuk bersirip namun tidak sempurna dan berbentuk telur serta hanya sebesar ujung jari
  3. Warna dari daunnya itu mulai dari warna hijau sampai hijau kecoklatan
  4. Ujung daun itu tumpul dan pangkal dari daun itu membulat dan tepi daun rata, itulah pengertian daun kelor. 

Kandungan Di Daun Kelor

Daun kelor itu memiliki banyak sekali kandungan yang baik bagi tubuh kita, dan karena kandungan itu ada banyak manfaat yang bisa didapatkan. Salah satu kandungan yang paling baik untuk tubuh di dalam daun kelor itu adalah kandungan antioksidan yang tinggi. Ini merupakan kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh dan memberikan kesehatan bagi tubuh kita. 

Salah satu kandungan dari daun kelor itu adalah kandungan vitamin A yang bisa dibilang cukup tinggi dari daun kelor. Ini membuat daun ini sebenarnya sangat baik untuk dikonsumsi untuk bisa menjaga kesehatan mata kita. Manfaat daun kelor untuk mata itu didapatkan karena kandungan vitamin A ini. 

Kalori yang terkandung dari daun kelor dalam 2 gram adalah 14 kalori dengan disertai oleh banyak nutrisi dan juga vitamin. Di dalam daun kelor itu terdapat protein dan juga kandungan karbohidrat yang keduanya itu dibutuhkan oleh tubuh kita. Selain itu juga ada kandungan zat besi yang membuat salah satu fungsi daun kelor adalah mencegah anemia. 

Selain itu ada kandungan vitamin C juga yang tentu akan sangat membantu daya tahan tubuh supaya tidak mudah terkena penyakit. Ada banyak kandungan nutrisi juga didalamnya seperti kalium, fosfor, kalsium, magnesium, folat, Zinc dan tembaga. Kesemua itu membuat manfaat daun kelor jadi semakin banyak. 

Manfaat Dari Daun Kelor

Daun kelor sudah lama menjadi salah satu tanaman obat tradisional bagi banyak orang di Indonesia, karena memang ada banyak manfaatnya. Manfaat daun ini bagi kesehatan tubuh kita itu ada banyak sekali, namun mungkin tidak semua orang tahu manfaatnya. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari daun kelor. 

1. Mengatasi Peradangan

Salah satu manfaat yang bisa kita dapatkan dari daun kelor itu adalah bisa dipakai untuk mengatasi peradangan yang terjadi akibat infeksi. Ini karena kandungan yang ada di dalam daun kelor membuat daun tersebut sangat bisa dipergunakan untuk mengurangi peradangan yang terjadi. 

2. Menjaga Kadar Gula Darah

Salah satu manfaat daun kelor untuk kesehatan itu salah satunya adalah untuk menjaga kadar gula di dalam darah. Dengan bisa menjaga kadar gula di dalam darah, maka ini berarti bisa juga dipakai untuk mengatasi diabetes ya. Pada dasarnya daun kelor ini meningkatkan efektivitas kerja hormon insulin, namun memang perlu diteliti lebih jauh. 

3. Mengontrol Tekanan Darah

Salah satu manfaat daun kelor itu adalah untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil dan membuat tubuh tetap sehat. Jadi bisa dibilang daun ini sangatlah tepat dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit hipertensi atau darah tinggi. Bahkan konsumsi yang tepat akan bisa membantu kita menjaga tekanan darah tetap stabil. 

4. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Apa manfaat daun kelor itu memang menjadi misteri, namun salah satunya adalah bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. Ini sebenarnya karena adanya kandungan antioksidan yang bisa mencegah terjadinya pertumbuhan pada sel kanker. Dan antioksidan ini sangat bisa mengatasi radikal bebas yang sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kanker. 

5. Memelihara Kesehatan Dan Fungsi Otak

Salah satu khasiat daun kelor itu adalah untuk menjaga kesehatan otak agar supaya bisa berfungsi dengan baik. Daun kelor pun dipercaya akan bisa meningkatkan kinerja otak dan juga meningkatkan memori kita. Dan karena kandungan antioksidan membuat daun kelor bisa dipakai untuk mengatasi parkinson atau sejenisnya. 

6. Menyehatkan Kulit

Selain itu kandungan yang ada di dalam daun kelor ini bisa juga dipakai untuk menyehatkan kulit agar terlihat tetap indah. Baik itu kulit tubuh ataupun wajah akan bisa terawat dengan baik apabila kita mengonsumsi daun kelor secara rutin. Kalian bisa mendapatkan kasiat daun kelor untuk wajah dengan dijadikan masker dan lainnya. 

Cara Pengolahannya

Dalam konsumsi daun kelor itu ada beberapa cara yang bisa dipakai untuk bisa memperoleh manfaat daun kelor ini dengan baik. Ada beberapa cara yang sebenarnya bisa digunakan untuk konsumsi daun kelor ini. Berikut ini beberapa cara untuk mengolah daun kelor tersebut. 

1. Dibuat Minuman

Cara pertama yang paling biasa dipergunakan adalah dibuat menjadi minuman dengan berbagai macam campuran. Ada yang hanya ditumbuk sampai menjadi bubuk dan diseduh seperti teh, ada juga yang merebus daun yang sudah dibersihkan secara langsung. Ada yang dibuat menjadi jus atau jamu untuk mengonsumsi daun kelor ini. 

2. Dibuat Masakan

Cara berikutnya yang bisa kita pakai untuk mendapatkan kegunaan daun kelor adalah dengan dimasak dengan berbagai gaya. Ada yang dibuat seperti sayur bening dengan menggunakan kelor, atau bisa juga dengan cara di tumis. Konsumsi secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal. 

3. Dijadikan Masker

Cara yang ketiga adalah dengan membuatnya menjadi masker, supaya kulit bisa tetap bersih dan juga terjaga. Karena kandungan dari daun kelor yang bisa menyehatkan kulit, maka banyak yang mempergunakannya sebagai masker. Dengan masker ini kalian akan bisa menjaga wajah kalian tetap bersih. Tapi tetap harus waspada dengan efek samping daun kelor ya.  

Efek Samping Daun Kelor

Ada batas konsumsi daun kelor yang perlu kita ketahui supaya kita tidak mendapatkan efek samping yang berbahaya. Bagi ibu hamil ini memang harus diwaspadai, dimana ibu hamil hanya bisa konsumsi daunnya saja ya. Sebab batang kelor malah biasanya dipakai untuk menggugurkan kandungan. Jadi harus waspada sekali kalau ingin mendapatkan manfaat daun kelor pada saat hamil. 


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah